Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Perilaku verbal dalam komunikasi
antar budaya
Perilaku verbal sebenarnya adalah komunikasi
verbal yang biasa kita lakukan ...
Menurut Ohoiwutun (1997)dalam Liliweri
(2003), dalam berkomunikasi antar budaya ada
beberapa hal yang harus diperhatikan y...
Komunikasi Nonverbal dan
Komunikasi Antarbudaya
Hasil riset yang dilakukan oleh Albert
Mehrabian (Pease, 1981) menunjukkan...
Jenis-Jenis Komunikasi nonverbal
Pesan Fasial
Pesan Gestural
Pesan Postural
Kinesik, Gender, dan Status Sosial
Dalam kaitannya dengan gender, di Amerika terdapat
perbedaan gender dalam komunikasi no...
Kontak Kebudayaan
• Kontak kebudayaan antara negara barat-dalam
hal ini Amerika Serikat-dan Asia, misalnya,
tercipta karen...
Contoh gestur umum yang menunjukkan tidak adanya
keterbukaan kinesik dalam komunikasi masyarakat Amerika dan
masyarakat da...
Konsep Waktu
• Suku Indian Hopi tidak begitu memperhatikan
waktu!

So ????????
Penggunaan Ruang
Bila kita berbicara dengan orang berbeda
budaya, kita harus dapat memperkirakan
pelanggaran-pelanggaran a...
Kebudayaan dan Sistem Komunikasi
Bangsa Amerika
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Budaya konteks verbal dan nonverbal ppt

701 views

Published on

Published in: Education
  • Be the first to comment

Budaya konteks verbal dan nonverbal ppt

  1. 1. Perilaku verbal dalam komunikasi antar budaya Perilaku verbal sebenarnya adalah komunikasi verbal yang biasa kita lakukan sehari-hari. Simbol atau pesan verbal adalah semua jenis symbol yang menggunakan kata-kata atau lebih. Hampir semua rangsangan wicara yang kita sadari termasuk ke dalam kategori pesan disengaja, yaitu usaha-usaha yang dilakukan secara sadar untuk berhubungan dengan orang lain secara lisan.
  2. 2. Menurut Ohoiwutun (1997)dalam Liliweri (2003), dalam berkomunikasi antar budaya ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu kapan orang berbicara, apa yang dikatakan, hal memperhatikan, intonasi, gaya kaku dan puitis serta bahasa tidak langsung. Ke enam hal tersebut adalah saat yang tepat bagi seseorang untuk menyampaikan pesan verbal dalam komunikasi antar budaya.
  3. 3. Komunikasi Nonverbal dan Komunikasi Antarbudaya Hasil riset yang dilakukan oleh Albert Mehrabian (Pease, 1981) menunjukkan bahwa : 70 % komunikasi berbentuk verbal (menggunak an katakata), 38 % vokal (berbentuk suara, tekanan, dan intonasi), 55% nonverbal (kinesik atau gerak tubuh)
  4. 4. Jenis-Jenis Komunikasi nonverbal Pesan Fasial Pesan Gestural Pesan Postural
  5. 5. Kinesik, Gender, dan Status Sosial Dalam kaitannya dengan gender, di Amerika terdapat perbedaan gender dalam komunikasi nonverbal. Lelaki cenderung membuka kakinya ketika duduk, sedangkan perempuan cenderung menutup kakinya. Kaum remaja lelaki biasanya saling meninjukan kepalan tangan saat bertemu, sedangkan kaum wanita di Amerika jarang berjabat tangan. Namun demikian, berdasarkan penelitian yang dilakukan Mehrabian, wanita lebih unggul daripada pria dalam mengekspresikan ketakutan, kecintaan, kemarahan, dan kebahagiaan. Kelompok wanita lebih sering menggunakan kontak mata dibandingkan dengan pria (Mulyana:25).
  6. 6. Kontak Kebudayaan • Kontak kebudayaan antara negara barat-dalam hal ini Amerika Serikat-dan Asia, misalnya, tercipta karena pengaruh media, terutama media elektronik dan media cetak. Dalam kaitannya dengan bahasa tubuh, kontak kebudayaan antarnegara tercipta karena kondisi sosial politik. Misalnya, ketika terjadi perang dunia maka negara-negara di dunia mengenal gestur jari berbentuk huruf “V” yang berarti “victory” (kemenangan) atau “peace” (damai). Hal ini menunjukkan bahwa kebudayaan itu tidak bersifat statik dan senantiasa berubah.
  7. 7. Contoh gestur umum yang menunjukkan tidak adanya keterbukaan kinesik dalam komunikasi masyarakat Amerika dan masyarakat dari luar Amerika: Menggaruk dagu bagi orang Italia Gestur “menyuruh” Mengarahkan ibu jari ke bawah Gerakan Cincin yang berarti “OK”
  8. 8. Konsep Waktu • Suku Indian Hopi tidak begitu memperhatikan waktu! So ????????
  9. 9. Penggunaan Ruang Bila kita berbicara dengan orang berbeda budaya, kita harus dapat memperkirakan pelanggaran-pelanggaran apa yang bakal terjadi, menghindari pelanggaran-pelanggaran tersebut, dan meneruskan interaksi kita tanpa memperlihatkan reaksi permusuhan.
  10. 10. Kebudayaan dan Sistem Komunikasi Bangsa Amerika

×