Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Persepsi mealui telinga

561 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Persepsi mealui telinga

  1. 1. OLEH:YULI DARWATI,M.Si
  2. 2.  Orang dapat mendengarkan sesuatu dengan alatpendengaran, yaitu telinga. Telinga dapat dibagi atas beberapa bagian yangmasing-masing mempunyai fungsi dan tugas sendiri-sendiri. Stimulus berujud bunyi yang merupakan getaranudara atau getaran medium lain. Respon dari stimulus itu orang dapat mendengarbunyi itu. Jika individu menyadari apa yang didengar, berartiindividu telah mempersepsi apa yang didengarnya.
  3. 3.  Bagian luar, yaitu merupakan bagian yangmenerima stimulus dari luar. Bagian tengah, yaitu merupakan bagian yangmeneruskan stimulus yang diterima olehtelinga bagian luar, jadi bagian inimerupakan transformer. Telinga bagian dalam, yaitu reseptor yangsensitif yang merupakan syaraf-syarafpenerima.
  4. 4.  Orang dapat mencium bau sesuatu melaluialat pencium yaitu hidung. Sel-sel penerima atau reseptor bau terletakdalam hidung sebelah dalam. Stimulus berujud benda-benda yang bersifatkhemis atau gas yang dapat menguap danmengenai alat-alat penerima yang ada dihidung, kemudian diteuskan oleh syarafsensoris ke otak, dan sebagai respon daristimulus itu orang dapat menyadari apa yangdiciumnya.
  5. 5.  Masing-masing individu mempunyaisensitivitas yang berbeda-beda mengenaipenciuman bau. (tes bau) Dalam kondisi tertentu orang akan terbiasadengan bau tertentu (adaptasi)
  6. 6.  Fruity Resinous Flowery Spicy Burning Putid
  7. 7.  Indera pencecap terletak di lidah. Stimulus zat cair. Zat cair itu mengenai ujung sel penerimayang terdapat pada lidah, kemudiandilangsungkan oleh syaraf sensoris ke otak,hingga akhirnya orang dapat menyadaritentang apa yan dicecap itu. Ada 4 rasa pokok: pahit, manis,asin, asam. Masing-masing rasa ini mempunyai daerahpenerima rasa sendiri pada lidah. Rasa lain merupakan campuran dari rasapokok itu.
  8. 8.  Indera ini dapat merasakan rasa sakit, tekanan,rabaan, tekanan dan temperatur. Tidak semua bagian dari kulit dapat menerima rasa-rasa ini. Dalam hal tekanan atau rabaan, stimulusnyalangsung mengenai bagian kulit bagian rabaan atauteknan. Stimulus ini akan menimbulkan kesadaranakan lunak, keras, halus, dan kasar. Stimulus yang menimbulkan rasa sakit dapat bersifatkhemis ataupun electrical dan sebangsanya yangpada pokoknya stimulus ini cukup kuat menimbulkankerusakan pada kulit, dan menimbulkan rasa sakit.
  9. 9.  Ilusi : kesalahan individu dalam memberikaninterpretasi atau arti terhadap stimulus yangditerimanya.Misal : tonggak dipersepsi sebagaiorang sedang berdiri. Halusinasi : individu merasa mengalami sesuatupersepsi, sekalipun secara objektif individu yangbersangkutan tidak dikenai stimulus.
  10. 10.  Faktor kealaman: misalnya ilusi gema, ilusikaca. Faktor stimulus : mempunyai arti lebih darisatu, tidak dianalisis lebih lanjut. Faktor individu : kebiasaan.

×