Dinamika Kepribadian Sigmund Freud

7,587 views

Published on

kepribadian adalah dimensi yang menarik untuk

Published in: Self Improvement
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
7,587
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
41
Actions
Shares
0
Downloads
115
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Dinamika Kepribadian Sigmund Freud

  1. 1. DINAMIKA KEPRIBADIANMENURUT SIGMUNDFREUDOLEH: YULI DARWATI,M.Si
  2. 2. Dinamika kepribadian : Terbentuk dari cara-cara Id, ego dan superego menguasai dan memperlakukan nafsu-nafsu. Dalam hal ini ada tiga kemungkinan: ditekan,diberi kepuasan secara wajar, atau diberikepuasan dengan cara dilakukan ke arahlain(sublimasi). Disini peran ego sangat penting, ego dalamproses menimbang-nimbang dibantu olehsuper ego.
  3. 3. Perbuatan keliru dan mimpi: Adanya fakta bahwa nafsu-nafsu ada yangditekan ke alam bawah sadar, ternyata dialam bawah sadar nafsu-nafsu itu tidaktinggal diam, selalu bergolak untuk mendapatkepuasan. Bila sewaktu-waktu ego lemah, atau sensorterhadap id kurang, maka kemungkinannafsu-nafsu itu muncul ke kesadaran. Munculnya nafsu – nafsu itu bisa dalambentuk perbuatan keliru atau dalam bentukmimpi.
  4. 4. Lanjut…… Contoh perbuatan keliru: seorang pemuda yang inginmemanggil nama adik perempuannya, tetapi yangdisebut nama gadis lain. Mimpi terjadi apabila nafsu yang tertekan di bawahsadar muncul dalam kesadaran pada waktu orangtidur. Mimpi merupakan gejala psikis yang disebabkankarena nafsu-nafsu yang tidak dipenuhi dalam alamkenyataan dan tertekan di bawah kesadaran padawaktu orang sedang tidur. Menganalisa impian merupakan landasan yangsangat penting untuk memahami kehidupan psikismanusia.
  5. 5. Frustrasi, konflik, dankecemasan: Frustrasi : ketegangan psikis yangdisebabkan oleh adanya dorongan-doronganyang tidak mendapat kepuasan. Frustrasi ada dua: privasi dan deprivasi. Frustrasi privasi: terjadi apabila objekkepuasan tidak tersedia. Frustrasi deprivasi: terjadi apabila objekkepuasan tersedia, tetapi karena sesuatu halorang tidak dapat mencapai objek tersebut.
  6. 6. Lanjut….. Frustrasi yang disebabkan oleh peristiwayang terjadi pada diri sendiri dinamakankonflik. Konflik timbul apabila dorongan yang satubertentangan dengan dorongan yang lain,atau dapat juga terjadi bila id bertentangandengan ego. Frustrasi yang disertai takut dapatmenimbulkan kecemasan.
  7. 7. Lanjut….. Perbedaan takut dan cemas.: padakecemasan orang tidak menyadari apa yangmembuatnya takut, tetapi pada takut orangmenyadari objek yang membuatnya takut,danmenyadari benar-benar apa penyebab darirasa takutnya. Kecemasan mempunyai peranan utamadalam dinamika kepribadian maupunperkembangan kepribadian.
  8. 8. Lanjut….. Kecemasan timbul dari kegagalan, sehinggakecemasan menimbulkan ketegangan, dandaya pendorong bagi manusia untuk berbuat,menghindari objek, mengekang dorongan-dorongan, atau mengikuti suara hatinya. Perbuatanitu akan menentukanperkembangan kepribadian pada masaberikutnya. Kecemasan merupakan faktor utamatimbulnya psikoneurosa.
  9. 9. Lanjut….. Ada tiga macam kecemasan: objektif,neurotis dan moral Kecemasan objektif: apabila sumbernya dariluar diri orang itu. Contoh: takut auto, takutdalam kamar tertutup dsb. Kecemasan neurotis: jika sumbernya padaid.atau jika kecemasan yang timbul semata-mata karena takut sanksi-sanksi yang timbulddari masyarakat
  10. 10. Lanjut…. Kecemasan moral: bersumber pada kata hati,sehingga orang takut melakukan sesuatukarena kata hatinya mengingatkan bahwamelakukan sesuatu itu tidak baik. Bila kecemasan yang terjadi berlebihan bisamenyebabkan fobia. Umumnya fobia bersumber dari kecemasan-kecemasan neurotis.
  11. 11. Lanjut…. Kecemasan yang paling penting bagiperkembangan kepribadian manusiaadalah birth trauma, yang akanmempengaruhi ketakutan-ketakutanpada tahap perkembangan berikutnya.
  12. 12. Perkembangan kepribadian: Kematangan Usaha belajar Cara-cara manusia mengatasi frustrasi,konflik dan kecemasan.
  13. 13. Kematangan: Pengaruh asli dari dalam diri manusia. Contoh: perbuatan yang dinamakanberjalan.
  14. 14. Belajar : Usaha manusia untuk mengatasiketegangan-ketegangan jiwa yangdapat menimbulkan konflik, frustrasidan kecemasan.
  15. 15. Cara-cara mengatasi frustrasi,konflik dan ketegangan: Identifikasi Pemindahan (displacement) Sublimasi Mekanisme pertahanan ego
  16. 16. Identifikasi: Perbuatan untuk menyamakan diridengan orang lain.
  17. 17. Tiga macam identifikasi: Narcistik: seperti golongan/jenisnya Berorientasi pada tujuan: memilikikelebihan-kelebihan seperti yangdimiliki orang lain Terhadap objek yang hilang Identifikasi terhadap musuh
  18. 18. Displacement dan sublimasi: Displacement: pemindahan atau penyaluranpemuasan nafsu dari suatu objek ke objekyang lain. Contoh: seorang anak dimarahi orang tuanya,mungkin ia menempeleng adiknya. Bila displacement ditujukan ke arahperkembangan kebudayaan atau ke arahpositif dinamakan sublimasi.
  19. 19. Mekanisme pertahanan ego: Represi Proyeksi Rasionalisasi Pembentukan reaksi Regresi dan fiksasi.

×