Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Program kegiatan ekstrakurikuler bidang astronomi

5,108 views

Published on

Program kegiatan ekstrakurikuler bidang astronomi

  1. 1. PROGRAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLIMPIADE SAINS BIDANG ASTRONOMI PEMBINA: EKO NUGROHO YULIONO, S.Pd. PEMERINTAH KABUPATEN BREBES DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 1 LARANGAN 2012/2013
  2. 2. PROGRAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLIMPIADE SAINS BIDANG ASTRONOMIA. Latar BelakangDirektorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan berbagai kegiatan dalam rangkapengembangan bakat dan minat siswa SMA dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Kegiatantersebut dilakukan dalam berbagai lomba baik nasional maupun internasional. Upayakegiatan lomba ini diharapkan dapat meningkatkan mutu siswa dan menguasai ilmu-ilmudasar, penguasaan bahasa asing serta membina sikap perilaku, dan budi pekerti yang baik.Berdasarkan hasil-hasil yang telah diperoleh peserta Indonesia dalam mengikuti olimpiadeinternasional serta tingkat kesukaran soal yang dilombakan dalam olimpiade tersebut, perludilakukan penjaringan siswa unggul dan berbakat, pembinaan yang lebih intensif, khususnyasiswa SMA dan MA mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, tingkat provinsi hingganasional.SMA Negeri 1 Larangan menyambut baik program yang telah digulirkan pemerintah melaluiDirektorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas tersebut dengan melakukan upaya pembinaanolimpiade di tingkat sekolah.Kegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains bidang Astronomi ini berupaya memberikanpembekalan kepada siswa untuk siap bersaing di tingkat kabupaten, provinsi, nasional,maupun internasional. Siswa peserta olimpiade sains bidang astronomi dibina secara teratursehingga menjadi peserta yang siap bersaing dalam kancah seleksi olimpiade sains tiaptahunnya.
  3. 3. B. Tujuan1. Siswa mendapatkan bekal yang cukup dalam bidang olimpiade sains Astronomi2. Siswa mendapatkan kesiapan mental dalam lomba/seleksi olimpiade sains astronomi3. Siswa yang menjadi wakil dari sekolah merupakan siswa yang dapat diandalkan untuk bersaing dalam seleksi olimpiade astronomiC. Hasil yang diharapkan1. Siswa SMA Negeri 1 Larangan dapat bersaing dalam olimpiade sains bidang Astronomi tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional2. Siswa SMA Negeri 1 Larangan dapat memperoleh medali perak dan Emas di tingkat NasionalD. Pelaksaan PembinaanKegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains bidang Astronomi dilaksanakan pada setiap hariSelasa, pukul 14.00 – 16.00 WIB, di kelas XII.IPA.1E. Pembina KegiatanKegiatan estrakurikuler olimpiade sains bidang Astronomi dibimbing oleh Tim guru fisikayang dikoordinatori oleh Eko Nugroho Yuliono, S.Pd.F. Peserta KegiatanKegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains bidang Astronomi diikuti oleh siswa kelas X danXI.IPA yang berminat dan memiliki bakat minat dalam bidang sains.
  4. 4. G. Kisi-kisi/SilabusKegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains bidang Astronomi memiliki kisi-kisi atau silabusyang mengacu pada kisi-kisi/silabus nasional. Adapun kisi-kisi tersebut terlampir.H. PenutupDemikian program kegiatan ekstrakurikuler olimpiade sains bidang Astronomi SMA Negeri1 Larangan, semoga menjadi pedoman dalam pelaksanaan dan memberikan motivasi yanglebih bagi pembina maupun pesertanya untuk dapat meraih prestasi yang lebih baik. Larangan, 20 Juli 2012 Mengetahui, Kepala Sekolah Pembina Drs. Bambang Rudiyanto, M.Pd. Eko Nugroho Yuliono, S.Pd. NIP 19680408 199203 1 008 NIP 19760718 200312 1 003

×