Gany 9 f

219 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
219
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
2
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Gany 9 f

  1. 1. SISTEM JARINGAN INTERNET/INTRANET A.Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer : Jaringan Komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan .
  2. 2. MANFAAT DARI JARINGAN KOMPUTER :1. Resource sharing2. Reabilitas Tinggi3. Menghemat Uang4. Sarana Komunikasi
  3. 3. RESOURCE SHARING Resource Sharing adalah penggunaan sumber daya yang ada secara bersama-sama. Contoh, seoarang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, ia tidak akan mendapat kesulitan dalam menggunakan data tersebut . Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mengatasi masalah jarak
  4. 4. REABILITAS TINGGI Dengan jaringan komputer kita akan mendapat reabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber- sumber alternatif persedian. Misalnya, semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga, atau lebih komputer yang terkoneksi ke jaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin lain dapat digunakan.
  5. 5. MENGHEMAT UANG Dengan menggunakan jaringan, perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan , misalnya printer. Dengan adanya jaringan komputer, satu buah printer dapat digunakan oleh beberapa orang, sehingga perusahaan tidak perlu membeli printer untuk setiap karyawan. Dengan demikian, jaringan komputer yang dibangun dapat menghemat biaya yang dikeluarkan.
  6. 6. SARANA KOMUNIKASI Jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi . Misalnya, ketika memberikan pengumuman rapat, pimpinan perusahaan tidak perlu mengirimkan surat kepada semua stafnya. Pimpinan perusahaan cukup mengirimkan undangan melalui jaringan komputer yang ada.
  7. 7. JARINGANKOMPUTERPrinsip Pengiriman dan Penerimaan Data :a. Transmisi Unicast, yaitu paket data dikirimkan dari satu komputer ke satu alamat tujuan .b. Transmisi Multicast, yaitu paket data dari komputer pengirim disalin dan dikirim ke beberapa alamat tujuan dalam kelompoknya .c. Transmisi Broadcast, yaitu pakek data dari alamat pengirim disalin dan dikirim ke semua alamat tujuan dalam jaringan .
  8. 8. 2. PRINSIP DATA DALAMJARINGANMetode yang sering digunakan para hacker :a. Spoofing Bentuk penyusupan gdengan cara memalsukan identitas user sehingga hacker dapat login ke sebuah jaringan komputer secara ilegal.b. Scanner Menggunakan sebuah program yang secara otomatis akan mendeteksi kelemahan sistem keamanan sebuah jaringan komputer di jaringan lokal ataupun komputer di jaringan lain.
  9. 9. C. Sniffer Program ini berfungsi sebagai penganalisis jaringan dan bekerja untuk memonitor jaringan komputer , program tersebut mengatur kartu jaringan (LAN Card) untuk memonitor dan menangkap semua lalu lintas paket data yang melalui jaringan , tanpa mempedulikan kepada siapa paket data tersebut dikirimkan.d. Password Cracker Program ini dapat membuka password yang sudah dienkripsi. Selain itu ada juga password cracker yang menghancurkan sistem keamanan password.
  10. 10. TEKNIKPENGAMANANDATAa. Internet Firewall Internet Firewall berfungsi untuk mencegah akses pihak dari luar jaringan internal, dengan demikian data yang berada dalam jaringan tidak dapat oleh pihak luar.
  11. 11. b. Kriptografi Kriptografi adalah seni menyandikan data. Ada dua hal proses yang terjadi pada kriptografi, proses enkripsi adalah proses mengbah data asli menjadi data sandi. Proses dekripsi adalah proses mengembalikan data sandi menadi data asli

×