Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pengantar media sosial untuk puskesmas

617 views

Published on

Puskesmas sebagai layanan kesehatan primer sudah seharusnya lebih mendekatkan diri ke masyarakat. Salah satunya adalah melalui media sosial yaitu Facebook.

Published in: Education
  • Be the first to comment

Pengantar media sosial untuk puskesmas

  1. 1. PEMANFAATAN FACEBOOK FANPAGE BAGI LAYANAN KESEHATAN SETYO BUDI DENI WIDODO INDONESIA AIDS COALITION - 2015
  2. 2. SOCIAL MEDIA Di Berbagai belahan dunia, Ada berbagai macam media sosial yang kita kenal dan lazim digunakan untuk berbagai kebutuhan. Diantaranya : Facebook, Twitter, Youtube, Blog, Tumblr, Foursquare, Flickr, Linkedin, Pinterest dan banyak lagi yang lainnya. Namun dalam pelatihan kali ini, Kita akan memaksimalkan pemanfaatan Facebook Page bagi Penyedia layanan kesehatan.
  3. 3. Ekspektasi terhadap puskesmas dalam memanfaatkan Facebook Page :  Puskesmas dapat menggunakannya sebagai ruang Public Relation (promosi).  Puskesmas bisa menggunakannya sebagai ruang membagi informasi pelayanan.  Sebelum pelatihan dilaksanakan, puskesmas akan diberikan form untuk menyiapkan data dasar yang dibutuhkan (info lokasi, profil, data layanan, data dokter, daftar harga, dll)
  4. 4.  Profil Layanan Kesehatan  Daftar Nama dokter & Spesialisasi  Jenis dan jam layanan Yang Tersedia  Foto kegiatan / Aktifitas  Ruang Interaksi bagi penyedia dan penerima layanan kesehatan Pemanfaatan Facebook Page Bagi Layanan Kesehatan dapat berupa :
  5. 5. TEORY OF CHANGE Terinspirasi Tau Terampil Beraksi Puskesmas menjadi terinspirasi setelah menyaksikan film Lini Masa dan mendengarkan kisah yang menginspirasi dari aktivis lokal. Puskesmas bertambah pengetahuannya setelah mengikuti training. Puskesmas mempraktekkan secara mandiri apa yang sudah dipelajari, dengan bantuan mentor. Puskesmas membuat perencanaan kegiatan mengenai Facebook Page yang sudah dibuat.
  6. 6. Contoh Layanan Kesehatan yang Menggunakan Facebook Page
  7. 7. Contoh Layanan Kesehatan yang Menggunakan Facebook Page
  8. 8. Mengapa Facebook? • Sangat Mudah diakses Menggunakan smartphone (Blackberry, Android, iPhone, Windows) • Tidak memerlukan pengetahuan khusus • Orang Indonesia gemar mengakses Facebook
  9. 9. Facebook Personal • Facebook personal hanya terbatas 5,000 teman • Foto/informasi apapun dapat dibuat sangat private (orang lain tidak bisa menulis /melihat postingan di timeline) • Akun personal dapat digunakan untuk meneruskan berita yang ada di Facebook page dan group. Supaya informasi yang terdapat di page dan grup bisa ter-deliver ke teman yang lebih personal.
  10. 10. Facebook Page • Lebih dari 5,000 orang bisa me-Like Facebook page untuk mengakses informasi yang ada di Timeline. • Dapat diukur berapa orang yang terjangkau dalam setiap kali posting berita/informasi. • Akun ini bersifat sangat terbuka dan bisa diakses oleh siapa saja.
  11. 11. FITUR FACEBOOK PAGE TIMELINE : Merupakan Tempat berbagi informasi, foto, kegiatan, dll.
  12. 12. FITUR FACEBOOK PAGE ABOUT: Informasi mengenai page, dapat diatur sesuai dengan kebutuhan seperti berisi keterangan organisasi, alamat, jam buka layanan, dan lain- lain.
  13. 13. FITUR FACEBOOK PAGE Geo Location : Fitur ini dapat menampilkan, Informasil alamat yang telah kita isi dalam bentuk peta sehingga mempermudah masyarakat menemukan alamat kita.
  14. 14. FITUR FACEBOOK PAGE SURVEY/POLLING: fitur ini membantu kita membuat survey atau penilaian dan kita dapat berinteraksi dengan masyarakat mengenai apa saja 
  15. 15. ALBUM FOTO: Di dalam Album Foto, kita dapat mengunduh foto kegiatan atau aktifitas. Dan Masyarakat dapat dengan mudah melihat apa saja yang pernah kita lakukan FITUR FACEBOOK PAGE
  16. 16. NOTES: Dalam Fitur ini, dapat digunakan untuk meng-update berbagai informasi yang dibutuhkan. Fitur ini juga memudahkan user mengirim link notes tersebut saat info yang berhubungan dibutuhkan. FITUR FACEBOOK PAGE
  17. 17. INBOX: Fitur ini Dapat dimanfaatkan sebagai alat konsultasi dan interaksi yang sifatnya private FITUR FACEBOOK PAGE
  18. 18. FITUR FACEBOOK PAGE EVENTS: Secara periodik, Fitur ini dapat digunakan sebagai alat promosi dan sosialisasi promosi kegiatan. Kita juga dapat mengatur target audience dengan melihat range usia dan latar belakang. Bisa disinkronisasi juga dengan reminder kalender di smartphone bagi yang menggunakan facebook.
  19. 19. FITUR FACEBOOK PAGE INSIGHT: Fitur ini memberikan manfaat, user dapat Melihat statistik page dengan lebih mudah.
  20. 20. FITUR FACEBOOK PAGE Page Roles : Kita dapat mengatur tim yang akan kita jadikan pengelola page. Ada 5 tingkatan pengelola, yaitu Admin, Editor, Moderator, Advertiser, Analyst, paling atas memiliki wewenang paling tinggi untuk mengelola Facebook Page tersebut.
  21. 21. TRANSFORM INTO ACTION USING FACEBOOK PAGE 1. Pembuatan rencana kerja bersama 2. Membuat timeline/timeframe program 3. IAC akan menjadi “key person” yang memonitoring facebook page puskesmas, dengan Membuat Facebook page yang akan menjadi Center / Payung. 4. Membuat target postingan disertai gimmick seperti kompetisi siapa puskesmas yang paling aktif menggunakan FF nya. 5. Penggunaan http://www.socialbakers.com/statistics/ untuk memonitor FF
  22. 22. TERIMA KASIH

×