Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pengembangan Soft Skill dalam Kurikulum 2013

2,001 views

Published on

Published in: Education
  • Be the first to comment

Pengembangan Soft Skill dalam Kurikulum 2013

  1. 1. Pengembangan Soft Skill dalam Kurikulum 2013 Oleh: Elce Purwandari
  2. 2. Pergantian Kurikulum di Indonesia dalam bahan uji publik kurikulum 2013
  3. 3. Sasaran Kurikulum 2013 dari jenjang SD, SMP, dan SMA TINGKAT SMP TINGKAT SMA TINGKAT SD
  4. 4. Bagaimanakah kemampuan mengembangkan soft skill dalam kurikulum 2013 ?
  5. 5. Definisi Kurikulum Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (UU nomor 20 tahun 2003; PP nomor 19 tahun 2005).
  6. 6. Kurikulum 2013 Model kurikulum 2013 menunjukkan bahwa pada tingkat pendidikan dasar lebih Integrated dan Correlated yang lebih sesuai dengan fundamen dan esensi pendidikan dasar sebagai basic/fundamental education. Sedangkan pada tingkat pendidikan menengah melakukan separated yang menuju spesialisasi.
  7. 7. Kompetensi Inti dalam K 2013 Kompetensi Inti Spiritual Kompetensi Inti Skill Kompetensi Inti Kognitif Kompetensi Inti Sosial
  8. 8. Definisi Soft skill  Soft-skills adalah kemampuan personal dan interpersonal seseorang yang meliputi: optimisme, responsibilitas, sense of humor, integritas, manajemen waktu, motivasi, berempati, kepemimpinan, berkomunikasi, kelakuan baik, keramahan, dan kemampuan untuk mengajar. Kemampuan-kemampuan ini melengkapi kemampuan akademik yang akan menentukan kesuksesan seseorang dalam kehidupannya.
  9. 9. Implementasi K 2013 Pengembangan soft skill dan hard skill dari warga satuan pendidikan sekali lagi dapat dilihat dari wajah toilet yang menggambarkan karakter kolektif dan personal warganya. Hidup sehat, jujur, peduli dan cerdas secara sederhana dapat terekam dari bagaimana seseorang berada di dalam ruang privat yang dibutuhkan bersama yakni toilet. Kebersamaan dalam kejujuran, kesehatan dan kecerdasan warga satuan pendidikan terlihat dari toiletnya.
  10. 10. TERIMA KASIH Purwandari.elce@gmail.co m

×