Tafsir basmalah dan hamdalah

7,605 views

Published on

Published in: Spiritual
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
7,605
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
40
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tafsir basmalah dan hamdalah

  1. 1. TAFSIR BASMALAH DAN HAMDALAH Oleh Moh. Chudlori Umar ISebagai pedoman hidup Aquran akan dapat difungsikan manakala orangmemahaminya. Sebab itu studi Alquran dalam arti upaya untuk membedahkandungannya adalah prasyarat dalam membangun kepribadian qurani.Penafsiran quran dengan quran, adalah metodologi tafsir yang ahsanatafsiran ( paling tepat ). Atas dasar itu penafsir Quran dinyatakan bersikapilmiah jika ia menempatkan qalbu/akalnya bagaikan bejana yang diperankanuntuk menampung curahan air1.Basmalah dan hamdalah 2 adalah dua ayat Quran yang secara posisioningtercantum pada pembukaan surat Al-Fatihah. Tidaklah berlebihan jikadikatakan bahwa keduanya adalah ujaran ilahiah yang menjadi kunci dalammemandang dan menyikapi Alquran sebagai pedoman hidup umat Islam.Ketepatan, keluasan, dan kedalaman pemahaman orang tentang ujaran ituakan menjadi pangkal tolak bagi dirinya dalam membangun peradaban ilahiahdi manapun ia berada. Sebaliknya kedangkalan, kealpaan dan kekeliruandalam memahaminya merupakan penyebab utama yang membuatkeberadaan dirinya harus menanggung beban derita sepanjang hayat. IIDebat pendapat seputar basmalah, berkaitan dengan apakah basmalahtermasuk surat al-Fatihah atau bukan. Tentang hal ini ada dua pendapatyang kontroversial. Kelompok pertama berpendapat bahwa basmalah bukanayat pertamanya, melainkan pembuka setiap surat, kecuali at Taubah. Sebabitu basmalah tidak dibaca dalam shalat, karena tidak termasuk surat al-Fatihah. Pendapat ini beralasan dengan hadis bahwa Nabi melakuklan shalatberdiri menghadap kiblat kemudian qaraa bi al-hamdu lillah. Kalimat qaraa bi“al hamdu lillah” diterjemahkannya dengan "… selanjutnya membacahamdalah …” .31 Kelincahan memerankan struktur saraf dalam berfikir yaitu menghubungkan satu bagiandengan bagian yang lain (ayat dengan ayat) merupakan indikator berfikir yang sistematis.Dari data-data yang terkumpul, dibedah dan ditafsirkan, selanjutnya dianalisis, gunamemperoleh gambaraan yang obyektif. Dengan menggunakan pendekatan ini diperlukankesungguhan, ketekunan, dan kelapangdadaan dalam membedah permasalahan, terutamaketika harus berbenturan dengan pendapat mayoritas yang telah mapan1.2 Basmalah dan hamdalah, keduanya adalah nahat (Arab: penggalan kalimat ). Masingkelengkapannya bismillahi ar rahmaani ar rahiim ( basmalah) dan al hamdu lillaah(hamdalah). (Maluf : 1986). Untuk yang kedua ini lazim pula dipakai istilah “ tahmid”3 Lebih lengkap lihat As Shan’any, Subl As Salam, Juz I Bab Kaifiyat Salat. Pendapat inidianut oleh mazhab Maliky, seperti di Saudi Arabia. Di Indonesia juga ada yangberpendapat demikian seperti A. Hasan. Dalam tafsirnya Al-Furqan ia mencantumkan nomorayat satu al-Fatihah pada ayat ‫اﻟﺤﻤﺪ ﷲ رب اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ‬
  2. 2. Pendapat lain mengatakan, bahwa basmalah adalah ayat pertama dari suratal-Fatihah, beralasan dengan hadis berikut : ... ‫ﻨﻬﺎ‬‫ﻳﺔ ﻣ‬‫ﺘﺎﺏ ﻭ ﹺﺑﺴﻢ ﺍﷲ ﺁ‬‫ﺗﺤﺔ ﺍﹾﻟﻜ‬‫ﺒﻌﺎ ﻣﻦ ﺍﹾﻟﻤﹶﺜﺎﹺﻧﻰ ﻫﻲ ﻓﺎ‬‫... ﺳ‬   ‫ ﹺ ِ ﹲ‬  ‫ ﹺ‬ ‫ﹸ‬ ‫ ﹶ‬       ( Tujuh ayat yang diulang-ulang itu adalah Al-Fatihah dan basmalah adalah salah satu ayat dari surat itu)4.Menanggapi hadis Riwayat Bukhari dan Muslim tentang hadis “qaraa bi alhamdu lillah …” maksudnya adalah “ membaca surat Al-Hamdu lillah”,maksudnya Al-Hamdu lillah adalah nama lain dari al-Fatihah.dan bismillahayat yang perrtamanya.Walau berpendapat bahwa basmalah bukan ayat yang pertama surat alFatihah, namun kedua pendapat sama-sama menerima bahwa surat al-Fatihah itu jumlahnya ada tujuh ayat. Bagi yang berpendapat bahwabasmalah itu ayat pertama penomoran ayatnya seperti mushaf standarIndonesia dan bagi yang berpendapat bahwa ayat yang pertamanya adalahhamdalah maka nomor ayatnya sebagai ebagai berikut : ‫ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﳌﲔ )1( ﺍﻟﺮﲪﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ )2( ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﺪﻳﻦ )3( ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒـﺪ ﻭ ﺇﻳـﺎﻙ‬ ‫ﻧﺴﺘﻌﲔ)4( ﺍﻫﺪﻧﺎ ﺍﻟﺼﺮﺍﻁ ﺍﳌﺴﺘﻘﻴﻢ )5( ﺻﺮﺍﻁ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ )6( ﻏـﲑ ﺍﳌﻐﻀـﻮﺏ‬ (7)‫ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭ ﻻ ﺍﻟﻀﺎﻟﲔ‬Menyikapi dua pendapat tentang basmalah bagi kalangan mufassiriintidaklah menjadi masalah, karena ayat Alquran turun tidak menggunakannomor ayat. Pemberian nomor ayat, titik dan tanda baca/ harakat sertalambing-lambang lainnya dilakukan pada dekade belakangan. IIILafal basmalah dalam Alquran terdapat pada dua tempat yaitu pada surat Al-Fatihah dan surat An-Naml. Redaksinya adalah ‫5. ﺑﺴﻢ اﷲ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ‬Tafsiran ayat: ٣٠ ‫. . اﻟﻨﻤﻞ‬ . ‫. . .ﺇﻧﻪ ﻣﻦ ﺳﻠﻴﻤﺎﻥ ﻭ ﺇﻧﻪ ﺑﺴﻢ ﺍﷲ ﺍﻟﺮﲪﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ‬Nabi Sulaiman (abad 9 s.M.) pernah mengutus diplomatnya untukmenyampaikan surat kepada Bilqis (Ratu kerajaan Saba). Pada suratnya ituia menawarkan agar kerajaan Saba menerapkan konsep penataan hidup4 I b i d.5 Huruf Alif pada kata ‫ اﺳ ﻢ‬jika di wasalkan (disambungkan) dengan huruf jar ‫ ) ﺳ ﻢ اﷲ ( ب‬makahuruf alif dihilangkan baik dalam bacaan maupun tulisan. Berbeda jika diidafahkan dengan kata lainnyaseperti ‫ . اﺳ ﻢ رﺑ ﻚ‬huruf alif tidak terbaca (menjadi hamzah wasal) namun tetap tertulis. Kata ‫ اﷲ‬pada ‫ ﺑﺴﻢ اﷲ‬berkedudukan sebagai mudaf ilaih (kata kedua). Karenanya berharakat majrur.
  3. 3. menurut ajaran Allah yaitu Zabur menurut Sunnah Nabi Daud. Ketika Bilqismenerima surat Nabi Sulaiman, pihak diplomat Sulaiman menegaskanbahwa surat itu dari Sulaiman, isinya adalah ‫ ﺑﺴ ﻢ اﷲ اﻟ ﺮﺣﻤﻦ اﻟ ﺮﺣﻴﻢ‬Kalimatbasmalah dalam konteks tersebut maknanya adalah bersikap dengan Zabur.Jika demikian maka dalam basmalah dalam konteksnya dengan risalahMuhammad maknanya adalah bersikap dengan Alquran menurut SunnahRasul Muhammad.Dalam Alquran terdapat ayat-ayat yang secara redaksional mempunyai kaitandengan basmalah antara lain sebagai berikut:1. Al-Ma-idah ayat 4 : ٤ ‫... اﻟﻤﺎﺋﺪة‬ ‫. . . ﻓﻜﻠﻮﺍ ﳑﺎ ﺃﻣﺴﻜﻦ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻭ ﺍﺫﻛﺮﻭﺍ ﺍﺳﻢ ﺍﷲ ﻋﻠﻴﻪ‬ ( . . . Makanlah (hewan buruan) yang ditangkap oleh (hewan pemburu). Ingatlah asma Allah (waktu kalian melepaskannya . . . Al-Ma-idah 4 )2. Al-An’am 118, 119, 121 dan 138: ١١٨ ‫... اﻷﻧﻌﺎم‬ ‫. . . ﻓﻜﻠﻮﺍ ﳑﺎ ﺫﻛﺮ ﺍﺳﻢ ﺍﷲ ﻋﻠﻴﻪ ﺇﻥ ﻛﻨﺘﻢ ﺑﺂﻳﺎﺗﻪ ﻣﺆﻣﻨﲔ‬ (. . . Makanlah (hewan yang dsembelih ) atas asma Allah, artinya jika kalian beriman dengan ayat-ayat-Nya . . .Al-An’am 118) ١١٩ ‫... اﻷﻧﻌﺎم‬ ‫. . . ﻭﻣﺎ ﻟﻜﻢ ﺃﻻ ﺗﺄﻛﻠﻮﺍ ﳑﺎ ﻳﺬﻛﺮ ﺍﺳﻢ ﺍﷲ ﻋﻠﻴﻪ‬ ( . . . Mengapa kalian tidak memakan (hewan yang disembelih) atas asma Allah ?. . .Al-An’am 119) ١٢١ ‫... اﻷﻧﻌﺎم‬ ‫. . . ﻭ ﻻ ﺗﺄﻛﻠﻮﺍ ﳑﺎ ﱂ ﻳﺬﻛﺮ ﺍﺳﻢ ﺍﷲ ﺇﻧﻪ ﻟﻔﺴﻖ‬ ( . . . Janganlah kalian memakan hewan yang ia sembelih bukan atas asma Allah, sikap tersebut adalah perbuatan fasik . . Al-An’am 121) ١٣٨ ‫ﻋﻠﻴﻪ... اﻷﻧﻌﺎم‬ ‫. . . ﻭ ﺃﻧﻌﺎﻡ ﻻ ﻳﺬﻛﺮﻭﻥ ﺍﺳﻢ ﺍﷲ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺍﻓﺘﺮﺍﺀ‬ (… dan hewan yang mereka sembelih bukan atas asma Allah. Perbuatan tersebut adalah mencemoohkan Allah. …Al An’am 138)4. Al-Haj 28 , 34, 36, dan 40 : ٢٨ ‫... اﻟﺤﺞ‬ ‫. . . ﻟﻴﺸﻬﺪﻭﺍ ﻣﻨﺎﻓﻊ ﳍﻢ ﻭ ﻳﺬﻛﺮ ﺍﺳﻢ ﺍﷲ ﰱ ﺃﻳﺎﻡ ﻣﻌﻠﻮﻣﺎﺕ‬ (… Supaya memperoleh manfaat sehingga mereka berzikir (mengu - mandangkan) asma Allah pada hari-hari yang telah ditetapkan . . Al-Haj 28.)
  4. 4. ‫... اﻟﺤ ﺞ‬ ‫ﻴﻤﺔ ﺍﻻﻧﻌﺎﻡ‬ ‫ﻭ ﻟﻜﻞ ﺃﻣﺔ ﺟﻌﻠﻨﺎ ﻣﻨﺴﻜﺎ ﻟﻴﺬﻛﺮﻭﺍ ﺍﺳﻢ ﺍﷲ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﺭﺯﻗﻜﻢ ﻣﻦ‬ ٣٤ ( . . .Setiap umat Kami (Allah) tetapkan manasiknya (aturan) yaitu supaya mengingat asma Allah atas hewan ternak yang IA rizkikan kepada kalian … Al- Haj 34) ٣٦ ‫... اﻟﺤﺞ‬ ‫ﻓﺎﺫﻛﺮﻭﺍ ﺍﺳﻢ ﺍﷲ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺻﻮﺍﻑ‬  َ (. . . berzikirlah atas ama Allah dalam kondisi (hewan sembelihan) siap dipotong . . . Al-Haj 36) ‫ﻭﻟﻮ ﻻ ﺩﻓﻊ ﺍﷲ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﺑﺒﻌﺾ ﳍﺪﻣﺖ ﺻﻮﺍﻣﻊ ﻭ ﺑﻴﻊ ﻭ ﺻﻠﻮﺍﺕ ﻭ ﻣﺴـﺎﺟﺪ‬ ٤٠ ‫ﻳﺬﻛﺮ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﺳﻢ ﺍﷲ ﻛﺜﲑﺍ ... اﻟﺤﺞ‬ ( . . .Andaikan Allah tidak menetapkan aturan tentang kalah atau menang tentu akan diruntuhkanlah biara-biara, gereja-gereja, sinagog (rumah-rumah ibadat orang-orang Yahudi) dan masjid-masjid yang benar-benar digunakan untuk mengagungkan asma Allah … Al Haj 40)5. Ar-Rahman 78 : ٧٨ ‫... اﻟﺮﺣﻤﻦ‬ ‫ﺗﺒﺎﺭﻙ ﺍﺳﻢ ﺭﺑﻚ ﺫﻯ ﺍﳉﻼﻝ ﻭ ﺍﻹﻛﺮﺍﻡ‬ (… Maha hebat asma tuhanmu (Allah) Pembina kehidupan Maha Canggih lagi Mulia. Ar- Rahman 78)6. Al-Waqi’ah 74 dan 95 : ٧٤:٩٦ ‫... اﻟﻮاﻗﻌﺔ‬ ‫ﻓﺴﺒﺢ ﺑﺴﻢ ﺭﺑﻚ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ‬ ( . . . Sebab itu bertasbihlah dengan asma tuhanmu yang Maha Agung Al-Waqiah 74/ 79 ) .7. Al-Haqah 52 : ٥٢ ‫... اﻟﺤﺎﻗﺔ‬ ‫ﻓﺴﺒﺢ ﺑﺴﻢ ﺭﺑﻚ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ‬ ( . . . Sebab itu bertasbihlah dengan asma tuhanmu yang Maha Agung. Al-Haqah 52).8. Al-Muzzammil 8 : ٨ ‫... اﻟﻤﺰﻣﻞ‬ ‫ﻭ ﺍﺫﻛﺮ ﺍﺳﻢ ﺭﺑﻚ ﻭ ﺗﺒﺘﻞ ﺇﻟﻴﻪ ﺗﺒﺘﻴﻼ‬ ( . . . Ingatlah asma tuhanmu , artinya mengabdilah kepada-Nya dengan sungguh-sumgguh. Al- Muzzammil 8 ).
  5. 5. 9. Al-Insan 25 : ٢٥ ‫... اﻹﻧﺴﺎن‬ ‫… ﻭ ﺍﺫﻛﺮ ﺍﺳﻢ ﺭﺑﻚ ﺑﻜﺮﺓ ﻭ ﺃﺻﻴﻼ‬ ( . . . Ingatlah asma tuhanmu , sepanjang pagi hingga petang. Al-Insan 25).10. Al-A’la 1 dan 15 : ١ ‫... اﻷﻋﻠﻰ‬ ‫ﺳﺒﺢ ﺍﺳﻢ ﺭﺑﻚ ﺍﻷﻋﻠﻰ‬ (. . .Tasbihkanlah asma tuhanmu yang maha agung itu. Al-A’la 1 ) ١٥ ‫... اﻷﻋﻠﻰ‬ ‫ﻗﺪ ﺃﻓﻠﺢ ﻣﻦ ﺗﺰﻛﻰ ﻭ ﺫﻛﺮ ﺍﺳﻢ ﺭﺑﻪ ﻓﺼﻠﻰ‬ ( Pasti menanglah orang berzakat dan mengingat asma Allah, selanjutnya ia melakukan salat (sebagai pembinaan iman). Al-A’laq 15).11. Al-Alaq 1 : ١ ‫... اﻟﻌﻠﻖ‬ ‫ﺍﻗﺮﺃ ﺑﺴﻢ ﺭﺑﻚ ﺍﻟﺬﻯ ﺧﻠﻖ‬ ( Bacalah asma tuhanmu lantaran Ia telah menciptakan segala. Al-‘alaq 1)Dari data-data tersebut ditemukan bahwa dalam Alquran kalima ismullahdiiringi dengan zikr 6 atau kata tasbih 7 dan qara-a 8Dalam konteksnya dengan surat al-Alaq ayat 1 ‫ اﻗﺮأ ﺑﺎﺳﻢ رﺑﻚ اﻟﺬى ﺧﻠﻖ‬Bacalah… dengan ismi rabbika, atau bacalah isma rabbika … .Jika kalimat Basmalahdikaitkan dengan ayat tersebut maka makna bismlillah adalah “ … Saya/kamimembaca sesuatu dengan ismullah,” atau Saya/kami membaca ismullah.Alquran adalah satu kesatuan. Antara satu surat dengan surat yang lainmempunyai hubungan, dan saling menafsirkan. Kata-kata yang terdapat padaAl-Fatihah akan lebih tepat jika difahami dari kata-kata atau kalimat yang6 Lihat antara lain Q.S.5:4 ; Q.S.6:118, 119, 121, dan 138; Q.S.22:28, 34 36 dan 40 ;Q.S.73:8; QS 76:25. Zikir artinya ingatan. Berzikir kepada Allah berarti mengingat Allah. Mengingat Allah berartimemberdayakan kesadaran menurut ajaran–Nya. Alquran adalah ajaran Allah dengandemikian orang dikatakan berzikir kepada Allah jika orang tersebut berkesadaran Quran.Dengan demikian maka ketika disebutkan nama Allah, yang terbayang dalam benakseseorang bukan zat-Nya melainkan pesan atau ajaran-Nya7 Perhatikan antara lain Q.S.55:78; Q.S.56:74 dan 96; Q.S.69:524, Q.S.87:1; Tasbih secara harfiah artinya kesibukan. Bertasbih kepada Allah artinya mengucapkansubhanallah. Kalimat subhanallaah artinya pernyataan kagum terhadap Allah. Orangdikatakan bertasbih kepada Allah jika ia menempatkan Allah di atas segalanya. Kalimatbertasbihlah dengan asma Allah artinya bersikaplah dengan pesan-pesan-Nya. Dengandemikian bertasbih maknanya sepadan dengan berzikir8 Seperti Q.S. 96:1. Qara-a artinya membaca. Maksud membaca adalah berupayamengucapkan, mempelajari atau memperhatikan, sehingga ia mengerti isi yang dibacanyaitu. Membaca quran berarti belajar Alquran, maksudnya belajar dari mengucapkan lafal-lafalnya sampai memahami isi yang terkandung dari ayat-ayat yang dibacanya. Dengandemikian lagu yang benar dalam membaca Alquran harus menyesuaikan dengan isi ataukandungannya. Bandingkan dengan lagu yang selama ini dikembangkan pada MTQ, ataumurattal yang lagunya sama datar dari awal sampai akhir.
  6. 6. diambil dari surat-surat lain. ‫اﺳ ﻢ‬ jamaknya ‫ . أﺳ ﻤﺎء‬Jika dihubungkandengan surat al-Baqarah ayat 31 lengkap teksnya adalah ‫و ﻋﻠ ﻢ ﺁدم اﻷﺳ ﻤﺎء آﻠﻬ ﺎ‬… Dia (Allah) mengajarkan kepada Adam al-Asma, Dari logika bahasadapat difahami bahwa al Asma adalah obyek yang diajarkan Allah kepadaAdam. Sesuatu yang diajarkan adalah ajaran (ilmu). Perhatikan contohkalimat misalnya : Saya minum teh botol. Teh botol adalah nama minuman.Berdasarkan contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa Al-asma adalahajaran (ilmu) yang diajarkan oleh Allah kepada Adam, bukan nama-namabenda.9 Jika demikian maka makna basmalah adalah pernyataan atau sikaphamba Allah, dengan menempatkan Allah sebagai pemerintah, Alquransebagai landasan konsepsional, dan sunnah Rasulullah sebagai landasanoperasionalnya. Berati basmalah pada hakikatnya sama dengan syahadat.Atas dasar itu kalimat basmalah akan hampa jika kesadaran pengucapnyatidak berstuktur demikian.Dari segi metodologis, kalimat ‫ﺑﺴ ﻢ اﷲ اﻟ ﺮﺣﻤﻦ اﻟ ﺮﺣﻴﻢ‬ adalah pernyataanseorang hamba. Siapakah hamba yang menyatakannya? Pada ayat yang kelima ada kalimat ‫ إﻳ ﺎك ﻧﻌﺒ ﺪ و إﻳ ﺎك ﻧﺴ ﺘﻌﻴﻦ‬berarti nahnu/ kami.(pihak pertamajamak) yang menyatakannya. Jika diurai berdasarkan teori kalimat,ditemukanlah struktur makna kalimat bahwa mutakallim (pihak pertama)menyatakan suatu pernyataan yaitu ‫ . ﺑﺴ ﻢ اﷲ اﻟ ﺮﺣﻤﻦ اﻟ ﺮﺣﻴﻢ‬Yang menyatakansikap itu tentu mukmin. yaitu yang bertawakkul kepada Allah. Dengandemikian maka pengertian basmalah adalah tawakkalna billah ( kami bersikapatas nama Allah)10. IVPada umumnya lafal hamdalah diterjemahkan dengan: Segala puji bagi Allah; atau Puji-pujian itu kepunyaan Allah : atau Puji syukur terpanjatkan untukAllah dan lain-lain yang searti dengan itu.Kalimat hamdalah dalam Alquran ditemukan dalam beberapa tempat denganredaksi yang beragam. Secara tekstual kalimat hamdalah dalam Alquranselalu mabni (tidak berubah). Kalangan nuhaat (ahli nahwu) mengistilahkanmengirab (menguraikaan) hamdalah dengan irab hikayah. Artinya apakahposisi hamdalah sebagai obyek, posisi nasab atau majrur, tetap dibaca samayaitu wa al-hamdu lillah, bil hamdu lillah ( bukan bil hamdi lillah). Wa qul al-hamdu lillah (bukan alhamda laillah).Dari tinjauan morfologi kata al-hamdu adalah masdar dari hamida yahmadu (– ‫ )َﺣﻤ ﺪ‬artinya: memuji, menyanjung, mengagumi, membanggakan, dan yangَ َ9 Jika ilmu yang diajarkan kepada Nabi Adam adalah al-Asmaa. maka ilmu yang diajarkankepada Nabi Muhammad adalah Alquran.9 Atas dasar itu kata ismullah artinya ajaran (ilmu)Allah. Alquran munurut sunnah Rasulallah Muhammad, atau Zabur menurut sunnahRasulullah Daud, atau al-Asmaa menurut Sunnah Rasulullah Adam, atau al-Injil menurutsunnah Rasulullah Isa, atau at-Taurah menurut sunnah Rasulullah Musa, atau Suhuf al-Ulamenurut sunnah Rasulullah Ibrahim adalah ismullah (ilmu atau wahyu Allah).10 Terjemahan basmalah yang agak mendekati adalah “atas nama Allah” maksudnya atasperintah, bukan “dengan nama Allah” atau “ dengan menyebut nama Allah” sepertiterjemahan yang ada pada umumnya.
  7. 7. searti dengan itu. ‫ ﷲ‬adalah paduan dua kata yaitu ‫( ﷲ = ل + اﷲ‬lillaah) katali artinya : untuk , kepada , atau karena. ‫( رب اﻟﻌ ﺎﻟﻤﻴﻦ‬Rabbu al-aalamiin)rabba – artinya : pemilik , penguasa, pengatur . Al aalamuun bentuk jamakdari aalam (sebutaan terhadap makhluk : langit, bumi dan seluruh isinya).Ditinjau dari tinjauan kalimat, kalimat hamdalah susunannya adalah Al-Hamdu sebagai mubtada (pokok kalimat) dan lillah sebagai khabar(keterangan kalimat) sedangkan rabbu al aalamiin sebagai sifat (keterangan)dari Allah. Al-hamdu itu lillaah rabi al aalamin.Ditinjau dari susunan ayat, jika kalimat hamdalah sebagai ayat yang keduamaka kalimat ini sebagai tafsir dari kalimat yang sebelumnya I(basmalah).Dengan demikian struktur pengertiannya adalah : … (artinya/tegasnya)kami/saya menyatakan al-hamdu lillaah rabbi al-aalamiin. Jika demikianmaka makna yang terkandung dari kalimat hamdalah adalah sayamenyatakan : (sanjungan, kebanggaan, kekaguman) ku itu (untuk, kepadaatau karena) Allah rabbu al-aalamin; maksudnya: yang saya banggakan, puji,kagumi, sanjung, adalah Allah11.Kata rabbu al-aalamin adalah sifat dari Allah. Dalam hubungannya denganayat lain seperti di atas rabu al aalamin adalah rabbu as samaawaati wal ard,mkaksudnya segenap yang ada di persada alam baik benda mati maupunbenda hidup tidak terlepas dengan aturan Allah. Pada kenyataannya ada duaaturan Allah untuk jagat raya ini. Aturan untuk budaya (manusia) yaituAlquran, sedangkan aturan al kaun (pasti alam) terdapat pada masing-masingnya. Kata rabbu al alamin jika digunakan rujukan surat An-Naasadalah rabbu an-Naas. Jika dihubungkan dengan surat al- Anbiya :107 atauSaba : 28, maka pengertian rabbu al-aalamin adalah pengatur seluruh umatmanusia. Berarti Alquran diperankan sebagai penataan hidup dimanapundan sampai kapanpun.Lebih ilmiah makna hamdalah jika seluruh ayat yang secara redaksionalmengungkapkannya. Daiantara ayat ayat tersebut adalah sebagai berikut:1. Al-An’am ayat 1dan 45 : ١ ‫ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﺍﻟﺬﻯ ﺧﻠﻖ ﺍﻟﺴﻤﻮﺍﺕ ﻭ ﺍﻷﺭﺽ ... ﺍﻷﻧﻌﺎﻡ‬ ( Nyatakanlah : “ Al-Hamdu lillah “, lantaran IA telah menciptakan semesta angkasa dan bumi... Al-An’am 1).11 Ingat setiap sebutan Allah tersirat dengan aradnya (sifatnya) yaitu Ia telah mengajarkanasma/ajaran-Nya yakni Alquran kepada manusia melalui Rasulullah, bukan denganzat/wujud-Nya. Dengan demikian maka makna kalimat hamdalah adalah: 1) Alquran inilahyang menjadi kebanggaan saya; atau Saya bangga dengan Alquran; Allaah (quran) adalahpujaan saya. Berarti satu-satunya pedoman hidup yang paling saya banggakan adalahAlquran. Tidak mau lagi saya berpedoman dengan selain Alquran.
  8. 8. ٤٥ ‫... ﻓﻘﻄﻊ ﺩﺍﺑﺮﺍﻟﺬﻳﻦ ﻇﻠﻤﻮﺍ ﻭ ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﳌﲔ ... ﺍﻷﻧﻌﺎﻡ‬ ‫ﹼ‬ ( … selanjutnya IA menghancurluluhkanlah orang-orang yang lalim, dari itu (para mukmin menyatakan) : “ Al-Hamdu lillahi rabbil ‘aalamiin” . Al-An’am 45 )2. Al-A’raf ayat 43 : ٤٣ ‫... ﻭ ﻗﺎﻟﻮﺍﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﻫﺪﺍﻧﺎﳍﺬﺍ ... ﺍﻷﻋﺮﺍﻑ‬ (… mereka menyatakan: “ Al-Hamdu lillah”, lantaran Ia telah memberikan hidayah (petunjuk) kepada kami … Al-A’raf 43).3. Yunus ayat 10 : ١٠ ‫... ﻭﺁﺧﺮﺩﻋﻮﺍﻫﻢ ﺃﻥ ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﳌﲔ ... ﻳﻮﻧﺲ‬ (… harapan mereka itu isinya “ Subhanaka allaahumma “ dan pernyataan hormat mereka dengan “Salam” serta akhirnya ditutup dengan “ Al-Hamdu lillahi rabbil ‘aalamiin …” Yunus 10)4. Ibrahim ayat 39 : ٣٩ ‫ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﺍﻟﺬﻱ ﻭﻫﺐ ﱃ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻜﱪ ﺇﲰﺎﻋﻴﻞ ﻭ ﺇﺳﺤﺎﻕ ... ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ‬ ( Kami menyatakan) “Al-Hamdu lillah” lantaran IA telah menganugerahkan (generasiku) yaitu Ismail dan Ishak … Ibrahim 39).5. An-Nahl 75 : ٧٥ ‫ﻫﻞ ﻳﺴﺘﻮﻭﻥ ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﺑﻞ ﺃﻛﺜﺮﻫﻢ ﻻ ﻳﻌﻤﻮﻥ ... ﺍﻟﻨﺤﻞ‬ ( … Antara dua kelompok itu tidaklah sama. (Nyatakan) “ Al-Hamdu lillah ” . Sayang kebanyakan mereka tidak mau mengerti …An-Nahl 756. Al Isra 111 ١١١ ‫ﻭ ﻗﻞ ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﺍﻟﺬﻯ ﱂ ﻳﺘﺨﺬ ﻭﻟﺪﺍ ... ﺍﻹﺳﺮﻯ‬ ( Nyatakanlah “Al-Hamdu lillah” (lantaran) IA tidak (menetapkan pola) angkat anak... . Al Isra 111)7. Al-Kahfi 1 : ١ ‫ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﺍﻟﺬﻱ ﺃﻧﺰﻝ ﻋﻠﻰ ﻋﺒﺪﻩ ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ ﻭ ﱂ ﳚﻌﻞ ﻟﻪ ﻋﻮﺟﺎ ... ﺍﻟﻜﻬﻒ‬ ( Nyatakanlah! Al-Hamdu lillah (lantaran) IA telah mengajarkan Al-Kitab kepada hambanya, karenanya IA tidak akan (membuat) hidup melenceng … Kahfi 1)8. Al-Mukminun 28 : ٢٨ ‫ﻓﻘﻞ ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﺍﻟﺬﻯ ﳒﺎﻧﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﻘﻮﻡ ﺍﻟﻈﺎﳌﲔ ... ﺍﳌﺆﻣﻨﻮﻥ‬ ( Nyatakanlah! “Al-Hamdu lillah” karena (dengan Quran) ini IA telah melepaskan kami dari ancamun kaum yang zalim. Al Mukminun 28)..9. An- Naml 15 , 59 dan 93 : ١٥ ‫ﻭ ﻗﺎﻻ ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﺍﻟﺬﻯ ﻓﻀﻠﻨﺎ ﻋﻠﻰ ﻛﺜﲑ ﻣﻦ ﻋﺒﺎﺩﻧﺎ ﺍﳌﺆﻣﻨﲔ ... ﺍﻟﻨﻤﻞ‬
  9. 9. (Keduanya menyatakan Al-Hamdu lillah yang telah melebihkan kami sehingga menjadi termasuk kelompok hamba yang mukmin . An –Naml 15) ٥٩ ‫ﻗﻞ ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﻭ ﺳﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﻋﺒﺎﺩﻩ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﺍﺻﻄﻔﻰ ... ﺍﻟﻨﻤﻞ‬ (Nyatakan “Al-Hamdu lillah” .. dan “selamat bagi para hamba-Nya yang pilihan . . “. An Naml 59) ٩٣ ‫ﺎ ... ﺍﻟﻨﻤﻞ‬‫ﻭ ﻗﻞ ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﺳﲑﻳﻜﻢ ﺁﻳﺘﻪ ﻓﺘﻌﺮﻓﻮ‬ (Nyatakan “Al-Hamdu lillah” IA akan mempertontonkan bukti-bukti (kehebatan ajaran) – Nya sehingga kalian mengetahuinya. An- Naml 93)10. Al-Qasas ayat 70 : ٧٠ ‫ﻟﻪ ﺍﳊﻤﺪ ﰱ ﺍﻷﻭﱃ ﻭ ﺍﻵﺧﺮﺓ ﻭ ﻟﻪ ﺍﳊﻜﻢ ﻭ ﺇﻟﻴﻪ ﺗﺮﺟﻌﻮﻥ ... ﺍﻟﻘﺼﺺ‬ ( Tegaskanlah “Al-Hamdu lillah” selama hidup baik di dunia dan maupun di akhirat) dan kepastian hukum itu kalian rujukan kepadanya . . . Al-Qasas 70)11. Al-Ankabut 64 : ٦٤ ‫ﻗﻞ ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﺑﻞ ﺃﻛﺜﺮﻫﻢ ﻻ ﻳﻌﻘﻠﻮﻥ ... ﺍﻟﻌﻨﻜﺒﻮﺕ‬ (Nyatakan “Al-Hamdu lillah”, namun kebanyakan mereka tidak menggunakan akal. Al-Ankabut 64)12. Ar-Rum 18 : ١٨ ‫ﻭ ﻟﻪ ﺍﳊﻤﺪ ﰱ ﺍﻟﺴﻤﺎﻭﺍﺕ ﻭ ﺍﻷﺭﺽ ﻭ ﻋﺸﻴﺎ ﻭﺣﲔ ﺗﻈﻬﺮﻭﻥ ... ﺍﻟﺮﻭﻡ‬ (Tegaskanlah ! “Al-Hamdu lillah” dimanapun berada baik di langit maupun di bumi, dan dalam kondisi bagaimanapun baik malam maupun siang. Ar. Rum 18)13. Luqman 25 : ٢٥ ‫ﻗﻞ ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﺑﻞ ﺃﻛﺜﺮﻫﻢ ﻻ ﻳﻌﻠﻤﻮﻥ ... ﻟﻘﻤﺎﻥ‬ ( Nytakanlah “Al-Hamdu lillah”, saying kebanyakan mereka tidak meyakini. Luqman 25)14. Saba 1 : ‫ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﺍﻟﺬﻯ ﻟﻪ ﻣﺎ ﰱ ﺍﻟﺴﻤﺎﻭﺍﺕ ﻭ ﻣﺎ ﰱ ﺍﻷﺭﺽ ﻭ ﻟﻪ ﺍﳊﻤﺪ ﰱ ﺍﻵﺧﺮﺓ ﻭ ﻫـﻮ‬ ١ ‫ﺍﳊﻜﻴﻢ ﺍﳋﺒﲑ ... ﺳﺒﺈ‬ … (Tegaskanlah) “Al-Hamdu lillah” karena menurutnyalah kepastian apapun di semesta angkasa dan bumi, dan tegaskan pula “Al-Hamdu lillah” pada kesudahannya. Dia-lah (pembuat kebijakan yang Maha bijak) lagi maha tranparan. Saba 1 )15. Fatir 1 dan, 34 : ١ ‫ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﻓﺎﻃﺮ ﺍﻟﺴﻤﺎﻭﺍﺕ ﻭ ﺍﻷﺭﺽ ﺟﺎﻋﻞ ﺍﳌﻼﺋﻜﺔ ﺭﺳﻼ ... ﻓﺎﻃﺮ‬ ( Tegaskan ! “Al-Hamdu lillah” yang telah menciptkan semesta angkasa dan bumi. Dia-lah yang menjadikan Malaikat … Fatir 1)
  10. 10. ٣٤ ‫ﻭ ﻗﺎﻟﻮﺍ ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﺍﻟﺬﻯ ﺃﺫﻫﺐ ﻋﻨﺎ ﺍﳊﺰﻥ ... ﻓﺎﻃﺮ‬ ( … mereka menyatakan “Al-Hamdu lillah” lantaran (dengan Quran ini ) IA telah melepaskan penderitaan dari hidup menderita. Fatir 34)16. As-Saffat 182 : ١٨٢ ‫ﻭ ﺳﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﳌﺮﺳﻠﲔ ﻭ ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﳌﲔ ... ﺍﻟﺼﺎﻓﺎﺕ‬ (Sejahteralah siapapun yang menjadi pendukung sunnah para Rasul yaitu yang menyatakan “Al-Hamdu lillahi rabbil ‘alamin”. A-Saffat 182)17. Az-Zumar 29 : ٢٩ ‫ﻫﻞ ﻳﺴﺘﻮﻳﺎﻥ ﻣﺜﻼ ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﺑﻞ ﺃﻛﺜﺮﻫﻢ ﻻ ﻳﻌﻠﻤﻮﻥ ... ﺍﻟﺰﻣﺮ‬ ( … Keduanya itu tidak akan sama, karena itu ( menyatakanlah) “Al-Hamdu lillah”. Namun kebanyakan mereka tidak meyakininya. Az-Zumar 29) ‫ﻭ ﻗﺎﻟﻮﺍ ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﺻﺪﻗﻨﺎ ﻭﻋﺪﻩ ﻭ ﺃﻭﺭﺛﻨﺎ ﺍﻷﺭﺽ ... ﻭ ﻗﻀﻲ ﺑﻴﻨﻬﻢ ﺑﺎﳊﻖ ﻭ ﻗﻴـﻞ‬ ٧٥‫ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﳌﲔ ... ﺍﻟﺰﻣﺮ ٤٧ ﻭ‬ (… meraka menyatakan “ Al-Hamdu lillah” karena IA telah memenuhi janji-Nya yaitu mewariskan kekusaan kepada kami, . . . keputusan yang adil benar-benar telah dibuktikan sehingga yang dinyatakannya alaha “ Al-Hamdu lillahi rabbi al ‘alamiin”. Az-Zumar 74 dan 75)18. Ghafir 65 : ٦٥ ‫ﻓﺎﺩﻋﻮﻩ ﳐﻠﺼﲔ ﻟﻪ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺍﳊﻤﺪ ﷲ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﳌﲔ ... ﻏﺎﻓﺮ‬ ( … Abdilah IA secara ikhlas karena-Nya (selanjutnya nyatakanlah ) “Al-Hamdu lillahi rabbil alamin”. Ghafir 65)19. Al Jasiah 36 : ٣٦ ‫ﻓﻠﻠﻪ ﺍﳊﻤﺪ ﺭﺏ ﺍﻟﺴﻤﺎﻭﺍﺕ ﻭ ﺍﻻﺭﺽ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﻠﻤﲔ ... ﺍﳉﺎﺛﻴﺔ‬ ( sebab itu nyatakanlah) “Al-Hamdu lillah” (lantaran) IA adalah pengatur semesta angkasa, bumi, dan seluruh manusia di jagat raya. Al-Jasiah 36) VPada ayat ayat di atas lafal hamdalah tidak diterjemahkan karena kalimattersebut menyatakan suatu sikap. Tentang maknanya akan lebih jelas kiranyajika dilacak berdasarkan latar belakang, mengapa seseorang menyatakansikap tersebut. Di dalam Alquran ditemukan bahwa hamdalah adalah sebagaijawaban atas perintah bertasbih 12. Perhatikan ayat-ayat berikut ini:12 Tasbih artinya mengerahkan selulur potensi baik jiwa maupun raga. Kalimat tasybih padaumumnya digunakan kalimat “ Subhanallah” . Kalimat subhanallah adalah respons atas
  11. 11. ٩٨ ‫ﻓﺴﺒﺢ ﲝﻤﺪ ﺭﺑﻚ ﻭ ﻛﻦ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﺎﺟﺪﻳﻦ ... ﺍﳊﺠﺮ‬ ١٣٠ ‫ﺎ ... ﻃﻪ‬‫ﻓﺴﺒﺢ ﲝﻤﺪ ﺭﺑﻚ ﻗﺒﻞ ﻃﻠﻮﻉ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻭ ﻗﺒﻞ ﻏﺮﻭ‬ ٥٨ ... ‫ﻭ ﺗﻮﻛﻞ ﺍﱄ ﺍﻟﺬﻯ ﻻ ﳝﻮﺕ ﻭ ﺳﺒﺢ ﲝﻤﺪﻩ ... ﺍﻟﻔﺮﻗﺎﻥ‬ ١٥ ‫ﻢ ﻭ ﻫﻢ ﻻ ﻳﺴﺘﻜﱪﻭﻥ ... ﺃﻟﺴﺠﺪﺓ‬‫... ﻓﺴﺒﺤﻮﺍ ﲝﻤﺪ ﺭ‬ ٥٥ ‫ﻓﺴﺒﺢ ﲝﻤﺪ ﺭﺑﻚ ﺑﺎﻟﻌﺸﻲ ﻭ ﺍﻹﺑﻜﺎﺭ ... ﻏﺎﻓﺮ‬ ٣٩ ‫ﻓﺴﺒﺢ ﲝﻤﺪ ﺭﺑﻚ ﻗﺒﻞ ﻃﻠﻮﻉ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻭ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻐﺮﻭﺏ ... ﻕ‬ ٤٨ ... ‫ﻓﺴﺒﺢ ﲝﻤﺪ ﺭﺑﻚ ﺣﲔ ﺗﻘﻮﻡ ... ﺍﻟﻄﻮﺭ‬ ٣ ‫ﻓﺴﺒﺢ ﲝﻤﺪ ﺭﺑﻚ ﻭ ﺍﺳﺘﻐﻔﺮﻩ ... ﺍﻟﻨﺼﺮ‬Untuk mengetahui kejelasan makna yang terkandung dari ayat-ayat di atasperhatikanlah contoh bedah makna berikut: (1) Al-Hjr ayat 98 : ٩٨ ‫ﻑﺳﺒﺢ ﲝﻤﺪ ﺭﺑﻚ ﻭ ﻛﻦ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﺎﺟﺪﻳﻦ ... ﺍﳊﺠﺮ‬ (... Bertasbillah dengan menyanjung tuhanmu “ dan “ jadilah bersama orang- orang yang bersujud (mukmin) “. Jawaban atas perintah pada kalimat tersebut adalah : ‫) أﻧﺎ ﺗﺴﺒﻴﺤﻰ( اﻟﺤﻤﺪ ﷲ‬ ( Saya mengagumi Allah /Kebanggaanku adalah Allah ) ‫و) أﻧﺎ( ﻣﻦ اﻟﺴﺎﺟﺪﻳﻦ أﺳﺠﺪ ﷲ‬ (Saya termasuk orang-orang yang bersujud (patuh) kepada Allah )(2). Ta Ha 130: ١٣٠ ‫ﺎ ... ﻃﻪ‬‫ﻓﺴﺒﺢ ﲝﻤﺪ ﺭﺑﻚ ﻗﺒﻞ ﻃﻠﻮﻉ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻭ ﻗﺒﻞ ﻏﺮﻭ‬( Bertasbihlah dengan mengagumi tuhanmu sebelum matahari terbit dan terbenam (di malam maupun di siang hari)…)Jawaban atas perintah tersebut adalah : ”‫أﻧﺎ ﺗﺴﺒﻴﺤﻰ "اﻟﺤﻤﺪ ﷲ ﻗﺒﻞ ﻃﻠﻮع اﻟﺸﻤﺲ و ﻗﺒﻞ ﻏﺮوﺑﻬﺎ‬ (Saya menyatakan kagum terhadap tuhan malam maupun siang )Secara redaksional, ditemukan pula di dalam Alquran bebarapa ayat tentangperintah bertasbih ada yang diringi dengan kalimat basmalah13. Perhatikanayat-ayat berikut ini:kalimat perintah “sabbih”. Berdasarkan data-data dari ayat yang dicantumkan pada tulisan inihamdala pernyataan “Al-Hamdu lillah” adalah pernyataan seseorang memenuhi perintah“sabbih”, berarti searti dengan “Subhanallah”.
  12. 12. ٩٦ :٧٤ ‫ﻓﺴﺒﺢ ﺑﺎﺳﻢ ﺭﺑﻚ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ ... ﺍﻟﻮﺍﻗﻌﺔ‬ ٥٢ ‫ﻭ ﺇﻧﻪ ﳊﻖ ﺍﻟﻴﻘﲔ ﻓﺴﺒﺢ ﺑﺎﺳﻢ ﺭﺑﻚ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ ... ﺍﳊﺎﻗﺔ‬ ١ ‫ﺳﺒﺢ ﺍﺳﻢ ﺭﺑﻚ ﺍﻷﻋﻠﻰ ... ﺍﻷﻋﻠﻰ‬ VIBerdasarkan data tersebut maka kalimat hamdalah searti dengan tasbih.Karena itu hamdala dan basmala merupakan padanan, artinya basmalahadalah hamdalah. Atas dasar logika tafsir quran dengan quran - denganmempertimbangkan sistematik ayat - tepatlah jika hamdalah adalah tafsir daribasmalah. Dengan demikian perbedaan pendapat tentang apakah basmalahsebagai ayat pertama al-Fatihah atau hamdalah sama sekali tidakmenyangkut masalah prinsip. Justru yang sangat prinsip adalah pembenahanmakna keduanya. Bukankah dengan terjemahan kedua lafal yang selama iniberkembang di masyarakat kurang menyentuh makna yang esensial ? Apalahartinya jika nama Allah disebut sementara ajarannya tidak pernehterkesimak? Apalah artinya kalimat pujian terhadap Allah jika Alquran tidakpernah bermahkota menjadi kesadaran pengucapnya? Mengagungkan asmaAllah artinya membangga-banggakan Allah akan berarti manakala tersirat didalamnya kalimat “ajara-Nya yaitu Alquran menurut Sunnah RasulullahMuhammad”. Ringkasnya basmalah dan hamdalah adalah dua kalimat yangmempunyai kesamaan makna yaitu pernyataan seorang mukmin, yaitubersedia hidup dengan bimbingan Alquran”.Wa bil Quran imaman wa rahmah13 Kalimat ismu rabbika telas disampaikan di muka artinya ajaran tuhanmu, yaitu Alquran.Dengan dirangkaikannya perintah “sabbih bismi rabbika “ maka kalimat tasbih sama artinyadengan wa uzkur (inghatlah/sadarlah/bersikaplah dll... perhatikan pengertian ismullah )
  13. 13. DAFTAR PUSTAKAAlquran , Mus-haf Standar Indonesia, Departemen Agama RepublikIndonesia : 1986.Baqi, Mohd. Fuad Abd., Mu’,jam Mufahrasy li al Alfaaz Alquran al-Kariim,Maluf, Louis , Al Munjid, Beirut :1986Haqy, Ismail, Syeikh, Tafsir Ruh al-Bayan, Istambul :1350Ibn al-Araby, Abu Bakar Mohd. bin Abdillah, Ahkam Alquran , Mesir : 1967-1387.Ibnu Kasir, Imad ad Din Abu al Fida Ismail, Tafsir Alquran Al-Azim, Mesit : ta t.Maraqghi, Ahmad Mustafa al-, Tafsir al-Maaraghy, Mesir :1974/1393Qurthuby, Abi Abdillah Mohd. bin Ahmad Al-, Al Jami li Ahkam Alquran,Mesir : 1967-1387Rasyid Ridha, Mohd. , Tafsir Alquran al-Hakim (Al Manar), Makkah :tat.Shanany, Mohd. bin Ismail al Kahlani as - , Subl as Salam, Mesir: 1964 –1383.Syaukany, Mohd. bin Ali bin Muhammad as-, Fath al Qadiir, Mesir 1964/1383.Shabuny, Mohd. Ali As-, At Tibyan fi Ulum Alquran, Terjemahan Moh.Chudlori Umar dan Moh. Matsna H.S. Bandung : 1982.Thabary, Abi Jafar Mohd. bin Jarir At-, Jami al-Bayaan an Ta"wil Alquran,Mesir:1954 – 1373Wahidy, Abu al Hasan Ali bin Ahmad Al, Asbab An Nuzul, 1968-1387

×