Dyan esty purwaningrum

537 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
537
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
295
Actions
Shares
0
Downloads
2
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Dyan esty purwaningrum

  1. 1. A. LATAR BELAKANG DAN SEJARAH JARINGAN Pada tahun 1940-an di Amerika adasebuah penelitian yang ingin memanfaatkansebuah perangkat komputer secarabersama-sama. Hal ini terus berkembanghingga tahun 1950-an, terciptanya jenis-jenis komputer mulai bervariasi sampaiterciptanya super komputer, ada tuntutanbahwa sebuah komputer harus mampumelayani beberapa terminal.
  2. 2. LATAR BELAKANG DAN SEJARAH JARINGAN Tuntutan inilah yang mendasarikonsep distribusi proses berdasarkanwaktu, dikenal dengan nama TSS(Time Sharing System). Bentukaplikasi pertama dari sebuah jaringankomputer. Pada sistem TSS beberapaterminal terhubung secara seri kesebuah komputer host.
  3. 3. LATAR BELAKANG DAN SEJARAH JARINGAN Selanjutnya konsep iniberkembang menjadi prosesdistribusi (Distributed Processing).Dalam proses ini beberapa komputerhost (server) mengerjakan sebuahpekerjaan besar secara paralel untukmelayani beberapa terminal yangtersambung secara seri disetiap host.
  4. 4. B. JENIS-JENIS JARINGAN Secara umum jaringan terdiri ataslima jenis, berikut ini:1. Local Area Network (LAN)2. Metropolitan Area Network (MAN)3. Wide Area Network (WAN)4. Internet5. Wireless (Jaringan Tanpa Kabel)
  5. 5.  PENJELASAN ..1. LOCAL AREA NETWORK (LAN) Local Area Network (LAN) merupakanjaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung ataukampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untukmenghubungkan komputer-komputer pribadi danworkstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama resource(misalnya, printer, scanner) dan saling bertukarinformasi. LAN dapat dibedakan dari jenis jaringanlainnya berdasarkan tiga karakteristik:ukuran, teknologi transmisi dan topologinya.
  6. 6. LAN mempunyai ukuran yang terbatas,  yangberarti bahwa waktu transmisi pada keadaan PENJELASANterburuknya terbatas dan dapat diketahuisebelumnya. Dengan .. mengetahuiketerbatasnnya, menyebabkan adanya kemungkinanuntuk menggunakan jenis desain tertentu. Hal inijuga memudahkan manajemen jaringan. LAN seringkali menggunakan teknologihtransmisi kabel tunggal. LAN tradisional beroperasipada kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps (megabit/detik) dengan delay rendah (puluhan mikrosecond) dan mempunyai faktor kesalahan yangkecil. LAN-LAN modern dapat beroperasi padakecepatan yang lebih tinggi, sampai ratusanmegabit/detik.
  7. 7. 2. MAN ( Metropolitan Area Network ) Metropolitan Area Network (MAN) padadasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebihbesar dan biasanya memakai teknologi yang samadengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantorperusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkanuntuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MANbiasanya mamapu menunjang data dan suara, danbahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisikabel. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buiahkabel dan tidak mempunyai elemen switching, yangberfungsi untuk mengatur paket melalui beberapaoutput kabel. Adanya elemen switching membuatrancangan menjadi lebih sederhana.
  8. 8. Alasan utama memisahkan MAN sebagai kategori khusus adalah telah ditentukannya PENJELASANstandart untuk MAN, dan standart ini sekarangsedang diimplementasikan. Standart tersebut ..disebut DQDB (Distributed Queue Dual Bus)atau 802.6 menurut standart IEEE. DQDB terdiridari dua buah kabel unidirectional dimanasemua komputer dihubungkan. Setiap busmempunyai sebuah head–end, perangkat untukmemulai aktivitas transmisi. Lalulintas yangmenuju komputer yang berada di sebelah kananpengirim menggunakan bus bagian atas.Lalulintas ke arah kiri menggunakan bus yangberada di bawah.
  9. 9. Wide Area Network (WAN)  mencakup daerah geografis yang PENJELASAN luas, sertingkali mencakup sebuah .. negara atau benua. WAN terdiri darikumpulan mesin yang bertujuan untukmejalankan program-program aplikasi.
  10. 10. dan menyebut mesin-mesin ini sebagai host.Istilah End System kadang-kadang  jugadigunakan dalam literatur. Host dihubungkan PENJELASANdengan sebuah subnet komunikasi, atau ..cukup disebut subnet. Tugas subnet adalahmembawa pesan dari host ke hostlainnya, seperti halnya sistem telepon yangmembawa isi pembicaraan dari pembicara kependengar. Dengan memisahkan aspekkomunikasi murni sebuah jaringan (subnet)dari aspek-aspek aplikasi (host), rancanganjaringan lengkap menjadi jauh lebihsederhana.
  11. 11.  PENJELASAN ..Pada sebagian besarWAN, subnet terdiri dari duakomponen, yaitu kabel transmisidan elemen switching. Kabeltransmisi (disebut jugasirkuit, channel, atau trunk)memindahkan bit-bit dari satumesin ke mesin lainnya.
  12. 12. Element switching adalah komputer khususyang dipakai untuk menghubungkan dua PENJELASANkabel transmisi atau lebih. Saat data sampai ..ke kabel penerima, element switching harusmemilih kabel pengirim untuk meneruskanpesan-pesan tersebut. Sayangnya tidak adaterminologi standart dalam menamakankomputer seperti ini. Namanya sangatbervariasi disebut paket switchingnode, intermidiate system, data switchingexchange dan sebagainya.
  13. 13.  PENJELASAN .. 4. Internet Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkalimenggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orangyang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi denganorang lain yang terhubung ke jaringan lainnya.
  14. 14.  Keinginan seperti ini memerlukan PENJELASANhubungan antar jaringan yang seringkali ..tidak kampatibel dan berbeda. Biasanyauntuk melakukan hal ini diperlukan sebuahmesin yang disebut gateway gunamelakukan hubungan dan melaksanakanterjemahan yang diperlukan, baik perangkatkeras maupun perangkat lunaknya.Kumpulan jaringan yang terinterkoneksiinilah yang disebut dengan internet.
  15. 15. dan personal digital assistant (PDA), merupakancabang industri komputer yang paling  cepatpertumbuhannya. Banyak PENJELASAN pemilik jeniskomputer tersebut yang sebenarnya telahmemiliki mesin-mesin desktop yang terpasang ..pada LAN atau WAN tetapi karena koneksi kabeltidaklah mungkin dibuat di dalam mobil ataupesawat terbang, maka banyak yang tertarikuntuk memiliki komputer dengan jaringan tanpakabel ini.
  16. 16. Jaringan tanpa kabel mempunyaiberbagai manfaat, yang telah umum dikenal adalah kantor portable. Orang yang PENJELASANsedang dalam perjalanan seringkali inginmenggunakan peralatan .. elektronikportable-nya untuk mengirim ataumenerima telepon, fax, e-mail, membacafail jarak jauh login ke mesin jarak jauh, dansebagainya dan juga ingin melakukan hal-hal tersebut dimana saja, darat, laut, udara.
  17. 17. menghubungkan komputer yang satudengan komputer yang lainnya TOPOLOGI JARINGANsehingga membentuk jaringan.Cara yang banyak digunakan saat iniadalah “wuss token ring” dan “starnetwork”. Masing masing topologi inimempunyai ciri khas dengan kelebihandan kekurangannya masing-masing.
  18. 18. Jenis-jenis topologi Topologi jaringan ada 6 macam, a.L:1. Topologi Buss2. Token Ring3. Topologi Star4. Topologi Mesh5. Topologi Tree (Pohon)6. Topologi linier
  19. 19.  penjelasan1. Topologi Buss Topologi ini menggunakan sebuah kabel tunggal dimana seluruh work station clean server dihubungkan. Keuntungannya adl:  Hemat kabel  Layout kabel sederhana  Pengembangan jaringan dapat dilakukan dengan mudah tanpa menggangu work station lain.
  20. 20.  penjelasanKelemahan Topologi Buss: Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil, artinya susah dideteksi Kepadatan lalu lintas pada jalur utama Bila terdapat gangguan disepanjang kabel pusat, maka Keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan
  21. 21.  penjelasan2. Topologi Token Ring Didalam topologi ring, semua work station dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran/cincin. Tiap work station ataupun server akan menerima dan melewatkan satu informasi dari satu komputer ke komputer lain. Jika alamat- alamat yang dimaksud sesuai, maka informasi akan diterima dfan bila tidak informasi akan dilewatkan.
  22. 22.  penjelasanKelemahan topologi token ring:Setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan sehingga bila terdapat gangguan disuatu node maka seluruh jaringan akan terganggu.
  23. 23.  penjelasan2. Topologi Token Ring Keunggulan topologi ini: Tidak terjadinya “collision” /tabrakan pengiriman data seperti pada topologi buss, karena hanya satu node dapat mengirimkan data pada suatu saat.
  24. 24.  penjelasan3. Topologi Star Pada topologi star masing-masing work station dihubungkan secara langsung ke server /hub. Kelemahan: Kebutuhan kabel yang lebih besar dibandingkan topologi lainnya.
  25. 25.  penjelasan3. Topologi Star Keunggulan: Dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap work station maka bandwith/jalur komunikasi dalam kabel akan semakin besar sehingga akan meningkatkan kinerja jaringan secara keseluruhan. Jika terdapat gangguan di suatu jalur kabel, gangguan tersebut hanya akan terjadi dalam komunikasi antara work station yang bersangkutan dengan server, sedangkan jaringan secara keseluruhan tidak mengalami gangguan.
  26. 26.  penjelasan4. Topologi Mesh Topologi ini sering disebut “pure peer-to- peer ”, sebab merupakan implementasi suatu jaringan komputer yang menghubungkan seluruh komputer secara langsung. Saat ini sangat jarang digunakan sebab rumit dan tidak praktis.
  27. 27.  penjelasan4. Topologi Mesh Karakteristik Topologi Mesh  topologi mesh memiliki hubungan yang berlebihan antara peralatan-peralatan yang ada.  Susunannya pada setiap peralatan yang ada didalam jaringan saling terhubung satu sama lain.  jika jumlah peralatan yang terhubung sangat banyak, tentunya ini akan sangat sulit sekali untuk dikendalikan dibandingkan h anya sedikit peralatan saja yang terhubung.
  28. 28.  penjelasanKeuntungan dari penggunaan topologi mesh:  Keuntungan utama dari penggunaan topologi mesh adalah fault tolerance.  Terjaminnya kapasitas channel komunikasi, karena memiliki hubungan yang berlebih.  Relatif lebih mudah untuk dilakukan troubleshoot.
  29. 29.  penjelasanKerugian dari Penggunaan Topologi Mesh  Sulitnya pada saat melakukan instalasi dan melakukan konfigurasi ulang saat jumlah komputer dan peralatan-peralatan yang terhubung semakin meningkat jumlahnya.  Biaya yang besar untuk memelihara hubungan yang berlebih.
  30. 30.  penjelasan5. Topologi Tree/ Pohon Topologi Pohon adalah kombinasi karakteristik antara topologi bintang dan topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi bintang yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai jalur tulang punggung atau backbone. Komputer- komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung.
  31. 31.  penjelasan5. Topologi Tree/ Pohon Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer.
  32. 32.  penjelasan5. Topologi Tree/ Pohon Pada jaringan pohon, terdapat beberapa tingkatan simpul atau node. Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya untuk bergerak dari komputer dengan node-3 kekomputer node-7 seperti halnya pada gambar, data yang ada harus melewati node-3, 5 dan node-6 sebelum berakhir pada node-7.
  33. 33.  penjelasan5. Topologi Tree/ Pohon Keungguluan jaringan pohon seperti ini adalah, dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan. Adapun kelemahannya adalah, apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat.
  34. 34.  penjelasan6. Topologi Linier (Runtut) Jaringan komputer dengan topologi runtut (linear topology) biasa disebut dengan topologi bus beruntut, tata letak ini termasuk tata letak umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap titik sambungan (komputer) yang dihubungkan dengan penyambung yang disebut dengan Penyambung-T dan pada ujungnya harus diakhiri dengan sebuah penamat (terminator).
  35. 35.  penjelasan6. Topologi Linier (Runtut) Penyambung yang digunakan berjenis BNC (British Naval Connector: Penyambung Bahari Britania), sebenarnya BNC adalah nama penyambung bukan nama kabelnya, kabel yang digunakan adalah RG 58 (Kabel Sepaksi Thinnet). Pemasangan dari topologi bus beruntut ini sangat sederhana dan murah tetapi sebanyaknya hanya dapat terdiri dari 5-7 komputer.
  36. 36.  penjelasan6. Topologi Linier (Runtut)  Penyambung kabel BNC digunakan untuk menghubungkan kabel ke penyambung-T.  Penyambung-T BNC digunakan untuk menghubungkan kabel ke komputer.  Penyambung tabung BNC (BNC barrel connector) digunakan untuk menyambung 2 kabel BNC.  Penamat BNC digunakan ntuk menandai akhir dari topologi bus.
  37. 37. Jaringan OSI Model Open SystemsInterconnection (OSI) diciptakan olehInternational Organization forStandardization (ISO) yang menyediakankerangka logika terstruktur bagaimanaproses komunikasi data berinteraksimelalui jaringan. Standard inidikembangkan untuk industri komputeragar komputer dapat berkomunikasi padajaringan yang berbeda secara efisien.
  38. 38. Model Layer OSI
  39. 39.  penjelasanTerdapat 7 layer pada model OSI. Setiap layerbertanggungjawwab secara khusus pada proseskomunikasi data. Misal, satu layerbertanggungjawab untuk membentuk koneksiantar perangkat, sementara layer lainnyabertanggungjawab untuk mengoreksi terjadinya“error” selama proses transfer data berlangsung.
  40. 40.  penjelasan Model Layer OSI dibagi dalam duagroup: “upper layer” dan “lower layer”.“Upper layer” fokus pada applikasipengguna dan bagaimana filedirepresentasikan di komputer. UntukNetwork Engineer, bagian utama yangmenjadi perhatiannya adalah pada “lowerlayer”. Lower layer adalah intisarikomunikasi data melalui jaringan aktual.
  41. 41.  penjelasan Open” dalam OSI Open dalam OSI adalah untuk menyatakan model jaringan yang melakukan interkoneksi tanpa memandang perangkat keras/ “hardware” yang digunakan, sepanjang software komunikasi sesuai dengan standard. Hal ini secara tidak langsung menimbulkan “modularity” (dapat dibongkar pasang).
  42. 42.  penjelasan“Modularity” mengacu pada pertukaran protokoldi level tertentu tanpa mempengaruhi ataumerusak hubungan atau fungsi dari level lainnya.Dalam sebuah layer, protokol salingdipertukarkan, dan memungkinkan komunikasiterus berlangsung. Pertukaran ini berlangsungdidasarkan pada perangkat keras “hardware” darivendor yang berbeda dan bermacam-macamalasan atau keinginan yang berbeda.
  43. 43.  penjelasanSeperti contoh Jasa Antar/Kurir. Paket untuk sampai di pesawat, dapat“Modularity” pada level transportasi dikirim melalui truk atau kapal. Masing-menyatakan bahwa tidak masing cara tersebut, pengirim tetap mengirimkan dan berharap paket tersebutpenting, bagaimana cara paket sampai di Toronto. Pesawat terbangsampai ke pesawat. membawa paket ke Toronto tanpa memperhatikan bagaimana paket tersebut sampai di pesawat itu
  44. 44.  penjelasan7 Layer OSI  Physical Model OSI terdiri dari 7 layer :  Application  Presentation  Session  Transport  Network  Data Link
  45. 45.  penjelasanApa yang dilakukan oleh 7 layer OSI ?
  46. 46.  penjelasanKetika data ditransfer melalui jaringan, sebelumnyadata tersebut harus melewati ke-tujuh layer darisatu terminal, mulai dari layer aplikasi sampaiphysical layer, kemudian di sisi penerima, datatersebut melewati layer physical sampai aplikasi.Pada saat data melewati satu layer dari sisipengirim, maka akan ditambahkan satu “header”sedangkan pada sisi penerima “header” dicopotsesuai dengan layernya.
  47. 47.  penjelasan Model OSI Tujuan utama penggunaan model OSI adalah untuk membantu desainer jaringan memahami fungsi dari tiap-tiap layer yang berhubungan dengan aliran komunikasi data. Termasuk jenis- jenis protoklol jaringan dan metode transmisi.  Model dibagi menjadi 7 layer, dengan karakteristik dan fungsinya masing-masing. Tiap layer harus dapat berkomunikasi dengan layer di atasnya maupun dibawahnya secara langsung melalui serentetan protokol dan standard.
  48. 48.  penjelasanApplication Layer: Menyediakan jasa untukaplikasi pengguna. Layer ini bertanggungjawabatas pertukaran informasi antara programkomputer, seperti program e-mail, dan servicelain yang jalan di jaringan, seperti server printeratau aplikasi komputer lainnya.Presentation Layer: Bertanggung jawabbagaimana data dikonversi dan diformat untuktransfer data. Contoh konversi format text ASCIIuntuk dokumen, .gif dan JPG untuk gambar.Layer ini membentuk kode konversi, translasidata, enkripsi dan konversi.
  49. 49.  penjelasanSession Layer: Menentukan bagaimana duaterminal menjaga, memelihara dan mengaturkoneksi,- bagaimana mereka salingberhubungan satu sama lain. Koneksi di layerini disebut “session”.Transport Layer: Bertanggung jawab membagidata menjadi segmen, menjaga koneksi logika“end-to-end” antar terminal, danmenyediakan penanganan error (errorhandling).Network Layer: Bertanggung jawabmenentukan alamat jaringan, menentukanrute yang harus diambil selama perjalanan,dan menjaga antrian trafik di jaringan. Datapada layer ini berbentuk paket.
  50. 50.  penjelasanData Link Layer: Menyediakan link untukdata, memaketkannya menjadi frameyang berhubungan dengan “hardware”kemudian diangkut melalui media.komunikasinya dengan kartujaringan, mengatur komunikasi layerphysical antara sistem koneksi danpenanganan error.
  51. 51.  penjelasanPhysical Layer: Bertanggung jawab atasproses data menjadi bit danmentransfernya melalui media, sepertikabel, dan menjaga koneksi fisik antarsistem.
  52. 52. Domain Name System (DNS) Domain Name Sytem adalah suatu systemyang memungkinkan nama suatu host padajaringan komputer atau internet. Ditranslasikanmenjadi IP Address. Dalam pemberian nama, DNSmenggunakan arsitektur hirarki sebagai berikut1. Root – level Domain2. Top Level Domain3. Second Level Domain
  53. 53.  penjelasan1. Root – Level Domain merupakan tingkat teratas yang ditampilkan sebagai tanda titik (.)2. Top Level Domain adl kode kategori organisasi atau negara misalnya: .com , untuk dipakai oleh perusahaan .edu , untuk dipakai oleh perguruan tinggi .gof , untuk dipakai oleh badan pemerintah
  54. 54.  penjelasanSelain itu untuk membedakan pemakaian namaoleh satu negara dan negara lain digunakantanda, misalnya:-.id , untuk indonesia-.acu , untuk australia ,dll.3. Second Level Domain Merupakan nama untuk organisasi atau perusahaan . Misalnya, yahoo.com, google.com, microsoft.c om, g-mail.com.
  55. 55. Tipe Jaringan Tipe jaringan terkait erat dengan sistemoperasi jaringan. Ada dua type jaringanyaitu, cleant server dan type peer to peer (PtP).1. Jaringan Clean Server server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain didalam jaringan dan clean adalah komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server.
  56. 56.  penjelasanServer dijaringan type cleant server disebut dengan“dedicated server” karena murni berperan sebagaipenyedia fasilitas untuk work station dan servertersebut tidak dapat berperan sbg work station.-Keunggulan : 1. kecepatan akses lebih tinggi. 2. Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik.
  57. 57.  penjelasanKelemahan :1. Biaya operasional relatif lebih mahal2. Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server.3. Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server.
  58. 58. Perangkat Jaringan KomputerEleman LAN meliputi komponen Hardware dankomponen Software.-Komponen hardware terdiri dari: Personal komputer  network Interface Card  pengkabelan
  59. 59.  penjelasanKomponen software:Sistem Operasi Jaringan Network Adapter Driver Protocol Jaringan jenis kabel yang umum digunakan, :
  60. 60. jenis-jenis kabel Kabel coaxial terdiri dari : •sebuah konduktor tembaga •lapisan pembungkus dengan sebuah “kawat ground”. •sebuah lapisan paling luar.
  61. 61. penjelasan Penggunaan Kabel Coaxial Kabel coaxial terkadang digunakan untuk topologi bus, tetapi beberapa produk LAN sudah tidak mendukung koneksi kabel coaxial. Protokol Ethernet LAN yang dikembangkan menggunakan kabel coaxial: 10Base5 / Kabel “Thicknet” :  adalah sebuah kabel coaxial RG/U-8.  merupakan kabel “original” Ethernet.  tidak digunakan lagi untuk LAN modern.
  62. 62. penjelasan 10Base2 / Kabel “Thinnet”:  adalah sebuah kabel coaxial RG/U-58.  mempunyai diameter yang lebih kecil dari “Thicknet”.  menggantikan “Thicknet”.  tidak direkomendasikan lagi, tetapi masih digunakan pada jaringan LAN yang sangat kecil.
  63. 63. Instalasi dan Konfigurasi LAN Pada Sytem Operasi WindowsA. Mengidentifikasi Komputer dalam Jaringan komputer dengan sytem operasi windows yang tergabung dalam jaringan harus menggunakan nama yang unik sebagai pengenal untk menghindari adanya tumoang tindih dengan komputer lain. Pemberian nama komputer adalah sbg berikut: 1. Klik star > control panel > klik ganda icon system > klik tab conputer name > masukan deskripsi komputer, nama komputer, work group.
  64. 64.  penjelasanB. Menginstal dan mengkonfigurasi NIC (Network Interface Card) NIC harus dipasang didalam komputer agar komputer dapat berinteraksi dengan jaringan. Jika komputer memiliki NIC yang terpasang dengan motherboard, NIC lain tidak perlu dipasang pada slot komputer. Setelah NIC dipasang dalam slot komputer secara benar, selanjutnya driver jaringan harus diinstal. Windows akan mendeteksi adanya perangkat keras baru dan meminta untuk diinstal driver NIC yang dibutuhkan.
  65. 65.  penjelasanC. Pengaturan TCP/IP Setelah NIC dipasang dalam komputer, jaringan dapat diatur dalam komputer tersebut, jika NIC pada komputer belum aktif (setelah terinstal tapi masih disable), kita dapat mengaktifkannya dengan cara sbg berikut: Klik star > control panel > network conection > klik kanan pada icon NIC > Inable
  66. 66.  penjelasan Untuk dapat berkomunikasi dalamjaringan komputer harus mempunyai alamatprotocol. Transmission Control Protocol (TCP)Internet Protocol (IP) harus dikonfigurasikanterlebih dahulu agar komputer bisaberkomunikasi didalam jaringan.
  67. 67. INTERNET (Interconection Network)1. Sejarah Internet Sebelm Internet muncul, ARPANET (Advanced Research Project Agency) departemen pertahanan AS pada tahun 1969 membuat jaringan komputer yang trsebar untuk menghindarkan terjadi’a informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan..
  68. 68.  penjelasan Setelah itu Internet digunakan oleh kalanganAkademis (UCLA) untuk keperluan penelitiandan pengembangan teknologi. Kemudianpemerintah AS memberikan izin kearah komersialpada awal tahun 1990.INTERNET merupakan jaringan komputer terluasdi dunia (Worl Wide Network)
  69. 69.  penjelasan Perangkat untuk akses Internet 1. Perangkat Keras (Hardware) spesifikasi Komputer: a. Komputer minimal pentium 3, prosesor 500 MHz. b. RAM minimal 64 MB RAM digunakan untuk menyimpan masukan data dan perintah yang bersifat sementara.
  70. 70.  penjelasan RAM merupakan jalur pusat disistem secarakeseluruhan karena kecepatan pada prosesor datapada saat komputer tsb bekerja tergantung padakecepatan RAM dalam menyimpan danmendistribusikan data.c. Hardisk minimal 10 GBd. VGA Card minimal 4 MBe. Montor SVGA
  71. 71.  penjelasan2. Perangkat Lunak Jenis software yang dapat kita gunakan adalah sbb: a. Sistem Operasi : Windows 95, 97, 98, 2000, ME, Windows XP b. Browser : yahoo, google, netscape navigator, internet explorer, dll.
  72. 72.  penjelasan3. Modem (Modulator Demodulator) Adalah sebuah alat yang digunakan untuk menstranmisikan data dalam benruk gelombang elektromagnetik dari satu komputer ke komputer lain.
  73. 73.  penjelasan4. Saluran Telephone (Line Telephone) Saluran telepon dapat disambungkan melalui modem baik internal maupun eksternal. Selain saluran telephone, kita juga dapat mengakses intenet melalui: a. Satelit b. Leased Line c. Gelombang Radio
  74. 74.  penjelasan5. ISP (Internet Service Promider) Adalah sebuah baan atau organisasi yang menyediakan pelayanan jasa internet.

×