Pengertian Topologi Jaringan
Topologi jaringan adalah sebuah pola interkoneksi dari beberapa terminal komputer. Topologi
j...
2. Diperlukan repeater untuk memperkuat sinyal.
3. Operasional jaringan LAN tergantung tiap perangkat.

Topologi Ring
Topo...
Topologi tree merupakan generalisasi dari topologi bus, media transmisi berupa kabel yang
bercabang tanpa loop tertutup.To...
Topologi Star
Keuntungan topologi star adalah:
1.
2.
3.
4.

Dapat diandalkan
Mudah dikembangkan
Keamanan data tinggi
Kemud...
1. Memiliki respon waktu cepat.
2. Tidak memerlukan protocol tambahan karena tidak ada fungsi switching.

Kerugian topolog...
strtuktur pengkabelan :
a. EIA/TIA-568 yang dikeluakan oleh Electronic Industries Association
dan Telecommunications Indus...
Pengertian topologi jaringan
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Pengertian topologi jaringan

726 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
726
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
17
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pengertian topologi jaringan

  1. 1. Pengertian Topologi Jaringan Topologi jaringan adalah sebuah pola interkoneksi dari beberapa terminal komputer. Topologi jaringan merupakan representasi geometri dari hubungan antar perangkat (terminal komputer, repeaters, bridges) satu dengan lainnya (Green, 1985:22). Topologi jaringan sendiri terbagi menjadi dua yaitu: 1. Physical. Merupakan gambaran fisik dari hubungan antara perangkat (komputer, server, hub, switch, dan kabel jaringan) yang membentuk suatu pola khusus 2. Logical. Merupakan gambaran bagaimana suatu perangkat dapatberkomunikasi dengan perangkat lainnya. Topologi Bus Topologi bus merupakan topologi dimana semua perangakat keras terhubung melalui kabel tunggal yang kedua ujungnya tidak tertutup dan masing-masing ujungnya menggunakan sebuah perangkat terminator. Jika alamat perangkat sesuai dengan alamat pada informasi yang dikirim, maka informasi akan diterima dan diproses. Jika tidak, maka informasi akan diabaikan. Topologi Bus Keuntungan topologi bus adalah : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Jarak LAN tidak terbatas Kecepatan pengiriman tinggi. Tidak diperlukan pengendali pusat. Jumlah perangkat yang terhubung dapat dirubah tanpa mengganggu yang lain. Kemampuan pengembangan tinggi. Keterandalan jaringan tinggi. Kondusif untuk jaringan gedung bertingkat. Kerugian topologi bus adalah : 1. Jika tingkat traffic tinggi dapat menyebabkan kemacetan.
  2. 2. 2. Diperlukan repeater untuk memperkuat sinyal. 3. Operasional jaringan LAN tergantung tiap perangkat. Topologi Ring Topologi ring merupakan topologi dimana setiap perangkat dihubungkan sehingga berbentuk lingkaran. Setiap informasi yang diperoleh akan diperiksa alamatnya oleh perangkat jika sesuai maka informasi akan diproses sedangkan jika tidak maka informasi diabaikan. Topologi Ring Keuntungan topologi ring adalah: 1. 2. 3. 4. 5. 6. Kecepatan pengiriman tinggi. Dapat melayani traffic yang padat. Tidak diperlukan host, relatif murah. Dapat melayani berbagai mesin pengirim. Komunikasi antar terminal mudah. Waktu yang diperlukan untuk pengaksesan data optimal. Kerugian topologi ring adalah: 1. 2. 3. 4. 5. Perubahan jumlah perangkat sulit. Kerusakan pada media pengirim dapat mempengaruhi seluruh jaringan. Harus memiliki kemampuan untuk mendeteksi kesalahan untuk kemudian di isolasi. Kerusakan salah satu perangkat menyebabkan kelumpuhan jaringan. Tidak baik untuk pengiriman suara, video dan data. Topologi Tree
  3. 3. Topologi tree merupakan generalisasi dari topologi bus, media transmisi berupa kabel yang bercabang tanpa loop tertutup.Topologi tree selalu dimulai pada titik yang disebut headend. Satu atau beberapa kabel berasal dari headend. Topologi Tree Keuntungan topologi tree adalah : 1. Kontrol manajemen mudah karena bersifat terpusat. 2. Mudah untuk dikembangkan. Kerugian topologi tree adalah : 1. Karena data yang dikirim diterima oleh semua perangkat diperlukan mekanisme untuk mengidentifikasi perangkat yang ingin di tuju. 2. Diperlukan mekanisme transmisi data untuk menghindari overlapping sinyal jika 2 perangkat mengirim data secara bersamaan. Topologi Star Pada topologi star terdapat perangkat pengendali yang berfungsi sebagai pengatur dan pengendali komunikasi data. Sedangkan perangkat lain terhubung dengan perangkat pengendali sehingga pengiriman data akan melalui perangkat pengendali.
  4. 4. Topologi Star Keuntungan topologi star adalah: 1. 2. 3. 4. Dapat diandalkan Mudah dikembangkan Keamanan data tinggi Kemudahan akses ke jaringan LAN lain Kerugian topologi star adalah: 1. Jika trafik padat maka dapat menyebabkan lambatnya jaringan 2. Jaringan sangat bergantung pada perangkat pengendali. Topologi Mesh Jenis topologi yang merupakan dari berbagai jenis topologi yang lain(disesuaikan dengan kebutuhan). Biasanya digunakan pada jaringan yang tidak memiliki terlalu banyak node di dalamnya. Dikarenakan setiap perangkat dihubungkan dengan perangkat lainnya. Topologi Mesh Keuntungan topologi mesh adalah:
  5. 5. 1. Memiliki respon waktu cepat. 2. Tidak memerlukan protocol tambahan karena tidak ada fungsi switching. Kerugian topologi mesh adalah: 1. Biaya cukup mahal. Kabel UTP PENGERTIAN KABEL UTP & SEJARAHNYA SEJARAH KABEL UTP # PENGERTIAN : Pengertian Kabel UTP Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah suatu kabel yang digunakan sebagai media penghubung antar computer dan peralatan jaringan (hub atau switch). Kabel UTP merupakan salah satu kabel yang paling popular saat yang di gunakan untuk membuat jaringan computer. Pengkabelan Straight Kabel UTP Straight adalah kabel yang digunakan sebagai penghubungbeberapa client dengan menggunakan bantuan hub ataupun switch. Urutan rna nya yaitu : (Putih-orange – Orange) – (Putih-hijau – Biru) – (Putih-biru – Hijau) – (Putih-coklat dgn Coklat) , susunan ujung kabel nya sama. Pengkabelan Cross kabel utp cross adalah kabel penghubung antara 2 unit komputer secara langsung , tanpa perlu hub , dan susunan ujung dgn ujung berbeda , kita sebut aja ujung A dan ujung B . § Ujung A (Putih-orange – Orange) – (Putih-hijau – Biru) - (Putih-biru – Hijau) – (Putih-coklat – Coklat) § Ujung B (Putih-hijau – Hijau) – (Putih-orange – Biru) – (Putih-biru – Orange) – (Putih-coklat – Coklat) #SEJARAH KABEL UTP : Sejarah : Kabel UTP adalah kabel khusus untuk transmisi data. UTP, singkatan dari “Unshielded Twisted Pair". Disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan. UTP ada 2 macam : 1. Untuk kabel telepon yang berisi 4 buah kabel. 2. Untuk jaringan computer yang berisi 8 buah kabel. UTP dispesifikasikan oleh organisasi Electronic Industries Association (EIA) dan Tellecommunication Industries Association (TIA). Ada 2 standard untuk
  6. 6. strtuktur pengkabelan : a. EIA/TIA-568 yang dikeluakan oleh Electronic Industries Association dan Telecommunications Industry Association. b. ISO 11801 yang dikeluarkan oleh ISO. Kabel UTP atau Unshielded Twisted Pair atau Ethernet Cable atau kita biasa menyebutnya dengan kabel LAN adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan antar peralatan yang berhubungan dengan computer network (komputer, hub, switch, router). Kabel ini bentuknya seperti kabel telefon, hanya lebih besar. Yang dimaksud dengan kabel UTP adalah hanya kabelnya, sedangkan kepala kabelnya adalah 8 position modular connectors (8P8C) yang biasa disebut RJ-45 (RJ=register jack). Secara fisik, kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) terdiri atas 4 pasang dawai medium. Setiap pasang dipisahkan oleh lapisan pelindung. Tipe kabel ini semata-mata mengandalkan efek konselasi yang diproduksi oleh pasangan-pasangan dawai, untuk membatasi degradasi sinyal yang disebabkan oleh EMI dan RFI. Kabel UTP digunakan sebagai media networking dengan impedansi 100 ohm. Hal ini berbeda dengan tipe pengkabelan twisted pair lainnya seperti pengkabelan untuk telepon. Karena UTP memiliki diameter eksternal 0,43 cm, ini menjadikannya mudah saat instalasi. UTP juga men-support arsitektur-arsitektur jaringan pada umumnya sehingga menjadi sangat popular. Beberapa cacatan mengenai kabel UTP antara lain : a. Kecepatan dan keluaran :10 – 100 Mbps b.Biaya rata-rata per node murah c. Media dan ukuran konektor kecil d.Panjang kabel maksimum yang diijinkan 100 m (pendek) Kabel UTP memiliki banyak keunggulan. Selain mudah dipasang, ukurannya kecil, juga harganya relative murah dibanding media lain. Satu kekurangannya adalah rentan terhadap efek interferensi yang berasal dari media atau perangkat-perangkat lain yang ada di sekelilingnya. Namun hal ini tidak menjadi kendala, dibuktikan dengan masih tetap digunakannya kabel UTP oleh ahli-ahli jaringan untuk membangun sebuah jaringan.

×