Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ilmu sosial dasar

219 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Ilmu sosial dasar

  1. 1. Apa itu yogyakarta? Daerah Istimewa Yogyakarta Adalah Daerah Istimewa Setingkat Provinsi di Indonesia Yang merupakan peleburan Bekas (Negara) kesultanan Yogyakarta dan [Negara] Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa bagian tengah dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah danSamudera Hindia.
  2. 2. Keraton ngayogyakarta hardiningratKeraton Ngayogyakarta Hadiningratatau Keraton Yogyakarta merupakanistana resmi Kesultanan Ngayogyakartayang kini berlokasi di Kota Yogyakarta,Daerah Istimea Yogyakarta, Indonesia.Walaupun kesultanan tersebut secararesmi telah menjadi bagian RepublikIndonesia pada tahun 1950, kompleksbangunan keraton ini masih berfungsisebagai tempat tinggal sultan dan rumahtangga istananya yang masih menjalankantradisi kesultanan hingga saat ini. Keratonini kini juga merupakan salah satu objekwisata di Kota Yogyakarta. Sebagiankompleks keraton merupakan museumyang menyimpan berbagai koleksi milikkesultanan, termasuk berbagai pemberiandari raja-raja Eropa, replika pusakakeraton, dan gamelan. Dari segibangunannya, keraton ini merupakan salahsatu contoh arsitektur istana jawayangterbaik, memiliki balairung-balairungmewah dan lapangan serta paviliun yangluas.
  3. 3. Gerbang utama untuk masuk ke dalam kompleks KeratonYogyakarta dari arah utara adalah Gapura Gladhag dan GapuraPangurakan yang terletak persis beberapa meter di sebelahselatannya. Kedua gerbang ini tampak seperti pertahanan yangberlapis. Pada zamannya konon Pangurakan merupakan tempatpenyerahan suatu daftar jaga atau tempat pengusiran dari kotabagi mereka yang mendapat hukuman pengasingan/pembuangan.Versi lain mengatakan ada tiga gerbang yaitu GapuraGladhag, Gapura Pangurakan nJawi, dan Gapura PangurakanLebet. Gapura Gladhag dahulu terdapat di ujung utara JalanTrikora (Kantor Pos Besar Yogyakarta dan Bank BNI 46) namunsekarang ini sudah tidak ada. Di sebelah selatannya adalahGapura Pangurakan nJawi yang sekarang masih berdiri danmenjadi gerbang pertama jika masuk Keraton dari utara. Diselatan Gapura Pangurakan nJawi terdapat Plataran/lapanganPangurakan yang sekarang sudah menjadi bagian dari JalanTrikora. Batas sebelah selatannya adalah Gapura PangurakanLebet yang juga masih berdiri. Selepas dari Gapura Pangurakanterdapat Kompleks Alun-alun Ler
  4. 4. Makanan Khas YogyakartaBakpia pathuk dapatDengan mudahMendapatkannya Di sepanjangjalan Pathuk. Di sepanjang Gudeg adalah makanan khas Jogja jalan / Yogyakarta yang terdiri dariini akan ditemui penjual nangka muda, lauk tahu, tempe,Berbagai makanan khas, telur dan suwiran daging ayam,Terutama Bakpia yang terkenal dimasak dengan bumbu dandengan sebutan Bakpia santan kelapa, dilengkapi denganPathuk. sambal goreng krecek (kulit sapi).
  5. 5. Nasi pecel, salah satu makananKripik belut mudah diperoleh di khas dari Yogyakarta dan Jawawilayah Godean yang digoreng Tengah. Kumpulan sayur yangkering atau dilapisi tepung. telah direbus, biasanya terdiriMakanan ringan ini merupakan darimakanan yang kaya protein tauge, kangkung, bayam, kacangdengan rasa gurih, enak dan panjang dan lain-lain disiramrenyah oleh bumbu pecel khas yang terbuat dari kacang. Adonan Bumbu kacang yang pas menjadi andalan dari makanan khas Jawa yang satu ini.
  6. 6. Tarian-tarian Yogyakarta
  7. 7. Tarian Serimpi
  8. 8. Tempat wisata yogyakarta
  9. 9. Candi-Candi yang ada di Yogyakarta

×