Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Bank Soal Sosiologi XII; Penelitian Sosial

15,539 views

Published on

Naskah Soal Ulangan Harian Sosiologi Untuk Kelas XII. Materi "Penelitian Sosial" 30 Pilihan Ganda Beserta Kunci Jawaban.

Published in: Education
  • Be the first to comment

Bank Soal Sosiologi XII; Penelitian Sosial

  1. 1. BANK SOAL SOSIOLOGI MATERI ULANGAN HARIAN (2015) Mata Pelajaran : Sosiologi Kelas : XII Kurikulum : KTSP Materi : Penelitian Sosial 1. Ani melakukan penelitian tentang pengaruh televisi terhadap penurunan prestasi belajar siswa SMA. Ia memberikan instrumen penelitian kepada sejumlah iswa tanpa melihat kelas, tingkat kepandaian, usia, jenis kelamin, maupun penghasilan orang tua.Teknik pengambilan sampel yang dilakukan Ani adalah …. A. random sampling B. stratified sampling C. cluste sampling D. area sampling E. probability sampling 2. Norman melakukan penelitian tentang penyebab kesulitan belajar siswa SMA tempat ia bersekolah. Kenyataan yang dilihat dan melatarbelakangi adalah teman-temannya belum optimal dalam belajar karena rendahnya motivasi belajar atau kekurangan bahan sumber belajar, atau banyaknya beban tugas rumah dari setiap pengajar atau tayangan televisi lebih menarik daripada membaca buku. Latar belakang penelitian tersebut dirumuskan berdasarkan cara berpikir …. A. faktual B. rasional C. kompeten D. emosional E. komprehensif 3. Berikut ini yang merupakan kelemahan angket atau kuesioner berstruktur dibandingkan dengan wawancara adalah …. A. Jawaban angket terbatas dibandingkan dengan wawancara. B. Angket lebih mudah memperoleh responden dari pada wawancara. C. Angket dapat menjangkau responden yang banyak daripada wawancara. D. Jawaban angket Iebih mendalam dibandingakan wawancara. E. Angket mudah diperbanyak sesuai kebutuhan daripada wawancara. 4. Setelah penulisan laporan penelitian selesai, lampiran tersebut dapat didiskusikan di dalam kelas. Di bawah ini adalah beberapa manfaat diskusi hasil penelitian, kecuali …. A. Siswa berani untuk mengeluarkan pendapat. B. Siswa mampu berpikir secara kritis, dan inovatif. C. Memupuk rasa toleransi antara siswa pasca diskusi kelas. D. Siswa mampu mengemukakan pendapat menurut kemauannya. E. Siswa berani tampil untuk mempraktikkan apa yang telah ditelitinya. 5. Dalam rancangan penelitian sosial yang perlu diperhatikan adalah pemilihan topik penelitian. Salah satu syarat topik yang baik yaitu cukup menarik untuk diteliti, artinya …. A. Memiliki manfaat bagi masyarakat luas.
  2. 2. B. Berkaitan erat dengan isu-isu yang terjadi. C. Mendorong semangat melakukan penelitian. D. Menambah jumlah topik penelitian. E. Meningkatkan pengetahuan masyarakat. 6. Hasil pengumpulan data penelitian tentang kehidupan masyarakat miskin kota diperoleh dari data Pemda setempat antara lain tentang penyebaran lokasi pemukiman, jumlah populasi masyarakat miskin, jenis pekerjaan dan lamanya menempati wilayah tertentu. Data tersebut termasuk data .... A. laboratorium B. kepustakaan C. lapangan D. sekunder E. primer 7. Sebuah penelitian dengan populasi yaitu semua siswa di SMA tertentu. Sampel yang menjadi subjek data diambil berdasarkan jenjang kelas dengan rincian 15 siswa kelas X, 15 siswa kelas XI, dan 15 siswa kelas XII. Teknik sampling tersebut dinamakan …. A. kelompok B. kuota C. wilayah D. acak E. strata 8. Seorang peneliti ingin mengetahui secara mendalam tentang kehidupan suku Asmat yang ada di Papua. Peneliti terjun secara Iangsung ikut serta menjadi bagian dari kehidupan mereka selama berbulan-bulan. Dengan demikian dia dapat memperoleh dat empirik tentang suku Asmat. Teknik pengumpulan data tersebut adalah …. A. kuesioner/angket tertutup. B. wawancara berstruktur. C. observasi partisipatif. D. observasi non partisipatif. E. analisis isi media massa. 9. Perhatikan pernyataan berikut ! 1) Dapat mengamati perubahan perilaku kelompok. 2) Memungkinkan pencatatan berbagai dengan cepat. 3) Tidak terbatas pada tingkat pendidikan 4) Teknik terbaik untuk mendapatkan data pribadi. Dari pernyataan diatas yang menunjukan kelebihan dari teknik wawancara adalah …. A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 2 dan 4 E. 3 dan 4 10. Fungsi penulisan laporan hasil penelitian sosial sederhana bagi kepentingan praktis peneliti adalah …. A. Memberikan pengalaman dalam melakukan kegiatan penelitian.
  3. 3. B. Menginformasikan tata cara melakukan kegiatan penelitian ilmiah. C. Membantu memecahkan masalah sosial yang ada dalam masyarakat. D. Mendorong masyarakat untuk menyusun hasil penelitian. E. Memudahkan dalam melakukan penelitian lanjutan. 11. Suatu penelitian yang di fokuskan pada masalah tertentu dalam waktu lama dan mengungkapkan data apa adanya. Data penelitian diperoleh dari beberapa informan yang merupakan pelaku dari obyek yang diteliti. Penelitian tersebut tergolong …. A. eksperimen B. studi kasus C. eksplorasi D. dokumentasi E. analisis isi 12. Sekelompok siswa SMA/MA melakukan pengamatan dan wawancara dengan para sopir angkutan kota guna memperoleh data. Data tersebut mengenai tingkat pendidikan, jumlah anggota keluarga yang menjadi tanggungannya, lama bekerja dalam sehari, pendapatan kotor, jumlah uang yang harus di-setorkan kepada perusahaaan, dan lain-lain. Dilihat dari cara memperolehnya, data tersebut termasuk jenis …. A. sekunder B. kualitatif C. primer D. nominal E. kuantitatif 13. Pemerintah melakukan penelitian tentang pendidikan masyarakat secara sampling. Dengan pertimbangan efisiensi dan masyarakatnya tersebar dalam beberapa kecamatan, maka teknik pengambilan sampel yang sesuai adalah …. A. incidental sampling B. purposive samplig C. eluster sampling D. area sampling E. staratifield sampling 14. Untuk mengetahui dampak negatif penyalahgunaan narkotika bagi kehidupan sosial, peneliti hanya mengambil sampel dari para pengguna narkotika saja. Contoh tersebut merupakan jenis sampel …. A. proporsi B. wilayah C. berstata D. kuota E. bertujuan 15. Sebuah judul penelitian "Perbandingan Tingkat Pelanggaran Tata Tertib di Sekolah Antara Siswa Pria dengan Siswa Wanita". Dari judul tersebut, metode pembahasan yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah …. A. komparasi B. deskripsi
  4. 4. C. korelasi D. survei E. kasus 16. Seorang peneliti meneliti upacara adat di Minangkabau, ia kini berada dan ikut dalam prosesi di acara tersebut sehingga data yang diperoleh lebih akurat. Hal itu mewujudkan contoh pengumpulan data dengan cara …. A. studi kepustakaan B. angket/kuesioner C. observasi partisipasi D. wawancara E. dokumentasi 17. Beberapa ciri teknik pengumpulan data: 1) Dapat menjangkau populasi yang banyak. 2) Cocok bagi responden berpendidikan rendah. 3) Waktu menjawab pertanyaaan bersifat fleksibel. 4) Dapat memperoleh data yang mendalam dan pribadi. Yang merupakan kekuatan pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner adalah …. A. (1) dan (2) B. (1) dan (3) C. (2) dan (3) D. (2) dan (4) E. (3) dan (4) 18. .Perhatikan pertanyaan berikut! 1) Ditulis berdasarkan sistematika ilmiah 2) Menggunakan istilah/bahasa asing 3) Menggunakan bahasa yang komunikatif 4) Banyaknya menggunakan simbol gambar Syarat penulisan laporan yang baik dan benar adalah …. A. (1) dan (2) B. (1) dan (3) C. (2) dan (3) D. (2) dan (4) E. (3) dan (4) 19. Saat hendak melakukan penelitian sosial, menjelaskan urgensi, alasan, dan fakta pendukung. Hal tersebut merupakan bagian rancangarl penelitian sosial dari unsur …. A. latar belakang masalah B. rumusan masalah C. tujuan dan manfaat penelitian D. hipotesis penelitian E. metodologi penelitian 20. Rancangan penelitian memuat beberapa unsur berikut ini, kecuali …. A. topik penelitian B. judul penelitian
  5. 5. C. masalah penelitian D. pendekatan yang digunakan E. laporan akhir hasil penelitian 21. Di bawah ini adalah teknik penarikan sampel probabilitas, kecuali …. A. simple random sampling B. systematic random sampling C. snowball sampling D. stratified sampling E. cluster sampling 22. Populasi yang terliput dalam penelitian dinamakan populasi …. A. target B. total C. penelitian D. kuota E. survey 23. Dalam laporan penelitian, tujuan penelitian dicantumkan pada bab …. A. pendahuluan B. kata pengantar C. metodologi penelitian D. hasil dan pembahasan E. kesimpulan dan saran 24. Contoh pengambilan sampel yang dilakukan oleh peneliti yang menjumpai adanya kelompok SD, SMP, SMA. Hal tersebut termasuk ke dalam sampel …. A. Random B. Wilayah C. Kelompok D. Acak E. Insidental 25. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penentuan topik penelitian adalah …. A. Ada acuan, dapat dilaksanakan,berguna dan bukan tiruan. B. Terjangkau tempat, ada acuan, ada sumber buku. C. Sudah diteliti, praktis, dan terjangkau. D. Menarik, dapat dilaksanakan, berguna dan bukan duplikat. E. Ada buku sumber dan terjangkau biayanya, duplikat. 26. Keuntungan dan kelemahan wawancara adalah …. A. Informasi yang diinginkan dapat diperoleh secara cepat dan kesangsian akan kebenaran subjek yang diwawancarai karena jawaban responden belum tentu sesuai faktanya. B. Pewawancara yang baik dapat melihat gerak-gerik kemudian menilainya dari air muka responden. C. Menggunakan sejumlah pewawancara memerlukan usaha untuk memilih, melatih dan mengawasi staff pekerja. D. Dapat dipastikan kebenaranya. E. Dapat memperoleh keterangan yang maksimal dari responden.
  6. 6. 27. Dasar penulisan dalam saran laporan penelitian sebaiknya …. A. Permasalahan penelitian B. Kesimpulan penelitian C. Hasil penelitian D. Hipotesis penelitian E. Metode penelitian 28. Kegiatan penelitian mengambil tema tentang kegiatan belajar siswa dan mencoba mengetahui faktor yang mempengaruhinya yaitu keadaan ekonomi keluarga. Dari topik tersebut, kondisi ekonomi dalam keluarga merupakan …. A. data empiris B. data internal C. sumber data D. variabel bebas E. variabel terikat 29. Perusahaan mempunyai data tentang keadaan keluarga karyawan setelah menyebarkan angket dan melakukan wawancara. Di lihat dari proses pengumpulannya, data tersebut termasuk jenis …. A. objektif B. kualitatif C. kuantitatif D. sekunder E. primer 30. Penelitian tentang gaya dan pola pergaulan pelajar menggunakan data dari para siswa dari berbagai kota kecamatan di Indonesia. Sampel penelitian tersebut sangat representatif karena dipilih dengan menggunakan teknik …. A. wilayah B. peluang C. kelompok D. bertingkat E. proporsi Demikian naskah soal untuk Ulangan Harian Sosiologi dengan materi “Penelitian Sosial”. Jika memerlukan kunci jawabannya, silahkan kunjungi web kami DISINI. Salam edukasi.

×