Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

eni aswari / X TKJ A / 08

535 views

Published on

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

eni aswari / X TKJ A / 08

  1. 1. Disusun oleh :ENI ASWARI_08_X TKJ A
  2. 2. INPUT DEVICE Mouse Keyboard Scanner Light pen Joy stick
  3. 3. Mouse Pengertian dari mouse adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang terhubung ke komputer baik melalui kabel / nirkabel. Berikut ini adalah beberapa fungsi mouse: Memasukkan perintah kepada komputer dimana cara kerja dari mouse ini adalah dengan cara menggeser - geser mouse di permukaan papan yang datar. Penggerak pointer untuk menunjukkan lokasi tertentu di layar monitor Digunakan untuk melakukan kegiatan yang disebut dengan: klik (memilih item), double klik (membuka file), klik tahan dan geser / drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah0. Berfungsi untuk menggulung (scrolling) layar dengan menggunakan roda scroll Mendeteksi gerakan 2 dimensi secara relatif terhadap posisinya sekarang.
  4. 4.  Membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. Terlebih bagi kita yang sering melakukan aktivitas mengedit foto atau membuat desain. Memperbesar atau juga memperkecil tampilan worksheet Mengaktifkan command button dan juga melakukan suatu aksi tertentu pada aplikasi Untuk perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse berfungsi sebagai tombol enter Mouse juga bisa berfungsi sebagai pengontrol perbesaran tampilan objek Mouse juga mampu berfungsi melakukan konversi dan isntruksi ke dalam bentuk sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh komputer
  5. 5.  Mouse berfungsi sebagai penggerak cursor pada layar monitor. Sampai saat tulisan ini dibuat telah ada 4 jenis koneksi/penghubung mouse ke komputer yaitu : 1. Standard Serial Mouse. 2. PS2 3. USB 4. Wireless/Nirkabel/tanpa kabel Sedangkan secara fisik, bentuk mouse sbb : - Mouse yang menggunakan bola dan scroll/penggulung layar - Mouse yang menggunakan bola tanpa scroll/penggulung layar - Mouse Optik/laser yang menggunakan scroll/penggulung layar - Mouse Optik/laser yang menggunakan scroll/penggulung layar tanpa kabel
  6. 6.  Mouse memiliki 2-4 tombol tekan yang fungsi standarnya [DEFAULT]: - tombol tekan kiri untuk membuka atau mengaktifkan suatu program atau data. - tombol tekan kanan untuk melihat properties file atau program tersebut. - tombol tekan tengah/scroll untuk melakukan kunci/lock scroll/menggulung secara otomatis saat mouse di gerakkan ke atas/ ke bawah - tombol tekan samping (sangat jarang ditemui pada mouse konvensional) biasanya berada di sebelah samping kiri mouse, fungsinya sama dengan tombol tekan yang ditengah.
  7. 7.  Dilihat dari sensornya, ada 3 macam mouse :o Mouse mekanik, yaitu mouse dengan sensor mekanik berupa bola karet/logam di sisi bawah mouse yang dapat berputar ke semua arah. Sensor mekanik tersebut mendeteksi arah putar bola dan menggerakkan pointer/kursor pada layar sesuai arah tersebut .o Mouse optomekanik, sama dengan mouse mekanik tetapi menambahkan sensor optic untuk mendeteksi gerakan dari bola mouse.o Mouse optik, menggunakan sinar laser atau sinar LED (Light Emitting Diode) untuk mendeteksi pergerakan mouse.
  8. 8. KeyboardPengertian Keyboard | Fungsi Gambar Keyboard - Keyboard adalah digital perangkat keras pada komputer yang mouse berbentuk papan dengan berbagai macam fungsi perintah yang selanjutnya dikirim ke perangkat CPU.Fungsi keyboard adalah mengirimkan perintah dari tiap huruf maupun Gambar angka yang kita ketikkan kemudian workstation menyampaikannya ke CPU dan mouse selanjutnya perintah manual tersebut akan di rubah menjadi sinyal-sinyal digital sehingga dapat dimengerti oleh prosessor. Gambar accompainment mouse
  9. 9. SCANNERScanner komputer atau di sebut juga alat pemindaiadalah suatu perangkat yang digunakan untukmemindai (memindahkan) teks dokumen, foto,suatu benda dan lain-lain.Fungsi Scanner adalah suatu alat yang berkerjadengan memindahkan sebuah atau beberapa objekyang terdapat di atas lensa scanner ke dalammemory penyimpanan komputer. Jadi jika diataslensa scanner terdapat sebuah kertas yang berisiteks ataupun gambar, nantinya isi yang ada padakertas yang bersangkutan ini akan dipindahkan100% ke dalam komputer kita.
  10. 10.  Pengertian LIGHT PEN Light Pen Light pen juga merupakan salah satu input device dari sistem komputer yang banyak digunakan untuk keperluan menggambar teknis ataupun grafis. Light pen banyak digunakan karena untuk keperluan menggambar, keyboard dianggap tidak memadai dan hasilnya menjadi kurang teliti. Fungsi light pen Light PenLight pen adalah pointer elektronik yang berfungsi untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
  11. 11. Joy stickAlat yang digunakan untuk memindahkan objekgambar di dalam layar monitor contohnya Logitech.Fungsi joystick sama fungsinya dengan mouse hanyasaja joys stick digunakan untuk program game sepertigame mobil , menggunakan joys stick yang berbentukstir mobil dengan menggunakan pedal gas, remkopling, yang pastinya seperti mengendarai mobilasli.
  12. 12. OUTPUT DEVICE Monitor Speaker Projector Printer Driver
  13. 13. MONITORMonitor merupakan salah satu perangkat keras (Hardware) yangdigunakan sebagai penampilan output video dari pada sebuahkomputer, dan kegunaannya tersebut tidak dapat dipisahkan dalampemakaian suatu komputer, sehingga dikarenakan monitor itusebagai penampilan gambar maka tentunya komputer sangat sulitdigunakan dan bahkan sama sekali tidak dapat digunakan tanpamenggunakan komputer.Fungsi Monitor :Monitor komputer merupakan sejenis peranti persisian output yangberupaya memaparkan aksara dan/atau imej, baik diam ataubergerak, yang dijanakan oleh komputer dan diproseskan oleh kadgrafik. Tedapat empat jenis Monitor, iaitu Monitor monokrom,Monitor warna, Monitor segerak berbilang, dan Monitor ELD(Elektro Luminescent Display). Setiap Monitor mempunyai ciri-ciridan sejarah tersendiri.Mutu Monitor tergantung kepada beberapa faktor. Yang terutamaialah bilangan piksel yang dipaparkan oleh skrinnya; lebih banyakpikselnya, lebih tajamnya teks dan grafik yang dipaparkan.
  14. 14. SPEAKERPerangkat elektronika yang terbuat dari logam dan memilikimembran, kumparan, serta magnet sebagai bagian yang salingmelengkapi. Tanpa adanya membran, sebuah speaker tidak akanmengeluarkan bunyi, demikian juga sebaliknya. Fungsi tiapbagian pada speaker saling terkait satu sama lain.Fungsi speaker secara keseluruhan adalah mengubah gelombanglistrik dari perangkat penguat audio menjadi gelombang suaraatau getaran. Proses pengubahan gelombang elektromagnetmenjadi gelombang bunyi tersebut dapat terjadi karena aliranlistrik dari penguat audio dialirkan kedalam kumparan danterkena pengaruh gaya magnet pada speaker, sesuai dengan kuatlemahnya arus listrik yang diterima, maka getaran yangdihasilkan pada membran akan mengikuti dan jadilahgelombang bunyi yang dapat kita dengarkan.
  15. 15. PROJECTOR Proyektor adalah sebuah alat untuk menampilkan gambar di sebuah layar proyeksi atau permukaan serupa. Pengertian lainnya adalah alat optik yang digunakan untuk memproyeksikan gambar pada sebidang layer. Dengan menggunakan proyektor, informasi yang akan di sampaikan dapat diproyeksikan ke layar sehingga informasi berupa tulisan, gambar, bagan, dan lain-lain akan menjadi lebih besar dan lebih jelas di lihat.
  16. 16. PRINTERPrinter adalah salah satu hardware (perangkat keras) yangterhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untukmencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya darikomputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenalpada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnyaadalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci.Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin baguscetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendahmaka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus.
  17. 17. DRIVERPengertian driver atau device driver dalam bahasaIndonesia adalah pengendali perangkat keras,driver merupakan istilah teknologi informasi yangmengacu kepada komponen perangkat lunak yangmengizinkan sebuah sistem komputer untukberkomunikasi dengan sebuah perangkat keras.
  18. 18. PROSES DEVICE Processor RAM ROM CU ALU MAINBOARD
  19. 19. PROCESSORProcessor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computeryangdidukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yangmengontrolkeseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagaipusat atauotak dari komputerFungsinya adalah memproses semua informasi dari input komputeryaitu mouse,keyboard, dll yang diproses menjadi bahasa mesin yang hanya bisadimengerti olehkomputer sendiri semacam translator gampangnya.Karena fungsinya begitu besar, memilih prosesor dalam membangunsuatu sistemsangat penting.
  20. 20. RAMRAM (Random-Acces Memory) merupakan salah satujenis memory internal yang menentukan kemampuansebuah komputer. Memory internal (Internal Memory)bisa disebut juga memory utama (main memory) danmemory primer (primary memory). Komponen iniberfungsi sebagai pengingat.RAM adalah jenis memory yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer hidup dan mempunyai sifat bisamengingat data atau program selama terdapat arus listrikdan dapat menyimpan maupun mengambil data dengansangat cepat.
  21. 21. ROMROM kependekan dari Read Only Memory, yaituperangkat keras pada komputer berupa chipmemori semikonduktor yang isinya hanya dapatdibaca. ROM tidak dapat digolongkan sebagaiRAM, walaupun keduanya memiliki kesamaanyaitu dapat diakses secara acak (random)
  22. 22. Main boardMotherboard atau mainboard merupakan papanutama dimana terdapat komponen-komponenserta chip controlleryang bertugas mengatur lalulintas data dalam sistem motherboard. PadaMotherboard juga terdapat socket untukprocessor, slot-slot yang digunakan untukpemasangan komponen kartu seperti VGA Card,Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain.
  23. 23. Cu (control unit) Control Unit yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini sudah pasti terdapat dalam semua CPU.CPU bertu gas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah: • Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output. • Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama. • Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses. • Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
  24. 24. Alu (arithmatic logic unit)ALU, singkatan dari Arithmetic And Logic Unit (bahasaIndonesia: unit aritmatika dan logika), adalah salahsatu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yangberfungsi untuk melakukan operasi hitunganaritmatika dan logika.Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahandan pengurangan, sedangkan contoh operasi logikaadalah logika AND dan OR.tugas utama dari ALU (Arithmetic And LogicUnit)adalah melakukan semua perhitungan aritmatikaatau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksiprogram.

×