Lespi, media watch, dongeng

699 views

Published on

Makalah "Lespi, Media Watch dan Dongeng" karya Anto Prabowo
diberikan saat saya mengikuti Pelatihan Menulis Dongeng/Cerita Anak Berbasis Literasi Media, by LesPI dan Lini Kreatif, 7-8 Oktober 2011 di Semarang.

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
699
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Lespi, media watch, dongeng

  1. 1. LESPI, Media Literacy &Menulis Dongeng/ Cerita Anak By Anto Prabowo Pengantar Workshop Menulis Dongeng/ Cerita Anak untuk Litersi Media Semarang 7-8 Oktober 2011
  2. 2. LeSPI: Sekilas• LeSPI (Lembaga Studi Pers dan Informasi) adalah lembaga nir-laba yang didirikan pada oleh sejumlah wartawan, dosen dan aktivis LSM pada Januari 1999.• Pada prinsipnya lembaga ini dihadirkan untuk memperkuat media agar berperan maksimal melayani publik (memenuhi hak- hak publik). Dalam iklim demokrasi, peran media sangat vital.• Misi itu diwujudkan lewat kegiatan- kegiatan riset, training, pendidikan publik, dan lainnya
  3. 3. LeSPI: Up to Now• Saat ini LeSPI (sebagai NGO/ LSM) punya angan-angan/ visi: Menjadi lembaga yang kompeten di bidang riset media, training bagi pelaku/ pekerja media, serta pendidikan publik tentang media.• Semua hal di atas telah dilakukan, bekerja sama dengan banyuak lembaga: USAID, Yayasan TIFA, Unicef, Unesco, jaringan LSM media, dsb.• LeSPI terus mengembangkan kompetensinya itu. Di bidang riset media (untuk media watch), saat ini tengah belajar juga bagaimana mem-watch siaran televisi.• Selain itu, LeSPI juga berusaha mengembangkan sekolah media, dalam setahun ke depan.
  4. 4. Tantangan Lembaga Setahun ke depan, dst. LeSPI LSM Sekolah Café, Media: Distro, Jurnalistik, Buku film, novel, Nirlaba (sosial) Lawas dll  Program kegiatan lembaga sepenuhnya Semi-komersial didukung oleh  Sepenuhnya Sebagian dana sponsor/ funding. komersialkegiatan didukung  Orientasi: Didanai sendirisponsor, selebihnya kemajuan masyarakat  Manajemen Mandirioleh peserta dan negara  Hub dg LeSPI: Manajemen oleh share keuntunganLespi (sementara)
  5. 5. Ranah Aktivitas LeSPI LSM LeSPI LSM MEDIA INFOR -MASI Mendorong media-media untuksemakin memenuhi hak-hak publik  Mengajak Masyarakat Bersikap(hak atas informasi, dan hak untuk kritis terhadap informasi (yangberekspresi) tidak terbatas melalui media Caranya dengan melakukan massa), serta berbagai bias/pemantauan atas produk media (media kepentingan yang ada di baliknya.watch), serta pendidikan melek media  Ranah ini belum tergarapuntuk publik (media literacy)
  6. 6. Pola Media Watch Produk Media: Karya jurnalistik di PUBLIK MEDIA media cetak  Siaran TV  Siaran Radio  Iklan media massa Film Dll.Hasil pantauan Media Watch
  7. 7. Pola Media Literacy Produk Media: Karya jurnalistik di PUBLIK MEDIA media cetak  Siaran TV  Siaran Radio Media Literacy:Sikap baru Bagaimana mediapublik: lebih kritis, bekerjalebih selektif, Interest medialebih ekspresif. Kandungan “sampah” dari produk media  Dll.
  8. 8. Aktivitas Literasi Media• Bersama Yayasan TIFA Jakarta, LeSPI melakukan aktivitas Literasi Media:• POLA I (2009-2010): datang ke komunitas- komunitas (mayoritas) untuk bersama-sama mengkritisi siaran TV• POLA II: mendorong tokoh-tokoh di komunitas untuk menyampaikan materi literasi media di komunitasnya, atau komunitas lain yang dia/ mereka kenal.• Langkah-langkah Pola II: ToT, dan Media Literacy goes to Public, serta pendampingan untuk para trainer.
  9. 9. Dongeng/ Cerita Anak• Baik Pola I dan II, sasaran utamanya adalah para orang tua.• Dengan kesadaran baru, diharapkan mereka dapat mendampingi anak-anak mereka dalam mengkonsumesi siaran televis• Kita SEKARANG mencoba pola baru, dengan sasaran utama ANAK-ANAK. Yaitu melalui dongeng/ cerita anak tentang literasi media (TV). ‘Tujuannya agar anak- anak bersikap kritis terhadap siaran TV, mampu melakukan DIET MENONTON, dan tidak diperbudak siaran TV, melainkan bisa memanfaatkannya.
  10. 10. Dongeng/ Cerita Anak Kami mencoba datangkan anak- anak untuk jadi panel penilai karya Workshop Dongeng/ 10 Karya Buku Peserta Work- Cerita Anak ttg cerita/ Web shop LITERASI dongeng Media- MEDIA massa Materi workshop: literasi media dan dongeng/ cerita anak
  11. 11. Selamatber -WorkshopMatur Nuwun

×