Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Definisi kualitas

2,252 views

Published on

Manajemen Kualitas

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Definisi kualitas

  1. 1. Manajemen Kualitas Prof. DR. Syamsir Abduh DEFINISI KUALITAS Deddy Wibowo Adhinugroho 122121514 85
  2. 2. Definisi Kualitas Kualitas didefinisikan sebagai tingkat baik buruknya atau taraf atau derajat sesuatu. Kamus Besar Bahasa Indonesia
  3. 3. Definisi Kualitas Kualitas sebagai kecocokan penggunaan yang artinya barang atau jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan atau pelanggan. Roger (1995:157)
  4. 4. Definisi Kualitas Kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, layanan, manusia, proses, lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan Goetsh & Davis (1994)
  5. 5. Definisi Kualitas Definisi Kualitas secara sederhana sebagai ‘kesesuaian untuk digunakan’. Definisi ini mencakup keistimewaan produk yang memenuhi kebutuhan konsumen dan bebas dari defisiensi. Juran (1989:16-17)
  6. 6. Definisi Kualitas Kualitas merupakan keseluruhan karakteristik produk dan jasa yang meliputi marketing, engineering, manufacture , dan maintenance,dalam mana produk dan jasa tersebut dalam pemakaianya akan sesuai dengankebutuhan dan harapan pelanggan. Feigenbaum (1991)
  7. 7. Definisi Kualitas Kualitas adalah totalitas fitur-fitur dan karakteristik- karakteristik dari produk atau layanan yang berpengaruh pada kemampuan untuk memenuhi kebutuhan tertentu atau kebutuhan yang tersirat. Gasperz (1997)
  8. 8. Definisi Kualitas Kualitas adalah kesesuaian dengan kebutuhan yang meliputi availability, deliverability, realibility, maintainability dan cost effectivenes. Philip Crosby (1979)
  9. 9. Definisi Kualitas Kualitas merupakan kunci keunggulan bersaing (competitive advantage), yaitu kemampuan sebuah perusahaan untuk mencapai keunggulan pasar. Dalam jangka panjang, keunggulan bersaing yang terjaga akan menghasilkan kinerja di atas rata-rata Evans & Lindsay
  10. 10. Definisi Kualitas Seluruh ciri serta sifat suatu produk atau pelayanan yang berpengaruh pada kemampuan untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau tersirat. Philip Kotler (1997)
  11. 11. Definisi Kualitas Kualitas sebagai kecocokan penggunaan yang artinya barang atau jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan atau pelanggan. Roger (1995:157)
  12. 12. Definisi Kualitas Menurut ISO 9000 : 2005 Kualitas didefinisikan sebagai kumpulan dari karakteristik suatu produk yang menunjang kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang ditetapkan. Manajemen Kualitas didefinisikan sebagai aktivitas- aktivitas yang terkoordinasi untuk mengarahkan dan mengatur sebuah organisasi mengenai kualitas.
  13. 13. 8 Prinsip Manajemen Kualitas ISO 9000:2005 1. Fokus pada pelanggan Organisasi / perusahaan tergantung pada pelanggan mereka, yang merupakan kunci untuk meraih keuntungan dan pandangan mereka menentukan kelangsungan hidup organisasi. 2. Kepemimpinan Pemimpin organisasi menetapkan kesatuan tujuan dan arah organisasi. Mereka harus menciptakan dan memelihara lingkungan internal agar orang-orang dapat menjadi terlibat secara penuh dalam mencapai tujuan organisasi. 3. Keterlibatan sumber daya manusia Orang-orang di semua tingkatan adalah inti dari sebuah organisasi dan keterlibatan penuh mereka memungkinkan kemampuan mereka digunakan untuk keuntungan organisasi. 4. Pendekatan proses Suatu hasil yang diinginkan akan tercapai secara lebih efisien, apabila aktivitas aktivitas dan sumber-sumber daya yang berkaitan dikelola sebagai suatu proses. 5. Pendekatan sistem ke manajemen Mengidentifikasi, memahami dan mengelola proses yang saling berkaitan sebagai suatu sistem yang memberikan kontribusi kepada efektivitas dan efisiensi organisasi dalam mencapai tujuan. 6. Pengembangan terus-menerus Perbaikan terus-menerus dari kinerja keseluruhan organisasi harus menjadi tujuan tetap dari organisasi. 7. Pembuatan keputusan berdasarkan fakta Keputusan yang efektif adalah keputusan yang berdasarkan analisa data dan informasi. 8. Hubungan saling menguntungkan dengan pemasok Suatu organisasi dan pemasoknya adalah saling tergantung, dan suatu hubungan yang saling menguntungkan akan meningkatkan kemampuan organisasi dan pemasoknya dalam menciptakan nilai tambah.
  14. 14. Definisi Kualitas Menurut saya, definisi Kualitas yang paling lengkap adalah mengikuti yang didefinisikan oleh International Standard Organization melalui ISO 9000:2005, yang disertai dengan definisi Manajemen Kualitas beserta uraian mengenai 8 Prinsip Manajemen Kualitas menurut ISO 9000:2005, yang memberi tuntunan bagaimana untuk mewujudkan kemampuan/kualitas yang memuaskan sesuai dengan kebutuhan yang ditetapkan dari suatu produk atau jasa. Definisi tersebut sekaligus melengkapi definisi yang telah lebih dahulu dikemukakan oleh Gasperz, 1997

×