CPU

881 views

Published on

Published in: Education, Business, Technology
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
881
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
9
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

CPU

  1. 1. TUGAS MULOK Angel Christine Arrum Nikita Ayu Ciptasari Ayu Sekar Rini Dhika Firmansyah Gita Arifatunnisa M. Yaskur Renita Yuniara
  2. 2. MEMORIadalah istilah generikbagi tempatpenyimpanan datadalam komputer.Beberapa jenis memoriyang banyak digunakanadalah sebagai berikut:
  3. 3. REGISTERPROSESOR d a l a m a r s i t e kt u r ko m p u t e r , a d a l a h s e j u m l a h ke c i l m e m o r i ko m p u t e r y a n g bekerja dengan kecepatan sangat tinggi yang digunakan untuk melakukan eksekusi terhadap program-program komputer dengan menyediakan akses yang cepat terhadap nilai-nilai yang umum digunakan. Umumnya nilai-nilai yang umum digunakan adalah nilai yang sedang dieksekusi dalam waktu tertentu. Register prosesor berdiri pada tingkat tertinggi dalam hierarki memori: ini berarti bahwa kecepatannya adalah yang paling cepat; kapasitasnya adalah paling kecil; dan harga tiap bitnya adalah paling tinggi. Register juga digunakan sebagai cara yang paling cepat dalam sistem komputer untuk melakukan manipulasi data. Register umumnya diukur dengan satuan bit yang dapat ditampung olehnya, seperti "register 8-bit", "register 16-bit", "register 32 -bit", atau "register 64-bit" dan lain-lain. Istilah register saat ini dapat merujuk kepada kumpulan register yang dapat diindeks secara langsung untuk melakukan input/output terhadap sebuah instruksi yang didefinisikan oleh set instruksi. untuk istilah ini, digunakanlah kata "Register Arsitektur". Sebagai contoh set instruksi Intel x86 mendefinisikan sekumpulan delapan buah register dengan ukuran 32-bit, tapi CPU yang mengimplementasikan set instruksi x86 dapat mengandung lebih dari delapan register 32- bit.
  4. 4. Jenis Register Register data, yang digunakan untuk menyimpan angka-angka dalam bilangan bulat (integer). Register alamat, yang digunakan untuk menyimpan alamat-alamat memori dan juga untuk mengakses memori. Register general purpose , yang dapat digunakan untuk menyimpan angka dan alamat secara sekaligus. Register floating-point , yang digunakan untuk menyimpan angka-angka bilangan titik mengambang (floating-point). Register konstanta ( constant register ), yang digunakan untuk menyimpan angka-angka tetap yang hanya dapat dibaca (bersifat read-only ), semacam phi , null , true , false dan lainnya.
  5. 5.  Register vektor, yang digunakan untuk menyimpan hasil pemrosesan vektor yang dilakukan oleh prosesor SIMD. Register special purpose yang dapat digunakan untuk menyimpan data internal prosesor, seperti halnya instruction pointer, stack pointer, dan status register. Register yang spesifik terhadap model mesin ( machine-specific register ), dalam beberapa arsitektur tertentu, digunakan untuk menyimpan data atau pengaturan yang berkaitan dengan prosesor itu sendiri. Karena arti dari setiap register langsung dimasukkan ke dalam desain prosesor tertentu saja, mungkin register jenis ini tidak menjadi standar antara generasi prosesor. RAM atau Random Access Memory
  6. 6. Memori akses acak(Random Access memory, RAM)  adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut , seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.  Pertama kali dikenal pada tahun 60an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.
  7. 7.  Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori-baca-saja (read- only-memory, ROM), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang. Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.
  8. 8. Tipe Umum RAM  SRAM atau Static RAM  NV-RAM atau Non-Volatile RAM  DRAM atau Dynamic RAM  Fast Page Mode DRAM  EDO RAM atau Extended Data Out DRAM  XDR DRAM  SDRAM atau Synchronous DRAM  DDR SDRAM atau Double Data Rate Synchronous DRAM sekarang (2005) mulai digantikan dengan DDR2  RDRAM atau Rambus DRAM
  9. 9. Tipe Tidak Umum RAM Dual-ported RAM Video RAM, memori port-ganda dengan satu port akses acak dan satu port akses urut. Dia menjadi populer karena semakin banyak orang membutuhkan memori video. Lihat penjelasan dalam Dynamic RAM. WRAM MRAM FeRAM
  10. 10. Cara Kerja Memori  Jika prosesor membutuhkan suatu data, pertama-tama ia akan mencarinya pada tembolok. Jika data ditemukan, prosesor akan langsung membacanya dengan delay yang sangat kecil. Tetapi jika data yang dicari tidak ditemukan,prosesor akan mencarinya pada RAM yang kecepatannya lebih rendah. Pada umumnya, tembolok dapat menyediakan data yang dibutuhkan oleh prosesor sehingga pengaruh kerja RAM yang lambat dapat dikurangi. Dengan cara ini maka memory bandwidth akan naik dan kerja prosesor menjadi lebih efisien. Selain itu kapasitas memori cache yang semakin besar juga akan meningkatkan kecepatan kerja komputer secara keseluruhan.  Dua jenis tembolok yang sering digunakan dalam dunia komputer adalah memory caching dan disk caching . Implementasinya dapat berupa sebuah bagian khusus dari memori utama komputer atau sebuah media penyimpanan data khusus yang berkecepatan tinggi.  Implementasi memory caching sering disebut sebagai memory cache dan tersusun dari memori komputer jenis SDRAM yang berkecepatan tinggi. Sedangkan implementasi disk caching menggunakan sebagian dari memori komputer.
  11. 11. Istilah penting yang berhubungan  Cache hit , jika data yang diminta oleh unit yang lebih tinggi dan ada dalam cache disebut "hit". Permintaan dapat dilayani dengan cepat. Maksud urutan unit dari rendah hingga tinggi yaitu: Streamer - Hardisk Memori - Second Level - First level - CPU cache .  Cache miss , bila data yang diminta tidak ada dalam cache , harus diambil dari unit dibawahnya yang cukup memakan waktu. Ini disebut miss (gagal)  Burst mode , dalam modus cepat ini cache mengambil banyak data sekaligus dari unit dibawahnya. Ia mengambil lebih dari yang dibutuhkan dengan asumsi, data yang diminta berikutnya letaknya berdekatan.  LRU (Least Recently Used) adalah algoritma penggantian cache .  COAST, Cache on the stick adalah bentuk khusus L2, yang dapat diganti-ganti seperti RAM dan ditempatkan pada modul.  DRAM, memori dinamik ( Dynamic Random Access Memory ) adalah bentuk yang paling umum. DRAM hanya menggunakan sebuah kapasitor untuk menyimpan, sehingga kecil dan murah untuk kapasitas besar. Kekurangannya: kecepatannya tidak begitu tinggi.
  12. 12. Hard Disk(Perangkat Keras)media penyimpanan nonvolatile yang dapatmenyimpan data digitaldengan cepat danmemiliki permukaanmagnetis. Jenis danpengertiaanya sebagaiberikut :
  13. 13. Hard Disk IDE  Biasanya, device-device seperti floppy drive, hard drive, dan CD-ROM drive dihubungkan ke komputer melalui perangkat antarmuka Integrated Drive Electronics (IDE). IDE pada dasarnya bukanlah nama teknik untuk standar interface sebenarnya. Nama orginalnya, AT Attachment (ATA) , yang berarti bahwa interface awalnya dikembangkan untuk komputer IBM AT. Hard disk IDE merupakan device penyimpanan data yang ditancapkan ke motherboard dengan interface IDE.
  14. 14. Hard Disk SATA  S erial Advanced Technology Attachment (SATA) adalah bus primer pada komputer yang didesain untuk mentransfer data antara motherboard dan media penyimpanan data, seperti hard disk dan optical drive di dalam komputer.  Keuntungan utama menggunakan hard disk SATA adalah transfer data yang lebih cepat, bisa memindahkan ataupun menambah device selama operasi (jika sistem operasinya support), kabel yang lebih tipis sehingga proses pendinginan udara dapat efisien, dan banyak keunggulan lainnya.
  15. 15. Hard Disk SCSI  Small Computer System Interface (SCSI) adalah perangkat standar ANSI untuk menghubungkan device ke sistem komputer. Pada umumnya device SCSI adalah media-media penyimpanan data, seperti hard disk SCSI. Umumnya SCSI adalah teknologi paralel, tetapi banyak varian SCSI serial yang sudah beredar di pasaran, seperti Fire Ware dan Fibre Channel.  SCSI merupakan alternatif IDE (Integrated Drive Electronics) high-end . Satu buah kontroler IDE dapat mengontrol sebanyak delapan atau 16 drive. Sebagai tambahan, biasanya kabel SCSI lebih besar dan lebih panjang dari pada kabel IDE.
  16. 16. Hard Disk SAS  Serial Attached SCSI (SAS) adalah teknologi transfer data yang di desain untuk memindahkan data dari dan ke media penyimpanan pada komputer seperti hard drive dan tape drive. SAS adalah serial protokol point to point yang menggantikan bus SCSI paralel yang muncul pertama kali pada pertengahan 1980-an di pusat data, dan menggunakan SCSI standar. Saat ini, SAS lebih rendah dibandingkan dengan implementasi SCSI paralel, tetapi di masa yang akan datang SAS akan digandakan hingga mencapai kecepatan 6 GB/s, sehingga memungkinkan banyak transfer data dengan kecepatan tinggi bila dibandingkan dengan yang sudah ada.  Protokal SAS dikembangkan oleh komite teknik T10 International Committee For Information Technology Standards (INCITS) dan dipromosikan oleh SCSI Trade Association (SCSITA).
  17. 17. Sound CardAdalah perangkat kerascomputer yang berfungsiuntuk mengolah data berupaaudio atau suara. Sound Carddibedakan menjadi dua jenisberdarsarkan fisiknya,sebagai berikut:
  18. 18. Sound Card On Board Merupakan fasilitas audio yang sudah terpasang pada motherboard berbentuk chipset dan kinerja sound card on board masih membutuhkan bantuan prosesor utama. Sound card on board dapat ditemui pada hamper semua jenis motherboard. Jika kita hanya membutuhkan sound card untuk musik, sound card tipe ini merupakan pilihan yang baik.
  19. 19. Sound Card PCIMerupakan sound card yangdipasangkan pada slot PCImotherboard. Sound card tipeini memiliki keunggulan padakualitas yang dihasilkan. Jikahanya digunakan untukkeperluan standard, sepertimendengarkan musik, soundcard tipe ini terlalu mahal.Namun jika kitamenggunakannya untukbermain game berat atau untukkegiatan rekam suara, soundcard tipe ini merupakanpilihan yang tepat.
  20. 20. Motherboardatau Mainboardsalah satu komponen dariRangkaian Komputer,Komponen tersebutdinamakan Motherboradkarena memang komponen inimerupakan komponen utamadari rangkaian CPU, jadimotherboard dapat diartikandalam bahasa Indonesiaadalah Papan Induk ataupapan utama.
  21. 21. Bentuk Fisik dari Socket ProcessorMotherboard 1. 2. socket Memory 3. Chipset 1 4. Socket Power Suplai 5. Socket Flopy Disk 6. Socket Harddisk 7. Socket Keyboard dan Mouse PS/2 8. USB Port 9. Printer Port 10. Slot AGP 11. Slot PCI 12. Slot ISA 13. BIOS 14. Chipset 2
  22. 22. VGA (Video Graphics Accelerator) card  adalah salah satu komponen komputer yang mutlak harus ada. Fungsinya mengolah data grafik untuk ditampilkan di layar monitor. Sebetulnya VGA card merupakan satu unit "komputer mini" karena komponen ini memiliki sebuah prosesor (disebut GPU alias Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.  Disebut VGA card karena komponen ini memang berbentuk seperti kartu yang di"tancap"kan pada motherboard melalui satu slot yang khusus unt itu. Krn VGA card memiliki prosesor yang mengeluarkan panas saat beroperasi, maka pasti ada perangkat pendinginnya, bisa berupa sirip-sirip logam dgn pipa- pipa penghantar panas (heatpipe) atau berupa kipas pendingin (Heat Sink Fan/HSF).
  23. 23.  Tak jarang VGA card ini sudah terintegrasi jadi satu dgn motherboard, atau istilahnya VGA OnBoard. Motherboard dgn VGA OnBoard tentu saja tdk lagi membutuhkan VGA card tambahan, kecuali bila VGA OnBoard-nya dirasa "kurang canggih", masih bisa dipasang VGA card tambahan (add- on).
  24. 24. VGA OnBoard vs. VGA Add-On Mau tak mau kita mesti membandingan 2 macam VGA ini. Pilihan mana yg harus kita ambil akan sangat tergantung dari kebutuhan kita atau kegunaan utama dari komputer itu sendiri. Berikut adalah beberapa poin keunggulan VGA OB dibanding VGA add-on:
  25. 25.  VGA OB sudah terintegrasi dgn mobonya sehingga dipastikan tdk akan terjadi masalah ketidaksesuaian antara mobo dan VGA. Meskipun kasus ketidaksesuaian ini sangat jarang dijumpai, tapi kadang terjadi juga pada bbrp jenis dan merk mobo dgn VGA type dan merk tertentu. Harga mobo dgn VGA OB hampir sama, atau unt bbrp type/merk, bahkan lbh murah ketimbang mobo tanpa VGA. Jadi boleh dikatakan kita mendapat VGA "gratis". Ini bisa menjadi solusi yg ekonomis untuk budget yg terbatas. Namun bukan berarti VGA OB tdk memiliki kekurangan bila dibandingkan dgn VGA add-on. Berikut beberapa di antaranya:
  26. 26.  VGA OB tidak memiliki memory sendiri (tapi sekarang ini bbrp produsen mobo sdh ada yg menambahkan memory tersendiri atau sideport memory khusus unt VGA OB) . Dia hrs berbagi (share) dgn memory (RAM) yg terpasang di mobo. Akibatnya kapasitas RAM akan berkurang. Pada sistem dgn RAM terbatas, hal ini kan mempengaruhi kinerja komputer secara keseluruhan. * Kinerja VGA OB relatif lbh rendah dibanding VGA add-on. Tolong hati² menafsirkan pernyataan ini. Kinerja VGA OB sama sekali tidak buruk, namun kemampuannya tentu saja agak terbatas, terutama unt aplikasi² yg membutuhkan kinerja VGA yg tinggi, contohnya main game 3D keluaran terbaru. Tapi dibanding dgn VGA add-on kelas bawah, boleh dikatakan VGA OB dewasa ini masih mampu mengimbangi bahkan mengunggulinya
  27. 27.  Mobo dgn VGA OB biasanya ukurannya lbh kecil bbrp centimeter dibanding mobo tanpa VGA. Ukuran yg lbh kecil ini biasa disebut microATX (mATX). Ini dimaksudkan unt memangkas biaya pembuatannya (krn mobo dgn VGA OB ditujukan unt kelas berbudget rendah). Konsekuensinya, jumlah expansion slots (slot² unt komponen tambahan spt modem internal, TV tuner internal dll) juga lbh sedikit dibanding mobo tanpa VGA. Tapi ada juga bbrp merk mobo dgn VGA OB yg memiliki ukuran "normal" (ATX), walaupun sangat jarang ditemui.

×