Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Kurikulum & pembelajaran (ppt)

11,050 views

Published on

Kurikulum & pembelajaran (ppt)

  1. 1. KURIKULUM & PEMBELAJARAN Dalam PARADIGMA BARU oleh: Akhmad Sudrajat PARAMIRTA PUBLISHING 2011
  2. 2. BAB I KONSEP DASAR KURIKULUM KedudukanPengertian Kurikulum FungsiKurikulum Dalam Kurikulum Pendidikan Hubungan Kurikulum Organisasi Dengan Teori Pendidikan Pendidikan
  3. 3. Deskripsi Singkat• Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengeturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.• Kurikulum merupakan komponen utama dalam sistem pendidikan yang dilaksanakan oleh guru sebagai ‘penyampai’ kepada siswa, guru merupakan tokoh kunci dalam pelaksanaan dan pengembangan kurikulum.• Kurikulum merupakan pedoman atau sumber konsep yang bersifat dinamis mengikuti kebutuhan dan perkembangan zaman.
  4. 4. REFLEKSI• Guru dan siswa adalah komponen utama dalam sistem pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan, guru merupakan tokoh kunci dalam pelaksanaan pengembangan pendidikan maka dari itu guru berupaya ‘menyampaikan’ materi pembelajaran kepada siswa untuk mencapai tujuanpendidikan.
  5. 5. BAB II LANDASAN & PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUMLandasan pengembangan Prinsip-prinsip Pengembangankurikulum Kurikulum  Landasan Filosofis  Prinsip-prinsip menurut  Landasan Psikologis Asep Heri Hernawan dkk  Landasan Sosiologis  Prisip-prinsip yang  Landasan Ilmu berkaitan dengan KTSP pengetahuan & Teknologi
  6. 6. DESKRIPSI SINGKAT Pengembangan kurikulum adalah istilah yang komferhensif, didalamnya mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Setiap filsafat memiliki kelemahan & keunggulannya sendiri, karenanya dalam praktik kurikulu, penerapan aliran filsafat cenderung dilakukan secara elektik sesuai dengan kepentingan yang terkait dengan pendidikan. Kurikulum juga harus mempertimbangkan prilaku individu, kehidupan sosial budaya & ilmu pengetahuan dan teknologi. Prinsi-prinsip pengembangan kurikulum merupaakan esensi dari setiap landasan, baik landasan ilosofis, psikologis, sosialis, maupun ilmu pengetahuan & teknologi.
  7. 7. REFLEKSI• Dalam, pembuatan kurikulam harus didasari dengan landasan – landasan yang kuat sebab kurikulum merupakan rancangan atau program pendidiakn,• Dalam kurikulum tidak hanya menggumakan satu filsafat, karena filsafat memiliki keunggulan dan kekurngan masing – masing , jadi dalam penerapan filsafat dilakukan secara elektik.
  8. 8. BAB III KOMPONEN – KOMPONEN KURIKULAMKomponen Tujuan Komponen Materi Komponen Metode & evaluasi
  9. 9. DESKRIPSI SINGKAT Tujuan pembelajaran merupakan tujuan pendidikan yang lebih oprasional, yang hendak dicapai dari setiap kegiatan pembelajaran. Materi pembelajaran berisikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau nilai yang harus di pelajari siswa. Sebagai fasilittor, guru berusaha menciptakan dan menyediakan lingkungan belajar yang kondusif bagi siswanya. Metode titik tolak pada pandangan bahwa keberhasilan proram pendidikan dipengaruhi oleh berbagai faktor, seprti: karakteristik siswa dan lingkungan, tujuan progran dan peralatan yang digunakan.
  10. 10. REFLEKSI• Tujuan pembelajaran diwujudkan dalam bentuk tertulis mengenai tingkah laku yang diharapkan bisa dicapai oleh siswa setelah pembelajaran.• Maka setiap guru yang menentukan tujuan pembelajaran harus memperhatikan nilai – nilai yang terkandung didalam tujuan tersebut agar bisa membuat siswa bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari – hari.
  11. 11. BAB IVKONSEP DAN TEORI Hakikat Pilar Belajar Belajar Teori – Teori Pokok Belajar
  12. 12. Deskripsi Singkat Belajar dapat diartikan sebagai suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan prilaku baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan lingkunganya. Empat pilar belajar: belajar mengetahui, belajar berkarya, belajar hidup bersama, belajar berkembang secara utuh. 3 jenis teori pokok belajar: tepri belajar behaviorisme, teori belajar kognitivisme menurut piaget, teori belajar Gestalt.
  13. 13. REFLEKSI• Pada hakikatnya belajar itu merupakan proses perubahan prilaku dari yang tadinya tidak bisa menjadi bisa, dan bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari – hari.• Belajar tidak hanya dengan metode mentransfer ilmu saja tetapi juga bisa menjadikan siswa aktif dalm proses pembelajaran.
  14. 14. BAB V KONSEP DASAR DAN RAGAM • Pengertian PembelajaranKONSEP DASAR • Prinsip – prinsip PembelajaranPEMBELAJARAN • Komponen – komponen Pembelajaran • Pembelajaran Konstruksivisme RAGAM • Pembelajaran KonstektualPEMBELAJARAN • Pembelajaran Akti • Pembelajaran Kooperatif. Dll.
  15. 15. DESKRIPSI SINGKAT• Pembelajaran merupakan terjemahan dari instruksion, pengajaran lebih memberi kesan sebagai pekerjaan suatu pihak, yaitu pekerjaan guru untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswanya dan menjadikan siswa sebagai objek belajar seta menempatkan mereka pada organisme pasif, yang belum memahami apa yang harus dipahami.• Akan tetapi pada prinsip belajar yang disampaikan oleh Arthur W. Chickering, pembelajaran merupakan Encouranges Active Learning, belajar bukanlah seperti sedang menonton olahraga, siswa tidak hanya sekedar dudu dan mendengarkan penjelasan guru, tetapi mereka harus bicara tentang apa yang mereka pelajari dan dapat menuliskannya, dan menerapkan dalam kehidupannya.
  16. 16. REFLEKSI• Perubahan istilah dari pengajaran menjadi pembelajaran sebaiknya tidak hanya diartikan dengan hanya perubahan istilah saja akan tetapi kita juga harus memaknai dan dapat mengaplikasikannya dalam bersosialisasi.• Ragam pengajaran merupakan strategi yang digunakan dalam pengajaran, agar pengajaran tidak membosankan dan dapat menambah keaktifan siswa.
  17. 17. BAB VI PERAN & KOMPETENSI GURU Peran Guru Dalam Pembelajarana) Sebagai manager pembelajaran c) Sebagai Motivatorb) Sebagai Fasilitator d) Sebagai Pemimbing Kompetensi Guru Keterampilan Dasar Mengajara) Keterampilan membuka pelajaran c) Memberi ilustrasib) Memberikan variasi stimulus d) berkomunikasi
  18. 18. DESKRIPSI SINGKAT Perencanaan pembelajaran harus sederhana dan fleksibel serta dapat dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran dan pembentukan kompetensi siswa. Guru dapat mengoptimalkan perannya sebagai fasilitator perlu menyediakan sumber dan media belajar yang cocok dan beragam dalam setiap kegiatan pembelajaran. Peran guru dalam upaya membantu siswa agar dapat mengembangkan segenap potensi yang dimilikinya melalui hubungan interpersonal yang akrab dan saling percaya. Pengelolaan kelas lebih berkaitan dengan upaya – upaya untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal.
  19. 19. REFLEKSI• Peran guru dalam perubahan merupakan peran utama dalam proses pencapaian tujuan pendidikan yag efektif dan efisien.• Kompetensi merupakan keampuan yang di miliki seseorang, seorang guru harus mempunyai kompetensi baik dalam bentuk pengetahuan ataupun keterampilan agar bisa mengajarkan keoada siswanya.
  20. 20. BAB VII PROSES PEMBELAJARAN Strategi pembelajaran inkuiri Pengertian Metode Pendekatan, Strategi, Metode SumberPembelajaran dan Skill belajar Pembelajaran. Media Pembelajaran
  21. 21. DESKRIPSI SINGKATo Strategi pembelajaran inkuiri adalah strategi pembelajaran yang meneknkan kepada siswa untuk proses mencari dan menentukan materi pelajaran, sedangkan guru sebagai fasilitator dan pembimbing belajar.o Penggunaan metode pada dasarnya merupakan implementasi daristrategi pembelajaranyang telah ditetapkan sebelumnya.o Sumber belajar adalah semua sumber baik berupa data, orangdan wujud tertentuyang dapat digunakan oleh siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah siswadalam mencapai tujuan belajaratau mencapai kompetensi tetentu.
  22. 22. REFLEKSI• Proses pembelajaran merupakan kegiatan inti dari pelaksanaan kurikulum karna didalam proses pembelajaranlah kurikulum di terapkan, guru dan siswa merupakan komponen yang paling berperan dalam pembelajaran unuk tercapainya kesuksesan kurikulum.
  23. 23. RESENSI BUKU• Kurikulum merupakam pedoman atau acuan dalam menjalankan proses pembelajaran, guru dan siswa merupakan komponen penting dalam pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang efektivitas dan efisien, guru merupakan tokoh kunci padam pelaksanaan dan pengembangan kurikulum.
  24. 24. Wasalammu’alaikum Wr.Wb. Created by : Dewi Kurnia

×