Power point media cetak,

2,101 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
2,101
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
72
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Power point media cetak,

  1. 1. SEGMENTASI, TARGETING,POSITIONING-Andi mayada
  2. 2. SEGMENTASI  Segmentasi pasar adalah proses membagi-bagi pasar  yang semula berprilaku heterogen  menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang  berperilaku lebih seragam (homogen).  Atau proses mengkelompokkan bagian-bagian pasar yang berprilaku sama dari keseluruhan perilaku pasar yang beragam.
  3. 3. DASAR SEGMENTASI Geografis Wilayah, ukuran Kota, kepadatan, Psychografis iklim Gaya hidup & Kepribadian Demografis Perilaku usia, kelamin, keluarga dan Kejadian, Manfaat, siklus hidup, Ras, pekerjaan, atau penghasilan ... guna, sikap
  4. 4. SYARAT SEGMENTASI1. Dapat diukur2. Dapat dicapai3. Cukup besar atau cukup menguntungkan4. Dapat dibedakan5. Dapat dilaksanakan
  5. 5. PILIHAN STRATEGI SEGMENTASI Undifferentiated Strategi segmentasi ini memberlakukan seluruh pasar (entire market) sebagai potential customers bagi barang-barang dan jasa-jasa yang ditawarkan. Differentiated Dalam strategi segmentasi pasar, pilihan pertama yang dianjurkan adalah melakukan diferensiasi, yaitu secara sengaja memasuki dua atau lebih segmen yang berbeda. Konsentrasi Alternatif lain adalah dengan melakukan konsentrasi pada satu segmen saja. Strategi segmentasi yang terkonsentrasi adalah penjelmaan dari mass marketing ke dalam sebuah celah yang lebih fokus. Atomisasi Lawan dari terkonsentrasi adalah atomisasi. Dalam atomisasi, pasar yang dikuasi dipecah-pecah lagi menjadi bagian yang lebih detil.
  6. 6. MANFAAT SEGMENTASI Dapat mendeteksi pasar dengan kecenderungan- kecenderungan atau trend dalam pasar yang berubah. Dapat mendesain produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar/konsumen. Dapat menentukan kampanye periklanan dengan lebih efektif. Dapat mengerahkan dana promosi yang tersedia dengan lebih efisien dalam media yang tepat pada segmen yang menawarkan potensi keuntungan yang paling besar.
  7. 7. TARGETTING Setelahperusahaan mengidentifikasi peluang segmen pasar, selanjutnya adalah mengevaluasi beragam segmen tersebut untuk memutuskan segmen mana yang menjadi target market.
  8. 8. MENENTUKAN TARGET MARKET Single Segment Concentration, memilih satu segmen saja. Selective Specialization, menyeleksi beberapa segmen. Product Specialization, berkonsentrasi membuat produk khusus atau tertentu. Market Specialization, berkonsentrasi melayani berbagai kebutuhan dalam kelompok tertentu. Full Market Coverage, berusaha melayani semua kelompok dengan produk yang dibutuhkan.
  9. 9. POSITIONING Positioning adalah bagaimana sebuah produk di mata konsumen yang membedakannya dengan produk pesaing Positioning tidak sekedar membujuk dan menciptakan citra dalam benak pelanggan, tetapi juga bagaimana merebut kepercayaan pelanggan.
  10. 10. CARA MENENTUKAN POSITIONING kajian terhadap konsumen (customer) kajian pada kapabilitas perusahaan (company) kajian pada pesaing (competitor) kajian terhadap perubahan yang terjadi dalam lingkungan bisnis
  11. 11. FAKTOR-FAKTOR DALAMMENGKOMUNIKASIKAN POSITIONING Be creative Simplicity Consistent yet flexible Own, dominate, protect User their language
  12. 12. DIFERENSIASI Diferensiasi merupakan suatu cara yang dilakukan perusahaan untuk menciptakan posisi unik di benak konsumen. Tujuan dari strategi diferensiasi adalah mengembangkan positioning yang tepat sesuai keinginan konsumen potensial yang ingin dituju.
  13. 13. PROSES DIFERENSIASI DAPAT DILAKUKANDALAM TIGA TAHAPPertama dengan menemukan model nilai konsumen.Kedua dengan membangun hirarki nilai pelanggan,Yang ketiga adalah menemukan sepaket nilai konsumen.
  14. 14. MAKASIH

×