Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
MINYAK BUMI 
EKSPLOITASI DAN KONSEVASI
Hasil penyulingan minyak bumi 
Nama bahan bakar Titik didih oC 
Elpiji (LPG) -40 
Butana -12 sampai -1 
Bensin -1 sampai 1...
Pulau ini merupakan bagian dari pusat keanekaragaman hayati Sundaland “Sundaland Hotspot” di Asia Tenggara, salah satu 
da...
•Padi, daerah penghasil di Aceh, Sumatera Selatan, dan Sumatera Barat. 
•Singkong, daerah penghasil di Sumatera Selatan. 
...
Sumber daya alam yang tidal dapat diperbaharui: 
•Minyak bumi, terdapat di Palembang dan Jambi. 
•Batu bara, daerah pengha...
Pada tahun 2011 total volume ekspor provinsi Bengkulu mencapai 2.746,81 ribu ton, dengan 
nilai 265,56 miliar US$ 
Komodit...
Bijih timah adalah sumberdaya alam yang paling bernilai di provinsi Bangka Belitung, bahkan memberikan kontribusi 
yang cu...
Masyarakat pesisir lampung kebanyakan nelayan, dan bercocok 
tanam. Sedangkan masyarakat tengah kebanyakan berkebun lada, ...
Sumber Daya Alam di Sumatera
Sumber Daya Alam di Sumatera
Sumber Daya Alam di Sumatera
Sumber Daya Alam di Sumatera
Sumber Daya Alam di Sumatera
Sumber Daya Alam di Sumatera
Sumber Daya Alam di Sumatera
Sumber Daya Alam di Sumatera
Sumber Daya Alam di Sumatera
Sumber Daya Alam di Sumatera
Sumber Daya Alam di Sumatera
Sumber Daya Alam di Sumatera
Sumber Daya Alam di Sumatera
Sumber Daya Alam di Sumatera
Sumber Daya Alam di Sumatera
Sumber Daya Alam di Sumatera
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Sumber Daya Alam di Sumatera

28,422 views

Published on

Sumatera atau Sumatra adalah pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di Indonesia, dengan luas 443.065,8 km2. Penduduk pulau ini sekitar 52.210.926 (sensus 2010). Pulau ini dikenal pula dengan nama lain yaitu Pulau Percha, Andalas, atau Suwarnadwipa . Pulau ini merupakan bagian dari pusat keanekaragaman hayati Sundaland “Sundaland Hotspot” di Asia Tenggara, salah satu dari 25 sumber kehidupan flora dan fauna yang paling kaya sekaligus yang paling terancam di Bumi. 

Published in: Environment
  • Login to see the comments

Sumber Daya Alam di Sumatera

  1. 1. MINYAK BUMI EKSPLOITASI DAN KONSEVASI
  2. 2. Hasil penyulingan minyak bumi Nama bahan bakar Titik didih oC Elpiji (LPG) -40 Butana -12 sampai -1 Bensin -1 sampai 180 Bahan bakar jet 150 sampai 205 Minyak tanah 205 sampai 260 Minyak bakar 205 sampai 290 Diesel 260 sampai 315
  3. 3. Pulau ini merupakan bagian dari pusat keanekaragaman hayati Sundaland “Sundaland Hotspot” di Asia Tenggara, salah satu dari 25 sumber kehidupan flora dan fauna yang paling kaya sekaligus yang paling terancam di Bumi. Sumatera atau Sumatra adalah pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di Indonesia, dengan luas 443.065,8 km2. Penduduk pulau ini sekitar 52.210.926 (sensus 2010). Pulau ini dikenal pula dengan nama lain yaitu Pulau Percha, Andalas, atau Suwarnadwipa (bahasa Sanskerta, berarti "pulau emas"). Kemudian pada Prasasti Padang Roco tahun 1286 dipahatkan swarnnabhūmi (bahasa Sanskerta, berarti "tanah emas") dan bhūmi mālayu ("Tanah Melayu") untuk menyebut pulau ini. Selanjutnya dalam naskah Negarakertagama dari abad ke-14 juga kembali menyebut "Bumi Malayu" (Melayu) untuk pulau ini.
  4. 4. •Padi, daerah penghasil di Aceh, Sumatera Selatan, dan Sumatera Barat. •Singkong, daerah penghasil di Sumatera Selatan. •Kacang tanah, daerah penghasil: Sumatera Timur dan sumatera Barat. •Tebu, daerah penghasil di Aceh, sumatera Utara •Kopi, daerah penghasil: Sumatera Selatan (Palembang), Sumatera Utara (Deli, Tapanuli). •Kelapa sawit, daerah penghasil: Aceh (Pulau Simelue), Sumatera Utara (Pulau Nias, Pulau Prayan,Medan, Pematang Siantar).
  5. 5. Sumber daya alam yang tidal dapat diperbaharui: •Minyak bumi, terdapat di Palembang dan Jambi. •Batu bara, daerah penghasil: Ombilin dekat Sawahlunto (Sumatera Barat) dan Bukit Asam dekat Tanjung Enin (Palembang). •Tanah liat •Kaolin •Pasir kuarsa, daerah pengasil di Aceh, Sumatera Utara. •Bauksit, daerah penghasil di Riau, Sumatera Selatan. •Timah , daerah penghasil di bangka belitung
  6. 6. Pada tahun 2011 total volume ekspor provinsi Bengkulu mencapai 2.746,81 ribu ton, dengan nilai 265,56 miliar US$ Komoditas ekspor povinsi Bengkulu antara lain:  batu bara, jika ditinjau dari volumenya batu bara merupakan komoditas utama ekspor provinsi Bengkulu yaitu sebanayk 2.598,85 juta ton atau 94,6 persen dari total ekspor. Komoditas batu bara menempati peringkat pertama tahun 2011 yaitu sebesar 194,3 juta US$ atau sebesar 73,18 persen  Karet, komoditas karet sebesar 64,35 miliar US$ atau 24,23 persen.  cangkang sawit, komoditas cangkang sawit 3.25 persen, pasir besi 1.61 persen dan karet 0.54 persen. Berbagai komoditas ekspor dari Bengkulu dikirim ke sejmulah negara antara lain: Amerika Serikat, Cina dan Turki dengan ekspor karet mencapai 10,97 juta ton (76,75 persen).
  7. 7. Bijih timah adalah sumberdaya alam yang paling bernilai di provinsi Bangka Belitung, bahkan memberikan kontribusi yang cukup besar dalam pembangunan nasional. Di sini terdapat satu BUMN yang menambang bijih timah, PT Timah Tbk, dan satu perusahaan asing, PT Koba Tin. Luas area Kuasa Pertambangan (KP) PT Timah Tbk di darat sekitar 360.000 ha atau ± 35% dari luas daratan Pulau Bangka. BUMN ini juga memiliki areal KP darat di Pulau Belitung seluas 126.455 ha atau ± 30% dari luas daratan Pulau Belitung. Untuk PT Koba Tin, diberikan sekitar 41.000 ha. Di luar area kuasa pertambangan PT Timah Tbk dan kontrak karya (KK) PT Koba Tin, kegiatan penambangan juga diusahakan oleh pengusaha tambang inkonvensional dan masyarakat secara tradisional yang juga memberikan nilai ekonomi masyarakat Kepulauan Bangka Belitung.
  8. 8. Masyarakat pesisir lampung kebanyakan nelayan, dan bercocok tanam. Sedangkan masyarakat tengah kebanyakan berkebun lada, kopi, cengkeh, kayu manis dll. Lampung fokus pada pengembangan perkebunan besar seperti kelapa sawit, karet, padi, singkong, kakao, lada hitam, kopi, jagung, tebu dll. Dan di beberapa daerah pesisir, komoditas perikanan seperti tambak udang lebih menonjol, bahkan untuk tingkat nasional dan internasional. Selain hasil bumi Lampung juga merupakan kota pelabuhan karena lampung adalah pintu gerbang untuk masuk ke pulau sumatra. dari hasil bumi yang melimpah tumbuhlah banyak industri-industri seperti di daerah pesisir panjang, daerah natar, tanjung bintang, bandar jaya dll

×