Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ekologi yang terdera dari danau semi alami

628 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Ekologi yang terdera dari danau semi alami

  1. 1. EKOLOGI YANG TERDERA DARI DANAU SEMI ALAMI RAWA PENING YANG SEKARAT TIM : Devy Kartika Ratnasari Arcadius Rizky Dahniar Maria Dwi Merdekaningsih Reza Permana Putra UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA 2012
  2. 2. Latar Belakang EUTROFIKASI “telah mencapai tahapan akut atau diambang suksesi ke arah pembentukan daratan” Budidaya Perikanan Kegiatan Pertanian Kegiatan Jasa Pariwisata
  3. 3. Rumusan Masalah Mengingat peran danau Rawa Pening secara ekologis maupun ekonomis serta melihat kondisi perairannya tersebut yang saat ini terganggu masalah pencemaran, maka perlu dilakukan penelitian untuk menentukan tingkat trofik di Danau Rawa Pening. Indikasi pencemaran perairan dilihat dari konsentrasi bahan-bahan organik dan klorofil di perairan. Dari hasil penelitian yang diperoleh perlu dipublikasikan dalam tulisan.
  4. 4. Tujuan Penulisan • Menjabarkan dan menelaah konsentrasi bahan-bahan organik dan kandungan klorofil di Danau Rawa Pening. 1 • Menganalisis tingkat trofik Danau Rawa Pening.2
  5. 5. Manfaat Penulisan Penentuan konsentrasi bahan-bahan organik dan kandungan klorofil, serta penetapan tingkat trofik diharapkan menjadi dasar bagi upaya pengelolaan Danau Rawa Pening, yang untuk selanjutnya, mampu memberikan masukan bagi upaya konservasi perairan Rawa Pening yang saat ini telah menjadi perhatian pemerintah pusat.
  6. 6. METODE PENULISAN Pengumpulan Data dan Informasi 1 • Melakukan penelitian untuk menentukan kandungan nitrogen, fosfor, dan klorofil. 2 • Melakukan studi pustaka untuk menjadi bahan analisis dan tambahan wawasan bagi penulis. 3 • Melakukan analisis dan sintesis data-data yang diperoleh dengan mengembangkan data-data yang ada untuk mendapatkan kesatuan materi, solusi, dan kesimpulan.
  7. 7. METODE PENULISAN Pengolahan Data dan Informasi Data dan informasi yang diperoleh pada tahap pengumpulan data, kemudian diolah dengan menggunakan metode analisis deskriptif, dari umum ke khusus.
  8. 8. METODE PENULISAN Analisis dan Sintesis • Aspek-aspek yang dianalisis yaitu kondisi Danau Rawa Pening sebagai sumber daya air yang memiliki fungsi strategis bagi masyarakat di sekitarnya dengan permasalahan lingkungan akibat dari aktivitas masyarakat di sekitarnya pula. • Sintesis dijelaskan melalui perbandingan atau komparasi hasil penelitian saat ini dengan hasil penelitian terdahulu.
  9. 9. PEMBAHASAN 0 1 2 3 0 1 2 3 3.5 Nitrit, Nitrat, dan Total N (mg/L) Kedalaman(m) Nitrit (mg/L) Nitrat (mg/L) Total N (mg/L) • Kandungan total nitrogen tertinggi terdapat pada kedalaman 2 m yaitu sebesar 1,915 mg/L. • Pada permukaan danau (kedalaman 0 m) kandungan nitrogen rendah, kemudian meningkat sampai kedalaman 2 m, selanjutnya menurun sampai kedalaman 3,5 m (0,004 mg/L). • Pola fluktuasi yang sama dari total nitrogen antar kedalaman diikuti oleh kandungan NO2 - dan NO3 -
  10. 10. 0 5000 10000 0 1 2 3 3.5 Total Fosfor (µg/L) Kedalaman(m) • Kandungan total fosfor antar kedalaman berkisar antara 171-8.652 µg/L. • Kandungan total fosfor tinggi di permukaan danau, menurun di kedalaman 1 m, kemudian mulai pada kedalaman 2 m meningkat sampai pada kedalaman 3 m, untuk selanjutnya menurun pada kedalaman 3,5 m.
  11. 11. 0 2 4 0 1 2 3 3.5 Klorofil a, Klorofil b, Klorofil c, dan Total Klorofil (µg/L) Kedalaman(m) klorofil a klorofil b klorofil c total klorofil • Kandungan total klorofil antar kedalaman berkisar antara 0,14-3,31 µg/L. • Total klorofil tertinggi terdapat pada kedalaman 3,5 meter, yaitu 3,31 µg/L . • Ditelaah dari total klorofil antar kedalaman, maka tingkatan trofik berkisar antara ultra oligotrofik- mesotrofik.
  12. 12. Pembagian Tingkatan Trofik Perairan (Ryding dan Rust (1989) dalam Wibowo (2004)) Kelompok Trofik Konsentrasi Rata-rata Klorofil (µg/L) Konsentrasi Maksimum Klorofil (µg/L) Kecerahan Rata-rata (m) Kecerahan Minimum (m) Total P (µg/L) Ultra oligotrofik <1 <2,5 >12 >6,0 <4,0 Oligotrofik <2,5 <8 >6 >3,0 <10,0 Mesotrofik 2,5-8 2,5-8 6-3 3-1,5 10-35 Eutrofik 8-25 8-25 3-1,5 1,5-0,7 35-100 Hipereutrofik >25 >25 <1,5 <0,7 >100
  13. 13.  Dilihat dari kecerahan minimumnya, yaitu 20 cm (hasil pengukuran secchi), maka Danau Rawa Pening tergolong sebagai danau hipertrofik.  Sedangkan, ditinjau dari kandungan total fosfor kondisi Danau Rawa Pening juga tergolong hipertrofik.
  14. 14. Kesimpulan Danau Rawa Pening tergolong sebagai danau HIPERTROFIK
  15. 15. Saran Pengelolaan Danau Rawa Pening perlu dilakukan dengan nilai kearifan lokal ngepen (sungguh- sungguh) dan wening (transparan) oleh masyarakat maupun pemerintah. Sosialisasi kondisi Danau Rawa Pening beserta dampaknya kepada masyarakat akan menumbuhkan pemahaman dan kesadaran masyarakat agar dalam aktivitasnya, masyarakat dapat turut mengelola Danau Rawa Pening.
  16. 16. TERIMA KASIH

×