Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Berbasis Komunitas_Proposal Tesis

4,496 views

Published on

Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Berbasis Komunitas (Studi Kasus: Japanesestation.com)

Proposal Tesis

Published in: Education

Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Berbasis Komunitas_Proposal Tesis

  1. 1. Landasan Teori & Kerangka Pemikiran
  2. 2. Penelitian Terdahulu Peneliti Judul Teori & Metodologi Hasil Penelitian Kritik Galuh P. Paranti (2014), Tesis S2, Universitas Mercubuana Strategi Komunikasi Pemsaran Berbasis Komunitas Blogger VIVANews.com Teori: Bauran Komunikasi Pemasaran Metodologi: Studi Kasus Strategi komunikasi pemasaran VIVANews.com menekankan pada kekuatan pedia sosial & blog dapat meningkatkan brand awareness & traffic website Peneliti lebih menonjolkan satu variabel (blogger) dibanding variabel lain yang lebih menonjol (media sosial secara keseluruhan) I Gusti Ngurah Aditya L (2012), Tesis S2, Universitas Indonesia Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadap Pembentukan Brand Attachment (Studi Kasus PT XL Axiata) Teori: electronic Word of mouth Metodologi: Studi Kasus Twitter berperan menunjang aktivitas eWOM untuk pembentukan brand awareness, brand image, brand statisfaction, dan brand trust Peneliti lebih menekankan twitter, tanpa memperhatikan aspek media sosial lainnya. Alfa Ryano Yohanis (2009), Tesis S2, Institut Teknologi Bandung Perencanaan Model Konseptual Pengendalian Sosial pada komunitas Situs Jejaring Sosial (Studi Kasus Fupei.com & Kombes.com) Teori: Komunitas Sosial Metodologi: Studi Kasus Pengendalian sosial dalam jejaring sosial dipengaruhi oleh kepercayaan moral, keterikatan, dan komitmen & keterlibatan. Penelitian lebih teknikal untuk mengatur sebuah komunitas, bukan untuk mengamati perkembangan komunitas dalam sebuah website. Bambang S Wijaya & Dyama Khazim (2014), Jurnal, Universitas Bakrie Ketika Redaksi Pindah Kamar, Ambivalensi Manajemen Komunikasi Pemasaran Media Online via Social Media Teori: New Wave Marketing Strategy, Hermawan Kartajaya Metodologi: Studi Kasus Media sosial berdampak pada strategi komunikasi pemsaran yang dilakukan oleh perusahaan media online Penelitian mengarahkan ke strategi pemasaran yang terkait dengan redaksi perusahaan media.
  3. 3. Media Sosial Sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran konten. -Kaplan dan Haenlein, 2010 Media sosial tergantung pada teknologi berbasis web dan mobile untuk menciptakan platform interaksi yang tinggi, di mana para individu dan komunitas di dalamnya untuk saling berbagi, menciptakan, mendiskusikan, dan memodifikasi berbagai user-generated content. Kietzmann & Hermekens, 2011 -
  4. 4. Komunitas Community are networks of interpersonal ties that provide sociability, support, information, a sense of belonging and social identity -Delanty, 2003 Marketplace communities (Komunitas Online) Komunitas yang terhubung secara virtual, sehingga tidak dibatasi seperti komunitas lainnya. Tiap anggota dapat saling berbagi dan membahas mengenai informasi yang sedang tren dan menarik. Williams & Conthrell dalam jurnal Jae Wook Him (2008)
  5. 5. Kerangka Pemikiran Japanesestation • Memerlukan traffic website untuk meningkatkan popularitas website • Menghadapi tingginya persaingan media online • Low Budget Startup Muncul Komunitas tentang Jepang yang berpotensi sebagai Target Pembaca Public Awareness Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Berbasis Komunitas
  6. 6. Metodologi Penelitian Objek Penelitian Strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial berbasis komunitas yang dilakukan oleh Japanese Station sebagai sebuah brand. • Pendekatan yang dilakukan adalah fenomenologi. Mengungkap makna fenomena pengalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa individu. • Metode Penelitian Deskriptif kualitatif, Peneliti memotret apa yang terjadi dalam bentuk laporan penelitian secara lugas, seperti apa adanya.
  7. 7. Teknik Pengumpulan Data Data Primer Wawancara CEO Japanese Station Tim Digital JS Komunitas Praktisi Komunikasi Digital Observasi Sekunder
  8. 8. Teknik Analisis Data Melakukan pendekatan Kualitatif: Pendekatan dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensintesiskannya, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari, memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain (Bogdan dan Biklen dalam Moleong, 2007)
  9. 9. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data sumber metodeteori Triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu (Moleong, 1993).
  10. 10. Terima Kasih Download this file on dyama.net

×