Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

BIOLOGI XI IPA AHLI SEL

2,505 views

Published on

Ahli Sel dan pendapatnya

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

BIOLOGI XI IPA AHLI SEL

  1. 1. Ahli Biologi yang Mempelajari Sel
  2. 2. 1. Robert Hooke (Inggris, 1635-1703) Ia mencoba melihat struktur sel pada sayatan gabus di bawah mikroskop. Dari hasil pengamatannya diketahui terlihat ronggarongga yang dibatasi oleh dinding tebal. Jika dilihat secara keseluruhan, strukturnya mirip sarang lebah. Satuan terkecil dari rongga tersebut dinamakan sel.
  3. 3. 2. Antony Van Leeuwenhoek (Belanda, 1632-1723) Pada akhir tahun 1678, ia menjadi orang pertama yang melihat benda hidup yang sangat kecil di dalam air rendaman jerami dengan menggunakan mikroskop sederhana .
  4. 4. 3. Jean Baptiste de Lamarck (Prancis , 1744-1829) Pada tahun1809, ia menyatakan bahwa setiap makhluk hidup merupakan kumpulan sel dan didalam setiap sel bergerak cairan yang kompleks .
  5. 5. 4. Schleiden (Jerman, 1804-1881) dan T. Schwann (1810-1882) Schleiden mengadakan penelitian terhadap tumbuhan. Setelah mengamati tubuh tumbuhan, ia menemukan bahwa banyak sel yang menyusun tubuh tumbuhan. Akhirnya ia menyimpulkan bahwa satuan terkecil dari tumbuhan adalah sel. Schwann melakukan penelitian terhadap hewan. Ternyata dalam pengamatannya tersebut ia melihat bahwa tubuh hewan juga tersusun dari banyak sel. Selanjutnya ia menyimpulkan bahwa satuan terkecil dari tubuh hewan adalah sel. Dari dua penelitian tersebut keduanya menyimpulkan bahwa sel merupakan unit terkecil penyusun makhluk hidup.
  6. 6. Berikut Adalah Hasil Pengamatannya: Sel Hewan 1. tidak memiliki dinding sel 2. tidak memiliki plastida 3. memiliki lisosom 4. memiliki sentrosom 5. timbunan zat berupa lemak dan glikogen 6. bentuk tidak tetap 7. pada hewan tertentu memiliki vakuola, ukuran kecil, sedikit Sel Tumbuhan 1. memiliki dinding sel dan membran sel 2. umumnya memiliki plastida 3. tidak memiliki lisosom 4. tidak memiliki sentrosom 5. timbunan zat berupa pati 6. bentuk tetap 7. memiliki vakuola ukuran besar, banyak
  7. 7. 5.Robert Brown (Skotlandia, 1773 – 1858) Pada tahun 1831, Brown mengamati struktur sel pada jaringan tanaman anggrek dan melihat benda kecil yang terapung-apung dalam sel yang kemudian diberi nama inti sel atau nukleus. Berdasarkan analisanya diketahui bahwa inti sel selalu terdapat dalam sel hidup dan kehadiran inti sel itu sangat penting, yaitu untuk mengatur segala proses yang terjadi di dalam sel.
  8. 8. 6. Felix Darjadin (Prancis, 1802 – 1860) dan Johannes Purkinje (Ceko, 1787-1869) Pada tahun 1835, mereka menyatakan bahwa bagian terpenting dari sel hidup adalah cairan yang selalu terdapat didalam setiap sel hidup (protoplasma ).
  9. 9. 7. Max Schultze (Jerman, 1825-1874) Ia berpendapt bahwa protoplasma merupakan struktur dasar makhluk hidup yang melangsungkan seluruh proses hidup .
  10. 10. 8. Rudolf Virchow Teori Sel Menurut Rudolf Virchow yang mengatakan bahwa 'Sel merupakan kesatuan pertumbuhan (omne cellulae e cellula)’. Ia adalah orang pertama yang menemukan sel-sel leukemia. Dia orang pertama yang menerima dan menjiplak hasil kerja Robert Remak yang menyatakan asal- usul sel adalah pembagian unsur sebelumnya. Teori ini ia tuangkan dalam epigram Omnis cellula e cellula (“setiap sel berasal dari sel sebelumnya”) yang dipublikasikan tahun 1858.
  11. 11. Kesimpulan • Sel adalah suatu kesatuan fungsional makhluk hidup dan proses yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup pada dasarnya terjadi di dalam sel. • Sel sebagai penyusun makhluk hidup yang terjadi secara reproduksi. Hal ini menunjukkan bahwa makhluk yang bersel banyak berasal dari zigot,kemudian terjadi pembelahan sel dan diferensiasi (reproduksi sel) sehingga terbentuklah makhluk yang kompleks . • Sel merupakan hereditas yang mengandung arti bahwa didalam sel (inti sel) terdapat kromosom yang mengandung gen. Gen tersebut mengatur penurunan sifat pada keturunannya. • Setiap sel dapat melakukan kehidupan .

×