Materi rsi 1 definisi

575 views

Published on

Published in: Technology, Health & Medicine
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
575
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
8
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Materi rsi 1 definisi

  1. 1. Suatu program harus ada objektivenya, objektive suatu program harus terdefinsi dengan baik sekaligus ditetapkan tujuan akhir (final goal) dari program tersebut dan apabila berjalan selama beberapa tahun (molti year) maka dapat dibagi atas beberapa tahapan yang dikenal dengan tahapa-tahap : R, D, E, O (Research, Development, Engjneering dan Operation)
  2. 2. Tahap Riset : pada tahap ini apa yang ingin dicapai (goal) dirancang terlebih dahulu dan dikenal dengan tahap Perancangan, selanjutnya bila diperlukan survey untuk mengumpulkan data masih dilakukan pada tahap riset ini
  3. 3. Tahap Development : pada tahap ini apa yang sudah dirancang kemudian diuji coba di laboratorium atau diskalakan, sampai hasil uji maksimal dan siap untuk masuk tahap berikutnya.
  4. 4. Tahap Engineering : pada tahap ini suatu objek atau suatu sistem yang akan dibangun setelah diuji didalam laboratorium kemudian dirakit atau dibangun
  5. 5. Tahap Operation (operasi) : pada tahap ini objek atau sistem yang dibangun kemudian dioperasikan (dijalankan) sekaligus diteliti unjuk kerjanya apalah sudah sesuai dengan lingkup program sesuai rencana serta untuk diperbaiki bila diperlukan.

×