Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Bank Soal Sosiologi XII; Lembaga Sosial

13,351 views

Published on

Naskah Soal Ulangan Harian Sosiologi Untuk Kelas XII. Materi "Lembaga Sosial" 20 Pilihan Ganda Beserta Kunci Jawaban.

Published in: Education

Bank Soal Sosiologi XII; Lembaga Sosial

  1. 1. BANK SOAL SOSIOLOGI MATERI ULANGAN HARIAN (2015) Mata Pelajaran : Sosiologi Kelas : XII Kurikulum : KTSP Standar Kompetensi : Memahami lembaga sosial Materi : Lembaga Sosial 1. Beberapa gejala sosial: 1) Berusaha meningkatkan kesejahteraan rakyat 2) Menjaga kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat 3) Memiliki kitab undang-undang sebagai acuan 4) Timbangan sebagai lambang keadilan masyarakat Dari daftar tersebut, yang termasuk ciri lembaga hukum adalah .... A. (1) dan (2) B. (1) dan (3) C. (2) dan (3) D. (2) dan (4) E. (3) dan (4) 2. Lembaga pendidikan agama sangat penting membangun kepribadian individu yang berakhlak mulia. Fungsi lembaga tersebut bagi kelangsungan hidup masyarakat adalah .... A. mendorong individu untuk bekerja B. memberikan dasar moral bagi individu C. mengajarkan batas-batas perilaku masyarakat D. merupakan pedoman bermasyarakat E. mengatur kehidupan bersama 3. Beberapa gejala sosial: 1) Ibu mengajari anak cara berbicara dengan orang yang lebih tua 2) Bapak memberi contoh bagaimana bersikap baik kepada orang lain 3) Ibu membelai anaknya dengan penuh kasih sayang dan ikhlas 4) Orang tua membantu ketika anak menghadapi masalah Dari contoh tersebut di atas yang termasuk fungsi sosialisasi dalam keluarga adalah .... A. (1) dan (2) B. (1) dan (3) C. (2) dan (3) D. (2) dan (4) E. (3) dan (4) 4. Lembaga sosial yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan hidup, bersifat informal, dan berfungsi untuk pewarisan budaya secara alamiah adalah …. A. keluarga B. sekolah C. pasar D. partai E. agama 5. Beberapa kegiatan dalam keluarga :
  2. 2. 1) Memberi hormat kepada ayah dan ibu 2) Berbagi cerita kepada anggota keluarga 3) Berekreasi bersama anggota keluarga 4) Saling melindungi anggota keluarga Kegiatan yang menunjukkan fungsi afeksi adalah …. A. (1) dan (2) B. (1) dan (3) C. (2) dan (3) D. (2) dan (4) E. (3) dan (4) 6. Dani adalah seorang siswa yang pandai tetapi kurang mampu. Ia mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan sampai sarjana. Setelah lulus, ia diterima diperusahaan besar dengan posisi sebagai manager. Berdasarkan uraian tersebut, lembaga pendidikan berperan untuk …. A. memberikan beasiswa B. melakukan mobilitas vertikal C. mewariskan budaya leluhur D. membuka lapangan kerja baru E. membentuk kepribadian ideal 7. Kemakmuran masyarakat akan terwujud jika setiap warga dibatasi hak miliknya pembatasan tersebut akan memberikan peluang bagi warga yang miskin untuk mendapatkan kebutuhan hidupnya. Paham dalam lembaga ekomomi yang membatasi individu dalam menumpuk kekayaan adalah sosialisme. Fungsi lembaga ekonomi dalam contoh tersebut adalah …. A. mengatur jumlah hak miliki negara B. mengatur kebutuhan hidup rakyat C. menciptakan kemakmuran rakyat D. melindungi golongan yang kaya E. membatasi golongan yang miskin 8. Setiap pelanggaran terhadap undang-undang Negara tentang pajak akan mengakibatkan dijatuhkannya sanksi oleh aparat yang berwenang sesuai aturan yang berlaku. Hal ini sesuai dengan fungsi aparat hukum yaitu sebagai …. A. pemegang senjata B. pegawai pemerintah C. warga Negara Indonesia D. anggota/warga masyarakat E. pelaksana pengendalian sosial 9. Keluarga berperan dalam membentuk kepribadian dan perilaku anak agar sesuai dengan harapan orang tua maupun masyarakat. Fenomena tersebut menunjukkan, bahwa keluarga mempunyai fungsi …. A. pengawasan B. sosialisasi C. proteksi D. afeksi E. ekonomi 10. Pengadilan merupakan lembaga hukum yang berkekuatan tetap. Lembaga tersebut dianggap penting dalam mewujudkan ketentraman sosial karena menjalankan fungsi pengendalian sosial berdasarkan....
  3. 3. A. cara yang baik B. pengaduan C. undang-undang D. persidangan E. ahli hukum 11. Perdagangan merupakan usaha mendistribusikan barang dari produsen ke konsumen. Peran penting lembaga perdagangan tersebut bagi kelangsungan hidup masyarakat adalah.... A. menyalurkan kebutuhan pokok bagi masyarakat B. menyusun pedoman tentang sistem pengupahan C. memberi layanan terbaik bagi masyarakat D. meningkatkan kerjasama sesama perusahaan E. mengatur pendapatan anggota masyarakat 12. Lembaga pendidikan berperan dalam mewujudkan integrasi sosial masyarakat Indonesia yang mejemuk. Peran lembaga tersebut dilaksanakan dalam bentuk …. A. transmisi pengetahuan dan ketrampilan B. sosialisasi dan pendidikan multikultural C. indoktrinasi ideologi pada peserta didik D. pengajaran matematika dan bahasa daerah E. pemberantasan buta aksara dan angka 13. Lembaga atau pranata sosial berfungsi sebagai sarana untuk memelihara dan mempertahankan sistem sosial masyarakat, sedangkan tujuannya adalah …. A. mematuhi peraturan di dalam masyarakat B. mengawasi aturan–aturan yang diberlakukan C. melestarikan adat istiadat dalam masyarakat D. menjaga kebaikan sikap hidup bersama E. memenuhi kebutuhan masyarakat 14. Perhatikan gejala sosial berikut: 1) Memiliki simbol/lambang tertentu 2) Usia lembaga lebih panjang (super organik) 3) Memiliki anggota lebih dari satu 4) Tidak dapat berubah/statis Di antara gejala di atas yang menunjukkan ciri-ciri lembaga sosial adalah .... A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 2 dan 4 E. 3 dan 4 15. Perhatikan beberapa aktivitas berikut! 1) Memenuhi kebutuhan biologis dan upaya memperoleh keturunan 2) Memberikan rasa tentram dan kehangatan bagi anggotanya 3) Mencukupi kebutuhan material untuk kelangsungan hidup keluarga 4) Memperhatikan ketercukupan kebutuhan psikologis dan kasih sayang Aktifitas yang menunjukkan fungsi afeksional pada lembaga keluarga adalah .... A. 1 dan 2 B. 1 dan 3
  4. 4. C. 2 dan 3 D. 2 dan 4 E. 3 dan 4 16. Perguruan tinggi merupakan media yang tepat dalam mengembangkan kemampuan/prestasi akademik. Kemampuan akademik yang meningkat berpengaruh terhadap mobilitas status sosial di masyarakat. Kenyataan tersebut menunjukkan fungsi lembaga pendidikan untuk .... A. melindungi anggota masyarakat B. menjaga kesatuan masyarakat C. mengembangkan kebudayaan bangsa D. membangun kehidupan bernegara E. meningkatkan kedudukan sosial 17. Partai politik merupakan salah satu wujud lembaga politik dalam menjalankan fungsinya sebagai tatanan berbangsa dan bernegara. Lembaga ini dibangun dengan tujuan untuk .... A. membuat produk-produk hukum yang bersifat konvensional B. mewujudkan tujuan negara dan menjaga integritas bangsa C. menyelenggarakan pelayanan sosial kepada masyarakat D. menyalurkan aspirasi yang berkembang di masyarakat E. menjadi perangkat penegak supremasi hukum 18. Lembaga sosial yang menurut manfaatnya dianggap sangat penting untuk menuntun manusia dalam rangka menemukan kedamaian hakiki adalah .... A. lembaga adat B. lembaga hukum C. lembaga agama D. lembaga ekonomi E. lembaga politik 19. Keluarga adalah lembaga sosial utama dalam masyarakat. Fungsi esensial dari lembaga keluarga adalah .... A. tulang punggung ekonomi keluarga B. saluran untuk melanjutkan keturunan C. mewariskan kepercayaan/agama pada anak D. tempat berkembangnya ideologi informal E. tempat melakukan perubahan sosial 20. Fungsi dari lembaga agama bagi kepentingan integrasi kelompok intern umat adalah .... A. membagi komunitas berdasarkan kelas secara vertikal B. mempersatukan komunitas atas dasar keyakinan C. memberi ketenangan batin bagi individu/kelompok D. meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat E. terciptanya keteraturan sosial dalam masyarakat Demikian naskah soal untuk Ulangan Harian Sosiologi dengan materi “Lembaga Sosial”. Jika memerlukan kunci jawabannya, silahkan kunjungi web kami DISINI. Salam edukasi.

×