Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

ANSOS Analisis sosial, makna dibalik teks dan simbol

1,063 views

Published on

Konsep analisa sosial yang melibatkan "peran" teks dan simbol dalam pola komunikasi sebagai bentuk gejala sosial dalam masyarakat 'kelas bawah' di Indonesia.

Disclaimer :
Sekedar contoh fenomena penggunaan bahasa teks oleh masyarakat.

Published in: Marketing
  • Be the first to comment

ANSOS Analisis sosial, makna dibalik teks dan simbol

  1. 1. ANSOS Analisis Sosial “Pesan dibalik teks & simbol”
  2. 2. Ilmu sosial (sosiologi) memiliki tiga perspektif untuk menginterpretasikan suatu makna, salah satunya adalah “Symbolic interactionism” *) dalam Cliffnotes
  3. 3. Symbolic interactionism “a theory that human interaction and communication is facilitated by words, gestures, and other symbols that have acquired conventionalized meanings.” *) based on dictionary
  4. 4. Setiap kata memiliki makna. Setiap teks, gambar dan simbol memiliki pesan tertentu sesuai dengan penyampai pesan (media) dan bukan oleh pembuat pesan.
  5. 5. “Pemulung dilarang masuk”, Ilustrasi by Google image
  6. 6. Permasalahan Mengapa pemulung dimusuhi?, Padahal pemulung menurut wikipedia adalah mata rantai pertama dari industri daur ulang.
  7. 7. Hipotesis pertama Pemulung mencuri barang penting penduduk setempat.
  8. 8. Hipotesis kedua Pemulung sebagai bagian dari industri, mendapatkan untung sepihak dari limbah rumah tangga penduduk.
  9. 9. Teori “Dalam hukum kriminal, pencurian adalah pengambilan properti milik orang lain secara tidak sah tanpa seizin pemilik. … Seseorang yang melakukan tindakan atau berkarier dalam pencurian disebut pencuri, dan tindakannya disebut mencuri.” *) dalam Wikipedia
  10. 10. Alternatif Solusi Warga setempat mengganti teks kata dalam “warning sign” dengan Pencuri dilarang masuk. Atau Menarik retribusi perijinan bagi pemulung yang hendak memulung di wilayahnya.
  11. 11. Ditulis oleh Fahrudin R. Find Me on Facebook
  12. 12. Materi singkat seputar ANSOS Analisis Sosial ini disampaikan dalam FGD Lembaga Informasi & Komunikasi PDM Kab. Jember | tanggal 07 April 2016 Kunjungi Web kami, klik JemberMU

×