Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

MACAM-MACAM KEBUTUHAN DAN ALAT PEMUAS KEBUTUHAN

20,151 views

Published on

MACAM-MACAM KEBUTUHAN DAN ALAT PEMUAS KEBUTUHAN

Published in: Education
  • Login to see the comments

MACAM-MACAM KEBUTUHAN DAN ALAT PEMUAS KEBUTUHAN

  1. 1. BAB I PENDAHULUAN 1 1.1 Latar Belakang Alat-alat pemuas kebutuhan manusia adalah suatu barang yang dapat memberikan kepuasan terhadap manusia; Contoh: Mobil, Laptop, Motor yang mana fungsi dari barang barang tersebut mampu memberikan kepuasan tersendiri. misalnya, anda sangat menginginkan mobil, selama anda belum bisa membeli mobil, maka anda akan terus memiliki hasrat ingin beli mobil, dan setelah anda bisa membeli mobil, maka hati / diri anda akan merasa puas karena keinginan untuk membeli mobil sudah tercapai, dimana mobil tersebut akan memberikan rasa kepuasan tersendiri buat diri anda. Dengan dilatar belakangi beragamnya kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan tersebut maka penulis mencoba menyajikannya dalam bentuk makalah dengan pembasan berfokus pada “Macam-Macam Kebutuhan dan Alat Pemuas Kebutuhan”. Semga pembahasan makalah ini bermanfaat bagi para pembaca teristimewa bagi penulis sendiri.
  2. 2. BAB II PEMBAHASAN 2.1 Kebutuhan dan Alat Pemuas Kebutuhan 2 1. Kebutuhan manusia Manusia memiliki kebutuhan yang beraneka ragam. Hal tersebut akan selalu berkembang seiring dengan perkembangan peradaban manusia itu sendiri.kebutuhan manusia pada zaman dulu dengan manusia sekarang. 1) Pengertian kebutuhan Kebutuhan adalah keinginan terhadap barang atau jasa yang harus dipenuhi dan jika tidak dipenuhi akan menimbulkan dampak negatif. Misalnya minum obat bagi orang yang sedang sakit merupakan kebutuhan.hal itu dapat dikatakan sebagai kebutuhan karena jika tidak minum obat dapat menimbulkan akibat negatif. Misalnya penyakitnya dapat bertambah parah,bahkan dapat mengakibatkan kematian. 2) Jenis kebutuhan manusia a. Kebutuhan berdasarkan intensitasnya o Kebutuhan primer kebutuhan utama atau kebutuhan pertama yang harus dipenuhi oleh manusia.contoh: makanan, pakaian, minuman, perumahan serta kesehatan. o Kebutuhan sekunder, muncul setelah kebutuhan primer terpenuhi. Contoh: komputer
  3. 3. o Kebutuhan tersier,merupakan kebutuhan yang ketiga setelah kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi atau kebutuhan yang berhubungan dengan kemewahan. Contoh: emas, mobil 3 mewah, rumah mewah. b. Kebutuhan berdasarkan sifat  Kebutuhan jasmani, kebutuhan yang berhubungan dengan jasmani atau fisik. Contoh: olah raga  Kebutuhan rohani, kebutuhan yang berhubungan dengan kesehatan jiwa. Contoh: ibadah. c. Kebutuhan berdasarkan waktu o Kebutuhan sekarang, kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang juga tidak dapat ditunda-tunda. Contoh: makan bagi orang yang lapar. o Kebutuhan akan datang, kebutuhan yang pemenuhan dapat ditunda karena tidak mendesak. Contoh : menabung d. Kebutuhan berdasarkan pihak yang membutuhkan o Kebutuhan perorangan, kebutuhan seseorang dengan orang yang lain tidak sama, hal tersebut disesuaikan dengan tugas atau pekerjaan mereka. Misalnya seorang guru ekonomi membutuhkan buku pelajaran ekonomi. o Kebutuhan bersama, berhubungan dengan fasilitas yang dimanfaatkan secara bersama oleh anggota masyarakat. Misalnya jalan, jembatan, tempat ibadah.
  4. 4. 4 2. Alat pemuas kebutuhan 1) Pengertian barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan Alat pemuas kebutuhan manusia terdiri atas barang dan jasa. Setiap hari manusia membutuhkan dua alat pemuas kebutuhan tersebut. Walaupun sama-sama sebagai alat pemuas kebutuhan kedua alat pemuas kebutuhan tersebut memiliki pengertian yang berbeda. Barang adalah alat pemuas kebutuhan yang berwujud misalnya nasi untuk memenuhi kebutuhan pangan.adapun jasa adalah alat pemuas kebutuhan yang tidak berwujud misalnya jasa dokter untuk memenuhi kebutuhan kesehatan. 2) Jenis barang a. Barang menurut cara memperoleh  Barang bebas adalah barang yang tersedia dalam jumlah banyak. Contoh, udara, matahari, pasir.  Barang ekonomi adalah barang yang untuk memperolehnya memerlukan sejumlah pengorbanan tertentu. Contoh, untuk memperoleh buku kita harus membeli. b. Barang menurut cara pemakaian  Barang komplementer adalah barang pemuas kebutuhan yang akan bermanfaat jika digunakan bersama-sama dengan barang lain. Contoh sepeda motor tidak akan dapat berjalan jika tidak ada bahan bakar.
  5. 5.  Barang subtitusi adalah barang pemuas kebutuhan yang pemakaiannya dapat menggantikan barang lain.contoh, nasi dengan 5 singkong. c. Barang menurut cara pengerjaan o Barang mentah adalah barang yang belum mengalami proses produksi. Contoh, batu bara, biji besi. o Barang setengah jadi adalah barang hasil pengolahan bahan mentah, tetapi belum merupakan produk akhir dan masih akan diolah. Contoh, benang. o Barang jadi adalah barang siap dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh, sepatu,baju. d. Barang menurut bentuknya o Barang tetap adalah barang yang secara wujud fisik tetap bentuknya dan tidak bergerak atau berpindah.contoh, gedung, pabrik. o Barang bergerak adalah barang yang secara wujud fisik tetap bentuknya tetapi dapat berpindah tempat. Contoh, mobil. 2.2 Macam-macam Kebutuhan 1. Kebutuhan Menurut Intensitas Kegunaan Kebutuhan menurut intensitas (tingkat) kegunaan diukur dengan prioritas atau ukuran tingkat penting suatu kebutuhan. Macammacam kebutuhan menurut intensitasnya yaitu:
  6. 6. 6 o Kebutuhan Primer Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama yang harus dipenuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia secara wajar. Menurut ILO (International Labour Organization) bahwa kebutuhan primer adalah kebutuhan fisik minim masyarakat, berkaitan dengan kecukupan kebutuhan pokok setiap masyarakat, baik masyarakat kaya maupun miskin. Kebutuhan pokok ini meliputi kecukupan pangan dan gizi, sandang, perumahan, pendidikan, pelayanan kesehatan dan sarana-sarana pendukung lainnya seperti transportasi, persediaan air minum, rasa aman, dan sebagainya. o Kebutuhan Sekunder Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang sifatnya melengkapi kebutuhan primer dan kebutuhan ini baru terpenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan ini bukan berarti tidak penting, karena sebagai manusia yang berbudaya, yang hidup bermasyarakat sangat memerlukan berbagai hal lain yang lebih luas dan sempurna, baik mengenai mutu, jumlah, dan jenisnya. Contoh kebutuhan sekunder antara lain televisi, kulkas, sepeda motor, dan kebutuhan-kebutuhan lain yang mendukung kebutuhan primer. o Kebutuhan Tersier Kebutuhan tersier timbul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Pada umumnya, kebutuhan tersier ini disebut kebutuhan mewah, karena pemenuhan kebutuhannya tertuju pada barang-barang mewah yang hanya dilakukan oleh orang-orang yang berpenghasilan tinggi. Contohnya perhiasan berlian, rumah mewah, mobil mewah, dan lain-lain.
  7. 7. 2. Kebutuhan Menurut Waktu Pemenuhannya Pembagian kebutuhan atas dasar waktu pemenuhannya dibagi menjadi: 7 o Kebutuhan Sekarang Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang juga dan tidak dapat ditunda-tunda lagi agar manusia tidak mendapat kesulitan. Misalnya: obat untuk orang sakit, air minum untuk orang yang sedang dahaga, pakaian untuk sekolah, dan sebagainya. Contoh lain keadaan negara yang aman dan stabil merupakan kebutuhan sekarang, agar rakyat Indonesia dapat membangun negeri ini. o Kebutuhan akan Datang Kebutuhan akan datang adalah kebutuhan yang dapat dipenuhi pada hari esok. Bila kebutuhan ini tidak terpenuhi, tidak akan berakibat fatal bagi kelangsungan hidup seseorang. Contohnya, tabungan. Seseorang yang menabung, berarti ia memenuhi kebutuhan yang akan datang. o Kebutuhan yang Tidak Terduga o Kebutuhan ini muncul jika sesuatu terjadi secara tidak terduga, yang sifatnya insidentil. Contohnya, orang yang tiba-tiba sakit, akan membutuhkan obat atau perlu periksa ke dokter. o Kebutuhan Sepanjang Waktu Kebutuhan ini terjadi sepanjang waktu dan tidak ada batasannya. Contohnya, belajar menuntut ilmu.
  8. 8. 8 3. Kebutuhan Menurut Sifatnya Menurut bentuk dan sifatnya, kebutuhan manusia dibagi menjadi: o Kebutuhan Jasmani Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang secara alami dirasakan oleh fisik atau jasmani manusia. Kebutuhan ini meliputi seluruh kebutuhan yang sifatnya kebendaan misalnya kebutuhan akan makan, pakaian, olahraga, rumah, dan lain-lain. o Kebutuhan Rohani Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang sifatnya memperoleh kepuasan rohani. Kebutuhan ini tidak tampak secara nyata. Hanya orang yang bersangkutan yang merasakan secara langsung. Jika kebutuhan ini terpenuhi manusia merasa secara batiniah terpuaskan kebutuhannya dan ia akan merasa bangga, bahagia, senang ataupun perasaan gembira. Contohnya, mendapatkan kasih sayang, hiburan, rekreasi, menjalankan ibadah, dan lain-lain. 4. Kebutuhan Menurut Subjek yang Membutuhkan Pembagian kebutuhan menurut subjek yang membutuhkan, dibagi menjadi: o Kebutuhan Individu Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang berguna untuk pemenuhan kepuasaan pribadi (perorangan). Contohnya, sebagai seorang pelajar kebutuhan pribadi kalian meliputi seragam, sepatu, buku, pensil, dan lain-lain.
  9. 9. 9 o Kebutuhan Sosial Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang jika dipenuhi bermanfaat untuk kepentingan orang banyak (kolektif). Kebutuhan ini berkaitan dengan kebersamaan, kesejahteraan, ketertiban, kenyamanan, kemakmuran, dan sebagainya. Contohnya, jalan raya, telepon umum, tempat ibadah, rumah sakit, dan lain-lain. 2.3 Alat Pemuas Kebutuhan Manusia 1. Dari Segi Cara Memperolehnya o Barang ekonomi Barang ekonomi adalah barang pemuas kebutuhan yang untuk memperolehnya memerlukan sejumlah pengorbanan tertentu yang biasanya berupa uang. Misalnya, untuk memperoleh makanan kita harus mengeluarkan sejumlah uang. Uang tersebut adalah sebuah pengorbanan. o Barang bebas Barang bebas adalah barang pemuas kebutuhan yang tersedia hampir tidak terbatas sehingga untuk memperolehnya kita tidak membutuhkan pengorbanan dan dapat mengambilnya begitu saja di alam. Misalnya, udara untuk bernapas, pasir di padang pasir, dan es di kutub. o Barang illith Barang illith adalah barang yang dibutuhkan tapi jika barang ini melebihi dari yang dibutuhkan justru akan merugikan dan berbahaya. Misalnya, air dan api.
  10. 10. 10 2. Dari Segi Cara Penggunaan o Barang konsumsi Barang konsumsi adalah barang siap pakai karena manfaatnya langsung dapat diambil. Misalnya, makanan, minuman, dan pakaian. o Barang produksi Barang produksi adalah barang yang berguna untuk menghasilkan barang yang lain. Barang produksi merupakan istilah lain dari barang modal. Misalnya, mesin jahit dan radio. 3. Dari Segi Hubungan dengan Barang Lain o Barang substitusi Barang substitusi adalah barang pemuas kebutuhan yang fungsinya dapat menggantikan barang lain atau dapat saling menggantikan. Contohnya, gas dapat menggantikan minyak tanah sebagai bahan bakar. o Barang komplementer Barang komplementer adalah barang pemuas kebutuhan yang akan bermanfaat apabila dipakai bersama-sama dengan benda yang lain. Misalnya, mobil dengan bensin, jarum dengan benang, dan kompor dengan minyak tanah. 4. Dari Segi Proses Pembuatan o Barang mentah (bahan baku) Barang mentah adalah bahan dasar untuk membuat barang lain. Barang ini sama sekali belum mengalami proses pengolahan. Misalnya, kapas, kayu, dan hasil tambang.
  11. 11. 11 o Barang setengah jadi Barang setengah jadi adalah barang yang telah melalui proses pengolahan, tetapi belum dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan karena belum menjadi produk akhir. Misalnya, kain untuk membuat pakaian, besi untuk untuk membuat pisau, dan terigu untuk membuat kue. o Barang jadi Barang jadi merupakan produk akhir yang telah melalui proses pengolahan dari bahan baku menjadi bahan setengah jadi sampai menjadi barang yang siap pakai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Βanyak pemuas kebutuhan disebut dengan barang, dalam kehidupan sehari-hari barang dapat digolongkan menjadi dua, yaitu : 1) Barang Ekonomi (Economic Goods) Barang ekonomi adalah barang pemuas kebutuhan yang untuk memperoleh nya diperlukan pengorbanan sumber daya ekonomi, contohnya, baju, minuman, dan pakaian. Barang ekonomi dapat dibedakan lagi menjadi barang konsumsi dan barang produksi. Barang konsumsi adalah barang-barang yang secara langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia baik yang tahan lama seperti rumah, tanah, dan kendaraan, maupun yang tidak tahan lama seperti minuman dan makanan. Adapun barang produksi adalah barang yang secara tidak langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia karena harus mengalami beberapa proses produksi, misalnya, benang menjadi kain. 2) Barang Bebas (Free Goods)
  12. 12. Barang bebas adalah barang pemuas kebutuhan yang untuk memperolehnya tidak diperlukan pengorbanan sumber daya ekonomi. Oleh karena itu barang bebas tidak memiliki “harga”. Contohnya, udara, sinar matahari, air di daerah pedesaan, dan air laut di daerah pantai. a. Berdasarkan Kegunaan dalam Hubungannya dengan Barang Lain Berdasarkan kegunaan dalam hubungannya dengan barang lain, barang dan jasa pemuas kebutuhan dibedakan menjadi barang substitusi (menggantikan) dan barang komplementer (melengkapi). 12 1) Barang Substitusi Barang substitusi adalah barang yang memiliki kegunaan untuk menggantikan barang lain. Misalnya, kopi dapat digantikan teh untuk minum dan pena dapat digantikan pensil untuk menulis 2) Barang Komplementer Barang komplementer adalah barang yang memiliki kegunaan untuk melengkapi barang lain. Barang tersebut akan bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan manusia, jika digunakan secara bersama-sama. Contohnya the dengan gula, CPU komputer denganmonitor, dan sepatu dengan kaos kaki. b. Berdasarkan Proses Produksinya Berdasarkan proses produksinya, barang dan jasa pemuas kebutuhan dibedakan sebagai berikut.
  13. 13. 1) Barang Mentah : Barang mentah adalah barang yang belum mengalami proses produksi (pengolahan). Contohnya rotan, kayu, padi, dan 13 tembakau. 2) Barang Setengah Jadi : Barang setengah jadi adalah barang yang sudah mengalami proses produksi, tetapi belum dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia secara sempurna. Contohnya, benang, semen, dan kulit. 3) Barang Jadi : Barang jadi adalah barang dan jasa pemuas kebutuhan manusia yang sudah mengalami proses produksi secara tuntas atau sempurna dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contohnya, pakaian, sepatu, kursi, dan lemari c. Alat pemuas kebutuhan menurut ketahanannya. Menurut ketahanannya, alat pemuas kebutuhan dapat dibedakan menjadi tiga 1) Barang tahan lama (durable goods) : Barang tahan lama adalah barang yang dapat digunakan dalam jangka waktu relatif lama, yang nilai pakai atau nilai ekonominya habis secara berangsur-angsur. Misalnya : mesin-mesin, bangunan, dan peralatan-peralatan lainnya 2) Barang tidak tahan lama (Undurable goods) :Barang tidak tahan lama adalah barang yang jangka waktu pemakaiannya tidak lama. Digunakan hanya untuk sekali saja atau beberapa kali dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Misalnya : makanan dan minuman dikonsumsi
  14. 14. sekaligus, tissue digunakan sekali saja, pakaian digunakan beberapa kali untuk jangka waktu tertentu tetapi tidak terlalu lama 14
  15. 15. BAB III PENUTUP 15 3.1 Kesimpulan  Barang komplementer adalah barang pemuas kebutuhan yang akan bermanfaat jika digunakan bersama-sama dengan barang lain  Barang komplementer adalah barang pemuas kebutuhan yang akan bermanfaat apabila dipakai bersama-sama dengan benda yang lain.  Alat-alat pemuas kebutuhan manusia adalah suatu barang yang dapat memberikan kepuasan terhadap manusia  Barang ekonomi adalah barang pemuas kebutuhan yang untuk memperolehnya memerlukan sejumlah pengorbanan tertentu yang biasanya berupa uang. 3.2 Saran  Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua  Sekiranya kekurangan dalam penyajian makalah ini dapat menjadi suatu implementasi yang baik bagi para pembaca.
  16. 16. DAFTAR PUSTAKA http://www.g-excess.com/definisi-alat-alat-pemuas-kebutuhan-manusia-dan-contohnya. 16 html http://www.g-excess.com/definisi-alat-alat-pemuas-kebutuhan-manusia-dan-contohnya. html http://tugasdanmakalah.blogspot.com/2010/02/benda-pemuas-kebutuhan-pengertian- benda.html

×