Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
BANK SOAL SOSIOLOGI
MATERI SOAL TRYOUT UN (2015)
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas : XII
Kurikulum : KTSP
1. Kehidupan sosi...
A. Identifikasi
B. Sugesti
C. Simpati
D. Empati
E. Imitasi
8. Proses dimana orang perorangan atau kelompok manusia yang mu...
Gambar di atas menunjukkan bahwa warga masyarakat di kelompokkan sesuai dengan
prestasi belajarnya, sehingga sistem pelapi...
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)
18. Setelah lulus kuliah, Bambang tidak mau bekerja di kantor yang menuntut monoloyalitas,
m...
25. Salah satu ciri perubahan sosial pada masyarakat tradisional adalah ....
A. Proses perubahan berlangsung dengan adanya...
2) Prasangka terhadap hal-hal yang baru
3) Persaingan yang terjadi antar negara
4) Perubahan lingkungan fisik/geografis
Da...
5) Memiliki lembaga/simbol
Ciri lembaga sosial terdapat pada….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan ...
A. Tidak diperlukan banyak waktu untuk mengisi angket
B. Responden tidak harus berfikir dalam mengisi angket
C. Pengisian ...
50. Manfaat yang didapat dari penelitian tentang “Pentingnya Keberadaan Taman Kota bagi
Masyarakat” adalah . . . .
a. Peme...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Soal Try Out UN Sosiologi dan Kunci Jawaban (2015)

33,393 views

Published on

Naskah soal try out (uji coba) Ujian Nasional (UN) mata pelajaran sosiologi tahun 2015.

Published in: Education
  • Be the first to comment

Soal Try Out UN Sosiologi dan Kunci Jawaban (2015)

  1. 1. BANK SOAL SOSIOLOGI MATERI SOAL TRYOUT UN (2015) Mata Pelajaran : Sosiologi Kelas : XII Kurikulum : KTSP 1. Kehidupan sosial, gejala-gejala sosial, prosedur kehidupan antar manusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia, hal ini termasuk …. A. Fungsi sosiologi B. Hakekat sosiologi C. Manusia sosiologi D. Pengertian sosiologi E. Obyek studi sosiologi 2. Masalah sosial yang diantaranya dapat diselesaikan dengan membuka lapangan pekerjaan yang menyerap banyak tenaga kerja disebut …. A. Urbanisasi B. Kriminalitas C. Kemiskinan D. Kenakalan remaja E. Disorganisasi keluarga 3. Keadaan dimana tidak sesuai dengan harapan dengan kenyataan sehingga masyarakat menghendaki untuk berubah desebut …. A. Penelitian B. Disorganisasi C. Pembangunan D. Masalah sosial E. Perencanaan sosial 4. Suatu keadaan dimana cara berpikir, berperasaan, bertindak dan berinteraksi warga sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma sosial yang berlaku sangat berpengaruh bagi terwujudnya.... A. Dinamika sosial B. Diferensiasi sosial C. Keteraturan sosial D. Keamanan masyarakat E. Kenyamanan masyarakat 5. Setelah menjalani sosialisasi di lingkungan pesantren selama tiga tahun, Rino yang semula berprilaku nakal dan ugal-ugalan, berubah menjadi santun, ramah, dan peduli dengan sesama. Contoh tersebut menunjukkan bahwa tujuan sosialisasi adalah untuk .... A. Menjadikan ajaran agarna sebagai muatan kurikulum utama B. Membentuk pribadi sesuai aturan dan harapan masyarakat C. Menjadikan posantren sebagai tempat efektif untuk anak D. Melatih seseorang agar menjadi pribadi yang pemberani E. Menghukum anak tidak patuh dengan cara yangmendidik 6. Susan merupakan remaja yang sedang tumbuh. Ia gemar mendengar musik dan menonton film Korea. Kebiasaan ini mempengaruhi perilaku Susan dalam kesehariannya. Media sosialisasi yang mempengaruhi perubahan perilaku Susan adalah …. A. Keluarga B. Teman sebaya C. Teman sekerja D. Media elektronik E. Lembaga Pendidikan 7. Interaksi sosial dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, dalam proses sosial tersebut seseorang cenderung menanggapi anjuran tertentu dari pihak lain tanpa berpikir panjang, pada individu penerima tersebut disebut....
  2. 2. A. Identifikasi B. Sugesti C. Simpati D. Empati E. Imitasi 8. Proses dimana orang perorangan atau kelompok manusia yang mula – mula saling bertentangan kemudian mengadakan penyesuaian diri untuk mengatasi ketegangan – ketegangan disebut.. A. Asimilasi B. Akulturasi C. Akomodasi D. Cooperative E. Cooperation 9. Penyimpangan merupakan perilaku yang oleh sejumlah besar orang dianggap sebagai hal tercela dan diluar batas toleransi. Pada hakikatnya suatu tindakan dianggap menyimpang apabila... A. Dilakukan untuk tujuan tertentu B. Dilakukan sebagian kecil orang C. Berdampak positif bagi individu D. Dapat di toleransi masyarakat E. Terjadi pelanggaran norma 10. Dalam kebudayaan Indonesia dahulu lebih banyak menganut kebudayaan Patriarkhi, sehingga apabila ditemukan wanita melakukan pekerjaan yang identik dilakukan oleh laki-laki akan dianggap aneh, contohnya adalah seorang wanita menjadi tukang ojek. Orang yang melakukannya dianggap menyimpang, akan tetapi penyimpangan ini berdasarkan penilaian masyarakat termasuk… A. Positif B. Negatif C. Individu D. Dimaafkan E. Sementara 11. Petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan melakukan sosialisasi tentang bahaya seks bebas ke sekolah-sekolah. Contoh ini merupakan fungsi pengendalian sosial yaitu untuk… A. Mendorong perilaku seks bebas bagi pelajar B. Melakukan penelusuran tentang praktek prostitusi pelajar C. Mengganti guru BK dalam sosialisasi perilaku seks bebas D. Mengarahkan perilaku siswa agar menghindari seks bebas E. Memberikan solusi bagi siswa yang melakukan perilaku menyimpang 12. Perhatikan beberapa contoh gejala sosial berikut: 1) Polisi melakukan penyuluhan tentang tata tertib berlalu lintas di lingkungan sekolah 2) Komisi Pemberantasan Korupsi menggelar sosialisasi tentang dampak korupsi dan sanksinya 3) Satpol PP melakukan penangkapan para pedagang kaki lima yang mengganggu ketertiban 4) Guru BK memberikan sangsi bagi siswa yang merokok di dalam toilet Dari contoh tersebut yang termasuk pengendalian preventif adalah… A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 2 dan 4 E. 3 dan 4 13.
  3. 3. Gambar di atas menunjukkan bahwa warga masyarakat di kelompokkan sesuai dengan prestasi belajarnya, sehingga sistem pelapisan tersebut berfungsi ………….. A. Meningkatkan status sosial individu B. Mendistribusikan hak istimewa ( privilege ) C. Membedakan ciri fisik yang di peroleh sejak lahir D. Mengatur hubungan antar kelompok yang berbeda E. Menempatkan individu pada strata sosial yang tepat 14. Berdasarkan gambar diatas, faktor yang menentukan terjadinya pelapisan sosial masyarakat adalah ……………… A. Keahlian B. Keturunan C. Kekayaan D. Pendidikan E. Kekuasaan 15. Beberapa gejala sosial yang terjadi dalam mayarakat : 1) Perubahan sosial yang terlalu cepat 2) Kesamaan unsur-unsur berbagai kelompok yang berbeda 3) Perbedaan kepentingan antar kelompok 4) Masing-masing kelompok mempunyai semangat untuk bersatu Yang berpotensi sebagai penyebab terjadinya konflik sosial dimasyarakat adalah…….. A. (1) dan (2) B. (1) dan (3) C. (2) dan (3) D. (2) dan (4) E. (3) dan (4) 16. Penyelesaian konflik dilaksanakan kedua belah pihak yang terlibat. Mereka secara bersama- sama sepakat menunjuk pihak ketiga pembuat keputusan (wasit) untuk menyelesaikan konflik. Penyelesaian konflik tersebut berbentuk …… A. Mediasi B. Arbitrasi C. Konsiliasi D. Negosiasi E. Konsultasi 17. Perhatikan beberapa gejala sosial berikut ! 1) Perubahan kondisi sosial yang lambat 2) Ekspansi teritorial dan gerak populasi 3) Kelas-kelas sosial yang berbeda (heterogen) 4) Perbedaan rasial dan agama dalam masyarakat. Dari daftar diatas yang merupakan faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial adalah …… A. (1) dan (2) B. (1) dan (3) C. (2) dan (3)
  4. 4. D. (2) dan (4) E. (3) dan (4) 18. Setelah lulus kuliah, Bambang tidak mau bekerja di kantor yang menuntut monoloyalitas, melainkan menekuni hobinya berorganisasi. Dengan modal ilmu dari perguruan tinggi, Bambang justru aktif sebagai fungsionaris partai yang mengantarkannya menjadi Bupati. Contoh mobilitas vertikal terebut menggunakan sarana …… A. Oganisasi politik B. Lembaga agama C. Lembaga ekonomi D. Lembaga masyarakat E. Organisasi pendidikan 19. Dalam perjalanan kereta api, Warjo (Jawa), Tigor (Batak), Bintang (Minang), Dian (Bandung) yang sebelumnya tidak saling mengenal satu sama lain. Pertemuan beranjut, dan akhirnya mereka sepakat untuk bergabung dan bekerja sama mendirikan usaha jasa transportasi dengan patungan. Pembentukan kelompok tersebut didasarkan pada kesamaan ………. A. Asal daerah B. Teritorial C. Etnis D. Budaya E. Kepentingan 20. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat majemuk. Kemajemukan masyarakat Indonesia ditandai oleh…….. A. Banyaknya suku, agama, dan budaya B. Luasnya wilayah Indonesia C. Besarnya jumlah penduduk D. Strategisnya wiayah Indonesia E. Tingginya angka kelahiran di Indonesia 21. Lima gadis manis aktivis mahasiswa UMS di Surakarta yang berasal dari suku berbeda, menggalang dana untuk kegiatan organisasi kemahasiswaan. Struktur kelompok mahasiswa tersebut merupakan wujud nyata adanya…….. A. Interseksi sosial B. Interseksi individu C. Konsolidasi sosial D. Interseksi antar kelompok E. Interseksi antar suku bangsa 22. Menyangkut multikultural atau majemuk merupakan masyarakat yang … A. Memiliki jumlah dan kepadatan penduduk yang tinggi B. Terdiri atas dua atau lebih kelompok etnis yang terpisah satu dari lainnya C. Terdiri atas dua atau lebih kelompok dengan sub kultur yang saling berbeda D. Terdiri atas kelompok-kelompok dengan mata pencaharian yang saling berbeda E. Dibentuk oleh dua atau lebih suku bangsa tanpa ditandai adanya keragaman kultural 23. Banyaknya konflik seperti pertengkaran, tawuran dan amuk massa merupakan konsekuensi yang tidak dapat dihindari oleh masyarakat Indonesia, untuk mengantisipasi kondisi tersebut sebaiknya dikembangkan sikap .… A. Saling menghargai perbedaan B. Saling menghargai antar keluarga C. Intervensi terhadap umat agama lain D. Individualis dan mau menang sendiri E. Mengabaikan kepentingan orang lain 24. Tsunami yang terjadi Mentawai Sumatra barat dan letusan gunung merapi dikawah merapi Yogyakarta mengakibatkan perubahan pola pemikiran warga maupun pergesaran mata pencahariaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bencana alam merupakan …. A. Inovasi B. Terobosan C. Faktor intern D. Faktor ekstern E. Penghamabat
  5. 5. 25. Salah satu ciri perubahan sosial pada masyarakat tradisional adalah .... A. Proses perubahan berlangsung dengan adanya pengendalian B. Bentuk perubahan mengacu pada tradisi-tradisi yang ada C. Proses perubahan dapat menimbulkan gangguan sistem D. Proses perubahannya berlangsung secara cepat E. Mengenal adanya perencanaan 26. Perhatikan gambar berikut ! Perubahan sosial yang terjadi pada gambar menunjukkan berlangsungnya perubahan dalam masyarakat yang berpola ..... A. Revolusioner B. Progresif C. Multilinier D. Linier E. Siklus 27. Perhatikan pernyataan berikut! 1) Pendidikan yang menggunakan sistem bertaraf internasional. 2) Rusaknya bangunan gedung-gedung perkantoran sebelum waktunya. 3) Peningkatan kemiskinan di kota besar karena naiknya harga bahan pokok. 4) Punahnya habitat ikan air tawar karena pembuangan limbah pabrik ke sungai. 5) Kebakaran hutan akibat kecerobohan membuang puntung rokok sembarangan. Kategori perubahan sosial tidak direncanakan ditunjukkan oleh nomor .... A. 1), 2), dan 3) B. 1), 2), dan 4) C. 1), 3), dan 5) D. 2), 4), dan 5) E. 3), 4), dan 5) 28. Penggunaan internet di sekolah-sekolah merupakan salah satu akibat dari globalisasi. Hal ini dapat memberikan dampak positif di bidang pendidikan yaitu …. A. Meningkatnya penghasilan pengusaha dibidang telekomunikasi B. Mendapatkan informasi yg berhubungan dengan tugas sekolah C. Mengenalkan produk dalam negeri ke pasar dunia yg lebih luas D. Dapat memperoleh pekerjaan di luar negeri dengan mudah E. Dapat memperoleh informasi produk baju dari luar negeri 29. Berikut ini adalah merupakan dampak negatif perubahan sosial. Yang tidak termasuk ke dalam dampak negatif tersebut adalah … A. Munculnya berbagai konflik B. Munculnya krisis multidimensional C. Terjadi disorganisasi nilai dan norma D. Terjadi berbagai kerusakan lingkungan E. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi 30. Kontak dengan kebudayaan lain merupakan salah satu faktor pendorong perubahan sosial. Bentuk kontak dengan kebudayaan lain itu dapat berupa proses penyebaran unsur budaya dari satu masyarakat ke masyarakat lain yang disebut juga dengan … A. Difusi B. Simpati C. Asimilasi D. Invention E. Akulturasi 31. Beberapa fenomena dalam masyarakat : 1) Sikap masyarakat yang tradisionalis peradaban arah perubahan waktu
  6. 6. 2) Prasangka terhadap hal-hal yang baru 3) Persaingan yang terjadi antar negara 4) Perubahan lingkungan fisik/geografis Dari contoh di atas yang dapat menghambat perubahan sosial adalah …. A. (1) dan (2) B. (1) dan (3) C. (2) dan (3) D. (2) dan (4) E. (3) dan (4) 32. Adanya krisis bahan bakar minyak mendorong masyarakat untuk melakukan terobosan terobosan baru untuk dengan menciptakan kendaraan bermotor yang hemat energi, bahkan mencari alternatif bahan bakar lain. Faktor penyebab perubahan pada wacana tersebut adalah …. A. Terjadinya pemberontakan B. Pengaruh kebudayaan lain C. Konflik dalam masyarakat D. Masalah demografis E. Penemuan baru 33. Lembaga politik lahir dari serangkaian norma yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan akan keteraturan pemerintahan/kepemimpinan . Pada hakikatnya tujuan dari lembaga tersebut bersumber dari kebutuhan …. A. Kekayaan B. Keyakinan C. Kekuasaan D. Ketrampilan E. Kepribadian 34. Lembaga ekonomi antara lain memberi pedoman tentang cara pengelompokan tenaga kerja, misalnya ada aturan upah minirnum bagi pegawai, yang ditentukan nilainya sehingga antara majikan dan buruh tidak saling merugikan. Hal ini menunjukkan fungsi lembaga ekonomi untuk .... A. Mengatur kategorisasi cara penggajian karyawan/pegawai B. Menjalin hubungan kuat antara majikan dengan pegawai C. Mengatur pertumbuhan ekonomi agar tidak terjadi inflasi D. Melindungi karyawan yang bekerja pada instansi pemerintah E. Mengatur izin dalam membangun usaha di bidang ekonomi 35. Sistem demokrasi di Indonesia yang menganut sistem multi partai membuat partai politik menjadi ujung tombak dalam proses pengusungan calon kepala daerah dan calon presiden. Dalam hal ini lembaga politik mampu memberikan kontribusi positif di masyarakat karena berfungsi untuk .... A. Membuat perumusan kebijakan publik untuk kepentingan rakyat B. Mempersiapkan kader kepemimpinan bangsa yang berkualitas C. Memberi pedoman.positif untuk perkembangan lembaga lain D. Mengatur batas kekuasaan dan wewenang birokrasi formal E. Menanamkan nilai dan norma berdemokrasi di masyarakat 36. Setelah menikah, Yulinar tidak lagi harus menutupi dirinya dari omongan tetangga mengenai perkawinannya dengan suami yang lebih muda. Dalam hal ini Indah memanfaatkan salah satu fungsi laten dari lembaga keluarga yaitu .... A. Memenuhi fungsi keamanan bagi keluarga B. Mengatur hubungan sosial dalam masyarakat C. Mempertahankan status sosial warga masyarakat D. Membentuk hubungan kekeluargaan secara utuh E. Terpeliharanya kehormatan dan nama baik keluarga 37. Perhatikan beberapa pertanyaan berikut! 1) Memiliki tingkat kekebalan 2) Berupa sekumpulan orang 3) Memiliki tata tertib dan tradisi 4) Berfungsi menjaga kelestarian manusia
  7. 7. 5) Memiliki lembaga/simbol Ciri lembaga sosial terdapat pada…. A. (1), (2), dan (3) B. (1), (2), dan (4) C. (1), (3), dan (5) D. (2), (4), dan (5) E. (3), (4), dan (5) 38. Sekolah merupakan media yang dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran individu di masyarakat. Keberadaan sekolah termasuk tipe enacted institutions karena…. A. Keberadaannya dalam masyarakat secara tidak sengaja B. Lembaga yang penting dan mendasar bagi masyarakat C. Perkembangan lembaga berlangsung secara evolusi D. Tumbuh dan kebiasaan dalam masyarakat E. Pengaruh lembaga sangat luas 39. Dalam keluarga, diperlukan kehangatan, rasa kasih saying dan perhatian antar anggota keluarga. Apabila anak tidak mendapatkannya, ia menjadi pribadi yang sulit dikendalikan, nakal bahkan terjerumus dalam kejahatan. Dari ilustrasi ini, keluarga telah menjalankan fungsi…. A. Pemberian status B. Reproduksi C. Sosialisasi D. Proteksi E. Afeksi 40. Peneliti berusaha menjelaskan gejala sosial dalam masyarakat secara kualitatif dan dalam mengolah data tidak menggunakan statistik, model penelitian tersebut adalah... A. Eksperimen B. Komperatif C. Korelatif D. Deskriptif E. Eksplanatif 41. Secara garis besar sistematika penulisan laporan penelitian terdiri atas... A. Pendahuluan, isi, penutup B. Permasalahan, pendahuluan, penutup C. Kata pengantar, pendahuluan, penutup D. Kata pengantar, permasalahan, penutup E. Pendahuluan, permasalahan, kesimpulan 42. Seorang mahasiswa jurusan Sosiologi ingin melakukan penelitian tentang “Persesi Penduduk yang tinggal di area kumuh Pendidikan Muah”. Metode penelitian yang tepat untuk penelitian tersebut adalah... A. Eksperimen B. Deskripsi C. Survei D. Eksplorasi E. Korelasional 43. Sejumlah mahasiswa dari suatu universitas melakukan penelitian di sebuah kampung adat untuk mengkaji tentang makna-makna simbolik yang masih dipertahankan oleh masyarakat adat di kampung tersebut. Berdasarkan tempat berlangsungnya, penelitian yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa tersebut termasuk ke dalam jenis penelitian…. A. Historis B. Pustaka C. Evaluasi D. Rekayasa E. Lapangan 44. Contoh angket tertutup: Setujukah Anda, apabila anak yang diketahui menggunakan narkoba dikeluarkan dari sekolah? A. Ya B. Tidak Kelebihan instrument pada contoh di atas antara lain….
  8. 8. A. Tidak diperlukan banyak waktu untuk mengisi angket B. Responden tidak harus berfikir dalam mengisi angket C. Pengisian angket harus ditunggu agar hasilnya maksimal D. Memberikan kebebasan responden mengemukakan isi hatinya E. Responden mampu menyatakan pendapatnya secara terperinci 45. Perhatikan tabel berikut! Cara orang tua agar anaknya mau belajar f % 1. Anak dilarang nonton TV dan bermain game sebelum belajar 30 30 2. Anak dijanjikan hadiah jika mendapatkan peringkat di kelas 20 20 3. Anak disewakan guru privat 10 10 4. Orang tua menunggui anak dalam kegiatan belajar 40 40 Dari table tersebut dapat disimpulkan bahwa… A. Sedikit orang tua yang melarang anaknya nonton TV di jam belajar B. Orang tua paling senang menjanjikan hadiah agar anaknya mau belajar C. Melarang anak menonton TV dan bermain game menjadi pilihan utama orang tua untuk menyuruh anak belajar D. Orang tua lebih senang menunggui anaknya saat belajar untuk memastikan mereka belajar E. Sebagian besar orang tua lebih memilih menyewa guru privat untuk membantu anak belajar 46. Laporan hasil penelitian harus disajikan secara logis dan komperhensif dengan memberikan kesimpulan dan saran yang bermanfaat bagi kepentingan pembangunan. Berdasarkan keterangan tersebut, sasaran publikasi hasil penelitian adalah…. A. Sponsor penelitian B. Masyarakat umum C. Masyarakat ilmiah D. Sesama peneliti E. Pemerintah 47. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk laporan penelitian. Laporan penelitian tersebut kemudian dipertanggungjawabkan dalam bentuk diskusi ilmiah atau presentasi. Pelaksanaan diskusi ilmiah dimaksudkan untuk memperoleh tanggapan dari pembimbing atau siswa lain. Salah satu manfaat penyajian laporan penelitian melalui diskusi ilmiah adalah…. A. Memberikan informasi tentang metode dan kajian masalah yang diteliti B. Memperoleh data untuk menentukan kebijakan public C. Memperoleh penilaian terbaik dari guru pembimbing D. Menciptakan disiplin ilmu baru E. Membatasi kritik dan saran 48. Manfaat yang diperoleh masyarakat dari penelitian dengan judul “Keberadaan Ruang Laktasi di Tempat Umum berpengaruh terhadap Perkembangan Anak” adalah mendorong…. A. Perusahaan tidak lagi melakukan perekrutan terhadap karyawan wanita B. Pemerintah memaksa wanita pekerja yang masih menyusui untuk mengambil cuti kerja C. Pemerintah membuat kebijakan yang mengakomodasi keberadaan ruang laktasi di tempat umum demi perkembangan anak D. Masyarakat menghormati hak-hak ibu menyusui untuk memberikan ASI kepada bayi mereka E. Peneliti membuat penelitian lain yang membuktikan hal sebaliknya 49. Perhatikan pernyataan berikut ini: 1) Membina siswa berpikir kritis 2) Mengajarkan siswa menulis sebuah karya 3) Melatih diri untuk menerapakan konsep ilmu pengetahuan 4) Mengajarkan berpikir secara apa adanya Yang merupakan manfaat penelitian adalah . . . . A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 1 dan 4 D. 2 dan 3 E. 2 dan 4
  9. 9. 50. Manfaat yang didapat dari penelitian tentang “Pentingnya Keberadaan Taman Kota bagi Masyarakat” adalah . . . . a. Pemerintah melarang pedagang berjualan di taman kota b. Pemerintah menyuruh masyarakat untuk datang ke taman kota c. Pemerintah akan membangun lebih banyak pusat perbelanjaan d. Pemerintah akan menyerahkan pengelolaan taman kota pada pihak ketiga e. Pemerintah lebih memperhatikan, merawat, dan membangun lebih banyak taman kota Demikian naskah soal untuk Try Out Ujian Nasional mata pelajaran Sosiologi tahun 2015. Jika memerlukan kunci jawabannya, silahkan kunjungi web kami DISINI. Salam edukasi.

×