Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
PELATIHAN
FISIKA
Langkah Awal
Menghadapi Olimpiade
Bidang Fisika Tingkat
Zainal Abidin
SMAN 3 Bandar Lampung
2014
0
ELATIH...
1
KATA PENGANTAR
Soal-soal Fisika dalam buku kecil ini disusun untuk Pelatihan Fisika menghadapi
Olimpiade Sains Nasional ...
2
DAFTAR ISI
Kata Pengantar 1
Daftar Isi 2
A. Mekanika 3
B. Listrik Statis 11
C. Arus Listrik Searah 15
D. Elektromagnetik...
3
A. MEKANIKA
1. Angin bertiup dengan kecepatan tetap v dalam arah yang ditunjukkan pada
gambar. Dua pesawat terbang mulai...
4
4. Sebuah benda meluncur ke bawah tanpa gesekan dari titik B ke titik C yang
berjarak a dari titik A.
Pada ketinggian h ...
5
8. Kecepatan partikel menurun dalam persamaan lintasan dengan hukum linier
v = vo – at.
Setelah berapa lama partikel aka...
6
12. Sebuah benda dilemparkan ke atas dengan kecepatan awal vo. Hambatan
benda dianggap sebanding dengan kecepatan. Berap...
7
17. Sebuah benda bergerak tanpa gesekan pada permukaan cekung.
Bagaimana arah komponen percepatan normal dan tangensial ...
8
21. Sebuah tabung diisi air yang bergerak horizontal dengan percepatan tetap w.
Bagaimana bentuk yang akan terjadi pada ...
9
Berapakah kerja yang akan dilakukan oleh suatu gaya untuk memindahkan
sebuah benda menjadi lebih besar jika gesekan sama...
28. Pengendara sepeda bergerak dengan kecepatan tetap menuruni bidang
miring. Berapa besar dan arah reaksi bidang miring
2...
11
B. LISTRIK STATIS
1. Tiga muatan ditempatkan di sudut-sudut segitiga siku-siku yang sama sisi-
sisinya, dengan muatan +...
12
4. Dua kawat penghantar panjang tak terhingga saling tegak lurus membawa
muatan yang tersebar merata dengan kerapatan l...
13
8. Dua bola penghantar membawa muatan yang sama. Jarak antar bola tidak
dianggap lebih besar dibanding diamater kedua b...
14
12. Dua kapasitor berukuran sama terhubung seri, yang satu diisi dengan udara
dan yang lain dengan dielektrik dihubungk...
15
C. ARUS LISTRIK SEARAH
1. Dua konduktor, 1-3-5 dan 2-4-6, dihubungkan dengan dengan potensial yang
sama pada rsistor Ra...
16
5. Sebuah konduktor dan semikonduktor dihubungkan paralel.
Pada tegangan tertentu kedua ampere-meter mencatat arus yang...
17
D. ELEKTROMAGNETIKA
1. Arus I1 dan I2 mengalir pada arah yang sama sepanjang dua kawat penghantar
dengan I1 > I2.
Pada ...
18
4. Tiga penghantar dialiri arus listrik yang tegak lurus pada bidang gambar.
Penghatar saling memotong tiga titik pada ...
19
E. JAWABAN
Mekanika
1. = − , karena 2 =
2
√
& 1 =
2
, jadi pesawat mana yang tiba
lebih dulu?
2. = 0 + sin + ( )2 , ara...
20
27. 2 = 1 3
28. ----
29. momentum sudut L = mva, a adalah jarak dari pusat bumi ke stasiun,
bagaimana energinya?
30. --...
21
DAFTAR PUSTAKA
Anugraha, R. 2006. Persiapan Total Menghadapi Olimpiade Fisika Internasional: Mekanika.
Yogyakarta: Gava...
PENULIS
Zainal Abidin, lahir di Sendangagung,
Pringsewu (1987) melanjutkan pada
Pendidikan Fisika (1997) keduanya dari FKI...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Pelatihan Fisika untuk OSN - Zainal Abidin

7,178 views

Published on

Pelatihan Fisika untuk OSN - Zainal Abidin

Published in: Education
  • Dating direct: ♥♥♥ http://bit.ly/36cXjBY ♥♥♥
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Follow the link, new dating source: ❶❶❶ http://bit.ly/36cXjBY ❶❶❶
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Pelatihan Fisika untuk OSN - Zainal Abidin

  1. 1. PELATIHAN FISIKA Langkah Awal Menghadapi Olimpiade Bidang Fisika Tingkat Zainal Abidin SMAN 3 Bandar Lampung 2014 0 ELATIHAN FISIKA enghadapi Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional versi: 0,4 SMAN 3 Bandar Lampung Sains Nasional (OSN)
  2. 2. 1 KATA PENGANTAR Soal-soal Fisika dalam buku kecil ini disusun untuk Pelatihan Fisika menghadapi Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Fisika yang terdiri dari Mekanika, Listrik dan Magnet. Soal-soal yang dipilih adalah soal-soal yang dianggap dapat meningkatkan kemampuan memecahkan soal (problem solving skill) dan kemampuan ini dapat dilatihkan melalui latihan secara terencana, konsisten dan teratur. Soal-soal dikelompokkan dalam (a) Mekanika, (b) Listrik Statis, (c) Arus Listrik Searah dan (d) Elektromagnetika. Kemampuan memecahkan soal-soal Fisika dalam bagian Mekanika, Listrik dan Magnet secara utuh membantu dalam memecahkan soal-soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Fisika. Masukan dan saran membangun untuk perbaikan buku kecil ini dapat dikirimkan ke email: zay.abidin@gmail.com Selamat berlatih, semoga sukses. Gedong Tataan - Pesawaran & Bandar Lampung, 26 Desember 2014 Zainal Abidin
  3. 3. 2 DAFTAR ISI Kata Pengantar 1 Daftar Isi 2 A. Mekanika 3 B. Listrik Statis 11 C. Arus Listrik Searah 15 D. Elektromagnetika 17 E. Jawaban 19 Daftar Pustaka 21 Penulis 22
  4. 4. 3 A. MEKANIKA 1. Angin bertiup dengan kecepatan tetap v dalam arah yang ditunjukkan pada gambar. Dua pesawat terbang mulai terbang dari titik A dan terbang dengan kecepatan tetap c. Satu pesawat terbang melawan arah angin menuju titik B dan kembali lagi ke titik A dan pesawat lainnya terbang titik ke A. Jarak AB dan AC sama. Pesawat yang mana yang lebih dulu ke titik A dan berapakah perbandingan waktu kedua pesawat tersebut? 2. Sebuah motorboat bergerak melintasi sungai yang mengalir dengan kecepatan terhadap arus dan diarahkan pada sudut α tegak lurus arus. Pada sudut θ berapa motorboat bergerak diarahkan pada garis ini? Berapa kecepatan motorboat terhadap sungai? Pada sudut berapa motorboat diarahkan agar searah dengan u dan v? 3. Dari titik A pada suatu tepi saluran dengan air yang tenang seseorang harus mencapai batas B pada tepi sebaliknya. Semua jarak ditunjukkan gambar. Orang menggunakan perahu untuk bepergian ke seberang saluran dan kemudian berjalan untuk untuk mencapai tanah di B. Kecepatan perahu v1 dan orang berjalan v2. Buktikan jalan tercepat orang untuk mencapai dari A untuk B dengan memilih sudut α1 dan α2 sedemikian rupa sehingga sin α1 / sin α2 = v1 / v2.
  5. 5. 4 4. Sebuah benda meluncur ke bawah tanpa gesekan dari titik B ke titik C yang berjarak a dari titik A. Pada ketinggian h (atau sudut α) waktu minimal peluncuran? 5. Waktu bergantung pada panjang lintasan dua benda bergerak lurus ditunjukkan pada kurva masing-masing a dan b. Kurva yang mana yang menunjukkan percepatan benda dan perlambatan benda? 6. Sebuah partikel bergerak sepanjang gars lurus yang kecepatannya berubah- ubah sebagaimana ditunjukkan pada gambar. Pada saat kapan sebagaimana ditunjukkan pada sumbu waktu percepatan maksimum partikel? Bagaimana menggunakan grafik untuk menentukan kecepatan rerata dari t1 ke t2. 7. Sebuah partikel bergerak sepanjang garis lurus yang kecepatannya berubah- ubah terhadap waktu sebagaimana ditunjukkan pada kurva v - t yang menggambarkan setengah elips. Kecepatan minimal vm dan waktu total gerak t. Lintasan apa yang dilakukan partikel dan kecepatan rerata partikel sampai t. Dapatkah gerakan seperti itu benar-benar terjadi?
  6. 6. 5 8. Kecepatan partikel menurun dalam persamaan lintasan dengan hukum linier v = vo – at. Setelah berapa lama partikel akan mencapai titik B yang berada pada sumbu absis berjarak xm dari titik asal koordinat? 9. Kecepatan partikel bertambah menurut hukum linier v = vo + kx. Bagaimana perubahan percepatan selama bergerak? Apakah bertambah, berkurang atau tetap? 10. Gambar menunjukkan "jadwal" kereta api, kelajuan kereta api tergantung pada jarak tempuh perjalanan. Bagaimana grafik ini dapat digunakan untuk menentukan kelajuan rata-rata selama interval waktu kereta untuk menempuh keseluruhan jaraknya? 11. Sebuah batang panjang l terletak pada dinding vertikal yang licin dan bersandar pada lantai. Ujung pada dinding bergerak ke bawah. Apakah ujung lainnya pada lantai bergerak sama juga?
  7. 7. 6 12. Sebuah benda dilemparkan ke atas dengan kecepatan awal vo. Hambatan benda dianggap sebanding dengan kecepatan. Berapa waktu dan tinggi maksimum dicapai? 13. Pada saat tertentu sudut antara vektor kecepatan v dengan vektor percepatan w partikel adalah θ. Apakah gerak partikel untuk perbedaan-perbedaan sudut θ: gerak lurus atau lengkung, dipercepat, tetap atau diperlambat? 14. Suatu partikel bergerak sepanjang sebuah spiral mengembang sedemikian rupa sehingga percepatan normal partikel senantiasa tetap. Bagaimana kecepatan liniar dan kecepatan sudut berubah dalam proses ini? 15. Sebuah partikel bergerak dalam orbit lingkaran dengan percepatan tangensial tetap. Setelah waktu mulai berlalu, partikel mulai bergerak, sudut antara percepatan total ⃗ dengan arah sepanjang jari-jari R, berubah menjadi 450. Berapa percepatan sudut partikel? 16. Di kaki bukit sebuah kecepatan tertentu dikenakan pada sebuah kereta luncur, sebagai hasil kereta luncur bergerak naik ke bukit sampai titik A dan selanjutnya menuruni bukit itu. Bagaiamana arah komponen percepatan normal dan tangensial di titik A?
  8. 8. 7 17. Sebuah benda bergerak tanpa gesekan pada permukaan cekung. Bagaimana arah komponen percepatan normal dan tangensial pada titik terendah? 18. Seorang stunt rider roda satu mengendarai keliling lingkaran arena sirkus yang berjari-jari R. Jari-jari roda satu adalah r dan kecepatan sudut roda satu berputar adalah ω. Berapa percepatan sudut roda satu? (Abaikan bahwa sumbu roda adalah miring.) 19. Suatu cairan dituangkan ke dalam tabung silindris bermassa M (massa di bawah tabung diabaikan) dan tinggi H. Kerapatan linier cairan, yaitu perbandingan massa kolom cairan terhadap ketinggiannya, yaitu δ. Berapakah ketinggian kolom cairan x, dimana pusat gravitasi cairan ditambah tabung pada titik terendah? 20. Sebuah corong berbentuk kerucut diputar dengan kecepatan sudut ω. Sebuah benda diletakkan di dinding dalam kerucut. Benda dapat bebas bergerak sepanjang dinding corong tetapi selama gerakan corong benda dalam keadaan setimbang. Keseimbangan ini stabil atau tak stabil?
  9. 9. 8 21. Sebuah tabung diisi air yang bergerak horizontal dengan percepatan tetap w. Bagaimana bentuk yang akan terjadi pada permukaan air? 22. Suatu cairan ditempatkan dalam tabung silinder. Bagaimana bentuk permukaan cairan jika tabung diputar secara tetap pada sumbunya denga kecepatan sudut ω? 23. Sebuah potongan gabus diletakkan di bawah tabung silinder yang telah diisi dengan air dan berputar pada vertikal dengan suatu kecepatan sudut tetap ω. Pada beberapa saat gabus bebas menuju ke permukaan. Apa bentuk lintasan gerakannya hingga ke permukaan: mendekati dinding atau bergerak ke poros; atau bergerak tegak lurus naik? 24. Sebuah gaya beraksi pada suatu partikel bermassa m bertambah besar hingga mencapai nilai maksimum Fm dan kemudian menurun hingga nol. Gaya bervariasi dengan waktu berdasarkan hukum linier, dan total waktu gerakan adalah tm. Berapa kecepatan sampai akhir interval waktu jika kecepatan awal nol? 25. Sepanjang dua lintasan, garis horizontal ac'b atau garis patah-patah terdiri dari dua bagian lurus (ac dan cb).
  10. 10. 9 Berapakah kerja yang akan dilakukan oleh suatu gaya untuk memindahkan sebuah benda menjadi lebih besar jika gesekan sama untuk ketiga bagian garis lurus? 26. Dua bola bermassa sama bergerak pada sudut 90 derajat dengan kecepatan yang besarnya sama. Pada saat tumbukan vektor kecepatan bola 1 diarahkan sepanjang garis lurus yang menghubungkan pusat kedua bola. Tumbukan elastis sempurna. Gambarkan vektor kecepatan sebelum dan sesudah tumbukan dalam sistem koordinat yang berbeda: (1) sistem koordinat laboratorium (dalam sistem ini kecepatan bola ditetapkan seperti di atas), (2) sistem koordinat dihubungkan dengan pusat massa kedua bola, dan (3) dan (4) dalam sistem koordinat yang dihubungkan ke masing-masing bola. 27. Pusat bola 1, 2 dan 3 terletak pada sebuah garis lurus. Bola 1 bergerak sepanjang garis ini dengan kecepatan awal v1 dan menumbuk bola 2. Bola 2 mendapatkan kecepatan v2 setelah tumbukan dan menumbuk bola 3. Kedua tumbukan elastik sempurna. Berapa massa bola 2 agar bola 3 mendapatkan kecepatan maksimum (massa bola m1 dan m3 bola 1 dan 3 diketahui)?
  11. 11. 28. Pengendara sepeda bergerak dengan kecepatan tetap menuruni bidang miring. Berapa besar dan arah reaksi bidang miring 29. Beberapa satelit tiruan ber lingkaran dengan perbedaan jari Bagaimana energi kinetik, energi potensial dan energi total serta momentum sudut yang tergantung pada jari 30. Sebuah pesawat ruang dan mempertahankan arahnya terhadap Apakah gaya nol dalam 31. Sebuah komet melayang memasuki sitem tata sur jauh. Lintasan komet merupakan sebagian dari bentuk hiperbola. Dapatkah komet menjadi satelit matahari planet-planet sistem tata surya diabaikan? 10 Pengendara sepeda bergerak dengan kecepatan tetap menuruni bidang miring. Berapa besar dan arah reaksi bidang miring? bermassa sama mengelilingi bumi sepanjan lingkaran dengan perbedaan jari-jari. Bagaimana energi kinetik, energi potensial dan energi total serta momentum sudut yang tergantung pada jari-jari orbit? ebuah pesawat ruang angkasa mengelilingi bumi sepanjang orbit lingkaran arahnya terhadap bumi. dalam pesawat mutlak dalam kasus ini? Sebuah komet melayang memasuki sitem tata surya dari ruang angkasa yang Lintasan komet merupakan sebagian dari bentuk hiperbola. Dapatkah komet menjadi satelit matahari S jika interaksi komet dengan planet sistem tata surya diabaikan? Pengendara sepeda bergerak dengan kecepatan tetap menuruni bidang sama mengelilingi bumi sepanjang orbit Bagaimana energi kinetik, energi potensial dan energi total serta momentum orbit lingkaran ya dari ruang angkasa yang jika interaksi komet dengan
  12. 12. 11 B. LISTRIK STATIS 1. Tiga muatan ditempatkan di sudut-sudut segitiga siku-siku yang sama sisi- sisinya, dengan muatan + Q dan - Q dan sebuah muatan + 2Q di sudut siku- sikunya. Tentukan jumlah vektor medan yang dihasilkan oleh muatan-muatan ini di titik tengah-tengah hipotenusa. 2. Dua muatan yang sama ditempatkan pada titik a dan b. Medan listrik yang kuat dipasang di sebelah kanan Qb pada garis yang melewati kedua muatan yang bervariasi sebagaimana ditunjukkan secara skematik pada gambar (tidak dengan skala yang tepat). Medan dianggap positif jika searah dengan sumbu-x positif. Jarak antar muatan adalah l. Tentukan tanda muatan-muatannya, dan ingatlah bahwa kuat medan pada titik x1 sama dengan nol, perbandingan nilai mutlak muatan Qa dan Qb, dan koordinat titik x2 dimana kuat medannya maksimal. 3. Dua muatan yang sama a dan b dimana kuat medannya sama tempatkan pada jarak satu dengan lainnya. Anggap kuat medan positif searah sumbu-x positif. Tentukan tanda muatan-muatannya untuk masing-masing sebaran kuat medan antar muatan-muatannya sebagaimana ditunjukkan pada gambar (a), (b), (c) dan (d).
  13. 13. 12 4. Dua kawat penghantar panjang tak terhingga saling tegak lurus membawa muatan yang tersebar merata dengan kerapatan linier 1 dan 2 ditempatkan pada jarak a satu sama lain. Bagaimana hubungan antar kawat penghantar dengan a? 5. Pada jarak r dari sebuah kawat penghantar lurus tak terhingga dengan distribusi muatan linier sama terdapat sebuah dipol dengan momen listrik Pel sepanjang garis gaya yang menyatakan medan listrik yang dibangkitkan oleh kawat pada titik dimana dipol berada. Anggap lengan dipol sangat kecil dibanding jarak r, tentukan gaya dimana medan beraksi pada dipol. 6. Sebuah dipol listrik ditempatkan antara titik muatan dengan plat penghantar yang tersebar muatan yang sama. Pada arah mana dipol bergerak? 7. Sebuah bola logam kecil tak bermuatan digantung sepanjang kawat bukan penghantar antara ruang vertikal kapasitor plat sejajar, ruang terbuka untuk plat yang satu dengan lainnya. Bagaimana yang terjadi pada kedua plat?
  14. 14. 13 8. Dua bola penghantar membawa muatan yang sama. Jarak antar bola tidak dianggap lebih besar dibanding diamater kedua bola. Dalam kasus yang mana gaya interaksi antar bola menjadi lebih besar: ketika muatan kedua bola sama (gambar a) atau berbeda (gambar b)? 9. Sebuah titik dikelilingi oleh dua lapisan lingkaran (gambar a) dengan kuat medan listrik sebagai fungsi jarak yang memiliki bentuk sebagaimana ditunjukkan gambar b (dalam skala log-log). Pada lapisan yang mana (dalam atau luar) konstanta dielektrik lebih besar dan apakah faktornya? 10. Ruang antara plat kapasitor plat paralel diisi dengan cairan dielektrik dengan konstanta dielektrik ε1. Sebuah dielektrik padat dengan konstanta dielektrik ε2 dimasukkan dalam cairan. Garis-garis gaya terbentuk sebagaimana ditunjukkan pada gambar. Yang manakah dari dua dielektrik yang lebih besar? 11. Empat kapasitor C1, C2, C3 dan C4 dihubungkan sebagaimana ditunjukkan pada gambar. Beda potensial yang digunakan antara titik A dan B. Apa yang akan terjadi hubungan kapasitansi kapasitor jika beda potensial antara titik a dan b nol?
  15. 15. 14 12. Dua kapasitor berukuran sama terhubung seri, yang satu diisi dengan udara dan yang lain dengan dielektrik dihubungkan dengan sebuah sumber tegangan. Kapasitor mana yang lebih besar tegangan yang digunakannya? 13. Hubungan antara perpindahan listrik dengan kuat medan lstrik dalam sebuah ferolistrik diberikan oleh kurva polarisasi primer dan loop histeristis. Adakah yang menunjukkan titik pada loop histeristis dimana konstanta dielektrik sama dengan nol atau sama dengan tak terhingga? 14. Sebuah kapasitor plat paralel bermuatan bergerak terhadap sistem koordinat dengan kecepatan ⃗ sejajar terhadap kedua plat. Berapa perbandingan medan listrik antara kedua plat dalam sistem koordinat ini terhadap besaran yang sama dalam sistem koordinat dimana kapasitor diam?
  16. 16. 15 C. ARUS LISTRIK SEARAH 1. Dua konduktor, 1-3-5 dan 2-4-6, dihubungkan dengan dengan potensial yang sama pada rsistor Ra dan Rb, sehingga tidak ada arus mengalir melaluinya. Akankah arus mengalir melaluinya dan melalui bagian 3-4 jika saklar K ditutup? Akankah hambatan ini mengubah dalam pembacaan ampere-meter? 2. Berapa perubahan yang terbaca pada ampere-meter jika saklar K ditutup? 3. Dua resistor R1 dan R2 dihubungkan seri, juga dua kapasitor C1 dan C2. Dua sistem tersebut dihubungkan paralel dan sebuah tegangan dihubungkan pada sistem baru ini (lihat sesuai gambar). Bagaimana hubungan R1, R2, C1 dan C2 jika beda potensial antar titik a dan b nol? 4. Dua belas penghantar dihubungkan dengan cara membentuk sebuah kubus dan sebuah GGL dihubungkan pada sebuah sisi kubus. Sebuah besar hambatan dan GGL diketahui. Ada delapan sambungan (delapan sisi kubus) dan enam loop (enam bidang kubus) dalam rangkaian. Susunlah persamaan untuk menentukan semua arus listrik dalam rangkaian.
  17. 17. 16 5. Sebuah konduktor dan semikonduktor dihubungkan paralel. Pada tegangan tertentu kedua ampere-meter mencatat arus yang sama. Bagaimana kondisi yang terjadi jika tegangan sumber arus DC dinaikkan?
  18. 18. 17 D. ELEKTROMAGNETIKA 1. Arus I1 dan I2 mengalir pada arah yang sama sepanjang dua kawat penghantar dengan I1 > I2. Pada tiga daerah mana I, II atau III dan pada jarak berapa penghantar yang berarus I1 induksi magnetiknya sama dengan nol? 2. Dua kawat penghantar saling tegak lurus bearus listrik I1 dan I2 berada pada satu bidang. Tentukan tempat sebuah titik dimana medan mangetiknya sama dengan nol. 3. Arus listrik yang sama mengalir pada tiga penghantar: (a) sebuah lingkaran yang berjari-jari R (gambar a), (b) penghantar panjang tak terhingga yang membentuk lingkaran berjari-jari sama R (gambar b) dan (c) seperti pada (b) tetapi dipisahkan pada titik sentuh penghantar dan lingkaran (gambar c). Tentukan persamaan medan magnetik pada masing-masing pusat lingkaran panghantar.
  19. 19. 18 4. Tiga penghantar dialiri arus listrik yang tegak lurus pada bidang gambar. Penghatar saling memotong tiga titik pada bidang pada satu garis lurus membagi jarak yang sama dari penghantar yang di tengah. Arah arus pada penghantar yang di luar menjauhi pembaca sedangkan penghantar di tengah mendekati pembaca. Bagaimana arah vektor magnetik pada titik dalam garis lurus yang tegak lurus yang melewati ketiga penghantar dalam bidang gambar dan dipisahkan dari penghantar yang tengah dengan jarak yang sama pada penghantar dan dua penghantar yang di luar. Besar semua arus listriknya sama. 5. Arus listrik mengalir searah jarum jam pada loop bujur sangkar. Di sekitar bidang loop mengalir arus listrik pada kawat lurus (lihat gambar). Bagaimana loop bergerak akibat medan magnet yang diakibatkan aliran listrik pada kawat lurus dan bagaimana bentuk loop berubah akibat medan ini? 6. Sebuah loop penghantar berarus listrik ditempatkan dalam medan listrik yang tak sama. Bagaimana ia akan bergerak sebagai akibat dari medan ini?
  20. 20. 19 E. JAWABAN Mekanika 1. = − , karena 2 = 2 √ & 1 = 2 , jadi pesawat mana yang tiba lebih dulu? 2. = 0 + sin + ( )2 , arahnya bagaimana? 3. 1 = √ & 2 = ( ) 4. = 2 .co , berapakah sudut α? 5. kurva (a): percepatan negatif & kurva (b): percepatan, mengapa? 6. secara analitik via integral, kecepatan rerata <v> = ∫ , percepatan maksimumnya? 7. 4 , gerak tidak dapat direalisasikan. 8. = ( − ), sehingga xm dicapat saat t −> ∞. 9. percepatan bertambah 10. via kalkulus tentukan t dan <v>, bila diperlukan rekonstruksi grafik 1/v vs x. 11. kecepatan arah mendatar dan lenyap pada saat y = 0, mengapa? 12. = 1 ln( + ) & ℎ = 1 0 − ln( − ) 13. vektor kecepatan dapat dikomposisi dalam dua komponen percepatan: tangensial searah dengan garis lurus yang sama dengan kecepatannya dan normal yang tegak lurus kecepatannya, gerak apa yang ditunjukkan pada vektor-vektor kecepatan dan percepatan itu? 14. ωn = v2/R = ω2R 15. ω = εt, ε = 1/t2 16. ada gaya yang berperan, apa? 17. hanya ada gaya gravitasi dan gaya aksi dari benda 18. ε = ω2r/R 19. = ± + − , tentukan pusat massa dengan ℎ = + − 20. keseimbanagan tak stabil, mengapa? 21. permukaan air merupakan sebuah bidang tegak lurus terhadap jumlah dua gaya, gaya apakah itu? 22. putaran paraboloid, mengapa? 23. mendekati dinding, mengapa? 24. v = 2 25. W = ac’mgk 26. ----
  21. 21. 20 27. 2 = 1 3 28. ---- 29. momentum sudut L = mva, a adalah jarak dari pusat bumi ke stasiun, bagaimana energinya? 30. --- 31. --- Listrik Statis 1. ---- 2. ---- 3. ---- 4. = 2 5. = − 2 6. = − 2 7. ---- 8. ---- 9. lapisan dalam 10. zat padat 11. C1/C3 = C2/C4 12. tegangan lebih besar pada kapasitor udara 13. ada gunakan relasi = 14. = Arus Listrik Searah 1. penutupan K akan meningkatkan arus pada amperemeter 2. arus pada amperemeter lebih besar 3. tegangan konduktor lebih besar dari tegangan semikonduktor 4. hukum Kirchoff: 7 persamaan sambungan dan 5 persamaan bidang kubus 5. resistansi konduktor naik dan resistansi semikonduktor turun Elaktromagnetika 1. = 2. = 3. Bb = 1,32 Ba, Bc = 0,68 Bb 4. nol 5. menjadi loop lingkaran 6. gunakan fakta bahwa torsi dan gaya keduanya bekerja pada loop
  22. 22. 21 DAFTAR PUSTAKA Anugraha, R. 2006. Persiapan Total Menghadapi Olimpiade Fisika Internasional: Mekanika. Yogyakarta: Gava Media. Bukhovtsev, B; Krivchenkov, V; Myakishev, G & Shalvov, V. 1978. Problems in Elementary Physics. Moscow: Mir Publishers. Cahn, S., Nadgorny B. A. 2004. Guide to Physics Problems. Part 1, Mechanics, Relativity, and Electrodynamics. New York: Kluwer Academic Publishers. Cutnell, J. D. & Johnson, K. W. 2007. Physics. 9th edition. New York: John Wiley & Sons, Inc. Damriani & Abidin, Z. 2008. Rumus-rumus Fisika SMA. http://www.scribd.com/doc/2871388/Fisika-Rumusrumus-Fisika-SMA. Irodov, I .E. 1998. Problems in General Physics. Moscow: Mir Publishers. Kalda, J. 2012. Rumus-rumus untuk IPhO. Terjemahan: Zainal Abidin. http://www.ipho2012.ee/physicscup/formula-sheet/ Kamal, A. A. 2010. 1000 Solved Problems in Classical Physics. New York: Springer. Kanginan, M. 2010. Fisika SMA: Menyongsong Olimpiade Sains Nasional. Yogyakarta: Intersolusi Pressindo. Korsunsky, B. 1995. Braintwisters for physics students. The Physics Teacher. Vol 33 December 1995. pp: 550-553. Krotov, S.S (ed). 1986. Aptitude Test Problems in Physics. New Delhi: CBS Pub & Dist. Morin, D. 2007. Introduction to Classical Mechanics With Problems and Solutions. United Kingdom: Cambridge University Press Surya, Y. 2010. Matematika sebagai Alat Bantu. Tangerang: PT Kandel. Surya, Y. 2010. Mekanika dan Fluida 1. Tangerang: PT Kandel. Surya, Y. 2010. Mekanika dan Fluida 2. Tangerang: PT Kandel.
  23. 23. PENULIS Zainal Abidin, lahir di Sendangagung, Pringsewu (1987) melanjutkan pada Pendidikan Fisika (1997) keduanya dari FKIP Sejak 1992 menjadi guru fisika di SMAN 3 Bandar Lampung. guru fisika SMP Islam Sendangasri, Sendangagung Kab. Lampung Tengah 1998-2000 mengajar juga di SMAN 1 Kedondong Kab. dan Yohanes Dwi Nugroho menjadi pemenang kedua Lomba Pendidikan Lingkungan Hidup (2000). Juara kedua Lomba Karya Tulis Lampung, LPMP Lampung (2007). Nasional IPB Bogor (2010). Juara kedua Lomba Inovasi Mathematics (STEM) FMIPA IPB Bogor (2013). http://www.scribd.com, antara lain: 1. Fisika Sedikit Angka Rumus, 3. Ayo Belajar Fisika, 5. TinjauanTerhadap Profesionalisme Guru Fisika 7. 101 Fakta Fisika, 8. Riset untuk Remaja, Kelas, 10. Dimanakah Engkau Guru Profesional? dan Beberapa tulisannya juga ada di seratus tulisan lainnya ada di 22 lahir di Sendangagung, Lampung Tengah,1969. Setelah lulus SMAN 1 Pringsewu (1987) melanjutkan pada D3 Pendidikan Fisika (1990) dan S1 Penyetaraan (1997) keduanya dari FKIP Universitas Lampung, Bandar Lampung. menjadi guru fisika di SMAN 3 Bandar Lampung. Antara 1990-1992 menjadi Sendangasri, MTs Al Mu’allimin Sendangrejo, MA Ma’arif Kab. Lampung Tengah dan SMAN 1 Sukoharjo Kab. Pringsewu. mengajar juga di SMAN 1 Kedondong Kab. Pesawaran. Bersama Iyan Ibrani Nugroho menjadi pemenang kedua Lomba Pembuatan Modul Pendidikan Lingkungan Hidup Tingkat Provinsi Lampung berjudul Air untuk (2000). Juara kedua Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat SMA bagi Guru Tingkat Provinsi (2007). Guru Teladan Tingkat Nasional versi Pesta Bogor (2010). Juara kedua Lomba Inovasi Science,Technology, Engineering and FMIPA IPB Bogor (2013). Beberapa tulisannya di ttp://www.scribd.com, antara lain: 1. Fisika Sedikit Angka, 2. Memahami Fisika Tanpa , 4. Internet untuk Pembelajaran Fisika yang Menyenangkan 5. TinjauanTerhadap Profesionalisme Guru Fisika, 6. Fisika Physik Interaktiv, , 8. Riset untuk Remaja, 9. Butir-butir Penting Penelitian Tindakan 10. Dimanakah Engkau Guru Profesional? dan 11. Rumus-rumus Fisika SMA. Beberapa tulisannya juga ada di http://slideshare.net, http://academia.edu dan se di http://kompasiana.com/ZainalAbidinMustofa. Setelah lulus SMAN 1 D3 Pendidikan Fisika (1990) dan S1 Penyetaraan Universitas Lampung, Bandar Lampung. 1992 menjadi Ma’arif SMAN 1 Sukoharjo Kab. Pringsewu. Pesawaran. Bersama Iyan Ibrani Pembuatan Modul Air untuk Kehidupan Ilmiah Tingkat SMA bagi Guru Tingkat Provinsi Pesta Sains Engineering and 2. Memahami Fisika Tanpa enyenangkan, Physik Interaktiv, Penelitian Tindakan rumus Fisika SMA. dan sekitar .

×