Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Bakat

588 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Bakat

  1. 1. 1. Ahmad Darwis 2. Akbar Tabibi 3. Arty Firdiantikah 4. Joan Octavia S 5. Lilis Vita Ekowati 6. M. Samsul Ma’rif
  2. 2.  Bakat adalah kemampuan alamiah untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan, baik yang bersifat umum maupun yang bersifat khusus ( Conny Semiawan 1987 )  Bakat adalah tingkat kemampuan yang tinggi yang berhasil dicapai seseorang dalam keterampilan tertentu, demikian menurut (Tedjasaputra, 2003)
  3. 3.  1. Bakat akademik khusus  2. Bakat kreatif – produktif  3. Bakat seni  4. Bakat psikomotorik  5. Bakat sosial
  4. 4. A. Faktor Internal Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri individu. B. Faktor Eksternal Faktor eksternal adalah faktor-faktor yang berasal dari lingkungan individu tumbuh dan berkembang.
  5. 5. Perbedaan bakat khusus ini bisa terletak pada jenisnya dan juga pada kualitasnya. 1. Perbedaan dalam jenisnya terlihat dari kemampuan yang ditunjukkan. 2. Perbedaan dalam kualitasnya mengandung makna bahwa di antara individu satu dengan yang lain memiliki bakat khusus yang sama, tetapi kualitasnya berbeda
  6. 6. Agar dapat mewujudkan bakat khususnya secara optimal mereka memerlukan progam pendidikan khusus sesuai dengan bakatnya yang biasa dikenal dengan istilah pendidikan berdiferensi.
  7. 7. Bakat merupakan kemampuan bawaan sebagai potensi yang masih perlu dikembangkan dan dilatih agar dapat terwujud . Bakat tidaklah diturunkan semata melainkan merupakan hasil interaksi dari factor keturunan dan factor lingkungan . Bakat mencakup ciri – ciri lain yang dapat memberi kondisi atau suasana yang memungkinkan bakat tersebut terealisasi termaksud intelegensi , kepribadian , dan keterampilan khusus.

×