Komunikasi Lintas Budaya
Sistem Kesehatan di Negara Perancis
Perancis (France)
Nama Negara
Republik Perancis
(République française)
Ibu Kota
Paris
Bahasa Resmi
Bahasa perancis
Pemerin...
Sistem Kesehatan di Negara Perancis
Sistem pelayanan kesehatan
yang lengkap dengan
akses yang mudah
merupakan salah satu
p...
telah memiliki berbagai
infrastruktur pelayanan
kesehatan yang tergolong
modern untuk sebuah
negara berkembang. Rumah
saki...
• Pengobatan Murah
• Sistem Antar Obat
• Prosedur yang Baik
Di Perancis, Anda dilindungi. Itu
tidak tergantung pada
pekerj...
Peraturan Baru di Negara Perancis
Prosedur konsultasi
yang dikoordinasikan
Dokter umum lebih
diharapkan untuk
bertindak se...
Kesehatan Ibu dan Anak
pemerintah Perancis
menyediakan tenaga
asisten rumah-tangga
secara cuma-Cuma
bila sang ibu adalah p...
Rujukan sistem jaminan
sosial di antaranya adalah
negara-negara Eropa,
termasuk Perancis. Negara
ini dalam laporan
Organis...
Asuransi Kesehatan
skema asuransi diluncurkan lewat undangundang di tahun 1930 untuk melindungi
pekerja di bidang perdagan...
Asuransi kesehatan juga diperluas lewat
cakupan kesehatan universal (CMU) hingga
mencakup seluruh penduduk, termasuk
merek...
Pengelola Sistem Jaminan Sosial
3 badan utama yang mengelola sistem jaminan sosial
• Regime General yang mencakup para pek...
Rawat Jalan
- Penggantian biaya
rawat jalan umumnya
tidak 100 persen, ada
iur biaya (co-payment)
dari peserta asuransi
- U...
Rawat Inap
• Pasien membayar sekitar 10
Euro per hari untuk kamar
dan makanan.
• Obat, perawatan dokter,
atau biaya operas...
Asuransi kesehatan berlaku di seluruh negara,
bahkan di negara-negara Eropa Barat. Di luar
itu orang harus mengisi formuli...
• Untuk menjamin kualitas pelayanan rumah
sakit ada badan akreditasi
• Dokter yang terbukti bersalah akan diskors.
Sistem kesehatan telah menjadi instrumen
ekonomis untuk ikut menentukan pendapatan
per-kapita sehingga tendensi utama suat...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Budaya konteks kesehatan

310 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
310
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
8
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Budaya konteks kesehatan

  1. 1. Komunikasi Lintas Budaya Sistem Kesehatan di Negara Perancis
  2. 2. Perancis (France) Nama Negara Republik Perancis (République française) Ibu Kota Paris Bahasa Resmi Bahasa perancis Pemerintahan Republik Presidensiil
  3. 3. Sistem Kesehatan di Negara Perancis Sistem pelayanan kesehatan yang lengkap dengan akses yang mudah merupakan salah satu persyaratan tak tertulis bagi sebuah negara maju, dan pemberian asuransi kesehatan (askes) juga merupakan bagian dari sistem pelayanan kesehatan yang baik dan modern
  4. 4. telah memiliki berbagai infrastruktur pelayanan kesehatan yang tergolong modern untuk sebuah negara berkembang. Rumah sakit yang bagus banyak tersebar dipenjuru kota. . Namun sayangnya hanya mereka yang memiliki akses saja yang bisa menggunakannya. tidak ada pelayanan kesehatan yang gratis, akses hanya bisa diberikan kepada mereka yang terdaftar, masalah administrasi harus diselesaikan sebelum pasien bisa berobat penggelembungan harga obat, kebijakan pemindahan perawatan bagi pasien yang tidak mampu membayar pengobatan.
  5. 5. • Pengobatan Murah • Sistem Antar Obat • Prosedur yang Baik Di Perancis, Anda dilindungi. Itu tidak tergantung pada pekerjaan, tidak tergantung pada organisasi pemeliharaan kesehatan, dan hal itu tidak tergantung pada apakah Anda mengisi formulir dengan benar.
  6. 6. Peraturan Baru di Negara Perancis Prosedur konsultasi yang dikoordinasikan Dokter umum lebih diharapkan untuk bertindak sebagai “penjaga pintu gerbang” yang merujuk pasien ke dokter spesialis atau rumah sakit.
  7. 7. Kesehatan Ibu dan Anak pemerintah Perancis menyediakan tenaga asisten rumah-tangga secara cuma-Cuma bila sang ibu adalah pegawai pemerintah maka ada pemotongan jam kerja sekitar sepertiga dari jam seharusnya tanpa pemotongan gaji atau upah.
  8. 8. Rujukan sistem jaminan sosial di antaranya adalah negara-negara Eropa, termasuk Perancis. Negara ini dalam laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2000 menduduki peringkat pertama dari 191 negara anggota WHO dalam memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh kepada penduduknya.
  9. 9. Asuransi Kesehatan skema asuransi diluncurkan lewat undangundang di tahun 1930 untuk melindungi pekerja di bidang perdagangan dan industri terhadap masalah keuangan sebagai akibat sakit, kehamilan dan persalinan, kecacatan, serta masa tua dan kematian. Pendanaan berdasar asas solidaritas lewat kontribusi pemberi dan penerima kerja.
  10. 10. Asuransi kesehatan juga diperluas lewat cakupan kesehatan universal (CMU) hingga mencakup seluruh penduduk, termasuk mereka yang tidak bekerja. Dalam hal ini pemerintah memberi subsidi yang ditetapkan tiap tahun oleh parlemen. Dengan demikian, seluruh penduduk Perancis mendapat jaminan sejak lahir sampai meninggal untuk hidup layak.
  11. 11. Pengelola Sistem Jaminan Sosial 3 badan utama yang mengelola sistem jaminan sosial • Regime General yang mencakup para pekerja swasta (kini diperluas bagi pegawai negeri, mahasiswa, veteran perang, serta penduduk yang mendapat bantuan dari pemerintah) • Dana bagi Pekerja Pertanian (MSA) • Dana bagi Pekerja Independen (CANAM)
  12. 12. Rawat Jalan - Penggantian biaya rawat jalan umumnya tidak 100 persen, ada iur biaya (co-payment) dari peserta asuransi - Untuk pengambilan obat, pasien tak perlu keluar uang, cukup menunjukkan kartu jaminan sosial.
  13. 13. Rawat Inap • Pasien membayar sekitar 10 Euro per hari untuk kamar dan makanan. • Obat, perawatan dokter, atau biaya operasi, pasien tidak perlu membayar. • Fasilitas kamar perawatan terdiri dari tempat tidur mekanis, dilengkapi monitor serta alat bantu napas dan peralatan lain. Setiap kamar dilengkapi kursi pengunjung, meja, lemari, TV, serta kamar mandi.
  14. 14. Asuransi kesehatan berlaku di seluruh negara, bahkan di negara-negara Eropa Barat. Di luar itu orang harus mengisi formulir agar biaya kesehatan diganti. Begitu pula sebaliknya, penduduk negara Eropa lain jika sakit dan berobat di Perancis akan mendapat ganti dari asuransi mereka.
  15. 15. • Untuk menjamin kualitas pelayanan rumah sakit ada badan akreditasi • Dokter yang terbukti bersalah akan diskors.
  16. 16. Sistem kesehatan telah menjadi instrumen ekonomis untuk ikut menentukan pendapatan per-kapita sehingga tendensi utama suatu rumah sakit adalah meningkatkan keuntungan yang diperoleh dan bukan menyembuhkan orang sakit atau membantu mereka yang membutuhkannya.

×