Ekonomi: Mekanisme transaksi pasar modal

20,942 views

Published on

Sisa materi waktu SMA, sayang kalo di delete

0 Comments
7 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
20,942
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
495
Comments
0
Likes
7
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ekonomi: Mekanisme transaksi pasar modal

  1. 1. By:Dwi Puspitarini (07)Elsya Saktia Ningtias (08)Esterina Danar PP (09)Jery Kurniawan(14)
  2. 2. TRADINGENGINEBURSA EFEKWPPE(Pialang)LEMBAGA KLIRING & PENJAMINANLEMBAGA PENYIMPANAN& PENYELESAIANBANKKUSTODIANBANKKUSTODIANPPEOrder Beli Order JualInvestorBeliInvestorJualWPPE(Pialang)PPERpRp
  3. 3. Pasar perdana merupakan pasar dimana efek-efekdiperdagangkan untuk pertama kalinya sebelumdicatatkan di bursa efek. Di pasar perdana ini, saham danefek lainnya mulai ditawarkan pertama kalinya kepadapihak investor oleh pihak penjamin emisi (underwriter)melalui perantara pedagang efek (broker-dealer). Prosesini biasa juga disebut dengan penawaran umum perdana(IPO / Initial Public Offering).Pasar sekunder adalah pasar dimana efek – efek yangtelah dicatatkan di bursa efek diperjual belikan. Di pasarioni memberikan kesempatan kepada para investor untukmembeli atau menjual efek – efek yang tercatat di bursasetelah terlaksananya penawaran perdana.
  4. 4. Dalam proses tawar menawar atas jual dan beli, systemperdagangan di pasar regular mengacu kepadaprioritas harga kemudian prioritas waktu.Dalam melakukan transaksi di bursa efek, pihakmenjual mendapatkan prioritas dalam suatu transaksi.Penawaran dengan harga yang sama antara pihak jualdan pihak beli, maka prioritas diberikan kepadamereka yang memasukan penawaran tersebut terlebihdahulu.
  5. 5.  Untuk setiap transaksi, investor dikenakan biayamaksimal sebesar 1% dari total nilai pembelian ataupenjualan. Biaya oni akan berbeda – beda pada setiapperusahaan sekuritas. Selain itu pajak penjualan dikenakan 0,1% padatransaksi penjualan.
  6. 6.  Fraksi harga adalah batasan nilai tawar menawar atassuatu efek yang ditentukan oleh bursa efek. Kenaikanatau penurunan atas satu kelipatan fraksi disabitdengan poin.Berikut adalah fraksi harga yang ditentukan oleh PT BEIhingga saat ini :< Rp 500 = Rp 5Rp 500 – Rp 2000 = Rp 10Rp 2000 – Rp 5000 = Rp 25> Rp 5000 = Rp 50
  7. 7.  Perhitungannya menggunakan semua saham yangtercatat sebagai komponen perhitungan indeksdimana satuan perubahan indeks dinyatakan dengansatuan poin.
  8. 8.  Indeks individual menggunakan indeks harga masing-masing saham terhadap harga dasarnya. Perhitunganindeks ini menggunakan prinsip yang sama denganIHSG yaitu:Harga pasarHarga dasar x 100%
  9. 9. Indeks ini mulai diberlakukan tanggal 2 januari 1996 dari BEJ, indeks sektoralterdapat 9 sektor. Menggunakan semua saham yang termasuk dalam masing-masing sektor:Sektor-sektor primer (ekslaratif)PertanianPertambanganSektor-sektor sekunder (industri manufaktur)Industri dasar dan kimiaAneka IndustriIndustri barang konsumenSektor-sektor tertier (jasa)Properti dan real estateTransportasi dan infrastrukturKeuanganPerdagangan, jasa dan investasi
  10. 10. Indeks LQ45 adalah jenis indeks yang terdiri dari 45 saham / emiten dengan likuiditas yangtinggi, yang dipilih setelah melalui beberapa kriteria pemilihan saham. Selain penilaianatas likuiditas, seleksi atas saham tersebut juga mempertimbangkan kapitalisasi pasar.Berikut adalah kriteria tertentu dan seleksi utama sebuah saham untuk masuk dalam LQ45: Masuk dalam ranking 60 besar dari total transaksi saham di pasar regular (rata–rata nilaitransaksi selama 12 bulan terakhir). Ranking berdasar kapitalis pasar (rata – rata kapitalisasi pasar selama 12 bulan terakhir). Telah tercatat di BEJ minimum 3 bulan. Keadaan keuangan perusahaan dan prospek pertumbuhannya, frekuensi dan jumlah hariperdagangan transaksi pasar reguler. BEJ secara rutin memantau perkembangan komponen saham yang masuk dalamperhitungan indeks LQ45. Pergantian saham akan dilakukan setiap 6 (enam) bulansekali, yaitu pada awal bulan Februari dan awal bulan Agustus. Indeks LQ45 dihitung mundur hingga tanggal 13 Juli 1994 sebagai Hari Dasar, denganNilai Dasar 100. Untuk seleksi awal digunakan data pasar Juli 1993 – Juli 1994. Hasilnya,ke 45 saham tersebut meliputi 72% total market kapitalisasi pasar dan 72,5 % dari nilaitransaksi di pasar reguler.
  11. 11. Merupakan indeks terakhir yang dikembangkan olehBEI, indeks ini merupakan indeks yangmengakomodasikan syariat-syariat investasi dalamislam atau indeks yang berdasarkan Syariah Islam.Dalam indeks ini terdapat 30 saham pilihan yang telahmemenuhi syarat menurut Syariah Islam, sebagaitolak ukur saham-saham yang dihalalkan dalammelakukan jual-beli saham.
  12. 12. Thank You

×