Cara-cara untukPenyembuhan Luka Batin

19,264 views

Published on

Untuk Kegunaan diri sendiri terutama yang ingin mengetahui diri sendiri dengan lebih terperinci. Dan Cara ini dapat menolong kita sendiri untuk sembuh daripada luka batin kita. Semoga apa yang dikongsikan disini dapat membantu sesama kita.

Published in: Spiritual
3 Comments
6 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
19,264
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
431
Comments
3
Likes
6
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Cara-cara untukPenyembuhan Luka Batin

  1. 1. Tema: Penyembuhan Batin dan Luka Batin
  2. 2. Setiap kita, manusia, mempunyai alam bawah sadar. Alam bawah sadar, seperti komputer yang dapat merakam segala pengalaman dan peristiwa yang pernah dialami selama hidup di dunia ini, baik peristiwa ataupengalaman yang menyenangkan (positif) maupun yang menyakitkan (negatif).
  3. 3. Masa-masa yangbermulanya untuk luka batin:
  4. 4. 1. Masa dalam KandunganAlam bawah sadar sudah dapatmerakam sejak kita beradadalam kandungan. Jadi, apayang dialami dan dirasakanoleh sang ibu, si janin sudahikut merasakan dan apa yangdirasakan ini terakam dalamalam bawah sadarnya
  5. 5. Maka dari itu, apabila sang ibu yangsedang mengandung mendapatkankasih sayang dari orang-orangdisekitarnya, ini akan mempengaruhisi bayi yang ada dalam kandungannantinya.
  6. 6. Demikian pula bila pada masakehamilannya dia mendapatkan perlakuanyang kurang wajar ataupun kesedihan-kesedihan yang dialaminya, maka inipunakan sangat berpengaruh bagi si bayi.Lebih-lebih lagi, bila bayi dalam kandunganmendapat penolakan atau tidakdikehendaki dilahirkan atau malah pernahakan digugurkan tetapi tidak berhasil. Inisangat-sangat berpengaruh pada si anakpada masa akan datang.
  7. 7. Anak yang pada masa dalamkandungan mendapat penolakanseringkali mengakibatkan si anakmenjadi pemberontak, penakut,marah tanpa alasan, dan lain sebagainya.
  8. 8. Atau bila si ibu pada masakehamilannya, dia mengalamitekanan, rasa kuatir dan putus asa,maka si anak juga akan membawaperasaan-perasaan yang dialami si ibu.
  9. 9. 2. Masa KelahiranSaat kelahiran adalah saat-saat yang singkattetapi pada saat-saat yang singkat itupuntidak luput dari bebasnya akar luka batin.Mungkin terjadi kelahiran yang sulit, dan bilaterjadi demikian biasanya menjadikan si anakkurang percaya diri, takut tampil di mukaumum, atau juga sering merasa bersalah.Atau kelahiran prematur, si anak akan seringmerasa minder, tidak berdaya, dan selalubergantung dengan orang lain.
  10. 10. 3. Masa BayiBayi yang seringkali ditinggal oleh orangtuanya (karena kesibukan orang tua) dandiserahkan kepada pembantu, akanmembuat si anak mencari perhatian dariorang lain, karena pada waktu bayikurang perhatian dan kasih sayangsehingga nantinya akan mencari sesuatuyang kurang itu dalam diri orang lain.
  11. 11. 4. Masa Kanak-kanakMasa kanak-kanak juga menjadi masa yangrawan untuk luka batin. Sebagai contoh, ceriteraseorang gadis lagi yang semasa kecilnyaseringkali mendengar dan menyaksikanpertengkaran orang tuanya. Ketika peristiwatersebut terjadi, dia merasa sangat ketakutan dansebagai anak-anak dia tidak dapat melakukanapa-apa untuk mencegah pertengkaran itu, yangbisa dia lakukan hanyalah menangis.
  12. 12. Ternyata peristiwa ini sangatmembekas dalam pikiran danhatinya sehingga pada masadewasa, bila dia mendengar suatukeributan-keributan dia akanmerasa sangat ketakutan dan takjarang dia akan menangis bilamendengar keributan itu.
  13. 13. Akan tetapi, setelah penyembuhanbatin dengan mengampuni keduaorang tua dan peristiwa tersebut,maka dia dilepaskan dari ketakutannya.
  14. 14. 5. Masa Remaja atau DewasaMasa remaja ataupun masa dewasa(sekarang) pun juga masih dapat menjadiakar dari luka batin. Misalnya seorangyang pernah dilecehkan atau pernahdiperkosa. Trauma dan peristiwa yangmenyakitkan itu akan sangat membekasdan bisa membuat dia antipati denganlawan jenis sehingga dia menjadi takutmenikah.
  15. 15. 6. METODE PENYEMBUHAN LUKA BATINDengan contoh-contoh pengalaman sepertiyang disebutkan diatas, dapat diketahuibahwa efek dari luka batin selainmempersulit dan mempengaruhi dalamkehidupan bersama orang lain.
  16. 16. Juga, yang paling dapat dirasakanadalah hilangnya kedamaian dalamhati. Melalui penyembuhan luka batinmaka kedamaian yang hilang itu akandapat diperolehnya kembali.
  17. 17. Kedamaian yang sejati adalah yangdari Yesus sendiri, maka denganpenyembuhan batin yang didasarkanatas kasih Allah dan denganpengucapan syukur kepada-Nya makaakan mengembalikan damai yang dariYesus yang mengatasi segalapersoalan (Fil 4:7).
  18. 18. Penyembuhan tidak akan terjadi hanya darisatu pihak saja. Kedua belah pihak harusada, yaitu si penderita dan Tuhan sendiri.Kita tahu pasti bahwa Tuhan selalu terbukabagi anak-anak-Nya yang datang mohonkesembuhan, jadi tinggal dari pihak yangterluka yang harus bekerjasama denganrahmat kesembuhan dari Tuhan. Maka dariitu, dalam penyembuhan ini ada syarat-syarat untuk mendapatkan kesembuhan,syarat tersebut antara lain:
  19. 19. 1.Kemauan dari si penderita untuk sembuh. Tuhan sendiri tidak dapat memaksakanrahmatkesembuhan bagi seseorang (Yoh 5:6).
  20. 20. 2. Semangat untuk mengampuni, karenaorang yang tidak mau mengampuni berartimenghalangirahmat Allah. Pengampunanadalah syarat mutlak untuk mendapatkanpenyembuhan (Mrk11:25-26).Pengampunan di sini adalah mengampuniorang yang telah melukaihatinya,mengecewakannya, membencinyadan lain-lain. Pengampunan pertama-tamaadalah soalkeputusan dan bukan perasaan.
  21. 21. 3. Bila ada dosa, pertama-tama sipenderita harus diajak untuk bertobatterlebih dahulu dan diaharusmempunyai keinginan untuk bertobatkarena dosa dapat menghalangi karyaTuhan.
  22. 22. 4. Memiliki iman, meski kadang-kadang hal ini tidak mutlak, karenaadakalanya Yesus jugamenyembuhkan orang yang belummemiliki iman. Hal ini dilakukan olehYesus agar nama Bapadimuliakanmelalui karya penyembuhan tersebut.
  23. 23. Dalam doa penyembuhan batin harus adasikap keterbukaan dari si penderita kepadaorang yang akan mendoakan. Sebelummemulai doa penyembuhan batin, dicaridahulu akar-akar terdalam dari luka batinyang menjadi induk dari luka batin tersebut.Setelah ditemukan apa akarnya, bisa berdoadengan imajinasi iman, yaitu denganmengenangkan kembali peristiwa pahit yangtelah terjadi dalam kehidupannya dankemudian menghadirkan Yesus dalamperistiwa itu.
  24. 24. Memang cara ini belum tentu semua orangbisa masuk dalam peristiwa pahitnya.Terlebih bagi yang mempunyai luka yangteramat dalam sehingga sangat sulit dantidak mampu untuk membayangkannya,kadang baru mulai membayangkan sudahketakutan pada rasa sakit yang pernahdialaminya itu. Bagi kasus yang demikian,si pendoa harus mengambil alih denganmemohon kepada Yesus untuk menuntunkembali ke masa lalunya.
  25. 25. Pendoa bisa membayangkan kembaliperistiwa tersebut bersama Yesus,berdasar dari cerita si penderita denganberimajinasi dengan suara keras kemudiansi penderita mengikuti tuntunan dari sipendoa. Dalam doa bisa membangkitkaniman si penderita dan iman si penderitasendiri bisa melepaskan kuasa Tuhan untukpenyembuhan.
  26. 26. Metode atau cara penyembuhan batin iniadalah sarana manusiawi yang didasarkanpada suatu pengalaman tertentu, namunmetode bukanlah hal yang mutlak harusdilakukan dan dipaksakan, karena padadasarnya karya penyembuhan adalahmerupakan karya Roh Kudus. Oleh sebabitu, dalam doa penyembuhan batin iniperanan pendoa sebenarnya hanya sebagaikatalisator dan sesungguhnya yangmenjadi penyembuh adalah Tuhan Yesussendiri.
  27. 27. Suatu hal yang menarik dan sulituntuk dimengerti dengan pikiran kitamanusia adalah ketika penyembuhanberlangsung, ternyata Tuhan tidaksaja menjamah dan menyembuhkan sipenderita tetapi juga menjamah orangyang melukai penderita sehinggakembali memulihkan hubungandiantara mereka.
  28. 28. Apabila sudah disembuhkan dari luka-luka batinnya maka tidak perlu untukmengingatnya lagi. Lebih baikmengingat kasih Tuhan yang telahmenyembuhkan dan memulihkan,sehingga itu dapat menjadi kekuatanyang luar biasa dalam kehidupanselanjutnya.
  29. 29. Sebenarnya sikap yang benar dariseorang Kristen adalah meyakinibahwa kita bukanlah produk daripengalaman masa lalu, tetapi hasilbaru dari karya Kristus di kayu Salib.Oleh karena itu, di dalam Kristus kitaadalah ciptaan sehingga semuatrauma masa lalu sudah lenyap danberlalu.
  30. 30. Luka Batin adalah luka yang terjadipada lapisan batin yang terdalamakibat suatu tekanan yang terjadisecara luar biasa berat atau terjadisecara terus menerus. Batin yangterluka akan menimbulkan kesedihanyang mendalam, perasaan tidakmenentu, kemarahan, kejengkelan,hidup tidak terarah, sesekali timbulkeinginan mengakhiri hidup yangterasa pahit.
  31. 31. Matahari pagi yang bersinar indahmenjadi tidak berarti, semua tampakkelam kelabu. Luka batin pada orangdewasa biasa terjadi karena masalahasmara, cinta tak terbalas, putus cintaatau dikhianati pasangan. Masaremaja adalah masa yang sangatrentan terjadinya luka batin karenaasmara.
  32. 32. Dorongan kuat untuk memiliki dandimiliki oleh pasangan lawan jenismenyebabkan remaja putri terkadangrela melakukan apapun yangdiinginkan oleh pacar, bahkanhubungan seksual sebelum nikah.Putus cinta yang terjadi pada remajaputri yang sudah menjalin hubunganterlalu dalam akan menimbulkan lukabatin sangat parah.
  33. 33. Keluarganyapun tidak luput akanterimbas dengan penderitaan ini.Masalah hukum juga akanmengakibatkan luka batin yang luarbiasa berat pada orang dewasa. Lukabatin juga bisa terjadi pada anak, danhal ini justru luput dari perhatianorang tua. Sulit konsentrasi,pembangkang, hiperaktif, sulitkomunikasi adalah gejala awal dariadanya luka batin anak.
  34. 34. 7.BATIN SADAR - BATIN BAWAH SADARManusia bukanlah melulu tubuh FISIKyang terdiri seonggok tulang, daging dandarah. Ada sesuatu yang mengerakantubuh fisik ini yaitu Jiwa / Spirit. Denganadanya jiwa terjadilah kehidupan dalamtubuh, sehingga tubuh fisik bisa bergerak,bernapas, makan, minum, danberkembang biak.
  35. 35. Inilah yang disebut mahluk hidup.Kalau hanya bergerak danberkembang biak manusia tidakberbeda dengan hewan, ada hal lainyang membuat manusia bisa lebihmaju dibandingkan mahluk hiduplainnya di bumi ini yaitu PIKIRAN.
  36. 36. Dengan pikirannya manusia menjadimaju, menciptakan teknologi,menguasai bumi bahkan melakukanpenjelajahan ke ruang angkasa.
  37. 37. Manusia adalah satu kesatuan yangutuh dalam Tubuh Fisik, Pikiran danJiwa. Tuboh - Pemikiran - Roh. Ketigahal ini berkaitan dan salingmempengaruhi satu sama lain,kesehatan tubuh Fisik dipengaruhi danmempengaruhi kesehatan Pikiran danJiwa. Demi juga hal yang sebaliknya.Ketiga hal tersebut tidak bolehterpisahkan dan saling mempengaruhidalam kehidupan manusia.
  38. 38. Luka batin terjadi pada level Pikirandan Roh, luka yang tidak terlihattetapi bisa mengakibatkan hal yangfatal. Dengan terganggunya kesehatanbatin secara otomatis terganggu jugakesehatan fisik, dengan munculnyapenyakit fisik tanpa sebab yang jelasseperti Migrain, Gangguan FungsiTiroid, penyakit syaraf, bahkan kanser.
  39. 39. 8.BAGAIMANA BOLEH TERJADI LUKA BATIN ?
  40. 40. Kalau dilakukan komparasi dengansistem kerja komputer, batin bawahsadar adalah Hard Disk yang berisikansemua memori data base untukpengoperasian komputer secarakeseluruhan.
  41. 41. Batin sadar adalah operating system,soft ware untuk melakukan proseskerja dengan menyimpan danmengambil data pada hard disk.Kapasitas proses data batin sadarsangat terbatas, berbeda dengankapasitas proses data dari batinbawah sadar yang tidak terbatas.
  42. 42. Luka batin bisa disamakan denganadanya "bad sector" pada hard diskkarena serangan virus. Akibat adanyavirus pada komputer akanmenyebabkan komputer tidak bisaberjalan dengan semestinya bahkanbisa rusak. Hal yang sama juga terjadipada batin manusia.
  43. 43. Karena adanya suatu kejadian buruk yangmenimpa seseorang boleh mengakibatkanluka / trauma pada batin bawah sadar.Jika terjadi luka pada tubuh fisik akansegera terlihat jelas gejalanya sepertidarah mengucur, bengkak dan rasa sakitsehingga kita dapat segera melakukantindakan pengobatan dengan memberikanobat luka, antibiotik dsb.
  44. 44. Tetapi apabila terjadi luka didalambatin yang tidak terlihat dan kemudiandiabaikan akan terjadi mekanismepertahanan diri dari batin bawah sadardengan segera menutup rapat memoritrauma tersebut.
  45. 45. Hal itu memang berguna sebagaipertahanan diri sesaat, sehingga rasa sakitbatin akibat trauma tidak berlanjut. Yangmenjadi masalah adalah apabila kejadiantrauma yang sudah terpendam rapat padabatin bawah sadar secara tidak sengajaterpicu muncul kembali, dan akan direspon oleh batin sadar sehingga timbulberbagai penyakit akibat trauma masa lalu.
  46. 46. 9.KEADAAN PENYEBAB LUKA BATIN
  47. 47. Pada orang dewasa kejadian yang bisamenyebabkan luka batin : Putus Cinta Dikhianati pasangan hidup Perlecehan seksual / Pemerkosaan Kematian orang yang dicintai Keguguran Tersangkut masalah hukum
  48. 48. Masa kanak kanak yang seharusnyamenjadi masa paling bahagia dalamkehidupan seseorang tetapi terkadangjustru terjadi hal yang mengakibatkanluka batin seperti :
  49. 49. Harapan orang tua terhadap anak yang terlalutinggiPerlecehan seksual terhadap anakTekanan lingkungan sosial Perceraian orang tuaKetidak perdulian orang tua terhadap anak
  50. 50. Kekerasan terhadap anakKetidak harmonisan hubungan orang tua
  51. 51. 10. GEJALA LUKA BATINTerjadi beberapa perubahan kondisi emosional,motivasi, perilaku motorik dan kognitif seperti : - Selalu merasa sedih, muram, terpuruk, depresi - Menangis tanpa sebab - Mudah tersinggung
  52. 52. • Gelisah, tidak sabar• Tidak termotivasi• Selalu merasa malas dan sulit bangunpagi• Tidak berminat pada kegiatan seksual• Bergerak atau berbicara dengan lebihperlahan daripada biasanya• Perubahan dalam kebiasaan tidur (tidurterlalu banyak atau terlalu sedikit, bangunlebih awal dari biasanya dan merasakesulitan untuk kembali tidur di pagi buta )•
  53. 53. Perubahan dalam selera makan (makanterlalu banyak atau terlalu sedikit)• Perubahan dalam berat badan(bertambah atau kehilangan berat badan)• Berfungsi kurang efektif di tempat kerjaatau di sekolah• Kesulitan berkonsentrasi atau berpikirjernih• Berpikir negatif mengenai diri sendiri danmasa depan• Perasaan bersalah atau menyesalmengenai kesalahan di masa lalu
  54. 54. • Kurangnya self esteem• Berpikir akan kematianatau bunuh diri
  55. 55. 11. GEJALA LUKA BATIN PADAANAK ANAK :• Sulit konsentrasi, hiperaktif• Kesulitan belajar• Pemarah• Susah makan• Penakut• Minder / kurang percaya diri• Pendiam, menarik diri dari pergaulan• Selalu berbicara kasar
  56. 56. 19.BAGAIMANA CARAMENYEMBUHKAN LUKABATIN ?
  57. 57. KesimpulanUntuk memperoleh ‘Hidup Baru DalamRoh’, saya sarankan agar kita tekunmempelajari ajaran, doktrin dan dogmaGereja kita. Inilah cara terbaikmendapat KEBENARAN.
  58. 58. Jangan lupa, gunakan sepenuhnyapemberian cuma-cuma daripadaTuhan Allah kita yang benar iaituSakramen-sakramen Kudus. Rahmatyang diperolehi daripada Sakramenakan dapat memberikan umat‘penyembuhan batin’ yang sebenariaitu KESELAMATAN JIWA.
  59. 59. Kita akan mendapat ketenanganjiwa bukan kerana perasaan tetapikeyakinan penuh akan cinta kasihYesus,iaitu keperpercayaan Imankita kepada sang JuruselamatDunia Yesus Tuhan Kita.Amen!
  60. 60. Deo gratias.Selamat Menyambut Tahun Iman kepadaSaudara dan Saudari samoa.Tuhan memberkati kita samoa. Pelayan Umat Tuhan. Rev.Fr.Robert Bellarmine Muyang Radin Gereja St.George’s Sebauh. 25th February 2013.

×