Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ppt java

378 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Ppt java

  1. 1. Teknologi Java by Dyah Noviati K. Page 1
  2. 2. Java adalah sebuah bahasa pemrograman pada komputer sama seperti pendahulunya c++ . Java bersifat multi platform dan multi device. Page 2
  3. 3. PERKEMBANGAN VERSI JAVA Versi Awal O java.lang: Peruntukan kelas elemen-elemen dasar. O java.io: Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas. O java.util: Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan. O java.net: Peruntukan kelasTCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP. O java.awt: Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI) O java.applet: Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web.
  4. 4. 3 (tiga) edisi java, yaitu : 1. J2ME (Java Micro Edition) Edisi ini ditunjukan bagi lingkungan dengan sumber daya terbatas, seperti smartcard, ponsel, dan PDA. 2. J2SE (Java 2 Standard Edition) Edisi ini ditunjukan bagi lingkungan workstation, seperti pembuatan aplikasiaplikasi desktop. 3. J2EE (Java 2 Enterprise Edition) Edisi ini ditunjukan bagi lingkungan Internet atau aplikasi terdistribusi dalam skala besar.
  5. 5. Edisi ini berisi paket bahasa inti (nama kode untuk perpustakaan di Jawa) dan ditujukan untuk pemrograman desktop. 1995: Versi 1.0 dari Java Development Kit (JDK) dirilis secara gratis oleh Sun. 1997: Versi 1.1 1999: Versi 1.2, juga disebut Java 2 Platform 2000: Versi 1.3 2002: Versi 1.4 2004: Versi 5.0 (sebelumnya bernomor 1,5)
  6. 6. 1. Sebuah Bahasa Pemrograman Java merupakan suatu bahasa pemrograman yang berorientasi Objek atau sering disebut OOP ( Object Oriented Programming ). Sebagai sebuah bahasa pemrograman, Java dapat membuat seluruh bentuk aplikasi, desktop, web dan lainnya, sebagaimana dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman konvensional yang lain.
  7. 7. 2. Platform Java Java Platform adalah sebuah platform software yang berbeda dari berbagai paltform lainnya seperti Microsoft Windows, Macintosh, OS / 2, UNIX, dan NetWare.
  8. 8. 3. Sebuah Development Environment Sebagai sebuah peralatan pembangun, teknologi Java menyediakan banyak tools : compiler, interpreter, penyusun dokumentasi, paket kelas dan sebagainya.
  9. 9. 4. Sebuah Aplikasi Aplikasi dengan teknologi Java secara umum adalah aplikasi serba guna yang dapat dijalankan pada seluruh mesin yang memiliki Java Runtime Environment (JRE).
  10. 10. 1. Sederhana 2. Berorientasi objek (Object Oriented) 3. Dapat didistribusi dengan mudah 4. Interpreter 5. Robust 6. Aman 7. Architecture Neutral 8. Portabel 9. Performance 10. Multithreaded 11. Dinamis
  11. 11. Fitur dari Java yang penting : * JVM (Java Virtual Machine) * JRE (Java Runtime Environment) * JDK (Java Development Kit) * SDK (Software Development Kit) * Garbage Collection * Code Security
  12. 12.  Aplikasi facebook Facebook sering dimanfaatkan untuk keperluan promosi, kampanye, bahkan propaganda. Tidak hanya untuk mengkomunikasikan citra individu, akan tetapi termasuk pula kelompok, organisasi, maupun produk. Aplikasi game Manfaatnya adalah melatih kepekaan, melatih problem solving, berpikir logis dan kreatif, dan yang paling berpengaruh adalah secara tidak langsung kita belajar bahasa Inggris
  13. 13.  Aplikasi opera mini dapat menyimpan halaman website yang dianggap penting atau menarik oleh penggunanya, dan selanjutnya disimpan di folder yang telah dipilih pengguna pada memori telepon atau kartu memori.  Aplikasi kamus Kini tidak perlu repot lagi membawa kamus yang tebal, karena aplikasi ini akan membantu untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bahasa yang sulit untuk dimengerti.
  14. 14. Kelebihan : • Multiplatform. • Berbasis OOP. • Perpustakaan Kelas (Class Library) Lengkap • Bergaya C++ • Pengumpulan sampah otomatis
  15. 15. Kekurangan Java Tulis sekali, perbaiki di mana saja Mudah didekompilasi Penggunaan memori yang banyak.

×