Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
HARAM JUALAN DI FACEBOOK
(Jika Tidak Paham Caranya)
The Internet Marketing Clinic – Suryadin Laoddang
Dengan berbagai cara...
Dalam setiap update status Anda terapkanlah rumus 5 : 1, dari enam
status facebook Anda, 5 diantaranya harus status yang h...
Dalam update status Anda
yang berupa foto, pastikan Anda
telah mengatur model dan
produknya agar tampil menarik
dan membaw...
Buatlah group FB yang terkait produk Anda, libatkan banyak orang didalamnya.
Bersabarlah, janganlah Anda yang mendominasi ...
Mapping Facebook Clinic
Salam Kenal dan salam
paseduluran dari OMG JOGJA.
Kami undang para Online Markerters se-
Indonesia...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Haram jualan di facebook

215 views

Published on

nb,dmgb

Published in: Automotive
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Haram jualan di facebook

  1. 1. HARAM JUALAN DI FACEBOOK (Jika Tidak Paham Caranya) The Internet Marketing Clinic – Suryadin Laoddang Dengan berbagai cara, Mark Zuckerberg berusaha mengedukasi para pengguna facebook untuk tidak jualan di facebook (FB). Sampai-sampai FB melahirkan Fan Page (FP) sebagai fasilitas bagi para bakul dunia maya. Namun nyatanya masih banyak juga pengguna FB yang nakal (termasuk penulis) menggunakan akun FB untuk jualan. Banyak alasan kenapa para bakul dunia maya memilih FB untuk jualan. Pertama FB sudah terlanjur bersahabat dengan keseharian mereka. Kedua mereka sudah terlanjur jualan sebelum FP hadir, jadi serba salah jika ingin meninggalkannya. Ketiga, antar muka untuk mengakses FB sangatlah mudah, cukup lewat HP lengkap dengan paket internet, mereka sudah bisa jualan lewat FB. Keempat lebih murah dan leluasan jualan lewat FB dibanding FP, Twitter dan layanan lainnya. Jika Anda segolongan dengan saya, golongan orang yang rajin jualan di FB Perhatikan hal berikut, agar nyawa Anda selamat selama jualan di FB, berikut lapak (baca : akun) FB Anda juga bisa langgeng. Kendalikan laju Anda sendiri. Mungkin karena ruang jualan di FB lebih murah dan leluasa maka Anda memaksimalkan setiap kesempatan untuk jualan. Setiap saat, setiap waktu Anda tak pernah alfa memasang foto promosi, kata-kata promosi atau justru link promosi di kotak status Anda. Ingat, teman Anda adalah manusia, ada sisi humanis pada diri mereka. Mereka bisa marah dan antipati dengan Anda dan ulah Anda.
  2. 2. Dalam setiap update status Anda terapkanlah rumus 5 : 1, dari enam status facebook Anda, 5 diantaranya harus status yang humanis (berbagi tips, atau status pribadi diri Anda, baru pada postingan ke-6 barulah Anda pasang iklan jualan. Atau kalau tidak sempat, pasanglah iklan dua kali hanya pada saat prime time saja yakni antara jam 18.30 hingga 22.00. Selebihnya gunakan hanya untuk balas komentar yang berkaitan dengan jualan Anda dan komentar pada status teman FB Anda yang sifatnya humanis, kali ini Anda harus SKSD (sok kenal, sok dekat) Foto yang Berbicara Foto selalu mampu berbicara lebih dari seribu kata, boleh jadi ini adalah ilmu dasar para penggila dan penikmat dunia foto. Bagi mereka foto ibarat berlembar-lembar kitab serat centini yang harus dibuka lembar demi lembar dan dinikmati lalu dibahasakan rasa nikmatnya. Hal ini juga berlaku di Internet Marketing, foto yang tepat akan mampu menggantikan koar-koar promosi dan cas cis cus iklan Anda. Lalu seperti apakah foto yang tepat? Foto yang tepat harus mewakili unsur Attention, Interest, Disire dan Action. Dalam foto harus ada bagian yang membuat orang menjadi terpana lalu terpesona sehingga mau membaca iklan Anda lebih lama lagi. Ada bagian yang membangkitkan emosi mereka sehingga butuh produk Anda plus detail produk Anda dan terakhir ada bagian yang “memaksa” mereka untuk segera menghubungi Anda.
  3. 3. Dalam update status Anda yang berupa foto, pastikan Anda telah mengatur model dan produknya agar tampil menarik dan membawa pesona. Jika foto produk Anda adalah foto yang standar, akalilah dengan memberinya garis border foto, pilih warna border yang kontras dengan warna soft blue milik FB. Dengan demikian foto Anda akan menarik perhatian. Setidaknya teman FB Anda mau melihatnya lebih dari 3 detik. Diluar konsep AIDA perhatikan pula posisi penempatan teks yang berna Interest. Ada kalanya tulisan harus disebelah kiri dan bagian bawah foto, kadang harus sebelah kanan bawa foto, kadang tengah persis, kadang bagian atas. Untuk mentukannya, pastikan terlebih dahulu ke arah mana mata konsumen Anda paling sering terarahkan. Seperti pada foto diatas, teks interest ada disebeluh kiri bawa, karena foto ini adalah foto iklan dan akan dipasang di status FB, dimana pada status FB tombol comment, share, like selalu berada pada sebelah kiri, artinya mata para pengguna FB ada disana. Harapannya setiap kali mata mereka kesana maka interest iklan Anda akan kebaca. Hal ini akan berbeda jika foto akan dipasang sebagai header web/blog atau foto sampul FB, berbeda lagi jika dipasang sebagai comment photo. Buatlah “Mall” di Facebook Anda Salah satu kelebihan FB dibanding FP adalah adanya fasilitas Group yang sangat easy use. Di group Anda dengan mudah mengundang orang untuk bergabung menjadi anggota group, juga mudah untuk “memaksa” orang lain menambahkan anggota lain kedalam group. Anda juga bisa memasang iklan selayaknya di status FB biasa, biasa memasang album foto layaknya FB biasa, bisa dikomentari dan dibagikan layaknya FP.
  4. 4. Buatlah group FB yang terkait produk Anda, libatkan banyak orang didalamnya. Bersabarlah, janganlah Anda yang mendominasi pasang iklan di group Anda sendiri, tunggulah hingga membernya mencapai 15 ribu orang baru Anda sering-sering pasang iklan. Kenapa harus 15 ribu, dalam dunia pemasaran ada yang disebut Hukum Pareto Pemasaran, hukumnya adalah 100 : 10 : 8 : 3 : 2 : 1. Ilustrasi di dunia nyata, dari 100 brosur yang Anda sebar, hanya 10 yang betul-betul membacanya oleh orang yang menerimanya, lalu dari 10 itu hanya ada 10 yang akan menyimpannya karena ia butuh. Dari 10 yang butuh tadi, hanya 8 akan mencari info lebih lanjut. Dari 8 yang mencari info lebih lanjut, hanya ada 3 yang betul-betul tertarik, disusul hanya 2 orang yang akan memulai proses transaksi dan akhirnya hanya ada 1 yang betul-betul transaksi. Kalau member group Anda ada sekitar 15 ribu, kira-kira berapakah yang akan closing order? Share Album Foto di BB Anda pernah mendapat broadcast BB sejenis ini “share link ini yah, bisa kok dibuka semua paket”? Namun, selama ini broadcast BB semacam itu baru sebatas 1 foto atau video. Belum pernah itu ada yang dengan foto Album Facebook, pada sebenarnya bisa. Caranya? Lihat gambar dibawah ikuti petunjuknya. Setelah berhasil anda akan mendapatkan link seperti ini https://www.facebook.com/media/set/?set=a.670665902966817&type=1&l=7 57c272550 Selanjutnya sebarkanlah link tersebut lewat BB Anda atau lewat jejaring sosial lainnya, maka foto album promo Anda dapat dibuka dimanapun, meski tidak sedang mengakses FB. Agar lebih pendek link, perpendeklah linknya. (kalo ini gak usah diajarin caranya).
  5. 5. Mapping Facebook Clinic Salam Kenal dan salam paseduluran dari OMG JOGJA. Kami undang para Online Markerters se- Indonesia Raya bersanjang ke rumah kami yang tentram dan nyaman di Kota Yogyakarta. Pastikan Anda ada di Yogyakarta setiap Rabu jam 15.00 WIB. Hadiri forum Jagongan rutin kami di Kalui Resto & Karaoke (ex Utan Kayu Resto) Jl. Afandi Gejayan Yogyakarta. Salam Hormat Kami Follow @dosenjualan INVITE PARA MEMBER OMG JOGJA YAH 21FFD5C2 Dosen Jualan 2B394F06 Produsen Mukena 29EA&236 Produsen Tas Kulit 283869E9 Produsen Sprei Ovie 2A9B0738 Perhiasan Lapis Emas 25ADD5EF Ratu Broadcast 230E173C Sprei Zahara 232BBE05 Kaos & Kemeja Batik 30C26FED Mukena Parasut & Polyno 27727601 Tas Rajut 2A7C3834 Pupuk Organic 281154F7 Kripik Bakso Goreng 27E46BE5 Kaos Karakter Anak 25E46BE5 Alat Kesehatan 295F9AEF Laluna Sprei Bed Cover 27AA0575 Tas Kulit Costum 267673FA Agen Obat Keputihan Alami 26C3F5CD Obat Herbal 22DCC7B4 Kacamata Okley 741FB5D6 Kebaya & Gaun Eksklusif 22256645 Produsen Tas Tupperware 27782746 Asesoris ABG 75D2C047 Tour Travel 262989F5 Furniture & Interior

×