Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Dina Alfila Lubis
Jesika
Meysarah
Tri Agustin
Usman Harianto Depari
Vivi Sebastiani
Yulianti
Pengertian Bioindikator
Organisme atau respon biologis yang
mampu memberikan petunjuk atau
pertanda tentang adanya poluta...
- Klasifikasi katak
 Phyllum : Chordata
 Subphyllum : Vertebrata
 Superclassis : Tetrapoda
 Classis : Amphibia
 Ordo ...
Katak berperan sangat penting sebagai
indikator pencemaran lingkungan.
Tingkat pencemaran lingkungan pada suatu
daerah dap...
Bagian Tubuh Katak Yang
Digunakan Sebagai Bioindikator
 Salah satu bagian tubuh katak yang di gunakan
sebagai bioindikato...
1. Faktor Lingkungan
Suhu dan kelembapan memilki peranan yang
sangat penting bagi kehidupan Rana sp suhu udara
yang optim...
2. Faktor Ruang Hidup
Rana sp sangat sensitive terhadap perubahan
disekitarnya, apalagi saat ini pembangunan sedang
marak ...
4. Faktor Predator
Predator adalah ancaman alami dari
Rana sp.Keadaan tersebut terjadi pada Rana
sp belakangan ini, karena...
1. Peranan Amphibi Dari Segi Ekologis
- Secara ekologis, amfibi memiliki peranan
penting dalam rantai makanan sebagai
kons...
2. Peranan amfibi dari segi ekonomis
- Dapat ditinjau dari pemanfaatan
amfibi untuk kepentingan konsumsi.
- Amfibi memilik...
katak sebagai bioindikator
katak sebagai bioindikator
katak sebagai bioindikator
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

katak sebagai bioindikator

1,228 views

Published on

Published in: Science
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

katak sebagai bioindikator

  1. 1. Dina Alfila Lubis Jesika Meysarah Tri Agustin Usman Harianto Depari Vivi Sebastiani Yulianti
  2. 2. Pengertian Bioindikator Organisme atau respon biologis yang mampu memberikan petunjuk atau pertanda tentang adanya polutan pada suatu tempat (organisme, atau lingkungan) yang ditunjukkan dengan timbulnya perubahan (gejala) khusus dan perubahan tersebut bersifat dapat diukur (measurable).
  3. 3. - Klasifikasi katak  Phyllum : Chordata  Subphyllum : Vertebrata  Superclassis : Tetrapoda  Classis : Amphibia  Ordo : Anura  Subordo : Phaneroglossa  Familia : Ranidae  Genus : Rana  Spesies : Rana sp
  4. 4. Katak berperan sangat penting sebagai indikator pencemaran lingkungan. Tingkat pencemaran lingkungan pada suatu daerah dapat dilihat dari jumlah populasi katak yang dapat ditemukan di daerah tersebut. Latar belakang penggunaan katak sebagai indikator lingkungan karena katak merupakan salah satu mahluk purba yang telah ada sejah ribuan tahun lalu.
  5. 5. Bagian Tubuh Katak Yang Digunakan Sebagai Bioindikator  Salah satu bagian tubuh katak yang di gunakan sebagai bioindikator adalah bagian kulit katak.Dimana kulit katak yang digunakan sebagai alat pernafasan. Pada saat terjadinya polusi terhadap lingkungannya, katak akan mengalami gangguan pada saat melakukan respirasi dengan menggunakan kulitnya, sehingga populasi katak pada lingkungan tersebut semakin berkurang. Itu terjadi karena lingkungan tersebut sudah mengalami pencemaran.
  6. 6. 1. Faktor Lingkungan Suhu dan kelembapan memilki peranan yang sangat penting bagi kehidupan Rana sp suhu udara yang optimal bagi Rana sp adalah sekitar 18-22,5oC dengan kelembaban berkisar antara 81%-100%. Sedangkan suhu air berkisar antara 19-23oC. Masa bertelur Rana sp berada pada bulan Mei sampai Juli (biasanya pada saat bulan mati), menjelang hujan. Faktor yang mempengaruhi kehidupan Rana sp.
  7. 7. 2. Faktor Ruang Hidup Rana sp sangat sensitive terhadap perubahan disekitarnya, apalagi saat ini pembangunan sedang marak dimana-mana. 3. Faktor Perubahan/Pergeseran Musim Belakangan ini dunia dilanda kekhawatiran akan suatu isu yang bernama climate change atau perubahan musim. Dalam keadaan tersebut musim yang ada di dunia akan kacau sehingga tidak sesuai dengan urutan musim yang terjadi sebelumnya.
  8. 8. 4. Faktor Predator Predator adalah ancaman alami dari Rana sp.Keadaan tersebut terjadi pada Rana sp belakangan ini, karena selain predator alami yang berupa reptile seperi ular, Rana sp juga harus berhadapan dengan jenis predator lainnya yaitu manusia.
  9. 9. 1. Peranan Amphibi Dari Segi Ekologis - Secara ekologis, amfibi memiliki peranan penting dalam rantai makanan sebagai konsumen sekunder. - Amfibi juga dapat berfungsi sebagai bio indikator bagi kondisi lingkungan karena amfibi memiliki respon terhadap perubahan lingkungan.
  10. 10. 2. Peranan amfibi dari segi ekonomis - Dapat ditinjau dari pemanfaatan amfibi untuk kepentingan konsumsi. - Amfibi memiliki kegunaan yang lain yaitu sebagai binatang peliharaan - Amfibi juga binatang percobaan dan bahan obat-obatan.

×