Warehouse gudang

48,742 views

Published on

1 Comment
12 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
48,742
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
14
Actions
Shares
0
Downloads
1,129
Comments
1
Likes
12
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Warehouse gudang

  1. 1. WAREHOUSE “ GUDANG “ DIRANGKUM OLEH : EDI RAHARJO KELAS A (AP) S1 STMT TRISAKTI ANGKATAN XXII NIM : 244 312 013 TUGAS MANDIRI MATA KULIAH LOGISTICSEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPORT TRISAKTI TAHUN 2012
  2. 2. Ringkasan isi tugas mandiri ini : Cover Definisi Gudang Letak gudang Jenis barang dalam gudang Aktivitas gudang penyimpanan Fungsi gudang menurut aktivitasnya Sistem operasional gudang Beberapa lingkup operasiaonal gudang Jenis gudang menurut fungsinya Manfaat gudang : A. Manfaat Ekonomi (ekonomi benefits) B. Manfaat Pelayanan (Serve Benefits) Kesimpulan
  3. 3. Definisi Gudang Gudang adalah sebuah ruangan yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang. Setiap jenis bangunan bisa saja memiliki gudang, misalnya saja gudang pada bangunan pabrik, toko, dan rumah tinggal.Karena digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang, biasanya gudang berpotensi untuk menyimpan debu. Karena itu, peletakan gudang perlu diperhatikan agar tidak mengganggu aktivitas lain dalam bangunan tersebut.
  4. 4.  Gudang sebaiknya terletak di lokasi yang tidak lembab agar barang-barang kita tak gampang rusak. Asal tidak lembab, gudang bisa diletakkan di mana saja. Agar tak menghabiskan lahan pada rumah tinggal, gudang bisa diletakkan di bawah tangga atau di loteng. Biasanya gudang ini mencakup banyak sekali barang dan jenis-jenis lain.
  5. 5. Jenis barang dalam gudang bisa mencakup: Bahan baku, Bahan kemasan, Suku cadang, komponen, atau Barang jadi yang terkait dengan pertanian, manufaktur, atau Perdagangan. Dan lain lain.
  6. 6. Aktivitas gudang penyimpanan:Secara garis besar aktifitas penyimpanan: Penerimaan dari pemasok, Handling barang, Pengeluaran barang ke tujuan.Saat ini gudang memiliki arti luas dan lebih dari sekedar tempat penyimpanan saja. Gudang itu sendiri tidak menambah nilai barang secara langsung, tidak ada perubahan citarasa, bentuk, kemasan, dll.Intinya tidak ada kegiatan proses operasi pada barang, yang ada adalah aktifitas transportasi barang dari satu tempat ke tempat lainnya, itu secara umum kegiatan di Gudang.
  7. 7.  Beberapa aktifitas di dalam gudang secara sederhana : 1. Administrasi. 2. Penerimaan barang. 3. Penyimpanan barang. 4. Pengepakan barang ke tempat yang dituju. 5. Pengeluaran barang.
  8. 8.  Aktifitas pernyimpanan/pergudangan ini saling terkait, dan secara personalia harus dikepalai oleh seseorang, semisal Kepala bagian, Supervisor atau semacamnya. Tiap kepala bagian diharuskan menguasai pengendalian pada bagiannya, pengendalian yang harus dilakukan : 1. Pengendalian Operasional 2. Pengendalian Biaya 3. Pengendalian PersonaliaOperasional, Biaya dan Personalia saling berkaitan. Dan penguasaan mendalam dan kontrol ketat pada ketiga bagian itu akan melahirkan kondisi yang sehat bagi gudang, ketiga bagian ini perlu terus dikembangkan. Misalnya Pengendalian Personalia, jangan hanya puas dengan kondisi saat ini, jika dapat upgrade lah kemampuan anak buah dengan berbagai hal kreatif. Kepala bagian juga secara rutin berkomunikasi dalam satu forum besar, semisal briefing pagi, atau briefing target2 dan kesalahan-kesalahan yang masih ada. Memang tidak ada satu sistem kerja yang sempurna,tapi selalu ada yang lebih baik.
  9. 9. Fungsi gudang menurut aktivitasnya :1. Gudang Operasional = Adalah gudang yang menyimpan bahan baku, barang setengah jadi, ataupun barang-barang dalam proses produksi. Barang ini disiapkan untuk digunakan dalam proses produksi berikutnya.2. Gudang perlengkapan = Merupakan gudang untuk menyimpan perkakas kerja, bahan pelumas atau barang lainnya yang diperlukan dalam proses produksi dan tidak ditemukan kembali lagi ke gudang.3. Gudang pengiriman = Adalah tempat penyimpanan untuk hasil proses produksi yang biasanya disebut dengan gudang barang jadi (warehousing)4. Gudang musiman = Adalah gudang yang diperlukan oleh industri tertentu secara musiman sehingga harus memliki tempat penyimpanan.
  10. 10. Secara umum sistem manajemen gudang sangat menarik bagiorang yang berkecimpung di dalamnya, mengapa? Paling tidak adabeberapa alasan : Dalam lingkup gudang SDM yang dihadapi level pekerja kasar dan sulit diatur, sehingga diperlukan sebuah pendekatan yang personal dan unik dibandingkan kantoran. Variabel yang ada sulit dikendalikan, sehingga kapasitas perlu diperbesar setiap hari dalam menangani masalah. Gudang sebagai pusat logistik namun tidak memberi nilai tambah secara langsung, sehingga prestasi kerja tidak begitu Nampak. Jadi sesempurnanya sebuah gudang, memang begitulah seharusnya dan bukan sebuah prestasi. Misal, biaya gudang harus di bawah 5%, sangat sulit, tetapi ketika kita mencapainya tidak ada prestasi tersendiri, lumrah. Beda dengan Sales yang bisa sekreatif mungkin memainkan angka-angka. Barang rusak dan hilang nilainya tinggi jika tidak ada pengendalian-pengendalian yang di manaje secara professional.
  11. 11. Sistem Operasional Gudang Operasional gudang yang maksudkan di sini adalah kelanjutan dari pergerakan fisik barang setelah barang itu diterima dari pemanufaktur atau pemasok. Barang akan diletakkan pada gudang sesuai dengan sarana yang dimiliki. Sarana bisa berupa rak dan pallet atau pallet saja, bahkan ekstrimnya barang bisa diletakkan begitu saja di lantai, tentunya hal ini sesuai kebutuhan serta tergantung seberapa besarnya modal yang dimiliki perusahaan. Setelah barang diletakkan pada posisi tertentu, maka akan ada saatnya barang tersebut akan dikeluarkan sesuai kebutuhan perusahaan atau berdasarkan adanya permintaan terhadap barang yang disimpan.Proses peletakkan barang dari penerimaan serta proses pengeluaran barang saat ini telah banyak memakai teknologi komputer. Misalkan saja proses pick to light, Scanner, Barcode, RFID, Handheld, Optical character recognition. serta masih banyak proses lainnya. Bisa dilihat review singkatnya pada situs berikut ini.
  12. 12. Beberapa lingkup operasiaonal gudang : Penanganan/Handling barang baik dan barang rusak Penghitungan stock (Stock Opname) Pengepakan barang Pengawasan operasional pekerja Perpindahan barang dari satu lokasi ke lokasi lain dll..
  13. 13. Jenis gudang menurut fungsinya :1. Gudang barang dagangan umum untuk barang hasil pabrik (general merchandisse warehouses for manufactured goods) Tipe gudang ini kemungkinan merupakan bentuk yang paling lazim. Tipe ini dirancang untuk digunakan oleh pengusaha pabrik, distributor dan para pelanggan untuk penyimpanan praktis berbagai jenis produk.2. Gudang untuk penyimpanan yang bersifat dingin (refrigerator or cold storage warehouses). Gudang ini menyediakan lingkungan penyimpanan yang dapat dikendalikan temperaturnya. Umumnya, digunakan untuk menyimpan barang-barang yang tidak tahan lama seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, barang-barang farmasi, kertas fotografik dan film, dan barang-barang lainnya yang membutuhkan
  14. 14. 3. Gudang dengan bea/pajak (bonded warehouses) Barang-barang seperti terbakau dan minuman beralkohol impor disimpan di gudang ini. Meskipun pemerintah memegang kendali barang-barang tsb sampai disalurkan ke pasaran, saat itu juga importir harus membayar kewajiban cukai kepada pemerintah. Keuntungan daari gudang ini adalah tidak perlu membayar bea impor dan pajak pembelian sampai barang dagangan terjual.4. Gudang barang-barang rumah tangga (household goods warehouses) Digunakan untuk penyimpanan propertiy pribadi. Property ini secara khusus disimpan dalam jangkan panjang yang sifatnya sementara. Dalam kategori pergudangan ini terdapat beberapa jenis alternatif penyimpanan. a. Konsep penyimpanan terbuka(open storagee concept) b. Ruang pribadi atau kubah penyimpanan(private room or vault storage) c. Penyimpanan dalam wadah (container storage)
  15. 15. 5. Pergudangan komoditas khusus ( special commodity warehouses) Pergudangan komoditas khusus digunakan untuk produk pertanian khusus seperti butir padi, wol dan katun. Biasanya masing-masing gudang ini menyimpan satu jenis produk dan menawarkan pelayanan spesial terhadap produk itu.6. Pergudangan penyimpanan barang penting ( bulk storage warehouses) Pergudangan bulk storage memberikan tangki penyimpanan cairan dan penyimpanan terbuka atau tersembunyi untuk produk kering seperti batu bara, pasir dan barang-barang kimia. Selain itu juga menyediakan drum pengisi atau campuran berbagai tipe bahan kimia dengan bahan kimia lainnya untuk menghasilkan campuran baru.
  16. 16. Manfaat gudang :A. Manfaat Ekonomi (ekonomi benefits)B. Manfaat Pelayanan (Serve Benefits)
  17. 17. A. Manfaat Ekonomi (ekonomi benefits)Manfaat gudang dari segi ekonomi yaitu apabila keseluruhan biayanlogistik mengalami penurunan dengan adanya pemanfaatan saatu atau beberapa fasilitas gudang. Empat jenis manfaat ekomoni dari pemanfaatan gudang, :1. Consolidation Pemanfaatan gudan sebagai consolidation yaitu gudang berfungsi sebagai tempat penerimaan dan konsolidasi material dari beberapa manufaktur (produsen), sebelum selanjtunya akan didistribusikan kepada konsumen dalam transportasi tunggal.2. Break Bulk and Cross Dock Pemanfaat gudang sebagai Break bulk dan Cross Dock sebenarnya hampir sama dengan pemanfaatan gudang sebagai consolidation. Hanya dalam Break bulk dan Cross Dock tidak dilakukan proses penyimpanan.
  18. 18. 3. Processing /Postponement. Pemanfaatan gudang sebagai Processing atau Postponement yaitu pada gudang tersebut dilakukan penundaan dengan melakukan proses manufaktur ringan terhadap produk atau material.4. Stockpilling Pemanfaatan gudang sebagai stockpilling yaitu gudang berfuingsi untuk menyimpan produk yang sifatnya musiman. Ketika tiba musim dimana jumlah permintaan akan prodik tinggi, dengan adanya gudang maka prodik dapat didistribusikan kepada konsumen.
  19. 19. Manfaat pelayanan (Serve Benefits)Manfaat lpelayanan yang diperoleh dengan pemanfaatan gudang dalam logistic mungkin tida dapat mengurangi biaya, namun dapat memperbaiki pelayanan dengan mengurangi waktu pengiriman dan kapabilitas tempat. Berikut ini adalah pernjelasannya.1. Spot stock Pemanfaatan gudang sebagai spot stock paling umum digunakan dalam saluran distribussi, khususnya untuk produk personal. Perusahaan lebih memilih untuk menempatkan produknya digudang agar dapat mengurangi waktu pengiriman produk ke konsumen.2. Assortment Pemanfaatan gudang sebagai assortment yaitu gudang berfungai sebagai tempat penyimpanan kombinasi produk sebagai antisipasi terhadap permintaan
  20. 20. 3. Mixing Pemanfaatan gudang sebagai mixing hampir sama dengan Break bulk, hanya dalam mixing maka melibatkan beberapa manufaktur a tau supplier yang berbeda.4. Production support Pemanfaat gudang sebagai production support yaitu gudang tersebsut berfungsi sebagai gudang supply bagi penyediaan bahan baku atau material yang akan digunakan dalam proses produksi.5. Market presence Pemanfaatan gudang sebagi market presence yaitu dengan adanya gudang lokal, yaitu gudang yang posisinya lebih dekat dengan konsumen, maka dapat memberikan respon yang lebih baik terhadap kebutuhan konsumen dengan mengirimkan produk lebih cepat kepada konsumen.

×