Mengenal Komputasi Awan
(Cloud Computing)
"Komputasi awan" alias cloud computing adalah penggunaan sumber daya komputasi baik
hardware dan/atau software yang disamp...
Berdasarkan fungsinya, ada 3 tipe komputasi awan yang
diimplementasikan saat ini, yakni:
1. SaaS ( Software as Service )
Perangkat lunak sebagai layanan (software as service),
yang juga disebut sebagai awan laya...
Contoh SaaS
2. PaaS (platform as a service)
Platform sebagai layanan (platform as a
service)memberikan sumber daya komputasi melalui
p...
Contoh PaaS
3. IaaS (infrastructure as a
service )
Infrastruktur sebagai layanan (infrastructure as a service) yang juga disebut
sebag...
Contoh IaaS
Perangkat Lunak sebagai Layanan
dalam Komputasi Awan
1. Webmail dan Groups/Forum
Webmail merupakan aplikasi atau perangkat...
Lanjutan …
3. Fasilitas penyimpanan file online (online storage)
Penyimpanan file online adalah fasilitas yang disediakan ...
Lanjutan …
5. Fasilitas Blogging
Blog atau webblog adalah situs Internet (web site) yang
memberikan layanan publikasi tuli...
Lalu apa resikonya ?
Sebagaimana yang dikatakan sebagai bisnis service, dengan teknologi cloud
anda sebaiknya mengetahui d...
Lanjutan …
4. Data ownership – Apakah data anda masih menjadi milik
anda begitu data tersebut tersimpan didalam cloud?
mun...
Kekurangan Cloud Computing
Hal yang paling wajib dalam komputasi awan adalah
koneksi internet, internet bisa dibilang jala...
Manfaat Cloud Computing
 Perusahaan tidak perlu membeli hardware berupa
production server maupun jaringan pendukungny .
...
Lanjutan…
IT Professional yang dibutuhkan untuk perawatan dan
pembangunan sistem berkurang
Tidak ada biaya untuk hardwar...
Mengurangi kesulitan mempersiapkan dan
merawat infrastruktur IT
Penggunaan cloud computing dapat mengurangi beban kesulita...
Lanjutan…
 Kemudahan akses
Untuk mengerjakan suatu pekerjaan kita tidak mesti berada dihadapan satu
komputer yang sama. M...
By : Desi Arisandi Nasution
131 311 005
Cloud Computing
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Mengenal komputasi awan

2,022 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,022
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
128
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Mengenal komputasi awan

  1. 1. Mengenal Komputasi Awan (Cloud Computing)
  2. 2. "Komputasi awan" alias cloud computing adalah penggunaan sumber daya komputasi baik hardware dan/atau software yang disampaikan sebagai layanan melalui jaringan (biasanya internet). Istilah "cloud" berasal dari penggunaan simbol berbentuk awan sebagai abstraksi untuk infrastruktur kompleks yang dikandungnya dalam diagram sistem.
  3. 3. Berdasarkan fungsinya, ada 3 tipe komputasi awan yang diimplementasikan saat ini, yakni:
  4. 4. 1. SaaS ( Software as Service ) Perangkat lunak sebagai layanan (software as service), yang juga disebut sebagai awan layanan atau awan aplikasi, menawarkan implementasi fungsi atau proses tertentu, misalnya memberikan layanan atau aplikasi yang memanfaatkan infrastruktur atau platform. Ini tentu harus dibedakan dari memberikan kebebasan menggunakan platform itu sendiri (yang ini adalah domain infrastructure as a service). Pada umumnya, jenis-jenis aplikasi standar ditawarkan melalui awan layanan ini. Contoh awan layanan adalah Google Docs, Zoho Office, Salesforce CRM, SAP Business by Design, dan sebagainya.
  5. 5. Contoh SaaS
  6. 6. 2. PaaS (platform as a service) Platform sebagai layanan (platform as a service)memberikan sumber daya komputasi melalui platform di mana aplikasi dan layanan dapat dikembangkan dan diinangi (hosted). Platform sebagai layanan biasanya menggunakan application programming interface (API) khusus bagi pelanggan untuk mengendalikan server inang yang mengeksekusi dan mereplikasi eksekusi berdasarkan permintaan pelanggan. Contoh implementasi platform sebagai layanan adalah Force.com, Google App Engine, Windows Azure (Platform).
  7. 7. Contoh PaaS
  8. 8. 3. IaaS (infrastructure as a service ) Infrastruktur sebagai layanan (infrastructure as a service) yang juga disebut sebagai awan sumber daya (resource clouds) yang memberikan layanan penyediaan infrastruktur bagi pengguna. Beberapa jenis sumber daya dapat disediakan melalui layanan infrastruktur ini, misalnya: a) awan data dan penyimpanan (data and storage cloud) yang memberikan akses ke data yang ukurannya berkembang dari wakti ke waktu. Contoh layanan awan sumber daya adalah yang disediakan oleh Amazon S3, SQL Azure ; b) awan komputasi (compute clouds) yang memberikan akses ke sumber daya komputasi misalnya prosesor. Sejauh ini, sumber daya level rendah tidak dapat dieksploitasi secara bebas seperti mengunakan sumber daya yang disediakan sendiri, tetapi melalui teknik yang disebut virtualiasi. Penyedia layanan awan komputasi biasanya menawarkan kemampuan untuk menyediakan sumber daya komputasi yang dieksekuai melaluai aplikasi tertentu. Contoh pelayanan awan komputasi antara lain: Amazon EC2, Zimory, Elastichosts;
  9. 9. Contoh IaaS
  10. 10. Perangkat Lunak sebagai Layanan dalam Komputasi Awan 1. Webmail dan Groups/Forum Webmail merupakan aplikasi atau perangkat lunak paling populer dan paling banyak digunakan. Orang, terutama pendidik, belum bisa dikatakan ‘celik komputer’ (computer literate) apabila dia belum memiliki email account dan menggunakannya untuk keperluan komunikasi personal maupun formal. Meskipun SMS (short message service) juga merupakan sarana komunikasi modern yang lebih populer dan lebih banyak digunakan oleh hampir semua kalangan, SMS tidak memiliki kemampuan seperti webmail yang mampu mengirimkan lampiran (attachment) berupa file-file elektronik. Webmail digunakan juga sebagai pengganti identitas seseorang di Internet. Pendaftaran berbagai layanan di Internet, terlebih-lebih layanan yang bebas biasa (free of charge), pada umumnya mensyaratkan pemilikan email account untuk pengiriman kode verifikasi. Webmail yang populer dan banyak digunakan oleh komunitas pengguna Internet adalah YahooMail!, GoogleMail, dan Hotmail. 2. Office Suite Aplikasi online untuk Office Suite (yakni kelompok aplikasi yang minimal terdiri atas wordprocessor, spreadsheet, dan presentation slide) merupakan salah satu aplikasi penting untuk pembelajaran. Aplikasi Office Suite online ini merupakan alternatif bagi aplikasi office suite stand alone. Tren pemanfaatan komputer tablet menjadikan aplikasi online jenis ini menjadi penting, karena pada komputer tablet, sumber daya yang disediakan dalam perangkat relatif terbatas.
  11. 11. Lanjutan … 3. Fasilitas penyimpanan file online (online storage) Penyimpanan file online adalah fasilitas yang disediakan oleh komputer server untuk menginangi (hosted) file dalam berbagai format. Fasilitas ini memungkinkan file disimpan pada sebuah folder di komputer server dan diberi alamat URL sehingga bisa di-share kepada pengguna lain yang diinginkan. Komputer inang ada yang memiliki fasilitas pencarian, sehingga file-file yang dinyatakan sebagai file publik (artinya di-share oleh penggunanya) dapat dicari melalui antarmuka pencarian. 4. Konverter online Konverter online adalah layanan konversi file secara online. Anda tidak perlu memiliki program konversi file dalam komputer Anda. Cukup kunjungi alamat situs penyedia konverter online, upload file yang akan anda konversi (tentu saja ada batasan maksimal ukuran), pilih file hasil konversi, lalu tunggu beberapa saat. Anda akan mendapatkan file hasil konversi, baik yang dikirimkan langsung ke alamat email Anda atau dengan cara mengklik link yang disediakan untuk mendownload hasil konversi.
  12. 12. Lanjutan … 5. Fasilitas Blogging Blog atau webblog adalah situs Internet (web site) yang memberikan layanan publikasi tulisan di Internet dalam format kronologis, artinya tulisan disusun berdasarkan tanggal atau waktu penulisan. Semula, blog adalah layanan publikasi jurnal atau buku harian, namun saat ini banyak digunakan untuk mempublikasikan tulisan apapun, termasuk bahan ajar, karena kemudahan menggunakannya. Tersedia banyak layanan yang menyediakan fasilitas blogging. Yang populer adalah Wordpress (http://wordpress.com) dan Blogspot (http://blogspot.com).
  13. 13. Lalu apa resikonya ? Sebagaimana yang dikatakan sebagai bisnis service, dengan teknologi cloud anda sebaiknya mengetahui dan memastikan apa yang anda bayar dan apa yang anda investasikan sepenuhnya memang untuk kebutuhan anda menggunakan service ini. Anda harus memperhatikan pada beberapa bagian yaitu: 1. Service level – Cloud provider mungkin tidak akan konsisten dengan performance dari application atau transaksi. Hal ini mengharuskan anda untuk memahami service level yang anda dapatkan mengenai transaction response time, data protection dan kecepatan data recovery. 2. Privacy - Karena orang lain / perusahaan lain juga melakukan hosting kemungkinan data anda akan keluar atau di baca oleh pemerintah U.S. dapat terjadi tampa sepengetahuan anda atau approve dari anda. 3. Compliance - Anda juga harus memperhatikan regulasi dari bisnis yang anda miliki, dalam hal ini secara teoritis cloud service provider diharapkan dapat menyamakan level compliance untuk penyimpanan data didalam cloud, namun karena service ini masih sangat muda anda diharapkan untuk berhati hati dalam hal penyimpanan data.
  14. 14. Lanjutan … 4. Data ownership – Apakah data anda masih menjadi milik anda begitu data tersebut tersimpan didalam cloud? mungkin pertanyaan ini sedikit aneh, namun anda perlu mengetahui seperti hal nya yang terjadi pada Facebook yang mencoba untuk merubah terms of use aggrement nya yang mempertanyakan hal ini 5. Data Mobility – Apakah anda dapat melakukan share data diantara cloud service? dan jika anda terminate cloud relationship bagaimana anda mendapatkan data anda kembali? Format apa yang akan digunakan ? atau dapatkah anda memastikan kopi dari data nya telah terhapus ?
  15. 15. Kekurangan Cloud Computing Hal yang paling wajib dalam komputasi awan adalah koneksi internet, internet bisa dibilang jalan satu- satunya jalan menuju komputasi awan, ketika tidak ada koneksi internet ditempat kita berada maka jangan harap bisa menggunakan sistem komputasi awan. Hal ini masih menjadi hambatan khsusnya bagi Indonesia, karena belum semua wilayah di tanah air terjangkau oleh akses internet, ditambah lagi sekalipun ada koneksinya belum stabil dan kurang memadai.
  16. 16. Manfaat Cloud Computing  Perusahaan tidak perlu membeli hardware berupa production server maupun jaringan pendukungny . Tidak ada biaya setup awal untuk platform pembangunan dan penggunaan aplikasi perusahaan. Perusahaan tidak perlu membeli software dasar untuk pembangunan aplikas. Perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk software upgrade.
  17. 17. Lanjutan… IT Professional yang dibutuhkan untuk perawatan dan pembangunan sistem berkurang Tidak ada biaya untuk hardware upgrade Pengurangan biaya listrik yang digunakan untuk menyalakan hardware
  18. 18. Mengurangi kesulitan mempersiapkan dan merawat infrastruktur IT Penggunaan cloud computing dapat mengurangi beban kesulitan persiapan dan perawatan infrastrukur karena platform beserta kustomisasi software pendukungnya dilakukan oleh perusahaan pemberi layanan cloud computing. Sehingga organisasi pengguna bisa fokus pada pengembangan aplikasi saja.  Manajemen kapasitas Kebutuhan perusahaan yang bergerak di bidang transaksi via internet akan kapasitas aplikasi akan terus menerus berkembang. Oleh karena itu, ada kebutuhan akan solusi mudah dalam mengembangkan kapasitas ini, baik dari sisi bandwidth, kapasitas penyimpanan data, maupun kapasitas user-handling yang semakin berkembang. Istilah sebutan karakteristik ini adalah scalability. cloud computing menjawab kebutuhan ini dengan menyediakan layanan yang disertai pilihan kapasitas yang dapat digunakan perusahaan pengguna. Sehingga perusahaan tidak perlu mengeluarkan tenaga tambahan untuk pembelian infrastrukturhardware maupun software untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan bisnis yang semakin berkembang.
  19. 19. Lanjutan…  Kemudahan akses Untuk mengerjakan suatu pekerjaan kita tidak mesti berada dihadapan satu komputer yang sama. Misal, sobat diberi tugas oleh atasan untuk membuat sebuah bahan presentasi dengan format aplikasi power point, karena pada komputer sobat tidak ada aplikasi power point-nya maka sobat bisa membuatnya di Google docs ataupun di Skydrive-nya Windows Live. Cukup koneksi ke internet login ke akun google atau windows live sobat, maka sobatpun sudah bisa membuat bahan presentasi secara online.  Fleksibilitas seperti contoh diatas, bahan presentasi yang kita buat tidak perlu kita simpan di hardisk yang akan memakan ruang space atau mungkin dimasukan ke flashdisk. Dimanapun sobat berada atau kemanapun sobat bepergian file-file tersebut bisa dibuka dimana saja selama ada koneksi internet. Andaikata sobat akan pergi ke perusahaan cabang sobat, sobat tidak perlu lagi repot-repot membawa laptop ke cabang perusahaan sobat, karena semua file-file tersimpat diawan.
  20. 20. By : Desi Arisandi Nasution 131 311 005 Cloud Computing

×