Homonim

7,999 views

Published on

presentation semantik

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
7,999
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
44
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Homonim

  1. 1. HOMONIM KELOMPOK 3ANGGOTA KELOMPOK:Anik Indriyani (1050800015/vA)Astrid Kusuma W. (1050800016/VA)Prima Apriliani (10508000/VA)Marlinda Erwanti (1050800022/VA)Heni Rahayu (1050800029/VA)Tediyanto (1050800/VA)Devi Suryaningtyas (1050800151/VA)
  2. 2. HOMONIM
  3. 3. A. Pengertian homonim menurut beberapapara ahli :•Homonim adalah dua buah kata atau satuanujaran yang bentuknya kebetulan sama;maknanya tentu saja berbeda, karena masing-masing merupakan kata atau bentuk ujaran yangberlainan. Umpamanya, antara kata pacar yangbermakna ‘inai’ dan kata pacar yang bermakna‘kekasih’ dan antara kata mengurus yang berarti‘mengatur’ dan kata mengurus yang berarti‘menjadi kurus’ (Abdul Chaer, 2007: 302).
  4. 4. •Homonim adalah hubungan diantaradua kata (atau lebih), sedemikian rupasehingga bentuknya sama danmaknanya berbeda (Verhaar, 2006:395).
  5. 5. •Homonim, secara harfiah homonimi dapatdiartikan sebagai nama sama untuk benda atauhal lain. Secara semantik, Verhaar (1978)memberi definisi homonimi sebagai ungkapan(berupa kata, frase atau kalimat) yangbentuknya sama dengan ungkapan lain (jugaberupa kata, frase atau kalimat) tetapimaknanya tidak sama (Abdul Chaer, 2009:94).Umpamanya antara kata baku yang berarti„standar‟ dengan kata baku yang berarti„saling‟
  6. 6. •Istilah homonimi (Inggris: Homonymy) berasaldari bahasa Yunani Kuno, (anoma : nama danhomos : sama). Secara harfiah, homonimi adalahnama sama untuk benda yang berlainan.Verhaar (1983: 135) mengatakan, “Homonimiadalah ungkapan (kata, frasa, atau kalimat) yangbentuknya sama dengan suatu ungkapan lain,tetapi dengan perbedaan makna di antara keduaungkapan tersebut”. Dengan kata lain,bentuknya sama bahkan dalam BI tulisannyasama, lafalnya sama tetapi berbeda maknannya.
  7. 7. (Kridalaksana, 1984: 68 dalamSarwiji Suwandi, 2008) menjelaskanbahwa homonimi (homonymy) adalahhubungan antara kata yang ditulis ataudilafalkan dengan cara yang samadengan kata lain, tetapi tidakmempunyai hubungan makna.Sementara itu, homonimi (homonym)adalah kata yang berhomonimi dengankata lain.
  8. 8. •Chaer (1985: 40) memberi penjelasanbahwa kata homonimi berasal dari bahasaYunani Kuno ‘anoma’ yang berarti ‘nama’dan ‘homo’ yang berarti ‘sama’. Dengandemikian, homonimi berarti ‘nama samauntuk benda lain’. Di dalam semantikhomonimi juga sering diartikan sebagaiungkapan (kata, frasa, kalimat) yangbentuknya sama sebagai ungkapan laintetapi maknanya berbeda.
  9. 9. •Homonimi adalah dua kata atau lebihyang secara kebetulan memiliki polabunyi yang sama. Karena merupakanbutir leksikal yang berbeda, pasanganberhomonim memiliki makna yangberbeda (Putu Wijana danRohmadi, 2008).
  10. 10. B. Jenis - jenis homonim menurut beberapaahli, yaitu :1. Jenis homonim menurut (Verhaar, 1983:135-136 dalam Mansoer Pateda, 2010: 211-213), yaitu :•Homonim yang terjadi antarkalimatMisalnya dalam BI “Istri Kolonel yang nakal itucantik”, (dengan parafrasa yang menjelaskanbahwa yang yang nakal itu Kolonel), dan “IstriKonolel yang nakal itu cantik”, (denganparafrasa bahwa yang nakal itu Istri Koloneltadi).
  11. 11. •Homonim yang terjadi pada antarfrasaDalam BI, misalnya orang tua yang bermaknaayah ibu, dan orang tua yang bermakna orangyang sudah tua.•Homonim yang terdapat pada antarkataDalam BI, miasalnya kata barang yangbermakna benda yang diperdagangkan, danbarang yang bermakna sejumlah atau sebanyak.•Homonim yang terdapat pada antarmorfemMisalnya bukunya (parafrasanya buku orangitu), dan bukunya (parafrasanya buku tertentuitu).
  12. 12. Lyons (1981: 146)mengatakan, “homonyms are twodifferent woeds which are writtenidentically and sound identical”. (Lihatjuga Simpson, 1979: 179; Jini, 1969:50; Palmer, 1976: 67), (Verhaar, 1983:135) memberikan contoh dalam BI katamengukur yang leksemnya kukur dankata mengukur yang leksemnya ukur.
  13. 13. Bila kata A berhomonim dengan kata B,maka kata omonim dengan kata A. dengankata lain, terdapat hubungan yang bilateral: yakni hubungan yang berlaku ke duaarah. Jika digambarkan, akan terlihatseperti gambar ini: A B
  14. 14. Disamping istilah homonim, ada pula istilahhomograf dan homofon. Simpson (1979: 179)mengatakan, “Homograph are writtenidentically but sound differently”,“Homophones, sound identical but are writtendifferently”. (Lihat juga Palmer, 1976: 68;Zgusta, 1971: 78-80). Dengan kata lain,homograf berhubungan dengan ujaran,maksudnya ejaan sama tetapi makna berbeda,dan homofon berhubungan dengan bunyibahasa, maksudnya lafalnya sama tetapimaknanya berbeda.
  15. 15. Dalam BI terdapat kata barang, misalnyadalam kalimat :• Banyak barang diturunkan di pelabuhan.• Berilah ia barang 1.000 rupiah. Kata barang pada kedua kalimat inibersifat homofon, homograf, dan jugahomonim, sebab kata barang pada kalimat(1) bermakna benda yang dipergunakan,sedangkan kalimat (2) bermakna sebanyakatau sejumlah.
  16. 16. 2. (Kridalaksana, 1984: 68 dalamSarwiji Suwandi, 2008: 109-112)Menjelaskan bahwa homonimi(homonymy) adalah hubungan antara katayang ditulis atau dilafalkan dengan carayang sama dengan kata lain, tetapi tidakmempunyai hubungan makna. Sementaraitu, homonimi (homonym) adalah katayang berhomonimi dengan kata lain.
  17. 17. Lanjutan Chaer (1985: 40) memberi penjelasanbahwa kata homonimi berasal dari bahasaYunani Kuno ‘anoma’ yang berarti ‘nama’dan ‘homo’ yang berarti ‘sama’. Dengandemikian, homonimi berarti ‘nama samauntuk benda lain’. Di dalam semantikhomonimi juga sering diartikan sebagaiungkapan (kata, frasa, kalimat) yangbentuknya sama sebagai ungkapan laintetapi maknanya berbeda.
  18. 18. Misal, kata bisa yang berarti ‘racun’dan kata bisa berarti ‘dapat/sanggup’.Hubungan antara bisa ‘racun’ dan bisa‘dapat’ inilah yang disebuthomonim, sedangkan kata bisa ‘racun’berhomonim dengan bisa‘dapat/sanggup’.
  19. 19. Apabila kita membuka kamus, kitamelihat kata-kata yang berhomonimtersebut yang biasanya ditandai denganangka Arab yang diangkat setengahspasi dan diletakkan di depan kata-katatersebut atau juga ditandai denganangka Romawi yang diletakkan dibelakang tiap kata yang berhomonimitu.
  20. 20. Di dalam Kamus Umum Bahasa Indonesiasusunan W.J.S Poerwadarminta digunakanangka Romawi, contoh: abu I : bisa yang tertinggal setelah suatubarang mengalami pembakaran. abu II : bapak, ayah. abu III : kalah (dalam permainan congkak,gasing) aci I : pati tepung aci II : kakak perempuan aci III : mengaci (menghaluskan tembokdengan semen)
  21. 21. Terdapat dua kemungkinan yangmenyebabkan terjadinya homonim, yaitu:(1) bentuk-bentuk yang berhomonim itu datangdari bahasa/dialek yang berbeda, misal katabisa yang berarti ‘racun’ berasal dari bahasamelayu, sedangkan bisa yang berarti‘dapat/sanggup’ berasal dari bahasa jawa dan(2) bentuk-bentuk tersebut terjadi sebagaiproses morfologi, misal kata mengukur (me+kukur) dalam mengukur kelapa dan mengukur(me+ ukur) dalam mengukur baju.
  22. 22. contoh homonim, baik dalam bidangmorfem, kata, frasa maupun kalimat.1. Homonim antarmorfem (morfemterikat)Misal:•Uang sejumlah Rp 5.000,- akanditabanaskan.•Ton, apakah uangnya sudah habis?
  23. 23. 2. Homonim antarkataMisal :•Saya akan memberi dia sebuah buku.•Banyak buku kita temukan dalam tebuyang berwarna hitam.3. Homonim antarfrasaMisal :•Cinta anak frasa ‘rasa cinta dari anakkepada ayah ibunya’.•Cinta anak frasa ‘perasaan cinta kepadaanaknya’.
  24. 24. 4. Homonim antarkalimatMisal :•Anak Hasan yang pandai itu meninggal.(yang pandai adalah Hasan).•Anak Hasan yang pandai itu meninggal.(yang pandai adalah anak si Hasan).5. Homonim antar kataMisal :•Buanglah sampah di keranjang itu.•Saya melihat dia sudah ke ranjang.
  25. 25. Homonim dapat kita bedakan atashomografi dan homofoni. Homografi(homography) adalah hubungan antarkata-kata yang berbeda maknanya, tetapisama tulisannya. Sementaraitu, homograf (homograph) adalah katayang berhomografi dengan kata lain.
  26. 26. •- Dia memang seorang pejabat teras(t ras)•Keluarga itu setiap sore duduk diteras (teras depan rumah)•- Sedan (s dan) ‘isak’ atau ‘tangiskecil’•Sedan (sedan) ‘jenis mobilpenumpang’
  27. 27. Homofoni (homophony) adalahhubungan antar kata-kata yang berbedamaknanya, tetapi sama lafalnya.Homofon (homophone) adalah katayang berhomofoni dengan kata lain. Contoh homofoni :•bang dengan bank•tang dengan tank•sangsi dengan sanksi
  28. 28. Berdasarkan pada batasan homonimisebagai mana telah dikemukakan diatas, kita dapat membedakan homonimiatas 3 macam, yaitu :•Homonim yang homograf•Homonim yang homofon•Homonim yang homograf sekaligushomofon.
  29. 29. SEKIAN DAN TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT

×