Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Rpp hukum newton ttg gerak dan gravitasi

  • Login to see the comments

  • Be the first to like this

Rpp hukum newton ttg gerak dan gravitasi

  1. 1. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah : SMAK 7 PENABUR Mata Pelajaran : Fisika Kelas / Semester : XI / ganjil Jumlah Pertemuan : 9 kali Program : IPA SK : Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik KD : Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum- hukum Newton Indikator : 1. Membedakan koefisien gesekan statis dan gesekan kinetis. 2. Menganalisis gerak benda pada bidang datar di bawah pengaruh gaya gesekan. 3. Menganalisis gerak benda pada bidang miring di bawah pengaruh gaya gesekan. 4. Menganalisis gerak dua benda bertumpuk pada bidang datar di bawah pengaruh gaya gesekan. 5. Menganalisis peran gaya gesekan pada masalah tikungan. 6. Menyatakan Hukum Newton tentang gravitasi sebagai gaya medan yang berhubungan dengan gaya antara dua benda bermassa dan penerapannya. 7. Menganalisis kuat medan gravitasi. 8. Menganalisis kelajuan benda untuk mengorbit planet. 9. Menyatakan hukum-hukum Kepler pada gerak planet. I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menginterpretasikan hukum-hukum Newton tentang gerak dan gravitasi serta penerapannya, dan menyadari adanya keteraturan gerak planet dalam tata surya. II. Materi Ajar : Hukum-hukum Newton tentang Gerak dan Gravitasi. III. Alokasi Waktu : 9 x 45 menit IV. Metode Pembelajaran : ceramah, demonstrasi, tanya jawab, diskusi V. Kegiatan Pembelajaran :
  2. 2. Pertemuan 1: Indikator 1: Membedakan koefisien gesekan statis dan gesekan kinetis. KEGIATAN TATAP MUKA A. Kegiatan Pendahuluan: a. Mengondisikan kelas, menyapa, dan mengecek kehadiran siswa. b. Mempersiapkan siswa secara fisik dan psikis. c. Menyampaikan SK, KD, indikator, dan tujuan pembelajaran. d. Menyampaikan cakupan materi ajar. e. Memotivasi siswa. B. Kegiatan Inti: a. Eksplorasi: i. Guru memberikan penjelasan tentang materi ajar dengan melibatkan peserta didik dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. ii. Guru menghadirkan contoh-contoh gesekan yang ada di sekitar siswa. iii. Guru menjelaskan konsep gesekan statis dan gesekan kinetis dengan demonstrasi. b. Elaborasi: i. Guru meminta siswa membaca dan menuliskan hal-hal esensial yang ada pada buku paket. ii. Guru memfasilitasi peserta didik dengan pemberian latihan soal, diskusi dalam teman kelompok dan guru berjalan berkeliling memonitor siswa. iii. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dalam latihan soal yang diberikan. c. Konfirmasi: i. Guru memberikan penghargaan atas keberhasilan siswa memecahkan masalah.
  3. 3. ii. Guru memberikan konfirmasi terhadap pekerjaan siswa dengan cara membahas soal bersama-sama. iii. Guru menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan. iv. Guru memberikan motivasi bagi siswa yang belum berpartisipasi aktif. d. Refleksi: i. Siswa patut bersyukur atas ilmu pengetahuan yang telah membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari. ii. Siswa bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. e. Nilai Kewirausahaan: Siswa belajar mandiri dalam memecahkan masalah yang ada di sekitar mereka. C. Kegiatan Penutup: a. Guru membuat kesimpulan yang telah dipelajari pada materi saat itu. b. Guru melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran. c. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah. d. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. e. Guru memberi salam kepada siswa. PENUGASAN TERSTRUKTUR Guru memberikan PR tentang materi yang telah dipelajari siswa pada saat itu dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR Guru memberikan PR tentang materi yang telah dipelajari siswa pada saat itu dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
  4. 4. Pertemuan 2: Indikator 2: Menganalisis gerak benda pada bidang datar di bawah pengaruh gaya gesekan. KEGIATAN TATAP MUKA A. Kegiatan Pendahuluan: a. Mengondisikan kelas, menyapa, dan mengecek kehadiran siswa. b. Mempersiapkan siswa secara fisik dan psikis. c. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya. d. Menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran. e. Menyampaikan cakupan materi ajar. f. Memotivasi siswa. B. Kegiatan Inti: a. Eksplorasi: i. Guru memberikan penjelasan tentang materi ajar dengan melibatkan peserta didik dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. ii. Guru menghadirkan contoh gerak buku pada sebuah meja (demonstrasi). iii. Guru menjelaskan konsep gerak benda pada sebuah bidang datar. b. Elaborasi: i. Guru meminta siswa membaca dan menuliskan hal-hal esensial yang ada pada demonstrasi tersebut dan buku paket. ii. Guru memfasilitasi peserta didik dengan pemberian latihan soal, diskusi dalam teman kelompok dan guru berjalan berkeliling memonitor siswa. iii. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dalam latihan soal yang diberikan. c. Konfirmasi: i. Guru memberikan penghargaan atas keberhasilan siswa memecahkan masalah.
  5. 5. ii. Guru memberikan konfirmasi terhadap pekerjaan siswa dengan cara membahas soal bersama-sama. iii. Guru menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan. iv. Guru memberikan motivasi bagi siswa yang belum berpartisipasi aktif. d. Refleksi: i. Siswa patut bersyukur atas ilmu pengetahuan yang telah membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari. ii. Siswa bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. iii. Siswa tidak melupakan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya. e. Nilai Kewirausahaan: Siswa belajar mandiri dalam memecahkan masalah yang ada di sekitar mereka. C. Kegiatan Penutup: a. Guru membuat kesimpulan yang telah dipelajari pada materi saat itu. b. Guru melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran. c. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah. d. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. e. Guru memberi salam kepada siswa. PENUGASAN TERSTRUKTUR Guru memberikan PR tentang materi yang telah dipelajari siswa pada saat itu dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR Guru memberikan PR tentang materi yang telah dipelajari siswa pada saat itu dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
  6. 6. Pertemuan 3: Indikator 3: Menganalisis gerak benda pada bidang miring di bawah pengaruh gaya gesekan. KEGIATAN TATAP MUKA A. Kegiatan Pendahuluan: a. Mengondisikan kelas, menyapa, dan mengecek kehadiran siswa. b. Mempersiapkan siswa secara fisik dan psikis. c. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya. d. Menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran. e. Menyampaikan cakupan materi ajar. f. Memotivasi siswa. B. Kegiatan Inti: a. Eksplorasi: i. Guru memberikan penjelasan tentang materi ajar dengan melibatkan peserta didik dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. ii. Guru menghadirkan contoh gerak buku pada sebuah meja yang memiliki sudut kemiringan tertentu (demonstrasi). iii. Guru menjelaskan konsep gerak benda pada bidang miring. b. Elaborasi: i. Guru meminta siswa membaca dan menuliskan hal-hal esensial yang ada pada demonstrasi tersebut dan buku paket. ii. Guru memfasilitasi peserta didik dengan pemberian latihan soal, diskusi dalam teman kelompok dan guru berjalan berkeliling memonitor siswa. iii. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dalam latihan soal yang diberikan. c. Konfirmasi:
  7. 7. i. Guru memberikan penghargaan atas keberhasilan siswa memecahkan masalah. ii. Guru memberikan konfirmasi terhadap pekerjaan siswa dengan cara membahas soal bersama-sama. iii. Guru menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan. iv. Guru memberikan motivasi bagi siswa yang belum berpartisipasi aktif. d. Refleksi: i. Siswa patut bersyukur atas ilmu pengetahuan yang telah membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari. ii. Siswa bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. iii. Siswa tidak melupakan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya. e. Nilai Kewirausahaan: Siswa belajar mandiri dalam memecahkan masalah yang ada di sekitar mereka. C. Kegiatan Penutup: a. Guru membuat kesimpulan yang telah dipelajari pada materi saat itu. b. Guru melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran. c. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah. d. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. e. Guru memberi salam kepada siswa. PENUGASAN TERSTRUKTUR Guru memberikan PR tentang materi yang telah dipelajari siswa pada saat itu dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR Guru memberikan PR tentang materi yang telah dipelajari siswa pada saat itu dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
  8. 8. Pertemuan 4: Indikator 4: Menganalisis gerak dua benda bertumpuk pada bidang datar di bawah pengaruh gaya gesekan. KEGIATAN TATAP MUKA: A. Kegiatan Pendahuluan: a. Mengondisikan kelas, menyapa, dan mengecek kehadiran siswa. b. Mempersiapkan siswa secara fisik dan psikis. c. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya. d. Menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran. e. Menyampaikan cakupan materi ajar. f. Memotivasi siswa. B. Kegiatan Inti: a. Eksplorasi: i. Guru memberikan penjelasan tentang materi ajar dengan melibatkan peserta didik dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. ii. Guru menghadirkan contoh gerak dua buku yang bertumpuk pada meja datar (demonstrasi). iii. Guru menjelaskan konsep gerak dua benda bertumpuk pada bidang datar di bawah pengaruh gaya gesekan. b. Elaborasi: i. Guru meminta siswa membaca dan menuliskan hal-hal esensial yang ada pada demonstrasi tersebut dan buku paket. ii. Guru memfasilitasi peserta didik dengan pemberian latihan soal, diskusi dalam teman kelompok dan guru berjalan berkeliling memonitor siswa.
  9. 9. iii. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dalam latihan soal yang diberikan. c. Konfirmasi: i. Guru memberikan penghargaan atas keberhasilan siswa memecahkan masalah. ii. Guru memberikan konfirmasi terhadap pekerjaan siswa dengan cara membahas soal bersama-sama. iii. Guru menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan. iv. Guru memberikan motivasi bagi siswa yang belum berpartisipasi aktif. d. Refleksi: i. Siswa patut bersyukur atas ilmu pengetahuan yang telah membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari. ii. Siswa bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. iii. Siswa tidak melupakan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya. e. Nilai Kewirausahaan: Siswa belajar mandiri dalam memecahkan masalah yang ada di sekitar mereka. C. Kegiatan Penutup: a. Guru membuat kesimpulan yang telah dipelajari pada materi saat itu. b. Guru melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran. c. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah. d. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. e. Guru memberi salam kepada siswa. PENUGASAN TERSTRUKTUR Guru memberikan PR tentang materi yang telah dipelajari siswa pada saat itu dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
  10. 10. KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR Guru memberikan PR tentang materi yang telah dipelajari siswa pada saat itu dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. Pertemuan 5: Indikator 5: Menganalisis peran gaya gesekan pada masalah tikungan. KEGIATAN TATAP MUKA A. Kegiatan Pendahuluan: a. Mengondisikan kelas, menyapa, dan mengecek kehadiran siswa. b. Mempersiapkan siswa secara fisik dan psikis. c. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya. d. Menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran. e. Menyampaikan cakupan materi ajar. f. Memotivasi siswa. B. Kegiatan Inti: a. Eksplorasi: i. Guru memberikan penjelasan tentang materi ajar dengan melibatkan peserta didik dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. ii. Guru menghadirkan contoh peran gaya gesekan pada masalah tikungan melalui gambar-gambar pada tayangan power point. iii. Guru menjelaskan konsep peran gaya gesekan pada masalah tikungan. b. Elaborasi: i. Guru meminta siswa membaca dan menuliskan hal-hal esensial yang ada pada tayangan tersebut dan buku paket. ii. Guru memfasilitasi peserta didik dengan pemberian latihan soal, diskusi dalam teman kelompok dan guru berjalan berkeliling memonitor siswa.
  11. 11. iii. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dalam latihan soal yang diberikan. c. Konfirmasi: i. Guru memberikan penghargaan atas keberhasilan siswa memecahkan masalah. ii. Guru memberikan konfirmasi terhadap pekerjaan siswa dengan cara membahas soal bersama-sama. iii. Guru menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan. iv. Guru memberikan motivasi bagi siswa yang belum berpartisipasi aktif. d. Refleksi: i. Siswa patut bersyukur atas ilmu pengetahuan yang telah membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari. ii. Siswa bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. iii. Siswa tidak melupakan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya. e. Nilai Kewirausahaan: Siswa belajar mandiri dalam memecahkan masalah yang ada di sekitar mereka. C. Kegiatan Penutup: a. Guru membuat kesimpulan yang telah dipelajari pada materi saat itu. b. Guru melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran. c. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah. d. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. e. Guru memberi salam kepada siswa. PENUGASAN TERSTRUKTUR Guru memberikan PR tentang materi yang telah dipelajari siswa pada saat itu dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
  12. 12. KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR Guru memberikan PR tentang materi yang telah dipelajari siswa pada saat itu dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. Pertemuan 6: Indikator 6: Menyatakan Hukum Newton tentang gravitasi sebagai gaya medan yang berhubungan dengan gaya antara dua benda bermassa dan penerapannya. KEGIATAN TATAP MUKA: A. Kegiatan Pendahuluan: a. Mengondisikan kelas, menyapa, dan mengecek kehadiran siswa. b. Mempersiapkan siswa secara fisik dan psikis. c. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya. d. Menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran. e. Menyampaikan cakupan materi ajar. f. Memotivasi siswa. B. Kegiatan Inti: a. Eksplorasi: i. Guru memberikan penjelasan tentang materi ajar dengan melibatkan peserta didik dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. ii. Guru menghadirkan contoh gerak dalam tatasurya melalui media power point. iii. Guru menjelaskan konsep gerak dalam tatasurya. b. Elaborasi: i. Guru meminta siswa membaca dan menuliskan hal-hal esensial yang ada pada tayangan tersebut dan buku paket. ii. Guru memfasilitasi peserta didik dengan pemberian latihan soal, diskusi dalam teman kelompok dan guru berjalan berkeliling memonitor siswa. iii. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dalam latihan soal yang diberikan.
  13. 13. c. Konfirmasi: i. Guru memberikan penghargaan atas keberhasilan siswa memecahkan masalah. ii. Guru memberikan konfirmasi terhadap pekerjaan siswa dengan cara membahas soal bersama-sama. iii. Guru menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan. iv. Guru memberikan motivasi bagi siswa yang belum berpartisipasi aktif. d. Refleksi: i. Siswa patut bersyukur atas ilmu pengetahuan yang telah membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari. ii. Siswa bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. iii. Siswa tidak melupakan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya. e. Nilai Kewirausahaan: Siswa belajar mandiri dalam memecahkan masalah yang ada di sekitar mereka. C. Kegiatan Penutup: a. Guru membuat kesimpulan yang telah dipelajari pada materi saat itu. b. Guru melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran. c. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah. d. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. e. Guru memberi salam kepada siswa. PENUGASAN TERSTRUKTUR KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR Guru memberikan PR tentang materi yang telah dipelajari siswa pada saat itu dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
  14. 14. Pertemuan 7: Indikator 7: Menganalisis kuat medan gravitasi. KEGIATAN TATAP MUKA: A. Kegiatan Pendahuluan: a. Mengondisikan kelas, menyapa, dan mengecek kehadiran siswa. b. Mempersiapkan siswa secara fisik dan psikis. c. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya. d. Menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran. e. Menyampaikan cakupan materi ajar. f. Memotivasi siswa. B. Kegiatan Inti: a. Eksplorasi: i. Guru memberikan penjelasan tentang materi ajar dengan melibatkan peserta didik dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. ii. Guru menghadirkan contoh kuat medan gravitasi di suatu titik melalui media powerpoint. iii. Guru menjelaskan konsep kuat medan gravitasi di suatu titik. b. Elaborasi:
  15. 15. i. Guru meminta siswa membaca dan menuliskan hal-hal esensial yang ada pada demonstrasi tersebut dan buku paket. ii. Guru memfasilitasi peserta didik dengan pemberian latihan soal, diskusi dalam teman kelompok dan guru berjalan berkeliling memonitor siswa. iii. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dalam latihan soal yang diberikan. c. Konfirmasi: i. Guru memberikan penghargaan atas keberhasilan siswa memecahkan masalah. ii. Guru memberikan konfirmasi terhadap pekerjaan siswa dengan cara membahas soal bersama-sama. iii. Guru menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan. iv. Guru memberikan motivasi bagi siswa yang belum berpartisipasi aktif. d. Refleksi: i. Siswa patut bersyukur atas ilmu pengetahuan yang telah membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari. ii. Siswa bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. iii. Siswa tidak melupakan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya. e. Nilai Kewirausahaan: Siswa belajar mandiri dalam memecahkan masalah yang ada di sekitar mereka. C. Kegiatan Penutup: a. Guru membuat kesimpulan yang telah dipelajari pada materi saat itu. b. Guru melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran. c. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah. d. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. e. Guru memberi salam kepada siswa.
  16. 16. PENUGASAN TERSTRUKTUR KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR Guru memberikan PR tentang materi yang telah dipelajari siswa pada saat itu dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. Pertemuan 8: Indikator 8: Menganalisis kelajuan benda untuk mengorbit planet. KEGIATAN TATAP MUKA: A. Kegiatan Pendahuluan: a. Mengondisikan kelas, menyapa, dan mengecek kehadiran siswa. b. Mempersiapkan siswa secara fisik dan psikis. c. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya. d. Menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran. e. Menyampaikan cakupan materi ajar. f. Memotivasi siswa. B. Kegiatan Inti: a. Eksplorasi: i. Guru memberikan penjelasan tentang materi ajar dengan melibatkan peserta didik dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. ii. Guru menghadirkan contoh gerak planet mengorbit matahari atau gerak satelit mengorbit planet melalui media power point.. iii. Guru menjelaskan konsep kelajuan benda untuk mengorbit planet. b. Elaborasi: i. Guru meminta siswa membaca dan menuliskan hal-hal esensial yang ada pada demonstrasi tersebut dan buku paket.
  17. 17. ii. Guru memfasilitasi peserta didik dengan pemberian latihan soal, diskusi dalam teman kelompok dan guru berjalan berkeliling memonitor siswa. iii. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dalam latihan soal yang diberikan. c. Konfirmasi: i. Guru memberikan penghargaan atas keberhasilan siswa memecahkan masalah. ii. Guru memberikan konfirmasi terhadap pekerjaan siswa dengan cara membahas soal bersama-sama. iii. Guru menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan. iv. Guru memberikan motivasi bagi siswa yang belum berpartisipasi aktif. d. Refleksi: i. Siswa patut bersyukur atas ilmu pengetahuan yang telah membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari. ii. Siswa bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. iii. Siswa tidak melupakan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya. e. Nilai Kewirusahaan: Siswa belajar mandiri dalam memecahkan masalah yang ada di sekitar mereka. C. Kegiatan Penutup: a. Guru membuat kesimpulan yang telah dipelajari pada materi saat itu. b. Guru melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran. c. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah. d. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. e. Guru memberi salam kepada siswa. PENUGASAN TERSTRUKTUR
  18. 18. KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR Guru memberikan PR tentang materi yang telah dipelajari siswa pada saat itu dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. Pertemuan 9: Indikator 9: Menyatakan hukum-hukum Kepler pada gerak planet. KEGIATAN TATAP MUKA: A. Kegiatan Pendahuluan: a. Mengondisikan kelas, menyapa, dan mengecek kehadiran siswa. b. Mempersiapkan siswa secara fisik dan psikis. c. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya. d. Menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran. e. Menyampaikan cakupan materi ajar. f. Memotivasi siswa. B. Kegiatan Inti: a. Eksplorasi: i. Guru memberikan penjelasan tentang materi ajar dengan melibatkan peserta didik dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. ii. Guru menghadirkan contoh gerak planet yang berkaitan dengan Hukum Kepler melalui media power point. iii. Guru menjelaskan konsep Hukum Kepler pada gerak planet. b. Elaborasi: i. Guru meminta siswa membaca dan menuliskan hal-hal esensial yang ada pada demonstrasi tersebut dan buku paket.
  19. 19. ii. Guru memfasilitasi peserta didik dengan pemberian latihan soal, diskusi dalam teman kelompok dan guru berjalan berkeliling memonitor siswa. iii. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dalam latihan soal yang diberikan c. Konfirmasi: i. Guru memberikan penghargaan atas keberhasilan siswa memecahkan masalah. ii. Guru memberikan konfirmasi terhadap pekerjaan siswa dengan cara membahas soal bersama-sama. iii. Guru menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan. iv. Guru memberikan motivasi bagi siswa yang belum berpartisipasi aktif. d. Refleksi: i. Siswa patut bersyukur atas ilmu pengetahuan yang telah membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari. ii. Siswa bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. iii. Siswa tidak melupakan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya. e. Nilai Kewirausahaan: Siswa belajar mandiri dalam memecahkan masalah yang ada di sekitar mereka. C. Kegiatan Penutup: a. Guru membuat kesimpulan yang telah dipelajari pada materi saat itu. b. Guru melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran. c. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah. d. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. e. Guru memberi salam kepada siswa.
  20. 20. PENUGASAN TERSTRUKTUR KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR Guru memberikan PR tentang materi yang telah dipelajari siswa pada saat itu dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. VI. Penilaian Hasil Belajar a. Tes tertulis: kuis dan uji KD (afektif) b. Non tes: afektif c. Praktikum (psikomotorik) VII. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran a. Sumber Belajar: buku paket Marthen Kanginan Jilid 2A, internet, alat-alat pendukung. b. Media Pembelajaran: power point, papan tulis, internet. Mengetahui, Jakarta, September 2011 Kepala SMAK 7 PENABUR Guru Mata Pelajaran Siwi Tri Wahyuningtyas, M.Pd. Galatha Prila Danisworo, S.Pd.

×