Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Kerajaan hindu-budha di indonesia

1,084 views

Published on

sejarah peminatan kelas x

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Kerajaan hindu-budha di indonesia

  1. 1. SEJARAH PEMINATAN KERAJAAN – KERAJAAN HINDU – BUDDHA DI INDONESIA
  2. 2. NAMA KELOMPOK 1. ANDRIYAN 2. MELANIA 3. NAWANG 4. QILMILIA 5. PRAMITA 6. RICHARD
  3. 3. MASUKNYA AGAMA HINDU – BUDDHA DI INDONESIA Agama Hindu dan Budha berasal dari India. Dan pada saat yang bersamaan. Sekitar abad ke 4
  4. 4. Hipotesis dan teori  Teori Brahmana Teori Brahmana di kemukakan oleh Van Leur. Van Leur berpendapat bahwa Agama Hindu di bawa oleh para Brahmana atau para pendeta ke Indonesia ia berpendapat seperti itu karena para Brahmana lah yang mengetahui kitab weda. Selain itu, kaum Bhrahmana yang bertanggungjawab dalam penyebaran agama Hindu, termasuk ke Indonesia.
  5. 5.  Teori Ksatria Teori ke satria ini dikemukan oleh Majundar, Moekrji dan Nehru. Mereka mengatakan bahwa Agama Hindu di bawa oleh para prajurit India yang ingin menaklukan Indonesia lalu menyebarkan agama hindu. Tetapi melihat eksistensi kerajaan di Indonesia, tidak ada satupun kerajaan yang di bawah kekuasaan India, walaupun pengaruh India dalam kerajaan Hindu di Indonesia sangat kuat, karena bangsa Indonesia waktu itu menganut Agama Hindu.
  6. 6.  Teori Waisya Teori Waisya di kemukakan oleh Krom . Menurut Krom, Agama Hindu masuk ke Indonesia di bawa oleh para pedagang atau golongan waisya, Buktinya banyak pedagang dari India yang berdagang di indonesia lalu mereka menyebarkan agama hindu di Indonesia. Teori ini memang kuat, karena sejak zaman dahulu, bangsa-bangsa di nusantara di kenal sebagai pedangang dan pelaut ulung. Sehingga interaksi antara pedagang di nusantara dengan pedang India sangat memungkinkan.
  7. 7.  Teori Sudra Teori lainnya mengatakan bahwa Agama Hindu di bawa oleh para budak atau golongan sudra, mereka menyebarkan agama hindu karena ingin merubah nasib mereka. Orang- orang Sudra yang merupakan golongan terbawah dalam strata kasta Hindu masuk ke Indonesia untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.
  8. 8.  Teori Arus Balik Teori arus balik ini menyatakan bahwa bangsa di Nusantara belajar agama hindu di India lalu menyebarkan kembali di Indonesia. Teori ini kuat, tetapi menurut catatan sejarah, orang-orang di nusantara baru belajar Agama Hindu ke India (pusat Agama Hindu) setelah beberapa kerajaan di Nusantara menganut Agama Hindu. Ini di buktikan dari sejarah kerajaan Sriwijaya, yang mengirim beberapa orang untuk belajar Agama Hindu di India.
  9. 9. Agama Budha.  Agama Buddha masuk dari India ke Indonesia hampir bersamaan dengan masuknya agama Hindu. Agama Hindu berkembang setelah agama Buddha. Agama Budha disebarluaskan ke Indonesia oleh para bhiksu. Bukti tertua adanya pengaruh India di Indonesia adalah ditemukannya Arca Budha dari perunggu di Sempaga, Sulawesi Selatan. Antara abad ke 4 hingga abad ke 16 di berbagai wilayah nusantara berdiri berbagai kerajaan yang bercorak agama Hindu dan Budha. Kerajaan-kerajaan tersebut antara lain:
  10. 10. Macam macam kerajaan hindu budha di indonesia.
  11. 11. Kerajaan hindu di Indonesia.
  12. 12. KERAJAAN KUTAI  Kutai adalah kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Kerajaan Kutai didirikan sekitar tahun 400 masehi. Letaknya di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Raja pertamanya bernama Kudungga. Raja yang terkenal adalah Mulawarman. Mulawarman menyembah Dewa Syiwa. Dalam suatu upacara Raja Mulawarman menghadiahkan 20.000 ekor sapi kepada Brahmana. Untuk memperingati upacara itu maka didirikan sebuah Yupa. Dalam Yupa itu ditulis berita mengenai Kerajaan Kutai.
  13. 13. KERAJAAN KEDIRI  Kerajaan Kediri terletak di sekitar Kali Berantas, Jawa Timur berdiri antara tahun 1042 sampai dengan tahun 1222. Kerajaan Kediri berjaya pada pemerintahan Raja Kameswara yang bergelar Sri Maharaja Sirikan Kameswara. Kameswara meninggal pada tahun 1130. Penggantinya adalah Jayabaya. Jayabaya adalah raja terbesar Kediri. Ia begitu terkenal karena ramalannya yang disebut Jangka Jayabaya. Raja Kediri yang terakhir adalah Kertajaya yang meninggal tahun 1222. Pada tahun itu Kertajaya dikalahkan oleh Ken Arok di Desa Ganter, Malang. Peninggalan- peninggalan Kerajaan Kediri antara lain Prasasti Panumbangan, Prasasti Palah, Kitab Smaradhahana karangan Empu Dharmaja, Kitab Hariwangsa karangan Empu Panuluh, Kitab Krinayana karangan Empu Triguna, dan Candi Panataran.
  14. 14. KERAJAAN SINGOSARI  Kerajaan Singasari terletak di Singasari, Jawa Timur. Luasnya meliputi wilayah Malang sekarang. Kerajaan Singasari didirikan oleh Ken Arok. Beliau memerintah tahun 1222-1227 M. Para penggantinya adalah Anusapati (1227- 1248), Panji Tohjaya (1248), Ranggawuni (1248- 1268), Kertanegara (1268 -1292).  Beberapa peninggalan masa kebesaran Singasari antara lain: 1. Candi Jago/Jajaghu, sebagai ma-kam Wisnuwardhana, 2. Candi Singasari dan Candi Jawi, sebagai makam Kertanegara, 3. Candi Kidal, sebagai makam Anusapati, 4. Patung Prajnaparamita, sebagai perwujudan Ken Dedes.
  15. 15. Kerajaan Budha di Indonesia.
  16. 16. KERAJAAN SRIWIJAYA  Kerajaan Sriwijaya berdiri pada abad ke-7 dengan raja pertaman Sri Jayanegara dan berpusat di Palembang, Sumatera Selatan (Muara Sungai Musi). Sriwijaya mengalami zaman kekemasan pada saat diperintah oleh Raja Balaputradewa, putra dari Samaratungga dari Jawa pada abad ke-9. Wilayah Sriwijaya meliputi hampir seluruh Sumatera, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Semenanjung Melayu. Oleh karena itu, Sriwijaya disebut juga Kerajaan Nusantara pertama.
  17. 17.  Candi 1. Candi Muara Takus 2. Candi Muara Takus 3. Biara Bakal  Prasasti 1. Prasati Kedukan Bukit ( 605 M) 2. Prasati talang Tuo ( 648 M) 3. Prasati Telaga Batu 4. Prasasti Kota Kapur ( 686 M) 5. Prasasti Karang Berahi ( 686)
  18. 18. KERAJAAN MATARAM ( BUDDHA)  Kerajaan Mataram Budha pada awalanya merupakan kerajaan Hindu. Namun sejak Dinasti Syailendra memerintah, Mataram berubah menjadi kerajaan Budha. Peninggalan kerajaan Mataram Budha antara lain sebagai berikut:  Candi 1. Candi Borobudur di Jawa tengah, didirikan tahun 770 M oleh Raja Samaratungga 2. Candi Kalasan di Jawa Tengah , merupakan candi Budha tertua di Pulau Jawa yang didirikan tahun 778 M 3. Candi Mendut di Jawa Tengah 4. Candi Sewu di Jawa Tengah 5. Candi Plaosan di Jawa Tengah
  19. 19.  Prasasti 1. Prasasti Sojomerto, isinya menyebutkan seseorang bernama Syailendra, yang beragama Budha. 2. Prasasti Sangkhara, isinya menerangkan Raja Hakai Panangkaran yang berpindah agama dari Hindu ke Buddha. 3. Prasasti Kalasan ( 778 M), isinya seoarang raja dari Dinasti Sanjaya berhasil membujuk Raja Rakai Panaangkaran dari Dinasti Sanjaya yang beragama Hindu untuk membangun sebuah bangunan suci bagi Dewi Tara dan sebuah wihara untuk para biksu di Kalasan. 4. Prasasti Kluraj (782 M), isinya tentang pembuatan arca Manjusri sebagai wujud dari Buddha, Wisnu, dan Sanggha yang disamakan dengan Trimurti yaitu, Brahmana, Wisnu dan Siwa. 5. Prasasti Ratu Boko ( 856 M), isinya kekalahan Balaputradewa dalam perang dengan kakak iparnya, Rakai Pikatan.
  20. 20. KERAJAAN KALINGA  Kerajaan Kalinggan berdiri sekitar aban 6 Masehi di jawa Tengah. Kerajaan ini dipimpin oleh seorang ratu bernama Ratu Shima. Peninggalan-peninggalan Kerajaan Kalingga, antara lain Prasastin Tuk Mas yang ditemukan di desa Dakawu di Lereng Gunung Merbabu, Jawa Tengah.
  21. 21. TERIMA KASIH

×