Membuat Form basis data dengan Microsoft Access

62,602 views

Published on

membuat form basis data dengan microsoft access dan koneksi odbc ke mysql

Published in: Technology
3 Comments
19 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
62,602
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
31
Actions
Shares
0
Downloads
2,774
Comments
3
Likes
19
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Membuat Form basis data dengan Microsoft Access

  1. 1. MEMBUAT FORM BASIS DATA DAN KONEKSI KE MYSQL “MEMBUAT FORM DATABASE DI MICROSOFT ACCESS” DISUSUN OLEH : DEKA MUKHAMAD WILDAN SMK BHAKTI NUSANTARA BOJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 E-Mail : bhinus_boja@smkbhinus.net Website : www.smkbhinus.net
  2. 2. 7. MEMBUAT FORM BASIS DATA Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : Menerapkan Aplikasi Basis Data : Membuat Form Basis Data I. TUJUAN 1. Siswa dapat membuat form basis data 2. Siswa dapat mengkonfigurasi koneksi Data Sources ODBC ke database MySQL 3. Siswa dapat mengkonfigurasi koneksi form basis data ke Database MySQL 4. Siswa dapat memasukkan data ke dalam database MySQL melalui form basis data II. DASAR TEORI Percobaan pembuatan form basis data untuk data siswa dilakukan melalui aplikasi Database Microsoft Access yang sudah terkoneksi dengan database MySQL. III. ALAT DAN BAHAN 1. Microsoft Office 2007 yang terdapat aplikasi Microsoft Access 2007 yang sudah terinstall di PC. 2. Software MySQL Connector ODBC yang sudah terinstall di PC. IV. LANGKAH KERJA 1. Membuat Form Basis Data Sebelum membuat form basis data menggunakan aplikasi Microsoft Access 2007, pastikan kalian telah mengaktifkan aplikasi Database MySQL. Kemudian buka aplikasi Microsoft Access 2007 dan buat database baru dengan menu Blank Database.
  3. 3. Selanjutnya tentukan folder lokasi penyimpanan file database Microsoft Access kalian dengan memilih ikon folder kemudian simpan dengan nama dbForm dan format file yang digunakan Microsoft Office Access Databasees (2002-2003 format)(*.mdb). Selanjutnya pilih tombol Create untuk menciptakan database baru dari Microsoft Access 2007. Apabila tampil pembuatan table Microsoft Access sebaiknya di tutup jangan disimpan, karena kita akan membuat form. Lalu pilih menu Create setelah itu pilih menu Form Design pada menu Create.
  4. 4. Selanjutnya buat form untuk table siswa yang ada di database MySQL seperti berikut : TextBox Combo Box Untuk komponen jenis kelamin menggunakan Combo Box, secara otomatis combo box akan menampilkan suatu tampilan untuk mengisikan isi menu drop down, apakah ingin diisi sendiri atau diisi otomatis oleh Microsoft access wizard combo box. Karena ingin diisi manual maka pilih I will type in the values that I want, lalu klik next.
  5. 5. Pada tampilan kedua dalam pengisian value pada combo box, pada Number of columns diisi angka 1, karena kita ingin membuat 1 kolom saja, sedangkan isi value atau datanya ketikkan LAKI-LAKI dan PEREMPUAN seperti di bawah ini, lalu klik Finish. Selanjutnya buat tombol atau button Tambah Baru, Simpan, dan Hapus menggunakan menu komponen Button, untuk pembuatan tombol Tambah Baru, lakukan seperti di bawah ini : Kemudian letakkan Buttonnya di bawah textbox alamat, jika tampil menu pilihan command button, pada menu Categories pilih menu Record Operations, lalu pada menu Actions pilih menu Add New Record lalu klik next seperti di bawah ini: Setelah itu pilih menu Picture lalu pilih menu Pencil (Edit) dan klik Finish.
  6. 6. Sehingga hasilnya seperti di bawah ini : Selanjutnya buat tombol Simpan atau save dengan cara yang sama, dengan memilih menu Record Operations lalu pilih menu Save Record, lalu klik Finish. Sehingga hasilnya seperti di bawah ini :
  7. 7. Selanjutnya buatlah tombol hapus dengan cara yang sama seperti di atas dengan memilih menu Record Operations lalu pada menu Actions pilih menu Delete Record lalu klik finish. Sehingga hasilnya seperti di bawah ini : Setelah itu simpan form dengan nama formsiswa. 2. Mengkonfigurasi Koneksi Data Sources ODBC ke database MySQL. Sebelum memulai mengkonfigurasi ODBC ke MySQL, pastikan aplikasi MySQL Connector ODBC telah terinstall di PC kalian dan khusus untuk windows 7 hanya bisa dilakukan pada Windows 7 versi x86 atau 32 bit saja, setelah itu untuk membuka menu ODBC (Data Source), buka menu Control Panel. Untuk windows XP dan Windows 7 klik start – klik Control Panel. Setelah itu buka pada aplikasi
  8. 8. Administrative Tools lalu pilih atau buka Data Sources (ODBC), untuk windows 8 pilih yang Data Sources ODBC (x86 atau 32 bit). Setelah masuk dalam menu aplikasi Data Sources (ODBC) kemudian pilih menu System DSN, lalu klik Add. Setelah tampil menu Add Data Sources ODBC, cari nama menu MySQL ODBC 3.51 Driver jika menggunakan MySQL Connector versi 3.51 atau MySQL ODBC 5.1 Driver jika menggunakan versi 5.1, lalu klik Finish.
  9. 9. Kemudian setelah tampil menu Connector/ODBC, pada tab Login, lakukan pengisian konfigurasinya seperti di bawah ini : Pada kolom password disesuaikan dengan konfigurasi di mysql database server kalian, jika mysql tidak diberi password maka cukup dikosongkan saja pada kolomnya, setelah itu klik Test untuk mengecek hasil koneksi ODBC dengan MySQL. Apabila tampil suatu pesan kosong, atau pesan Connection Successfull berarti ODBC telah berhasil terkoneksi dengan database MySQL, setelah itu klik Ok, maka akan tampil database baru pada menu System DSN.
  10. 10. Setelah itu klik ok dan konfigurasi ODBC ke database MySQL telah selesai. 3. Mengkonfigurasi Koneksi Form Basis Data ke Database MySQL Setelah pembuatan form basis data selesai dan konfigurasi koneksi ODBC ke MySQL juga telah selesai, sekarang koneksikan form basis data yang sudah dibuat menggunakan Microsoft Access 2007 ke ODBC Database MySQL. Pastikan database dan form database Microsoft Access telah dibuka, kemudian pilih tab menu External Data, lalu pilih atau klik menu More, setelah itu pilih menu ODBC Database. Selanjutnya pilih menu Link to the data source by creating a linked table lalu klik ok.
  11. 11. Kemudian setelah masuk pada menu Select Data Source, pilih tab menu Machine Data Source lalu pada menu Data Source Name pilih db_xrpl lalu klik ok. Selanjutnya akan tampil pilihan menu tabel Link Tables dari database MySQL. Pilih atau klik Select All lalu klik ok.
  12. 12. Apabila terdapat tampilan menu Select Unique Record Identifier pada tabel nilai diabaikan saja karena kita tidak membuat kunci utama atau index dari tabel nilai tersebut. Lalu klik ok. Maka akan tampil tampilan seperti berikut : Selanjutnya tampilkan menu Properties pada Form, lakukan seperti berikut : Di Klik Kanan Setelah tampil menu properties pada form, lalu pada kolom Record Source pilih siswa, untuk memasukkan data dari tabel siswa ke dalam form basis data yang bernama formsiswa.
  13. 13. Kemudian pilih atau klik field textbox NIS yang ada di form, lalu pada properties formnya pada kolom Control Source pilih nis. Selanjutnya pada field-field textbox lainnya, lakukan dengan cara yang sama seperti di atas dan sesuaikan field pada form dengan kolom tabel yang ada di control source-nya. Setelah itu simpan konfigurasi formnya kemudian buka hasil formnya dengan cara klik kanan pada formsiswa, lalu klik open.
  14. 14. Apabila tabel siswa yang terdapat dalam database xrpl di MySQL telah terisi dengan beberapa data siswa, maka secara otomatis di form database Microsoft Access akan di tampilkan. 4. Memasukkan Data ke Dalam Tabel Database MySQL Melalui Form Basis Data Selanjutnya uji coba form basis data tersebut dengan cara memasukkan data ke dalam tabel siswa di database xrpl pada MySQL melalui form tersebut dengan cara klik tombol Add Record yang bergambar pensil tersebut seperti di tampilan tadi, lalu isikan datanya setelah itu klik tombol simpan yang bergambar disket warna hitam coklat seperti pada tampilan form. Menambah Data baru / Add Record Menyimpan data / Save Record Setelah itu cek hasilnya di database MySQL apakah data tersimpan atau tidak, seperti berikut :
  15. 15. Apabila data yang baru dimasukkan melalui form basis data telah tampil di database MySQL seperti pada tampilan di atas, berarti pembuatan form basis data yang terkoneksi dengan database di MySQL telah berhasil. V. PERTANYAAN DAN TUGAS Pertanyaan : 1. Tunjukkan bagaimana cara menambah tombol cari record atau Find Record di form basis data ! 2. Tunjukkan bagaimana cara menghapus data yang baru dimasukkan tadi melalui form basis data ! Tugas : Buatlah form basis data untuk tabel mapel dengan nama formmapel dan tabel nilai dengan nama formnilai dan database Microsoft Access dikumpulkan !
  16. 16. LEMBAR JAWAB NIS Nama Siswa Tgl Periksa Nilai Paraf
  17. 17. BIODATA PENULIS Penulis yang bernama asli Deka Mukhamad Wildan, kelahiran Kendal, 17 Agustus 1992 ini menamatkan dirinya dari SMK Bhakti Nusantara Boja Kendal tahun 2011 jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), yang beralamat di Boja juga. Sekarang ini penulis bekerja di SMK Bhakti Nusantara sebagai staff Tata Usaha sekaligus admin dari website www.smkbhinus.net sejak bulan Agustus 2011, sambil mengajar praktikum juga di kelas 1 program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) tentang pemrograman dan juga sebagai pengajar Ekstrakurikuler Web Design. Penulis juga masih aktif sebagai mahasiswa STEKOM Semarang angkatan 2012, mengambil Program studi D3 jurusan Teknik Komputer. Hobi penulis yaitu belajar ilmu komputer apa aja yang penting tentang komputer, lalu Bermain Voly, Nonton TV, Facebookan, menulis, surfing di internet, mendengarkan musik dan yang pasti suka tadarus walaupun tidak sering.

×