Ppt erni

463 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Ppt erni

  1. 1. ERNI HADI SEPTYORINI2010-31-033
  2. 2. PEMILIHAN EKSTRAKURIKULERSESUAI BAKAT DAN MINATKegiatan ini ditujukan oleh siswaSMP,SMA
  3. 3. PengertianEKSTRAKURIKULEREkstrakurikuler adalah kegiatanyang dilakukan oleh para siswa yangdilaksanakan pada diluar jampelajaran.
  4. 4. Manfaat EkstrakurikulerMenyalurkan minatdan bakat padakegiatanekstrakurikuler.Bisa mengembangkanbakat melalui kegiatanekstrakurikuler.Jika ekstrakulikulerakademis, bisamendapat pelajarantambahanekstrakulikulertersebut.
  5. 5. Tujuan Ekstrakurikuleragar siswa dapat mengembangkan soft skillagar mampu mengelola sikap keterampilan dirisesuai bidang ekstrakurikuler yang digeluti, danlebih bisa bersosialisasi dan berkomunikasidalam lingkungan masyarakat
  6. 6. Faktor –faktor yangmempengaruhiFaktor InternalInstink biologisKebutuhan PsikologisKebutuhan Pemikiran
  7. 7. Faktor EksternalLingkungan KeluargaLingkungan SosialLingkunganPendidikan
  8. 8. Macam-macam KegiatanEkstrakurikulerBidang OlahragaBola BasketBola VoliSepak bolaBulu TangkisBidang Bela DiriPencak SilatKarate
  9. 9. BidangKeagamaanKerohanian IslamiKerohanian KristenDrum BandBidang KesenianPaduan SuaraBidang Teater Vokal Grup
  10. 10. Tips memilih kegiatan ekstrakurikulerAnda harus memiliki waktu untuk berpartisipasidalam kegiatan ekstrakurikuler agar tidakmengganggu studi akademisAnda dapat memilih kegiatan yang akanmeningkatkan studi akademis.Anda dapat memilih kegiatan yang akanmengembangkan keahlian Anda atau bakatpribadi Anda.Anda dapat memilih kegiatan yang akanmenjadi kontribusi berharga untuk karirmasa depan Anda atau Pendidikan.
  11. 11. KEDISIPLINAN AGAMAHal yang dikembangkan siswa
  12. 12. Kaitannya Layanan Penempatan DanPenyaluran Dengan EkstrakurikulerPenyaluran siswa kedalam kegiatan ekstrakurikulersecara tepat dan benar akan sangat membantu dalammenunjang ketercapaian kegiatan intrakurikuler. Selainitu, penempatan yang tepat akan membantu siswadalam pengembangan bakat dan minatnya. Siswa yangmempunyai bakat dan minat bisa menyalurkannyapada kegiatan ekstrakurikuler.
  13. 13. Menyebarkanangket pilihankegiatan ekstrakurikuler.Menganalisisangket tersebutCara Menyalurkan Bakat danMinat
  14. 14. Cara Menempatkan Siswa SesuaiBakat dan MinatBerdasarkan dari analisisangket ternyata siswatersebut lebih menguasai dibola basket.Setelah mengetahui analisismaka siswa tersebut langsungditempatkan di kegiatanekstrakurikuler bola basket.

×