Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Transformasi bisnis opak oded

228 views

Published on

Tugas 3 Transformasi Bisnis Opak Oded

Published in: Business
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Transformasi bisnis opak oded

  1. 1. TRANSFORMASI BISNIS Agus Budiman (A2.1100094) Rudi Juliawan Anugerah (A2.1200198) Ela Yena (A2.1300013) Agus Budiman (A2.1100094) Rudi Juliawan Anugerah (A2.1200198) Ela Yena (A2.1300013) Annisa Aina Nurwaida (A2.1300209)
  2. 2. LINGKUP BISNIS Bisnis adalah serangkaian usaha yang dilakukan satu orang atau kelompok dengan menawarkan barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan/laba atau bisnis juga bisa dikatakan menyediakan barang dan jasa untuk ke lancaran sistem perekonomia. Sesuai objek, bisnis opak oded merupakan usaha home industry yang memproduksi opak sebagai produk makanan tradisional khas Sumedang. Opak Oded adalah salah satu Opak khas Sumedang yang didirikan oleh Bapak H.Dudang Adihana S.E. pada taun 1997,usaha ini berada di Dusun Conggeang RT 01 RW 02 No. 282, Desa Conggeang Wetan, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang. Opak Oded sudah menembus pasar internasional sehingga tidak begitu sulit dalam mempromosikan produk makanan ini secara konvensional.
  3. 3. PERMASALAHAN (LATAR BELAKANG)  Opak oded merupakan sebuah home industry pengrajin opak didaerah Sumedang, lokasinya tidak begitu strategis karena berada dikawasan yang jauh dari pusat kota serta akses jalan yang rusak sekitar 9 Km dari arah Legok kecamatan Paseh. Perusahaan ini melakukan proses produksi dari mulai barang mentah hingga barang jadi yang siap untuk dipasarkan.  Opak oded ini sebenarnya sudah mampu menembus pasar internasional akan tetapi walaupun begitu masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang keberadaan opak tersebut. Hal ini berarti memunculkan banyak permasalahan salah satunya dalam segi pemasaran.  Selain kurangnya dalama segi pemasaran juga daya beli konsumen terhadap makanan tradisional opak ini bisa dikatakan minim.
  4. 4. FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN  Opak merupakan makanan tradisional khas Conggeang Sumedang.  Masa kadaluarsa makan trandisional ini cukup lama.  Bentuk dan Rasa
  5. 5. PENJELASAN FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN  Opak Oded merupakan makanan yang masih tetap menjaga keaslian makanan tradisonal khas Sumedang selain tahu sumedang.  Masa kadaluarsa Opak Oded ini cukup lama meskipun terbuat dari bahan–bahan alami tanpa bahan pengawet. Hal ini menjadikan opak sebagai makanan yang banyak mengandung nilai gizi.  Bentuk dan rasa pada Opak Oded ini begitu bervariasi dan bisa dibilang unik, dengan bentuknya yang bulat serta mempunyai berbagai macam rasa yang tidak umum untuk sebuah makanan opak lainnya.
  6. 6. ORANG/TEKNISI, PROSES DANTEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN  Orang/Teknisi : SDM yang memproduksi opak sebagian besar adalah penduduk sekitar, seperti ibu rumah tangga.  Proses : Berdasarkan proses pembuatan opak, proses pembuatannya dibuat secara alami tanpa bahan pengawet serta menjaga cita rasa agar tetap terjaga keasliannya.  Teknologi : selain di pasarkan secara konvensional, pemasarannya dilakukan secara online dengan menggunakan media elektronik.
  7. 7. NILAI DAN MANFAAT  Nilai : Jika dilihat dari harga, produk opak mempunyai nilai harga yang cukup ekonomis yang dapat dibeli oleh semua kalangan.  Manfaat : banyak sekali manfaat yang terkandung dari opak, diantaranya : - energi 50 kl - protein 1 gram - karbohidrat 11,65 gr - kalsium 23,24 mg - serat 3.81 gr - magnesium 16,60 mg - fosfor 31,54 mg - potasium 44,82 mg - selenium 1,16 mg - vitaminC 94,12 mg - folat 29,38 mg - vitaminA 44,82 mg

×