Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Aplikasi pengelolaan manajemen aset tetap (fasilitas kantor

16,873 views

Published on

Published in: Education

Aplikasi pengelolaan manajemen aset tetap (fasilitas kantor

  1. 1. APLIKASI PENGELOLAAN MANAJEMEN ASET TETAP (FASILITAS KANTOR) BERBASIS WEB DI POLITEKNIK POS INDONESIA (POLTEKPOS) Nama : Deny Sundari Kelas : 3B / Teknik Informatika NPM : 1103056 DIPLOMA III TEKNIK INFORMATIKA POLITEKNIK POS INDONESIA
  2. 2. PEMBAHASANPENDAHULUAN PERANCANGAN KESIMPULAN
  3. 3. PENDAHULUAN• Aset adalah barang tidak habis pakai (non consumable) yang dimiliki perusahaan atau instansi. Seiring dengan berkembangnya suatu perusahaan atau instansi, maka jumlah aset juga akan terus bertambah dari tahun ke tahun.• Aset membutuhkan manajemen yang baik agar lebih mudah untuk dipantau dan ditelusuri. Kebutuhan informasi mengenai data dan informasi suatu aset sangatlah penting guna untuk memperbaiki kinerja atau efisiensi di dalam suatu perusahaan.• Sistem informasi manajemen aset adalah sebuah aplikasi pengelolaan aset yang ditujukan untuk perusahaan atau instansi dengan tujuan aset yang ada dapat dikelola sebagaimana mestinya.• Sama halnya di poltekpos bandung, pengelolaan aset masih dilakukan secara manual sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan dalam pendataan aset. Tidak hanya itu, pengelolaan aset secara manual ini mampu mempengaruhi kinerja instansi khususnya bagian pengadaan (properti).• Beranjak dari sinilah, maka penulis bermaksud membuat suatu aplikasi pengelolaan manajemen aset untuk politeknik pos indonesia (poltekpos), dalam hal ini manajemen aset berupa pengelolaan aset tetap (fasilitas kantor) di instansi tersebut.
  4. 4. PENDAHULUAN• Tema : Pengelolaan Manajemen Aset Tetap• Judul : Aplikasi Pengelolaan Manajemen Aset Tetap (Fasilitas Kantor) Berbasis Web di Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos).• Rumusan Masalah :Adapun rumusan masalah yang melatar belakangi pembuatan aplikasi ini, yaitu :- proses pencatatan aset tidak sistematis dan terintegrasi;- manajemen data masih dilakukan secara manual;- perencanaan pemanfaatan dan pengelolaan aset di masa yang akan datang belum optimal sehingga menyebabkan pembiayaan operasional aset yang semakin tinggi.• Tujuan Pembuatan Aplikasi :Adapun tujuan pembuatan aplikasi ini, yaitu :- perusahaan atau instansi dapat mendata dan menyimpan dengan baik aset dalam jumlah banyak yang tersebar secara geografis, dapat mendata aset secara digital sehingga nilai aset dapat dipantau secara berkala;- tersedianya aplikasi yang mengelola manajemen aset baik secara digital dan terkomputerisasi;- mengurangi pembiayaan dan pengeluaran operasional perusahaan atau instansi, karna tidak diperlukanya pembuatan berbagai laporan dalam bentuk hardcopy lagi setiap bulannya.
  5. 5. PERANCANGAN Proses yang akan dibangun : Bisnis proses Aplikasi Pengelolaan Manajemen Aset Tetap (Fasilitas Kantor) Berbasis Web di Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos), yang akan dibangun adalah sebagai berikut:
  6. 6. PERANCANGANFlowmap Perencanaan Pengadaan Asetpada Aplikasi Pengelolaan ManajemenAset Tetap (Fasilitas Kantor) Berbasis Webdi Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos)
  7. 7. PERANCANGANFlowmap Pengadaan Aset pada AplikasiPengelolaan Manajemen Aset Tetap(Fasilitas Kantor) Berbasis Web diPoliteknik Pos Indonesia (Poltekpos)
  8. 8. PERANCANGANFlowmap Pengoperasian Aset padaAplikasi Pengelolaan Manajemen AsetTetap (Fasilitas Kantor) Berbasis Web diPoliteknik Pos Indonesia (Poltekpos)
  9. 9. PERANCANGANFlowmap Penghapusan Aset pada AplikasiPengelolaan Manajemen Aset Tetap(Fasilitas Kantor) Berbasis Web diPoliteknik Pos Indonesia (Poltekpos)
  10. 10. PERANCANGANDESKRIPSI FITURAplikasi ini merupakan aplikasi web mengenai pengelolaan manajemen aset yang berguna sebagai media pengelolaan manajemenaset pada kampus politeknik pos indonesia.• Aset yang akan dikelola dalam aplikasi ini berupa aset tetap (fasilitas kantor) berupa tanah, gedung, peralatan dan mesin, serta aset tetap lainnya.• Setiap aset dalam instansi ini dikelola oleh bagian pengadaan.• Pengelolaan aset meliputi perencanaan aset, pengadaan aset, pengoperasian aset dan penghapusan aset.- Perencanaan aset meliputi konfirmasi tentang pelayanan yang dibutuhkan oleh kampus politeknik pos indonesia dan memastikan bahwa aset yang diajukan merupakan solusi yang paling efektif untuk memenuhi kebutuhan instansi pendidikan tersebut.- Pengadaan aset merupakan peningkatan dari aset dimana pembiayaan dapat menjadi alasan yang diharapkan untuk menyediakan keuntungan diluar tahun pembiayaan. Pengadaan aset ini, meliputi pendataan akan atribut aset. Mulai dari pemberian kode aset, jenis aset, dan fungsi aset.- Pengoperasian aset mempunyai fungsi yang berhubungan dengan kerja, pengendalian aset dan biaya yang berhubungan dengannya yang merupakan komponen penting dalam aset yang dinamis atau berumur pendek.- Penghapusan aset adalah pilihan ketika sebuah aset tidak diperlukan lagi, menjadi tidak ekonomis untuk di rawat atau direhabilitasi. Penghapusan aset disini terbagi menjadi dua, aset disimpan dalam gudang atau dijual kembali.• Setelah melakukan pengelolaan aset, bagian pengadaan membuat laporan pertanggung jawaban kepada kepala poltekpos. Laporan ini dilakukan setiap sebulan sekali (akhir bulan) dan diakhir tahun.
  11. 11. PERANCANGAN SKENARIO • Aplikasi ini digunakan dalam lingkungan instasi atau kampus politeknik pos indonesia, terkhusus untuk bagian pengadaan. Dimana bagian pengadaan ini berperan sebagai administrator. • Sebagai administrator, bagian pengadaan memiliki hak akses untuk pendataan aset dari poltekpos. Yang dimaksud pendataan disini yaitu memberikan kodefikasiPLATFORM terhadap aset sehingga mudah untuk menginputkan data ke dalam aplikasi, serta memudahkan pencarian jika suatu saat data dibutuhkan.Aplikasi ini bisa berjalan di Sistem Operasi Windows XP,Vista, Windows 7, Windows 8 dan linux. Aplikasi ini • Selain melakukan pendataan, bagian pengadaan juga memiliki kewenangan untuk mencetak laporan aset fasilitas kantor sebagai laporan pertanggung jawabanmerupakan aplikasi multi platform. Akan tetapi dalam hal kepada kepala (pimpinan) poltekpos.ini, aplikasi yang akan dibuat berjalan dalam sistemoperasi windows 7 sebab pembuat aplikasi menggunakan • Kepala (pimpinan) peltekpos mempunyai hak akses untuk melihat informasi lengkap tentang data aset fasilitas kantor, melihat laporan pengelolaan aset, dansistem operasi tersebut. melakukan pencarian data aset sesuai kategori dalam aplikasi pengelolaan manajemen aset tetap ini. • Pegawai poltekpos mempunyai hak akses untuk melihat informasi lengkap tentang data aset fasilitas kantor dan melakukan pencarian data aset sesuai kategori dalam aplikasi pengelolaan manajemen aset tetap ini.
  12. 12. PERANCANGAN Hardware dan Software PERENCANAAN KERJASAMA Hardware Spesifikasi• Pihak-pihak yang terkait dalam kerjasama untuk produksi Notebook aplikasi manajemen aset tetap ini adalah : Processor intel(r) corei5 2430m 24 GHZ• Tim Development yang berperan sebagai pengembang dari RAM 2 GB aplikasi, bertugas untuk melakukan riset, pengembangan, Harddisk 640 GB produksi dan uji coba aplikasi. VG Radeon graphics hd 6730m• Kampus Politeknik Pos Indonesia (Bagian pengadaan atau Software Jenis properti) sebagai pengguna aplikasi. Sedangkan Bagian Microsoft Windows 7 Ultimate keuangan berperan sebagai pemberi dana untuk pengelolaan MySql aset. Php, Html• Suplier sebagai tempat penyediaan aset atau tempat untuk Adobe Potoshop, Macromedia membeli aset yang dibutuhkan oleh kampus politeknik pos dreamweaver indonesia Power Desainer 6.0 dan Microsoft Visio 2007
  13. 13. KESIMPULAN• Aplikasi ini digunakan untuk memanajemen aset tetap (fasilitas kantor) pada poltekpos bandung, yang dimana bagian pengadaan berperan sebagai administrator. Kepala (pimpinan) poltekpos mempunyai hak akses untuk melihat informasi lengkap tentang data aset fasilitas kantor, melihat laporan pengelolaan aset, dan melakukan pencarian data aset sesuai kategori dalam aplikasi pengelolaan manajemen aset tetap ini. Dan pegawai poltekpos mempunyai hak akses untuk melihat informasi lengkap tentang data aset fasilitas kantor dan melakukan pencarian data aset sesuai kategori dalam aplikasi pengelolaan manajemen aset tetap ini.• Aplikasi ini dapat membantu bagian pengadaan dalam mengelolah aset di kampus politeknik pos Indonesia, sehingga dapat memudahkan dalam pembuatan laporan aset.

×