Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
@copyright www.fahdisjro.com
MATERI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER
Mata Pelajaran : Sosiologi Mata Pelajaran / Kelas : Sosiol...
@copyright www.fahdisjro.com
7. Pada masyarakat modern, semua orang bebas melakukan perubahan melelaui berbagai usaha. Con...
@copyright www.fahdisjro.com
A. Eksklusif
B. Dinamis
C. Terbuka
D. Tetutup
E. Inklusif
14. Perhatikan tabel berikut
Nama A...
@copyright www.fahdisjro.com
2) Demonstrasi buruh menuntut kenaikan upah.
3) Aksi warga menolak penggusuran lahan untuk pr...
@copyright www.fahdisjro.com
27. Untuk meredam konflik antara suporter sepak bola dengan panitia penyelenggara yang tidak
...
@copyright www.fahdisjro.com
35. Pada umumnya konflik bermula pada ...
A. Perbedaan
B. Persamaan
C. Keteraturan
D. Keselar...
@copyright www.fahdisjro.com
5) keinginan untuk melihat daerah lain yang lebih maju
Faktor pendorong mobilitas sosial ditu...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Soal UAS Sosiologi kelas 11 & Kunci Jawaban (KTSP) 2015

11,633 views

Published on

Naskah Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Mata Pelajaran Sosiologi Kelas 11 Kurikulum KTSP. Jumlah Soal 50 Pilihan Ganda (PG) dan 5 Essay dilengkapi dengan Kunci Jawaban.

Published in: Education
  • Be the first to comment

Soal UAS Sosiologi kelas 11 & Kunci Jawaban (KTSP) 2015

  1. 1. @copyright www.fahdisjro.com MATERI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER Mata Pelajaran : Sosiologi Mata Pelajaran / Kelas : Sosiologi / XI Kurikulum : KTSP Alokasi Waktu : 90 menit Tahun Pelajaran : 2015 / 2016 Jumlah Soal : 50 PG dan 5 Essay PETUNJUK : Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atau E pada lembar jawaban yang tersedia! 1. Masyarakat memiliki suatu tingkatan yang masing-masing memiliki tugas dan fungsinya sendiri-sendiri. Jalinan antara kelompok-kelompok sosial,lembaga-lembaga sosial, norma sosial dan lapisan sosial di masyarakat disebut . . . . A. Struktur sosial B. Problem sosial C. Interaksi sosial D. Stratifikasi sosial E. Diferensiasi sosial 2. Perhatikan pernyataan berikut 1) Pengaturan tata kelakuan dan pola hubungan masyarakat 2) Menyangkut hubungan sosial antara kelompok pada saat tertentu 3) Sebagian kebudayaan (masyarakat yang dapat dilihat dari sudut pandang teori) 4) Memiliki dua dimensi yaitu vertikal dan horizontal 5) Realita sosial yang dinamis Dari pernyataan di atas yang termasuk ciri – ciri struktur sosial adalah . . . . A. 1 dan 2 B. 1 dan 4 C. 2 dan 3 D. 2 dan 4 E. 3 dan 5 3. Dalam bersikap dan bertingkah laku anggota masyarakat membutuhkan pedoman agar sikapnya sesuai dengan keinginan masyarakat. Sebagai dasar untuk penanaman disiplin sosial kelompok atau masyarakat hal ini merupakan . . . . A. Bentuk – bentuk struktur sosial B. Pengertian struktur sosial C. Ciri – ciri struktur sosial D. Fungsi struktur sosial E. Fungsi norma 4. Penggolongan/perbedaan masyarakat sangat mungkin dan banyak terjadi, perbedaan tersebut didasarkan pada agama, ras, profesi, dan suku bangsa yang merupakan perbedaan bersifat horisontal, hal demikian disebut . . . . A. Proses sosial B. Integrasi sosial C. Kelompok sosial D. Stratifikasi sosial E. Diferensiasi sosial 5. Kemajemukan masyarakat Indonesia menyebabkan masyarakat memiliki banyak perbedaan sehingga digolongkan kedalan berbagai kelompok yang berbeda. Penggolongan yang berkaitan dengan warna kulit, bentuk kepala, warna rambut, dan bola mata termasuk diferensiasi sosial berdasarkan . . . . A. Ras B. Klan C. Profesi D. Agama E. Suku bangsa 6. Contoh masyarakat Indonesia yang termasuk dalam ras weddoid adalah . . . . A. Orang Sulawesi Selatan B. Orang Maluku Selatan C. Orang Mentawai D. Orang Sunda E. Orang Batak
  2. 2. @copyright www.fahdisjro.com 7. Pada masyarakat modern, semua orang bebas melakukan perubahan melelaui berbagai usaha. Contoh sederhana di dalam masyarakat adalah melalui pendidikan, karena dengan pendidikan individu akan dengan mudah untuk melalui perubahan status sosial mereka. Ini menunjukkan adanya… A. Diferensiasi sosial B. Struktur sosial C. Stratifikasi sosial D. Stratifikasi sosial tertutup E. Stratifikasi sosial campuran 8. Ardan adalah siswa SMA Tunas Bangsa, sebagai siswa tentunya ia rajin belajar. Ini merupakan gambaran dari unsur – unsur stratifikasi sosial yaitu . . . . A. Norma dan nilai B. Status dan peran C. Peranan dan nilai D. Status dan norma E. Peranan dan norma 9. Penggolongan individu di masyarakat dapat dibedakan ke dalam dua hal, stratifikasi dan diferensiasi sosial. Stratifikasi sosial didasari oleh beberapa hal antara lain . . . . A. Relasi, agama, busana, dan gaya hidup B. Pendidikan, relasi, peran dan gaya hidup C. Agama, kekayaan, pekerjaan dan pendidikan D. Kekayaan, kekuasaan, kehormatan dan pendidikan E. Makanan yang dikonsumsi bersama dan keturunan 10. Salah satu ukuran pembedaan kelas sosial secara vertikal di masyarakat adalah dengan kekayaan. Yang menjadi tolak ukur kekayaan dasar pembentukan stratifikasi sosial ditentukan oleh . . . . A. Banyak sedikitnya materi atau nilai suatu kebendaan B. Banyak sedikitnya anggota keluarga C. Tinggi rendahnya peranan sosial D. Tinggi rendahnya pengetahuan E. Tinggi rendahnya status sosial 11. Perhatikan gambar statifikasi sosial di bawah ini Keterangan: 1. Bangsawaan 2. Pegawai Tinggi (pendeta) 3. Pegawai Rendah (tukang, buruh) Dasar pelapisan sosial pada gambar di atas adalah . . . . A. Pengetahuan B. Kekuasaan C. Pendidikan D. Keturunan E. Ekonomi 12. Perhatikan pernyataan di bawah ini 1) Keanggotaan dari kasta diperoleh melalui kelahiran 2) Hubungan dengan kelompok lain tidak terbatas 3) Perkawinan bersifat eksogen 4) Prestise suatu kasta benar – benar diperhatikan 5) Kasta tidak terikat kedudukan Dari pernyataan di atas yang merupakan ciri – ciri kasta di Bali adalah . . . . a. 1 dan 3 b. 1 dan 4 c. 2 dan 3 d. 3 dan 4 e. 3 dan 5 13. Perhatikan gambar di bawah ini Berdasarkan gambar di atas menunjukkan bahwa dalam masyarakat terdapat pelapisan sosial yang bersifat . . . .
  3. 3. @copyright www.fahdisjro.com A. Eksklusif B. Dinamis C. Terbuka D. Tetutup E. Inklusif 14. Perhatikan tabel berikut Nama Agama Profesi Kegiatan Aman Hindu Pedagang KUD Anas Kristen Guru PGRI Alex Islam Pedagang KUD Andri Katolik Pegawai KORPRI Proses interseksi melalui keanggotaan kelompok bersilang dialami oleh . . . . A. Aman dan Anas B. Aman dan Alex C. Anas dan Alex D. Alex dan Andri E. Aman dan Andri 15. Beberapa gejala sosial 1) Andi selalu berbicara dalam bahasa Buggis ketika membahas urusan lingkungan dengan sesama suku bangsa 2) I Gede Pastika suka menyanyikan lagu – lagu dari daerah Bali di lingkungan keluarganya 3) Politisi PKB mengklaim bahwa warga Nandiyin ada ikatan emosi dengan PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) 4) Ahmad menentukan pilihan politik dengan mencontreng PAN (Partai Amanat Nasional) karena ia merasa orang Muhammadiyyah Dari contoh di atas yang merupakan perilaku politik aliran adalah . . . . A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 2 dan 4 E. 3 dan 4 16. Perhatikan kasus berikut ini 1) Konflik antara para supir angkut plat kuning dengan supir angkut plat hitam 2) Konflik antara etnis di bekas negara Yugoslavia 3) Konflik antara pendukung dan penentang kenaikan BBM 4) Konflik yang terjadi antara negara Israel dan Palestina Kasus di atas yang termasuk konflik realistik adalah . . . . A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 2 dan 4 E. 3 dan 4 17. Beberapa gejala sosial dalam masyarakat 1) Perubahan sosial yang cepat dalam tempo singkat. 2) Setiap kelompok mempunyai kepentingan sendiri. 3) Kesamaan unsur berbagai kelompok sosial di masyarakat. 4) Masing-masing orang mempunyai semangat untuk membangun. Yang berpotensi sebagai penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat adalah . . . . A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 2 dan 4 E. 3 dan 4 18. Kebutuhan industri menyebabkan terjadi eksploitasi hutan secara besar-besaran. Orientasi keuntungan ekonomis menyebabkan pengusaha menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan kayu hingga merambah hutan milik adat masyarakat setempat. Rakyat menolak karena menganggap hutan tadi adalah tempat yang sakral. Terjadilah konflik antara pengusaha dengan masyarakat yang merasa dirampas. Konflik yang terjadi antara pengusaha dan rakyat disebabkan oleh adanya perbedaan. . . . A. Kepercayaan B. Kepentingan C. Ideologi D. Budaya E. Individu 19. Bentuk-bentuk konflik sosial : 1) Konflik antara pendukung tim sepak bola.
  4. 4. @copyright www.fahdisjro.com 2) Demonstrasi buruh menuntut kenaikan upah. 3) Aksi warga menolak penggusuran lahan untuk proyek pemerintah. 4) Sweeping oleh organisasi masa ke tempat diskotik di kota besar. Dari contoh tersebut yang termasuk konflik vertikal adalah . . . . A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 2 dan 4 E. 3 dan 4 20. Konflik antar pendukung tim sepak bola jika dilihat berdasarkan cara pengelolaannya termasuk konflik. . . . A. Antar kelompok B. Antar individu C. Inter individu D. Konflik vertikal E. Konflik horisontal 21. Debat Calon Gubernur DKI Jakarta mengenai rancangan program kerja untuk mengatasi masalah banjir dan kemacetan. Jika dilihat berdasarkan akibat yang ditimbulkan termasuk jenis konflik . . . . A. Konstruktif B. Destruktif C. Ideologi D. Vertical E. Horizontal 22. Perhatikan pernyataan berikut ini! 1) Retaknya persatuan kelompok. 2) Perubahan kepribadian individu. 3) Dapat sebagai motivasi untuk maju berkembang. 4) Hancurnya harta benda dan jatuhnya korban manusia. 5) Dapat memperjelas aspek-aspek kehidupan yang belum jelas. Yang termasuk dalam dampak negatif konflik adalah . . . . A. 1, 2 dan 3 B. 1, 2 dan 4 C. 1, 3 dan 4 D. 2, 3 dan 4 E. 2, 4 dan 5 23. Konflik antara pengusaha dengan para mahasiswa tentang pemberantasan korupsi termasuk contoh . . . . A. Yang berdampak negatif B. Yang berdampak positif C. Konflik ideologi D. Konflik ekonomi E. Konflik sosial budaya 24. Sebagai langkah antisipasi, wali kelas mempertemukan dua siswa yang terlibat perkelahian kecil di kelas. Kedua siswa diminta untuk membuat kesepakatan untuk tidak mengulang perbuatan yang merusak nama baik kelas. Bentuk akomodasi yang ditempuh wali kelas tersebut berbentuk . . . . A. Mediasi B. Arbitrasi C. Konsiliasi D. Kompromi E. Adjudikasi 25. Adanya konflik yang sangat meresahkan masyarakat sebenarnya dapat di hindari dengan berbagai cara. Salah satunya dengan adanya proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam kehidupan masyarakat,yang lebih dikenal dengan istilah . . . . A. Asimilasi B. Akulturasi C. Koordinasi D. Integrasi sosial E. Disintegrasi sosial 26. Saat penyelenggaraan Pilkada sering terjadi konflik antara kelompok pendukung calon pemimpin daerah. Pro-kontra di antara mereka dapat menimbulkan banyak keresahan, kerugian dan kerusakan dalam masyarakat. Dalam tinjauan sosiologis faktor penyebab terjadinya konflik tersebut adalah... A. Kekayaan calon peserta B. Kualitas calon pemimpin C. Banyaknya jumlah partai D. Benturan kepentingan politik E. Rendahnya pendidikan politik
  5. 5. @copyright www.fahdisjro.com 27. Untuk meredam konflik antara suporter sepak bola dengan panitia penyelenggara yang tidak profesional dalam menjalankan tugas, aparat keamanan melakukan tindakan tegas dengan menangkap provokator. Dilihat dari cara yang ditempuh oleh aparat, penyelesaian konflik tersebut termasuk akomodasi dalam bentuk.... A. Koersi B. Arbitrasi C. Ajudikasi D. Konsiliasi E. Kompromi 28. Keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia membuat negeri ini terhadap konflik horisontal. Oleh karena itu upaya untuk mendorong proses integrasi sosial dapat dilakukan dengan ..... A. Mengembangkan pemahaman budaya kelompok lain B. Melaksanakan perkawinan massal antar kelompok C. Menghargai kekayaan kelompok lain D. Menjaga nilai budaya masyarakat E. Menanamkan semangat berkarya 29. Upaya penyelesaian konflik horizontal di daerah tertentu dilakukan dengan cara mempertemukan keinginan pihak pihak yang berselisih untuk tercapainya kesepakatan bersama setelah diperoleh kesamaan pendapat dengan melibatkan tokoh masyarakat maupun tokoh agama. Bentuk penyelesaian konflik tersebut adalah ..... A. Koersi B. Ajudikasi C. Toleransi D. Konsiliasi E. Stalemate 30. Indonesia merupakan negara maju yang memiliki potensi konflik, namun konflik tersebut dapat di eliminasi karena lebih mengedepankan persatuan dalam keberagaman. Faktor pendorong terwujudnya integrasi sosial dalam deskripsi tersebut adalah .... A. Nasionalis B. Pancasila C. Patriotis D. Agama E. Tujuan 31. Kasus sengketa tanah banyak pemicu terjadinya konflik antar warga. Pihak- pihak yang bersengketa meminta bantuan pihak ketiga untuk menyelesaikan masalah tersebut. Bentuk akomodasi yang sesuai dengan wacana tersebut adalah ..... A. Kompromi B. Ajudikasi C. Arbitrase D. Mediasi E. Koersi 32. Sebelum memutuskan gugatan cerai seorang selebriti kepada suaminya, hakim terlebih dahulu meminta kedua belah pihak untuk memikirkan kembali dampak perselisihannya. Namun karena tidak ditemukan penyelesaian maka mereka sepakat untuk menerima keputusan hakim atas nama lembaga pengadilan. Akomodasi dari kasus tersebut menurut bentuknya disebut ..... A. Mediasi B. Arbitrasi C. Ajudikasi D. Konsiliasi E. Kompromi 33. Kelompok sosial yang eksklusif membawa simbol tertentu (misalnya agama Islam) akan memicu kelompok sejenis dengan simbol yang berbeda (misalnya agama Kristen). Perbedaan antara kelompok akan menguat pada suku yang didominasi oleh simbol sosial tersebut. Hal ini dapat menimbulkan potensi konflik berupa ...... A. Kemenangan kelompok dengan simbol sosial tertentu di suatu daerah B. Tanggapan pada kelompok lain sebagai pihak yang dikalahkan C. Keinginan untuk mempengaruhi kelompok lain untuk bersatu D. Peningkatan kesadaran kolektif untuk hidup bersama E. Menghargai kelompok lain sebagai elemen bangsa 34. Konflik yang kadang-kadang terjadi antara kelompok generasi tua dengan generasi muda ditandai dengan adanya perbedaan pandangan, sikap, tingkah laku dan tutur kata. Contoh konflik antar generasi tersebut umumnya disebabkan oleh faktor ..... A. Umur/usia B. Kepentingan C. Perubahan sosial D. Posisi dalam masyarakat E. Peranan yang berbeda
  6. 6. @copyright www.fahdisjro.com 35. Pada umumnya konflik bermula pada ... A. Perbedaan B. Persamaan C. Keteraturan D. Keselarasan E. Keanekaragaman 36. Di dalam masyarakat selalu terjadi konflik baik dalam masyarakat sederhana maupun dalam masyarakat modern. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa konflik merupakan .... A. Gejala sosial B. Masalah sosial C. Suatu kejahatan D. Dinamika sosial E. Disintegrasi sosial 37. Masyarakat yang majemuk sangat rentan terhadap konflik sosial terutama masyarakat majemuk dengan adanya .... A. Minoritas dominan B. Mayoritas dominan C. Fragmentasi sosial D. Kompetisi seimbang E. Kompetisi tidak seimbang 38. Usaha untuk meredakan konflik dikenal sebagai ...... A. Akomodasi B. Kooperasi C. Mediasi D. Adaptasi E. Kompromi 39. Perhatikan beberapa gejala berikut 1) keinginan melihat daerah lain 2) Ekspansi teritorial dan gerak populasi 3) Kelas-kelas sosial yang berbeda 4) Perbedaan rasial dan agama 5) Perbedaan jenis kelamin Dari daftar di atas yang merupakan faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial adalah ..... A. 1, 2, dan 3 B. 1, 2, dan 4 C. 1, 3, dan 5 D. 2, 4, dan 5 E. 3, 4, dan 5 40. Seorang siswa dari keluarga tidak mampu berhasil masuk perguruan tinggi melalui SNMPTN. Pada saat berkuliah ia sangat rajin dan tekun belajar sehingga lulus dengan predikat sangat memuaskan. Setelah lulus dia bekerja di perusahaan ternama dan sekarang menjadi direktur. Dari contoh tersebut yang menjadi saluran dalam mobilitas sosial adalah ...... A. Organisasi ekonomi dan politik B. Organisasi pendidikan dan politik C. Lembaga pendidikan dan ekonomi D. Lembaga pendidikan dan kekuasaan E. Lembaga pendidikan dan keagamaan 41. Tujuan seseorang melakukan mobilitas adalah keinginan untuk hidup lebih maju. Deskripsi ini menunjukkan adanya konsekuensi positif terjadinya mobilitas sosial yaitu sikap ..... A. Pesimis B. Optimis C. Hedonis D. Prejudice E. Stereotipe 42. Mobilitas sosial vertikal naik yang ingin dicapai masyarakat pedesaan memiliki kecenderungan diawali dengan berpindah ke pusat-pusat industri dan perdagangan di kota besar. Kecenderungan masyarakat tersebut akan mendorong terjadinya ...... A. Migrasi B. Imigrasi C. Emigrasi D. Urbanisasi E. Transmigrasi 43. Faktor-faktor yang mempengaruhi mobilitas sosial: 1) hidup pasrah terhadap nasib yang dialami sendiri 2) keinginan merubah nasib dengan belajar dan bekerja keras 3) manipulasi dan korupsi menyebabkan kemiskinan di masyarakat 4) adanya komunikasi bebas melalui media sosial
  7. 7. @copyright www.fahdisjro.com 5) keinginan untuk melihat daerah lain yang lebih maju Faktor pendorong mobilitas sosial ditunjukkan oleh ..... A. 1, 2, dan 3 B. 1, 2, dan 4 C. 1, 3, dan 5 D. 2, 4, dan 5 E. 3, 4, dan 5 44. Beberapa gejala sosial : 1) merasa puas dengan kondisi yang ada 2) sangat memegang teguh ideologi 3) diskriminasi rasial terhadap masyarakat tertentu 4) ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi 5) struktur masyarakat bersifat terbuka Gejala sosial yang menghambat laju mobilitas sosial adalah ...... A. 1, 2, dan 3 B. 1, 2, dan 4 C. 1, 3, dan 5 D. 2, 4, dan 5 E. 3, 4, dan 5 45. Seorang pemuda terpelajar dari kalangan rakyat biasa menikah dengan putri seorang hartawan. Pemuda tersebut kemudian menempati status sosial yang setara dengan istrinya. Saluran yang digunakan untuk mobilitas sosial adalah .... A. Partai politik B. Pendidikan dasar C. Lembaga keagamaan D. Organisasi ekonomi formal E. Perkawinan dan pendidikan 46. Berikut ini yang merupakan contoh dari social climbing adalah ...... A. Seorang karyawan biasa menjadi kepala bagian B. Orang pengamen menyambi tukang parkir C. Seorang manajer menjadi karyawan biasa D. Seorang guru dipecat dari instansi E. Seorang bupati yang pensiun 47. Nilai tambah yang diharapkan dari social climbing adalah ..... A. Mobilitas horizontal B. Konflik sosial mereda C. Konflik sosial meruncing D. Integrasi sosial makin kukuh E. Interaksi sosial lebih sensitif 48. Bapak Agus seorang buruh bangunan yang tidak dapat menulis dan membaca tetapi ia berhasil mendidik anaknya sehingga memperoleh gelar sarjana. Contoh tersebut merupakan jenis mobilitas ..... A. Vertikal B. horisontal C. Vertikal horizontal D. Vertikal antargenerasi E. Horisontal antar generasi 49. Faktor utama yang mendorong masyarakat Minang banyak melakukan mobilitas geografis adalah .... A. Pertambahan penduduk B. Keadaan ekonomi C. Ajaran agama D. Wabah penyakit E. Keinginan merantau 50. Contoh mobilitas vertikal turun adalah ..... A. Seorang pengusaha sukses mengalami kebangkrutan dan jatuh miskin B. Andi mempunyai perusahaan sepatu sekaligus perusahaan pakaian C. Berkat modal dari Bang Andi menjadi pengusaha yang sukses D. Selain pedagang buah, Toni juga menjadi pedagang sayur E. Seorang pengusaha kecil berhasil menjadi konglomerat II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar ! 51. Jelaskan cara memperoleh status sosial! 52. Jelaskan sifat – sifat stratifikasi sosial! 53. Sebutkan cara-cara untuk menyelesaikan adanya konlik sosial di masyarakat! 54. Sebutkan bentuk- bentuk mobilitas sosial!. 55. Sebutkan saluran-saluran yang bisa digunakan untuk melakukan sebuah mobilitas sosial! Demikian naskah soal Ulangan Akhir Semester (UAS) mata pelajaran Sosiologi untuk Kelas XI kurikulum KTSP. Jika memerlukan kunci jawabannya, silahkan kunjungi web kami DISINI. Terima Kasih

×