Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Disusun Oleh :
Faisal Dharojat Al Rasyied
Widya Laras
Zara Adesta Putri
Kelas : 5M
Kelompok : 3
Cyclodextrins merupakan senyawa polisiklik kompleks yang terbentuk dari 6 sampai 8
molekul glukosa yang diikat oleh ikatan...
Cyclodextrins dapat dibuat melalui sintesa secara kimiawi, pembentukan dari gen yang
telah direkombinan dari Escherichia c...
Karena keunikan sifat struktur kimia yang dimiliki oleh cyclodextrins itu lah yang
membuatnya dapat digunakan sebagai suat...
Berdasarkan asumsi bahwa Cyclodextrins akan mengikat senyawa hydrophobic dalam
rongganya, bukan berarti dalam fakta pembua...
Dewasa ini penggunaan turunan β-Cyclodextrins banyak digunakan dalam sediaan
farmasetikal karena kelarutannya dalam air ya...
Solid
Complex
Dissolution (kd)
Dissolved
Complex
Adsorption (ka)
(kc)
Cyclodextrin
Competing Agent
Competing Agent-Cyclodd...
Industri Farmasi :
• Untuk anti-inflamasi
atau infeksi
tenggorokan (dengan
Iodine)
• Dilatasi koroner
(dengan nitroglyceri...
Pelepasan zat aktif yang terikat pada Cyclodextrins dapat diatur sesuai
kebutuhan, hal tersebut bergantung pada formulasi ...
Kosmetik & Hygiene:
• Long-lasting perfume
release
• Deodoriser ( dengan
minyak peppermint, dll )
• Penghilang kerutan
kar...
The End
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Cyclodextrins

1,450 views

Published on

Cyclodextrins merupakan senyawa polisiklik kompleks yang terbentuk dari 6 sampai 8 molekul glukosa yang diikat oleh ikatan glikosida. Senyawa ini berbentuk seperti tabung tanpa tutup dengan rongga ditengahnya. Berdasarkan struktur kimianya, pada bagian dalam rongga bersifat hydrophobic dan bersifat hydrophylic pada permukaan luar rongganya.

Published in: Education
  • Be the first to comment

Cyclodextrins

  1. 1. Disusun Oleh : Faisal Dharojat Al Rasyied Widya Laras Zara Adesta Putri Kelas : 5M Kelompok : 3
  2. 2. Cyclodextrins merupakan senyawa polisiklik kompleks yang terbentuk dari 6 sampai 8 molekul glukosa yang diikat oleh ikatan glikosida. Senyawa ini berbentuk seperti tabung tanpa tutup dengan rongga ditengahnya. Berdasarkan struktur kimianya, pada bagian dalam rongga bersifat hydrophobic dan bersifat hydrophylic pada permukaan luar rongganya.
  3. 3. Cyclodextrins dapat dibuat melalui sintesa secara kimiawi, pembentukan dari gen yang telah direkombinan dari Escherichia coli , ataupun dehasilkan secara alami dari reaksi enzimatis oleh bakteri genus Bacillus.
  4. 4. Karena keunikan sifat struktur kimia yang dimiliki oleh cyclodextrins itu lah yang membuatnya dapat digunakan sebagai suatu pembawa dari sediaan farmasi yang memiliki kelarutan rendah dalam air untuk dapat dilarutkan dalam air agar dapat mempermudah pembentukan suatu formulasi sediaan topikal atau pun oral. Hal tersebut dapat terjadi dengan pengikatan gugus hidroksil, amina, atau gugus lainnya pada sediaan dengan monomer glukopiranosa pada cyclodextrins.
  5. 5. Berdasarkan asumsi bahwa Cyclodextrins akan mengikat senyawa hydrophobic dalam rongganya, bukan berarti dalam fakta pembuatan kompleksasi antar Cyclodextrins dan senyawa yang diikatnya akan terikat secara teratur. Berdasarkan gambar dibawah ini dapat dilihat jika dalam pembuatan suatu formulasi sediaan Cyclodextrins dapat mengikat zat aktif dengan berbagai kemungkinan, bahkan akan ada sebagian kecil molekul obat dan Cyclodextrins yang tak saling berikatan.
  6. 6. Dewasa ini penggunaan turunan β-Cyclodextrins banyak digunakan dalam sediaan farmasetikal karena kelarutannya dalam air yang jauh lebih baik daripada turunan Cyclodextrins lainnya. Selain itu, Cyclodextrins memiliki stabilitas yang relatif baik karena tidak terurai dalam larutan panas alkali, bahkan cukup resisten terhadap hidrolisis asam dan enzim β-amilase serta enzim α-amilase.
  7. 7. Solid Complex Dissolution (kd) Dissolved Complex Adsorption (ka) (kc) Cyclodextrin Competing Agent Competing Agent-Cycloddextrin Complex (ki) Drug Drug Biomembrane Systemic Circulation Mekanisme Sistem Penghantaran Obat Menggunakan Cyclodextrins
  8. 8. Industri Farmasi : • Untuk anti-inflamasi atau infeksi tenggorokan (dengan Iodine) • Dilatasi koroner (dengan nitroglycerin) • Anti-ulcerate (dengan benexate) • Vektor untuk vitamin dan hormon • Efek samping dari reduksi dapat meningkatkan efek anti kanker Aplikasi Cyclodextrins
  9. 9. Pelepasan zat aktif yang terikat pada Cyclodextrins dapat diatur sesuai kebutuhan, hal tersebut bergantung pada formulasi yang digunakan untuk membuat sediaan hingga 1 hari.
  10. 10. Kosmetik & Hygiene: • Long-lasting perfume release • Deodoriser ( dengan minyak peppermint, dll ) • Penghilang kerutan karena kulit kering(dengan senyawa rumput laut, Vitamin A & E) • Anti-cellulitis • Shampo • Pasta gigi, anti-plak • Antibakteri Aplikasi Cyclodextrins
  11. 11. The End

×