Seminar Hidroponik

4,319 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
6 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
4,319
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
819
Comments
0
Likes
6
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Seminar Hidroponik

  1. 1. Sebagai jawaban kebutuhan akan pangan masa depan
  2. 2. Hidroponik dapat menghemat tempat. Hidroponik dapat meminimalkan masalah yang berhubungan dengan pertanian. Penyakit yang berasal dari tanah tidak akan menyerang karena bertanam hidroponik tidak menggunakan tanah Nurtrisi atau pupuk yang diperlukan oleh tanaman dapat kita atur. Konsumsi air dalam hidroponik relatif lebih sedikit dibanding metode tradisional. Tidak ada gulma dan tumbuhan pengganggu mencuri persediaan air /nutrisi dll.
  3. 3. Terdapat dua teknik utama dalam bercocok tanam hidroponik. Yang pertama Teknik Larutan Statis dan kedua Teknik Larutan Alir.
  4. 4. Media Tanam (Media Tumbuh) Ada berbagai bahan inert yang dapat digunakan untuk mendukung akar tanaman dalam sistem hidroponik. Media tanam inert adalah : Media tanam yang tidak menyediakan unsur hara.
  5. 5. (Nutrient Film Technique)
  6. 6. NFT (Nutrient Film Technique)
  7. 7. NFT (Nutrient Film Technique)
  8. 8. Nutrient Film Technique
  9. 9. Nutrisi hidroponik mengandung semua unsur hara yang dibutuhkan tanaman yang berupa hara :
  10. 10. Stock A CaNO3.......9.50 kg KNO3.........3.80 kg Fe-edta......460 gr Stock B MKP.......... 3.60 kg MgSO4........8.20 kg K2SO4........2.30 kg Mn-Edta .....154 gr Cu-Edta........5.0 gr Zn-Edta........ 18.0 gr Boric acid.......40 gr Sodium Molybdate.......1.0 gr Ec 2.0 = 1000 ppm / mix 1:100. Dalam keadaan pekat (yang berupa larutan Stok) Calcium tidak boleh bercampur dengan Phosphate atau Sulphate, oleh sebab itulah ada BAGIAN A dan BAGIAN B.
  11. 11. Apa sih "pH" itu? pH (power of Hydrogen) merupakan derajat atau tingkat keasaman suatu larutan. Rentang pH ideal untuk tanaman hidroponik adalah antara 5,5 dan 6,5.
  12. 12. pH mempengaruhi pertumbuhan tanaman dan ketersediaan hara. Bagaimana tingkat pH mempengaruhi pertumbuhan tanaman? pH dapat mempengaruhi ketersediaan unsur hara. pH dapat mempengaruhi penyerapan nutrisi oleh akar tanaman Nilai pH di atas 7,5 ion menyebabkan besi, mangan, tembaga, seng, dan boron menjadi kurang tersedia bagi tanaman. Nilai pH di bawah 6 menyebabkan kelarutan asam fosfat, kalsium dan magnesium sedikit atau kurang tersedia. Nilai pH antara 3 - 5 dan suhu di atas 26 O C mendorong perkembangan penyakit jamur.
  13. 13. Sukses tidaknya seseorang tergantung pada proses kreatif yang dilaluinya.... Jadi, tetaplah bersekolah tetapi harus kreatif.., karena sekolah tidak menjamin sukses... Paktani Hydrofarm

×