Successfully reported this slideshow.

Sistem gerak manusia biologi

28,760 views

Published on

Now available for download :)

Published in: Education

Sistem gerak manusia biologi

  1. 1. SISTEM GERAK MANUSIA Dinda Wiba Kartika P XI.AKS.1/07 Dyah Ciptaningrum XI.AKS.1/08
  2. 2. POKOK BAHASANRANGKA TUBUH SENDI OTOT MANUSIA TULANG DAN GANGGUAN FUNGSINYA SISTEM GERAK
  3. 3. RANGKA TUBUH MANUSIA• Untuk melakukan kegiatan tersebut tubuh manusia ditunjang dengan adanya rangka. Rangka manusia dewasa dibangun oleh 206 ruas tulang dengan bentuk dan ukuran yang bervariasi sesuai dengan fungsinya. Dengan adanya rangka, maka manusia termasuk ke dalam kelompok vertebrata.• Bentuk tubuh manusia tidak terlepas dari peran rangka. Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh panjang dan ukuran tulang-tulang penyusun tubuhnya. Tulang dibantu dengan adanya otot dan persendian, maka tubuh manusia dapat bergerak. Sebagian besar pembentukan sel darah juga terjadi di dalam sumsum tulang. Tulang juga merupakan organ yang mengandung mineral kalsium paling banyak diantara organ tubuh lainnya.
  4. 4. RANGKA TUBUH MANUSIA• Fungsi Rangka : 1. Penyangga dan penunjang tubuh 2. Pelindung organ dalam dan memberi bentuk tubuh 3. Alat pergerakan pasif dan tempat otot melekat 4. Tempat pembentukan sel darah (hematopoiesis) 5. Tempat penyerapan dan pelepasan kalsium
  5. 5. RANGKA TUBUH MANUSIABerdasarkan Letaknya :A. RANGKA APENDIKULAR A. Tulang Tengkorak B. Tulang Badan 1) 1 Tl dahi 1) 7 ruas Tl leher 2) 2 Tl ubun-ubun 2) 12 ruas Tl punggung 3) 1 Tl kepala belakang 3) 5 ruas Tl pinggang 4) 2 Tl pelipis 4) 5 ruas Tl Kelangkang 5) 2 Tl baji 5) 4 ruas Tl ekor 6) 2 Tl tapis 6) Tl dada 7) 2 Tl mata (i) 1 Tl dada bagian hulu 8) 2 Tl air mata (ii) 1 Tl dada bagian badan 9) 2 Tl rongga mata (iii) 1 Tl dada bagian taju pedang 10) 2 Tl pipi 7) 7 ps. Tl rusuk sejati 11) 2 Tl hidung 8) 2 ps. Tl rusuk palsu 12) 2 Tl rahang atas 9) 2 ps. Rusuk melayang 13) 2 Tl rahang bawah 14) 2 Tl langit-langit 15) 2 Tl pangkal lidah
  6. 6. RANGKA TUBUH MANUSIAB. RANGKA APENDIKULAR A. Tulang Anggota Badan B. Tulang Badan 1) 2 Tl lengan atas 1) 2 Tl belikat 2) 2 Tl hasta 2) 2 Tl Selangka 3) 2 Tl pengumpil 3) 2 Tl Usus 4) 2 x 8 Tl pergelangan tangan 4) 2 Tl Duduk 5) 2 x 5 Tl telapak tangan 5) 2 Tl kemaluan 6) 2 x 14 ruas Tl jari tangan 7) 2 Tl paha 8) 2 Tl tempurung lutut 9) 2 Tl kering 10) 2 Tl betis 11) 2 x 7 Tl pergelangan kaki 12) 2 x 5 Tl Telapak kaki 13) 2 x 14 ruas Tl jari kaki
  7. 7. RANGKA TUBUH MANUSIASusunan Rangka Tubuh Manusia :A. Tulang Tengkorak Fungsi tulang tengkorak ada- lah melindungi otak. Tulang tengkorak tersusun atas 22 tulang pipih yang saling ber- hubungan dan membentuk suatu rongga. Tulang tengko- rak dibagi menjadi 2 yaitu tu- lang tengkorak bagian kepala dan tulang tengkorak bagian muka. Tulang tengkorak ba- gian kepala melindungi organ vital kepala seperti otak
  8. 8. RANGKA TUBUH MANUSIAB. Tulang Badan Tulang badan berfungsi untuk menopang tubuh secara keseluruhan. Tulang badan dibagi menjadi 5 yaitu tulang belakang, tulang dada, tulang rusuk, dan tulang gelang bahu, dan tulang gelang panggul. -Tulang Belakang Berperan menyangga tulang tengkorak, menyokong tubuh, menjaga kestabilan tubuh dan tempat melekatnya tulang- tulang rusuk.
  9. 9. RANGKA TUBUH MANUSIA- Tulang dada - Tulang Rusuk Tempat melekatnya tulang Terdiri dari 7 pasang tulang rusuk bagian depan. Terdiri rusuk sejati, 3 pasang tu- dari 3 bagian, yaitu bagian lang rusuk palsu dan 2 psg hulu, badan. Dan taju pedang. tulang rusuk melayang.
  10. 10. RANGKA TUBUH MANUSIA- Tulang Gelang Bahu - Tulang Gelang Panggul Terdiri dari dua tulang belikat Terdiri dari dua tulang panggul, dan dua tulang selangka. dua tulang duduk dan dua tulang Berbentuk segitiga pipih dan kemaluan. memiliki tonjolan yang disebut paruh gagak.
  11. 11. RANGKA TUBUH MANUSIAC. Tulang Anggota Gerak Tulang anggota gerak terdiri dari dua kelompok, yaitu tulang anggota gerak bagian atas dan tulang anggota gerak bagian bawah.-Tulang Anggota Gerak Bagian Atas Terdiri dari dua tulang lengan atas,dua tulang pengumpil, dua tulanghasta, enam belas tulangpergelangan tangan, sepuluh tulangtelapak tangan dan 28 tulang jaritangan.
  12. 12. RANGKA TUBUH MANUSIA-Tulang Anggota Gerak BagianBawahTerdiri dari dua tulang paha, duatulang tempurung lutut, duatulang kering, dua tulang betis,empat belas tulang pergelangankaki, sepuluh tulang telapak kakidan 28 tulang jari kaki.
  13. 13. TULANG DAN FUNGSINYABerdasarkan jenisnya, tulang dibagi menjadi dua yaitu tulang rawan (kartilago) dan tulang keras (osteron) :A. Tulang rawan (kartilago) Tulang rawan adalah tulang yang lunak. Tulang rawan dibentuk oleh sel-sel tulang rawan (kondrosit) dan bahan dasar (matriks). Diantara tulang rawan terdapat banyak zat perekat (kolagen) dan sedikit zat kapur sehingga tulang rawan bersifat lentur dan elastis. Cth: tulang daun telinga, tulang hidung, rangka fetus. Tulang rawan dibagi menjadi tiga yaitu tulang rawan hialin, tulang rawan elastis dan tulang rawan fibrosa.
  14. 14. TULANG DAN FUNGSINYAB. Tulang Keras (Osteon) Matriks tulang yang rapat dan padat akan membentuk tulang keras. Tulang keras berasal dari tulang rawan. Bagian dalam dari tulang berisi sum-sum tulang. Berdasarkan bentuknya tulang keras dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu tulang pendek, tulang pipih dan tulang pipa.
  15. 15. TULANG DAN FUNGSINYAA. Tulang RawanTulang rawan hialin bersifat halus,lentur, transparan dan memilikimatriks yang homogen. Tulangrawan ini terdapat pada permukaanpersendian serta dinding trakea.Tulang rawan elastis bersifat lenturdan matriks memiliki serabut elastisyang bercabang-cabang. Tulangrawan elastis terdapat pada ujunghidung dan daun telinga.
  16. 16. TULANG DAN FUNGSINYAA. Tulang RawanTulang rawan fibrosa bersifatkurang lentur dan matriksmengandung banyak serabut-serabut kolagen. Terdapat di antararuas-ruas tulang belakang dantulang rawan pada lutut.
  17. 17. TULANG DAN FUNGSINYAB. Tulang Keras (Osteon)Tulang pendek berbentuksilinder kecil. Cth: ruas-ruastulang belakang, tulangpergelangan kaki dan tulangpergelangan tangan.
  18. 18. TULANG DAN FUNGSINYAB. Tulang Keras (Osteon)Tulang pipih berbentukpipih dan lebar. Cth: tulangdada, tempurung kepala,tulang rusuk, tulang belikat.
  19. 19. TULANG DAN FUNGSINYAB. Tulang Keras (Osteon)Tulang pipa berbentukpanjang seperti pipa. Cth:tulang paha, tulang betis,tulang lengan atas.
  20. 20. TULANG DAN FUNGSINYAFungsi Tulang : Menyim- Melindungi pan Garam Organ Vital Membantu Mineral Tubuh utk melakukan Produksi pergerakan Memben- eritrosit pd tuk pola sumsum tubuh tulang
  21. 21. SENDIHubungan antartulang disebut artikulasi. Hubungan antartulang yang memungkinkan pergerakan disebut persendian. Berdasarkan dapat dan tidaknya digerakkan, dibedakan atas diartrosis, amfiartrosis dan sinartrosis.1. Amfiartrosis : Hubungan antartulang yang memungkinkan terjadinya gerak yang sangat terbatas. Penghubung antartulang pada amfiartrosis adalah tulang rawan.
  22. 22. SENDI2. Sinartrosis : Hubungan antartulang yang tidak dapat digerakkan sama sekali. Ujung-ujung tulang yang berhubungan diperstaukan oleh serabut jaringan ikat dan mengalami osifikasi sehingga tidak dapat digerakkan.
  23. 23. SENDI3. Diartrosis: Hubungan antartulang yang dapat digerakkan dengan bebas. Diartrosis memudahkan tulang untuk bergerak karena adanya struktur tertentu dan juga dimungkinkan adanya bentuk-bentuk tertentu dari ujung- ujung tulang yang berhubungan. Memiliki struktur yang terdiri dari bonggol sendi, tulang rawan sendi dan mangkok sendi. Berdasarkan arah geraknya, diartrosis terdiri dari lima macam yaitu sendi peluru, sendi engsel, sendi putar, sendi pelana dan sendi geser.
  24. 24. SENDIa. Sendi Peluru : Bentuk hubungan dua tulang yang memungkinkan terjadinya gerakan ke segala arah. Contoh : Sendi antara lengan dan bahub. Sendi Engsel : Bentuk hubungan dua tulang yang hanya memungkinkan gerak ke satu arah. Contoh : Sendi pada siku dan lutut
  25. 25. SENDIc. Sendi Putar : Bentuk hubungan dua tulang yang memung- kinkan tulang yang satu berge- rak mengitari ujung tulang yang lain sehingga terjadi gerak rotasi (memutar). Contoh : Sendi pada leherd. Sendi Pelana : Bentuk hub. dua tulang yg memung- kinkan terjadinya gerakan melengkung dan memutar Contoh :Sendi pada ibu jari
  26. 26. SENDIe. Sendi Geser : Bentuk hubungan dua tulang yang memungkin- kan terjadinya sedikit gerakan atau pergeseran Contoh : Sendi di ruas tulang belakang
  27. 27. OTOT• Otot lurik : otot lurik di sebut juga otot rangka,atau skeletel muscle,karena otot ini menempel di tulang pada manusia. otot ini bekerja secara sadar,dan mudah capai. sel otot ini panjang dan memiliki banyak inti. berikut adalah gambar otot lurik :
  28. 28. OTOT• otot jantung : seperti namanya kita sdah dapat tahu,bahwa otot jantung adalah otot yang menempel pada jantung.otot ini bekerja secara tidak sadar. sel otot ini pendek,dan hanya memiliki satu sel inti. berikut adalah gambar dari sel otot jantung:
  29. 29. OTOT• Otot polos : otot polos adalah otot yang menyusun organ- organ yang penting seperti lambung,dll. otot ini Terletak pada otot usus, otot saluran peredaran darah otot saluran kemih, dan lain lain. otot ini bekerja secara tidak sadar,dan tidak cepat capai.sel otot ini panjang,dan hanya berinti sel satu. berikut adalah gambar dari otot polos:
  30. 30. OTOTKERJA OTOTOtot bekerja karena memiliki kemampuan untuk mengkerut(kontraksi) dan mengembang kembali (relaksasi). Otot akanberkontraksi bila ada rangsang yang mengenai sel otot tersebut.Kerja otot dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:1. Otot sinergis2. Otot Antagonis
  31. 31. OTOT1. Otot antagonis Otot antagonis bekerja secara berlawanan. Contohnyaantara lain:a. Gerakan otot ekstensor (meluruskan) pada otot bisep dangerakan otot fleksor (membengkokkan) pada otot trisep.b. Gerakan otot abduktor (menjauhi badan) dan otot adduktor(mendekati badan) pada gerakan tangan kesamping badanc. Gerakan otot supinator (menengadahkan) dan otot pronator(menelungkup) pada gerakan tangan menelungkup danmenengadahd. Gerakan otot depressor (menurunkan) dan otot elevator(menaikkan) pada gerakan mengangkat bahu ke atas
  32. 32. OTOT2. Otot sinergis. Otot sinergis bekerja secara bersama-sama (mengerut danberkontraksi). Contohnya otot leher pada waktu memutar kepala.BAGIAN-BAGIAN OTOTSuatu otot terdiri atas antara lain:a. tendon g. serabut ototb. serabut otot i. nukleusc. Epimisium j. miofibrild. Perimisium k. sarkomere. Endomisium l. aktinf. Fascicle
  33. 33. OTOTPerbedaan Otot lurik Otot jantung Otot polosGaris (lurik) Ada Ada Tidak adaInti sel Banyak Banyak SatuPosisi Inti Tepi Tengah TengahPercabangan Tidak bercabang Bercabang Tidak bercabangSifat Gerakan Sadar Tidak sadar Tidak sadarKemampuan Cepat,cepat lelah Lambat, tidak cepat Lambat, tidak cepatBerkontraksi lelah lelahBentuk Tabung Lonjong GlendongWarna Merah berlurik-lurik, Merah berlurik-lurik Merah terang gelapContoh Pergelangan tangan Dinding jantung Dinding usus,mata, saluran ekskresi
  34. 34. GANGGUAN SISTEM GERAKKelainan dan penyakit pada tulang dapat menggangu proses gerak yangnormal. Dapat disebabkan oleh infeksi kuman penyakit, kecelakaan,faktor keturunan, kebiasaan sikap tubuh yang salah serta kekuranganvitamin D dan zat kapur.1. Infeksi Kuman Penyakit Kuman penyakit kelamin dapat menyebabkan peradanganpada sendi. peradangan ini menimbulkan rasa sakit bila sendidigerakkan. Ini terjadi karena kekurangan cairan sehingga sendimenjadi kering. Ini disebut artiritis sika. Rongga sendi dapat pulaterisi oleh getah radang yang disebut artritis eksudatif. Umumnyakulit di atas sendi yang mengalami peradangan berwarna merah.Infeksi virus polio dapat menyebabkan gangguan pada tulang.Orang yang terkena penyakit ini dapat menjadi lumpuh. Dapatdicegah dengan imunisasi poilio pada saat bayi.
  35. 35. GANGGUAN SISTEM GERAK2. KecelakaanAkibat kecelakaan, seseorang dapat memgalami retak tulang,patah tulang atau memar. Patah tulang dapat dibedakan menjadidua macam. Bila tulang patah, tetapi otot dan kulit tidak terlukadisebut patah tulang tertutup. Bila tulang patah sehinggamenembus otot dan kulit disebut patah tulang terbuka.Kecelakaan juga dapat menyebabkan robeknya selaput sendi yangdisebut memar. Robeknya selaput sendi yang diikuti oleh lepasnyaujung tulang sendi disebut urai sendi.
  36. 36. GANGGUAN SISTEM GERAK3. Kekurangan vitamin D dan zat kapurDapat menyebabkan gangguan pada proses pembentukan tulang,sehingga tulang kurang keras. Bila kekurangan pada masa anak-anak maka terjadi pembengkokan. Pembengkokan dapat ke arahluar seperti O atau ke arah dalam seperti X. Penyakit akibatkekurangan vitamin D disebut rakhitis.4. Kebiasaan sikap tubuhKebiasaan sikap tubuh, misalnya kebiasaan duduk yang salah dapatmenyebabkan kelainan pada punggung. Tulang belakang yangmelengkung ke arah depan disebut lordosis. Tulang belakang yangmelengkung ke belakang disebut kifosis. Tulang belakang yangmelengkung ke samping disebut skoliosis. Kebiasaan membawabeban di pundak dapat menyebabkan cacat pada tulang.
  37. 37. GANGGUAN SISTEM GERAKA. Kelainan / Gangguan Pada Tulang Belakang / Spinal Manusia1. Kiposis / Kyphosis Kiposis adalah suatu gangguan pada tulang belakang dimana tulang belakang melengkung ke depan yang mengakibatkanpenderita menjadi terlihat bongkok2. Lordosis Lordosis adalah suatu gangguan pada tulang belakang dimana tulang belakang melengkung ke belakang yangmengakibatkan penderita menjadi terlihat bongkok ke belakang.
  38. 38. GANGGUAN SISTEM GERAKA. Kelainan / Gangguan Pada Tulang Belakang / Spinal Manusia3. Skoliosis / Scoliosis / Skeliosis Skoliosis adalah suatu gangguan pada tulang belakang dimana tulang belakang melengkung ke samping baik kiri atau kananyang membuat penderita bungkuk kesamping.4. Sublubrikasi Sublubrikasi adalah kelainan pada tulang belakang padabagian leher yang menyebabkan kepala penderita gangguantersebut berubah arah ke kiri atau ke kanan.
  39. 39. GANGGUAN SISTEM GERAKGambar Gangguan Pada Tulang Belakang / Spinal Manusia
  40. 40. GANGGUAN SISTEM GERAKB. Kelainan / Gangguan Pada Sendi Manusia1. Keseleo / Terkilir / Sprained Terkilir atau keseleo adalah gangguan sendi akibat gerakanpada sendi yang tidak biasa, dipaksakan atau bergerak secara tiba-tiba. Umumnya kesleo bisa menyebabkan rasa yang sangat sakitdan bengkak pada bagian yang keseleo.2. Dislokasi / Dislocation Dislokasi adalah gangguan pada sendi seseorang di manaterjadi pergeseran dari kedudukan awal.
  41. 41. GANGGUAN SISTEM GERAKB. Kelainan / Gangguan Pada Sendi Manusia3. Artritis / Arthritis Artritis adalah radang sendi yang memberikan rasa sakitdan terkadang terjadi perubahan posisi tulang. Salah satu contohartritis yang terkenal adalah rematik.4. Ankilosis / Ankylosis Ankilosis adalah gangguan pada sendi di menyababkansendi tidak dapat digerakkan di mana ujung-ujung antar tulangserasa bersatu.
  42. 42. GANGGUAN SISTEM GERAKC. Kelainan/Gangguan Retak Tulang / Patah Tulang / Fraktura / Fracture Fraktura tulang adalah ratak tulang atau patah tulang yang umumnya terjadi akibat benturan, kelebihan beban, tekanan, dan lain sebagainya. Fraktura tulang sederhana yaitu keretakan tulang yang tidak melukai organ-organ yang ada di sekelilingnya. Fraktura kompleks adalah keretakan tulang yang menyebabkan luka pada organ di sekitarnya.
  43. 43. GANGGUAN SISTEM GERAKD. Kelainan / Gangguan Fisiologik1. Mikrosefalus / Microcephalus Mikrosefalus adalah kelainan pertumbuhan terkorak kepalayang menyebabkan kepala penderita terlihat lebih kecil darinormal.2. Osteoporosis Osteoporosis adalah kondisi di mana tulang rapuh. keroposdan mudah patah. Umumnya osteoporisis disebabkan olehhormon jantan / betina yang kurang sempurna atau akibatkekurangan asupan kalsium untuk tulang.
  44. 44. GANGGUAN SISTEM GERAKD. Kelainan / Gangguan Fisiologik3. Rakitis / Rachitis / Rakhitis Rakitis adalah penyakit tulang yang terjadi akibat kurangvitamin D sehingga umumnya menyebabkan bentuk tulang kakibengkok membentuk huruf O atau X.
  45. 45. TERIMA KASIH

×