Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Cara Membuat dan Menambahkan Lokasi Di Google Map

275 views

Published on

Panduan cara embuat dan menambahkan lokasi di Google map saat ini terintegrasi dengan akun "Google My Business" yang sinkron dengan Plus Page, Analytics, Insight dan sebagainya. Listing semacam ini tentunya sangat menguntungkan untuk bisnis lokal yakni untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap suatu usaha atau bisnis tertentu.
Meskipun bisnis dijalankan secara online, konsumen juga berhak atau alamat atau lokasi bisnis yang sebenarnya dengan bukti terverifikasi oleh Google Map (places)

Published in: Internet
  • Be the first to comment

Cara Membuat dan Menambahkan Lokasi Di Google Map

  1. 1. Cara Membuat & Menambahkan lokasi di Google Map
  2. 2. Disusun Oleh : Fahrudin R. » view FB profile. Digital Marketing Channel » t.me/enamdigit;
  3. 3. Deskripsi Menambahkan lokasi bisnis di Google Map memiliki beberapa keuntungan. Pertama, alamat lokal bisnis yang dijalankan mudah ditemukan oleh calon konsumen. Kedua, membangun kredibilitas dan ‘trust’ bagi calon klien, mitra bisnis hingga investor. Namun per-31 Maret 2017, Google mengumumkan bahwa membuat lokasi di Google map tidak lagi mengundang komunitas dan pengguna internet secara bebas melalui “map maker’ seperti pada waktu sebelumnya, yakni siapa pun dapat menambahkan alamat rumah atau tempat penting lainnya. Sistem saat ini pada dasarnya lebih baik lagi karena tidak hanya berlaku untuk alamat bisnis saja, akan tetapi semua lokasi yang didaftarkan harus melalui sistem verifikasi alamat riil sebenarnya dengan memasukkan nomor PIN yang dikirim via pos oleh pihak Google.
  4. 4. Materi pembahasan ● Deskripsi ● Memilih kata kunci lokal bisnis ● Penggunaan ‘title’ yang tepat ● Sistem ranking Google Map ● Mendaftar listing google map ● Cara verifikasi lokasi di Google Map ● Tips SEO ranking lebih baik di Google Map ● Tips membangun reputasi lokal bisnis
  5. 5. Kata Kunci Lokal Bisnis Mengoptimalkan listing Google map untuk bisnis tidak hanya sekedar submit alamat. Akan tetapi diawali dengan memilih kata kunci ‘title’ bisnis yang tepat untuk meningkatkan ‘Online presence’. Pelajari cara riset kata kunci untuk bisnis & jualan online, klik » bit.ly/riset-kw
  6. 6. Contoh ‘Title’ Lokal Bisnis Perhatikan contoh alamat lokal bisnis ini terlebih dahulu » klik di sini Pada contoh tersebut terdapat dua bagian, yakni: 1. Nama brand 2. Kata kunci bisnis Contoh: Nama Brand ~ Kata kunci bisnis Zayo Jilbab ~ Toko Jilbab Jember
  7. 7. Sistem Ranking Google Map Sistem ranking untuk setiap kata kunci pencarian menggunakan Google map, dipengaruhi oleh 3 hal: 1. Nearby (kedekatan jarak antara lokal bisnis yang dicari dengan lokasi device/mobile) 2. SEO, Optimasi & relevansi metadata yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan hasil pencarian, termasuk penggunaan kata kunci (keyword) dengan tepat. 3. Prominence. Hubungannnya dengan reputasi suatu ‘nama brand’ tertentu.
  8. 8. Cara Mendaftar Google Map Saat ini, Google mengalihkan pendaftaran Maps pada Google My Business yang memungkinkan pengguna tidak hanya listing alamat bisnis, akan tetapi juga mendapat berbagai manfaat lainnya seperti terintegrasi dengan Google Plus page, akun Adwords, insights, reviews, Youtube Channel & Analytics. Daftar google map, klik link » Google.com/business
  9. 9. Pengisian Data Identitas Bisnis Setelah membuka atau klik link Google business, maka akan mendapatkan halaman formulir identitas yang harus diisi lengkap. 1. Saat pengisian pada kolom ‘street address’ atau alamat, maka pointer peta atau map akan mengarah pada alamat yang dimaksud. 2. Namun jika ternyata, alamat yang ditunjuk oleh pointer ‘warna merah’ kurang tepat, maka geser pointer tersebut hingga berada lebih tepat menurut anda. 3. Atau jika alamat yang ditulis tidak ditemukan oleh Google, maka kita bisa meng-klik tombol merah “marker location” untuk men-drag pointer pada titik alamat yang dimaksudkan.
  10. 10. Terakhir, Pastikan Alamat Benar Setelah pengisian data selesai, maka akan muncul halaman konfirmasi tentang data yang dimasukkan. Klik tombol “Mail” berwarna biru untuk mendapatkan surat berisi nomor pin verifikasi dari Google.
  11. 11. Pastikan Anda Berwenang Sebelum surat (postcard) benar-benar dikirim, Google ingin memastikan jika anda berwenang (authorized) atas alamat lokal bisnis yang disubmit. Berikan tanda ‘check’, jika alamat bisnis yang disubmit benar-benar lokal bisnis milik anda.
  12. 12. Periksa Alamat Sekali lagi Periksa sekali lagi alamat yang disubmit. Isikan nama pemilik bisnis pada kolom Attn. (Attention) jika dikhawatirkan postcard tidak sampai pada anda sebagai pemilik lokal bisnis. Lalu klik, Send Postcard.
  13. 13. Verifikasi Alamat Google Map Jika Google tidak menemukan hal yang mencurigakan (duplikat alamat, dll.), maka postcard akan sampai pada alamat yang disubmit dalam kurun waktu 4 hari sampai 2 minggu. Buka alamat business.google.com lalu klik tombol ‘Verify Now’. Dan, masukkan kode yang didapat pada kolom yang telah disediakan.
  14. 14. SEO Lokal Bisnis di Google Map Selain faktor nearby, listing online presence di Google Map juga dipengaruhi oleh Metadata. Itu artinya, jika terdapat beberapa lokal bisnis yang dekat dengan device pencarian, Google Map akan melakukan pemeringkatan (rank) berdasar kesesuaian data (faktor) lokal bisnis yang disubmit dengan kata kunci pencarian. Intinya, Google Places ini akan lebih memilih data bisnis yang paling riil.
  15. 15. SEO Ranking Google Map 1. Pastikan alamat lokal bisnis telah terverifikasi. 2. Nama Bisnis (title) harus tepat, diijinkan maksimal 100 karakter. Dan tidak boleh kapital semua. 3. Alamat yang jelas & terbaca 4. Nomor telpon utama. 5. Alamat web yg dapat di-Crawl oleh Googlebot. 6. Isikan kategori utama dan kategori tambahan. 7. Setting jam dengan tepat. 8. Tambahkan foto produk & lokasi 9. Lengkapi semua data yang diperlukan (icon, fitur, dll.)
  16. 16. Bangun Reputasi Libatkan Komunitas Terakhir, TIGA hal berikut ini berperan positif untuk meningkatkan rangking alamat lokal bisnis di Google Map, antara lain: 1. Bagikan (share) URL lokasi bisnis yang telah terverifikasi. 2. Benamkan (embed) alamat bisnis di website atau blog pribadi ataupun milik mitra bisnis. 3. Ajak pihak-pihak yang berhubungan dengan bisnis anda (klien, customer, investor, dll.) untuk menuliskan review dan memberikan rating pada alamat bisnis di Google Map.
  17. 17. Ada pertanyaan? Ada yang perlu didiskusikan? Tulis komentar anda, klik di sini!.
  18. 18. Tentang Kami Fahrudin R. | Adsense publisher Bukan pakar online, apalagi master atau suhu. Hanya seorang pembelajar yang membaca dan ‘berusaha’ mempraktekkan apa yang dibaca. Berusaha berbagi sedikit pengetahuan tentang digital marketing. Percaya dan yakin sepenuhnya, jika segala ilmu yang ada di muka bumi ini dapat dipelajari atas ijin Allah SwT. Kegigihan atas suatu hal dapat mengalahkan segalanya, bahkan bakat sekalipun. Kenal lebih dekat, View Facebook Profile :)
  19. 19. Konsultan Digital Marketing Digital Marketing | Pemasaran online menggunakan media internet merupakan metode yang tidak bisa terhindarkan lagi di era-informasi teknologi seperti saat ini. Jasa konsultan | bertujuan untuk mengetahui posisi 'online presence' bisnis yang sedang dijalankan. ➔ Online visibility check. ➔ Market analysis ➔ Social Media Marketing plan WA/Telegram » 081 358 316 163 Chat, klik » bit.ly/fahrudin Atau belajar gratis, klik » t.me/enamdigit
  20. 20. Semoga Bermanfaat Kawan :) Follow Telegram » @enamdigit.
  21. 21. Referensi Local ranking Bulk upload Address format

×