KELOMPOKKELOMPOK
“TATTO”“TATTO”
FAROBIFAROBI
MEGAMEGA
RAYHANRAYHAN
ANGGAANGGA
ECHAECHA
BAGAIMANA KITA MELIHATBAGAIMANA KITA MELIHAT
PRODUK-PRODUKPRODUK-PRODUK
TRADISI,SEMENARA TRADISITRADISI,SEMENARA TRADISI
M...
REPRODUKSI MEKANISREPRODUKSI MEKANIS
 Walter Benjamin pada tahun 1939 dalamWalter Benjamin pada tahun 1939 dalam
artikeln...
KASUS REPRODUKSI MEKANIS:KASUS REPRODUKSI MEKANIS:
“TATTOO”“TATTOO”
 Kata “tato” berasal dari kata Tahitian / Tatu, yangK...
Tato dibuat sebagai suatu symbol atauTato dibuat sebagai suatu symbol atau
penanda, dapat memberikan suatupenanda, dapat ...
 Walter Benjamin juga telah memberikanWalter Benjamin juga telah memberikan
gagasan tentang budaya popular(tattoo dalamga...
Lenyapnya aura tattoo membuka jalanLenyapnya aura tattoo membuka jalan
bagi lahirnya penafsiran ulang yangbagi lahirnya p...
Teknologi reproduksi telah mengubah polaTeknologi reproduksi telah mengubah pola
produksi karya-karya seni.ini adalahprod...
Kontroversi intelektual tentang budaya massaKontroversi intelektual tentang budaya massa
dan/atau budaya populer memang sa...
4.Budaya massa sebagai ancaman yang4.Budaya massa sebagai ancaman yang
mengakibatkan tergusurnya budayamengakibatkan tergu...
kesimpulankesimpulan
 Tatto yang pada awalnya merupakan suatuTatto yang pada awalnya merupakan suatu
‘TRADISI”,berubah ma...
penutuppenutup
Kontroversi intelektual tentang budayaKontroversi intelektual tentang budaya
massa pasti masih terusmassa ...
Movies&referensiMovies&referensi
 Japanese tattoo by nationalJapanese tattoo by national
geogarpicgeogarpic
 LiputanLipu...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Reproduksi Mekanis Mengenai Kebudayaan Tatto

2,342 views

Published on

Published in: Entertainment & Humor
1 Comment
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
2,342
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
6
Actions
Shares
0
Downloads
35
Comments
1
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Reproduksi Mekanis Mengenai Kebudayaan Tatto

  1. 1. KELOMPOKKELOMPOK “TATTO”“TATTO” FAROBIFAROBI MEGAMEGA RAYHANRAYHAN ANGGAANGGA ECHAECHA
  2. 2. BAGAIMANA KITA MELIHATBAGAIMANA KITA MELIHAT PRODUK-PRODUKPRODUK-PRODUK TRADISI,SEMENARA TRADISITRADISI,SEMENARA TRADISI MENJADI ALAT IDENTIFIKASI DANMENJADI ALAT IDENTIFIKASI DAN BAGAIMANA JUGA TRADISIBAGAIMANA JUGA TRADISI TERSEBUT DILIHAT DALAMTERSEBUT DILIHAT DALAM KONTEKS “REPRODUKSIKONTEKS “REPRODUKSI MEKANIS”?MEKANIS”?
  3. 3. REPRODUKSI MEKANISREPRODUKSI MEKANIS  Walter Benjamin pada tahun 1939 dalamWalter Benjamin pada tahun 1939 dalam artikelnya, “The Work of Art in the Age ofartikelnya, “The Work of Art in the Age of Mechanical Reproduction”.Mechanical Reproduction”. Argumen Benjamin yang palingArgumen Benjamin yang paling mendasar menyatakan bahwamendasar menyatakan bahwa reproduksi mekanis secara definitifreproduksi mekanis secara definitif ‘tak dapat didefinisikan sebagai‘tak dapat didefinisikan sebagai reproduksi otentisitas’. Menurutnya,reproduksi otentisitas’. Menurutnya, reproduksi mekanis memungkinkanreproduksi mekanis memungkinkan ‘emansipasi pengkaryaan seni tidak‘emansipasi pengkaryaan seni tidak lagi semata-mata tergantung padalagi semata-mata tergantung pada praktik ritual tradisional’.praktik ritual tradisional’.
  4. 4. KASUS REPRODUKSI MEKANIS:KASUS REPRODUKSI MEKANIS: “TATTOO”“TATTOO”  Kata “tato” berasal dari kata Tahitian / Tatu, yangKata “tato” berasal dari kata Tahitian / Tatu, yang memilki arti : menandakan sesuatu. Rajah atau tatomemilki arti : menandakan sesuatu. Rajah atau tato (Bahasa Inggris:(Bahasa Inggris: tattootattoo) adalah suatu tanda yang dibuat) adalah suatu tanda yang dibuat dengan memasukkan pigmen ke dalam kulit.dengan memasukkan pigmen ke dalam kulit.  Rajah dahulu sering dipakai oleh kalangan suku-sukuRajah dahulu sering dipakai oleh kalangan suku-suku terasing di suatu wilayah di dunia sebagai penandaanterasing di suatu wilayah di dunia sebagai penandaan wilayah, derajat, pangkat, bahkan menandakanwilayah, derajat, pangkat, bahkan menandakan kesehatan seseorang. Rajah digunakan secara luas olehkesehatan seseorang. Rajah digunakan secara luas oleh orang-orang Polinesia, Filipina, Kalimantan, Afrika,orang-orang Polinesia, Filipina, Kalimantan, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Mesoamerika, Eropa,Amerika Utara, Amerika Selatan, Mesoamerika, Eropa, Jepang, Kamboja, serta Tiongkok. Walaupun padaJepang, Kamboja, serta Tiongkok. Walaupun pada beberapa kalangan rajah dianggap tabu, seni rajah tetapbeberapa kalangan rajah dianggap tabu, seni rajah tetap menjadi sesuatu yang “populer” di dunia.menjadi sesuatu yang “populer” di dunia.
  5. 5. Tato dibuat sebagai suatu symbol atauTato dibuat sebagai suatu symbol atau penanda, dapat memberikan suatupenanda, dapat memberikan suatu kebanggaan tersendiri bagi si empunyakebanggaan tersendiri bagi si empunya dan simbol keberanian dari si pemilik tato.dan simbol keberanian dari si pemilik tato. Sejak masa pertama tato dibuat jugaSejak masa pertama tato dibuat juga memiliki tujuan demikian. Tato dipercayamemiliki tujuan demikian. Tato dipercaya sebagai simbol keberuntungan, statussebagai simbol keberuntungan, status sosial, kecantikan, kedewasaan, dansosial, kecantikan, kedewasaan, dan harga diri.harga diri.
  6. 6.  Walter Benjamin juga telah memberikanWalter Benjamin juga telah memberikan gagasan tentang budaya popular(tattoo dalamgagasan tentang budaya popular(tattoo dalam kasus ini).argumennnya tentang luruhnya aurakasus ini).argumennnya tentang luruhnya aura teks-teks atau praktek-praktek cultural budayateks-teks atau praktek-praktek cultural budaya tinggi melalui reproduksi mekanis menekankantinggi melalui reproduksi mekanis menekankan pada perubahan fungsi budaya dalampada perubahan fungsi budaya dalam masyarakatmasyarakat  Benjamin melihat bahwa kemajuaan teknikBenjamin melihat bahwa kemajuaan teknik reproduksi mekanis telah mendekatkan produk-reproduksi mekanis telah mendekatkan produk- produk budaya tinggi kepada public, sehinggaproduk budaya tinggi kepada public, sehingga aura yang semula diidentikan dengan produk-aura yang semula diidentikan dengan produk- produk seperti itu akhirnya juga lenyap.produk seperti itu akhirnya juga lenyap.
  7. 7. Lenyapnya aura tattoo membuka jalanLenyapnya aura tattoo membuka jalan bagi lahirnya penafsiran ulang yangbagi lahirnya penafsiran ulang yang sangat beragam,hasilnya tattoo yangsangat beragam,hasilnya tattoo yang dianggap sebagai suatu praktek culturaldianggap sebagai suatu praktek cultural yang semula diisolasi,dikaitkan padayang semula diisolasi,dikaitkan pada otoritas dan ritus tradisi yang dipakai olehotoritas dan ritus tradisi yang dipakai oleh kalangan elite tertentu,sekarangkalangan elite tertentu,sekarang dibebaskan untuk dipakai pada konteksdibebaskan untuk dipakai pada konteks dan kegunaan yang berbeda.dan kegunaan yang berbeda.
  8. 8. Teknologi reproduksi telah mengubah polaTeknologi reproduksi telah mengubah pola produksi karya-karya seni.ini adalahproduksi karya-karya seni.ini adalah indikasi tentang berlangsungnyaindikasi tentang berlangsungnya pergeseran dari budaya auratik menujupergeseran dari budaya auratik menuju budaya demokratis(storey,1993:108-109)budaya demokratis(storey,1993:108-109) Dalam bahasa daniel bell disebut sebuahDalam bahasa daniel bell disebut sebuah demokatisasi kejeniusandemokatisasi kejeniusan Produksi kebudayaan=dalam era produkProduksi kebudayaan=dalam era produk massa budaya adalah benda yangmassa budaya adalah benda yang dimanufakturdimanufaktur
  9. 9. Kontroversi intelektual tentang budaya massaKontroversi intelektual tentang budaya massa dan/atau budaya populer memang sangat menarikdan/atau budaya populer memang sangat menarik untuk dicermati.dalam catatan storey(1993)sampaiuntuk dicermati.dalam catatan storey(1993)sampai sekarang ada 7 cara atau perspektif yang dipakaisekarang ada 7 cara atau perspektif yang dipakai para teoritisi sosialdalam melihat masalahpara teoritisi sosialdalam melihat masalah tersebut:tersebut: 1.1. Budaya populer dilihat semata sebagaiBudaya populer dilihat semata sebagai budaya yang secara luas digemari banyakbudaya yang secara luas digemari banyak orangorang 2.2. Mengandaikan budaya populer sebagaiMengandaikan budaya populer sebagai sebuah kategori residual dalamsebuah kategori residual dalam perbandingannya dengan budaya tinggiperbandingannya dengan budaya tinggi 3.3. Melihat budaya populer sebagai budayaMelihat budaya populer sebagai budaya massamassa
  10. 10. 4.Budaya massa sebagai ancaman yang4.Budaya massa sebagai ancaman yang mengakibatkan tergusurnya budayamengakibatkan tergusurnya budaya rakyatrakyat 5.Budaya populer adalah budaya yang5.Budaya populer adalah budaya yang autentik,budaya dari rakyat untuk rakyatautentik,budaya dari rakyat untuk rakyat 6.Perspektif gramscian=pengertian budaya6.Perspektif gramscian=pengertian budaya populer ditarik dari analisis politik teoripopuler ditarik dari analisis politik teori hegemonihegemoni 7.Budaya populer sebagai budaya yang7.Budaya populer sebagai budaya yang baik kelahiran maupun pertumbuhannyabaik kelahiran maupun pertumbuhannya mengikuti pertumbuhan industrialisasimengikuti pertumbuhan industrialisasi dan urbanisasidan urbanisasi
  11. 11. kesimpulankesimpulan  Tatto yang pada awalnya merupakan suatuTatto yang pada awalnya merupakan suatu ‘TRADISI”,berubah makna estetikanya ketika ia‘TRADISI”,berubah makna estetikanya ketika ia mengalami reproduksi mekanis.tatto menjadi suatumengalami reproduksi mekanis.tatto menjadi suatu kebudayaan yang universal,reproduksi mekaniskebudayaan yang universal,reproduksi mekanis menjadikan tattoo sebagai suatu kebudayaan populermenjadikan tattoo sebagai suatu kebudayaan populer walaupun disatu sisi tattoo merupakan suatu budayawalaupun disatu sisi tattoo merupakan suatu budaya populer yang yang merupakan sebuah kebudayaanpopuler yang yang merupakan sebuah kebudayaan komersial dan diproduksiecara massal ia jugakomersial dan diproduksiecara massal ia juga merupakan suatu kebudayaan tinggi.merupakan suatu kebudayaan tinggi.  Perkembangan teknologi dan informasi memberikanPerkembangan teknologi dan informasi memberikan kebebasan bagi suatu kebudayaan,kebudayaan/tradisikebebasan bagi suatu kebudayaan,kebudayaan/tradisi akan menjadi “kabur” dalam konteks autentiknya,ia akanakan menjadi “kabur” dalam konteks autentiknya,ia akan menjadi suatu kebudayaan universal dan semua orangmenjadi suatu kebudayaan universal dan semua orang bisa mengaplikasikannya disebabkan oleh kemajuanbisa mengaplikasikannya disebabkan oleh kemajuan teknologiteknologi
  12. 12. penutuppenutup Kontroversi intelektual tentang budayaKontroversi intelektual tentang budaya massa pasti masih terusmassa pasti masih terus berlangsung.batasan tentang budayaberlangsung.batasan tentang budaya tinggi,budaya rakyat,budaya populer tidaktinggi,budaya rakyat,budaya populer tidak lagi dipakai sebagai titik berangkat paralagi dipakai sebagai titik berangkat para kritikus dalam menganalisis apa yangkritikus dalam menganalisis apa yang kemudian dikenal sebagai budayakemudian dikenal sebagai budaya postmodern ini.postmodern ini.
  13. 13. Movies&referensiMovies&referensi  Japanese tattoo by nationalJapanese tattoo by national geogarpicgeogarpic  LiputanLiputan 6:tradisi6:tradisi tatotato sukusuku dayakdayak  ProduksiProduksi tattoo moderntattoo modern  buku “lubang hitambuku “lubang hitam kebudayaan” karyakebudayaan” karya hikmat budiman (2002)hikmat budiman (2002)  Buku “Media dan budayaBuku “Media dan budaya populer” karya graemepopuler” karya graeme burton (1999)burton (1999)  www.wikipedia.comwww.wikipedia.com  www.youtube.comwww.youtube.com  www.liputan6.comwww.liputan6.com

×